Cara Membersihkan Sofa Kain Yg Kotor

Cara Membersihkan Sofa Kain Yg Kotor

Jakarta: Sofa merupakan salah satu furnitur wajib yang biasanya ada di rumah. Sofa sering digunakan untuk bersantai dengan tamu, keluarga hingga hewan kesayangan.

  Maka tak heran jika sofa mudah kotor yang berasal dari tumpahan makanan, minuman, hewan peliharaan, dan kaki yang kotor.

  Jika sofa berbahan kain, sebaiknya segera bersihkan jika terkena tumpahan makanan atau minuman. Untuk menghilangkan debu dan tanah, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner.



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca juga: 5 Tanda Sofa di Rumah Harus Segera Diganti

  Membersihkan sofa berbahan kain memang
tricky. Jika dibersihkan menggunakan air, biasanya akan muncul bekas noda. Berikut ini cara membersihkan sofa tanpa air dilansir dari
The Spruce.

  Sebelum membersihkan, pastikan cara yang Anda lakukan aman untuk kain sofa agar tak merusaknya. Caranya dengan mencari tag atau label pada sofa untuk menentukan pembersih yang pas.

  Setiap sofa biasanya dilengkapi dengan kode tertentu yang menentukan cara membersihkannya. Berikut kode perawatan sofa kain yang tertera pada labelnya.

  • Kode W: Kain dapat dibersihkan dengan produk pembersih berbahan dasar air.
  • Kode S: Kain hanya dapat dibersihkan dengan dry cleaning atau pelarut bebas air untuk menghilangkan noda dan kotoran.
  • Kode WS: Kain pelapis dapat dibersihkan dengan produk berbasis air atau berbasis pelarut.
  • Kode X: Kain hanya dapat dibersihkan dengan menyedot debu atau oleh seorang profesional.

Jika Anda telah mengetahui kode sofa, berikut ini cara ata langkah membersihkan sofa kain tanpa air.

1. Vakum sofa




Cara membersihkan sofa berbahan kain tanpa air. Foto: Shutterstock

  Menyedot debu secara teratur menghilangkan debu dan kotoran yang pada akhirnya akan mengendap di jok sehingga membuatnya kusam dan kotor. Mulailah dari bagian atas sofa dan perlahan-lahan pindahkan penyedot debu ke atas jok.

  Jika Anda tidak memiliki pelengkap pelapis, gunakan sikat lembut untuk mengendurkan kotoran dengan lembut sebelum menyedotnya. Ingatlah untuk membersihkan secara menyeluruh di bawah bantal yang dapat dilepas, bagian belakang sofa, dan sisi kain yang menempel pada rangka.

  Untuk membantu menghilangkan bau dan mencerahkan kain, taburkan pelapis dengan soda kue kering. Gunakan sikat berbulu lembut untuk mengoleskannya dengan lembut ke kain. Biarkan soda kue bekerja setidaknya selama satu jam atau hingga semalaman. Kemudian, bersihkan soda kue dan tanah yang terkumpul.

2. Perhatikan sirkulasi udara

Sebelum menggunakan pelarut pembersih kering, semua sumber api harus dipadamkan atau pindahkan sofa ke lokasi lain sebelum dibersihkan. Jangan merokok atau menggunakan rokok elektrik saat menggunakan pelarut pembersih kering.

  Asap dari pelarut dry cleaning kuat, jadi perbaiki ventilasi di dalam ruangan dengan membuka jendela atau pintu atau menambahkan kipas sirkulasi.

3. Lakukan uji coba

Tanpa Air, Begini Cara Membersihkan Sofa Berbahan Kain


Cara membersihkan sofa berbahan kain tanpa air. Foto: Shutterstock

  Sebelum membersihkan noda atau area yang sangat kotor, lakukan tes dengan pelarut pembersih kering yang telah Anda pilih di tempat yang tidak mencolok.

  Basahi kain mikrofiber putih dengan sedikit pelarut dan gosokkan ke area tersembunyi di bawah bantal. Biarkan area tersebut mengering. Perhatikan perubahan warna atau transfer pewarna ke kain. Jika tidak ada, produk ini aman digunakan untuk membersihkan area yang lebih luas.

Baca :   Foto Perempuan Tidak Memakai Apa Apa

4. Bersihkan dulu area yang kotor

Untuk membersihkan noda dan area yang sangat kotor seperti sandaran tangan, basahi kain bersih dengan larutan pembersih kering. Mulailah dari tepi luar area sofa kotor untuk mencegah noda menyebar. Serap pelarut ke area yang kotor dengan kain, pindahkan ke area kain yang bersih saat tanah dipindahkan.

  Jika area yang kotor besar, seluruh bagian sofa (bantalan, sandaran tangan) harus dibersihkan untuk mencegah goresan atau perubahan warna. Pelarut pembersih kering sangat efektif pada noda berminyak, tetapi mungkin tidak menghilangkan semua noda berbasis air.

5. Keringkan

Tanpa Air, Begini Cara Membersihkan Sofa Berbahan Kain


Cara membersihkan sofa berbahan kain tanpa air. Foto: Shutterstock

  Percepat waktu pengeringan dengan menempatkan kipas di dekat jok yang baru dibersihkan. Jangan gunakan pengering rambut atau pemanas untuk mempercepat pengeringan.

Cara Membersihkan Sofa Kain Yg Kotor

Source: https://www.medcom.id/properti/tips-properti/Rb1Gx0dK-tanpa-air-begini-cara-membersihkan-sofa-berbahan-kain

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …