Cara Agar Makanan Tidak Dikerumuni Semut

Cara Agar Makanan Tidak Dikerumuni Semut

Fimela.com, Jakarta
Salah satu momen yang paling mengesalkan dan biasa terjadi di kehidupan sehari-hari ialah ketika makanan kita dikerubungi oleh semut hingga akhirnya menghilangkan nafsu makan. Tidak hanya itu saja, biasanya makanan yang sudah dikerubungi semut akan melunak dan tidak segar lagi. Makanan tersebut juga menjadi kurang higienis untuk kembali dikonsumsi.

Dibanding makanan yang asin, makanan manis lebih sering didekati dan disukai semut. Biasanya jika kita meninggalkan makanan manis dalam waktu beberapa menit, makanan tersebut akan dikerubungi oleh semut. Awalnya hanya satu atau dua semut saja, setelahnya gerombolannya pun akan ikut datang menyerbu makanan.

Sekalipun kita sudah berusaha untuk menempatkan pada tempat yang aman, tetap saja selalu ada jalan bagi semut untuk menyambar makanan manis yang kita miliki. Terlebih tubuh semut sangat kecil sehingga mudah masuk dan menyusup lewat celah-celah kecil. Jika sudah begini, kamu harus tahu cara yang tepat untuk menjaga makanan agar tidak didekati semut.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informai 5 tips ampuh menjaga makanan agar tidak didekati semut. Cari tahu semua tipsnya agar kamu bisa menjaga makananmu dan terhindar dari momen menyebalkan ketika makananmu sudah dikerubungi semut. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kapur Semut

Tips ampuh menjaga makanan agar tidak didekati semut yang pertama ialah dengan menggunakan kapur semut. Kapur semut adalah kapur yang dibuat dengan formula dan bahan khusus agar semut terperangkap didalamnya. Kapur semut ini banyak dijual di toko maupun supermarket terdekat sehingga kamu bisa menemukan dan membelinya dengan mudah.

Baca :   Gambar Lingkungan Sehat Dan Tidak Sehat

Bentuk kapur semut sama saja dengan kapur papan tulis biasa. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan kapur semut ini ke semua kaki meja makan. Dijamin, semut-semut tidak akan berani naik ke atas meja makan lagi. Supaya perlindungannya makin maksimal, pastikan goresan kapurnya tebal dan terus diperbaharui setiap minggu agar semut tidak bisa menghalaunya.

Jeruk Nipis

Selanjutnya, tips ampuh menjaga makanan agar tidak didekati semut yang kedua adalah dengan mengandalkan jeruk nipis. Jeruk nipis ternyata merupakan bahan alami yang mampu mengusir semut secara aman dan bebas pestisida. Jika kamu khawatir dan ragu dengan kandungan kapur semut, pakai saja jeruk nipis yang lebih aman.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian, peras air jeruk nipis tersebut dan oleskan di setiap kaki meja makan. Semut sangat tidak menyukai aroma dan rasa jeruk nipis yang sangat kuat, sehingga mereka tidak akan berjalan melewati kaki-kaki meja makan untuk mengerubungi makananmu.

Minyak Kayu Putih

Berikutnya, tips ampuh lainnya yang bisa kamu coba untuk menjaga makanan dari jangkauan semut ialah dengan menggunakan minyak kayu putih. Sebagai informasi, semut sangat tidak menyukai aroma khas minyak tanah yang kuat, agar lebih aman dan ramah digunakan, kamu bisa mengganti aroma minyak tanah dengan minyak kayu putih yang sama kuatnya.

Semut juga tidak menyukai aroma minyak kayu putih yang sangat khas dan kuat. Manfaatkan hal ini untuk menghilangkan semut di meja makan. Oleskan minyak kayu putih ke setiap kaki meja makan. Semut-semut akan mengurungkan niatnya untuk naik ke meja makan karena aroma minyak kayu putih ini sangat kuat dan menyengat.

Baca :   Tanaman Yang Boleh Ditanam Di Depan Rumah

Cuka Putih

Selain aroma minyak kayu putih, semut juga tidak menyukai aroma cuka putih yang kuat. Maka dari itu, tips ampuh menjaga makanan dari jangkauan semut yang keempat ialah dengan memanfaatkan cuka putih.

Cara pakainya mudah saja, kamu hanya perlu menyampurkan cuka putih dengan air putih, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan cuka ini ke setiap kaki meja makan dan sekitarnya. Aroma cuka yang sangat pekat akan membuat semut-semut mengurungkan niatnya untuk naik ke meja makan.

Sabun Pencuci Piring

Terakhir, tips ampuh untuk menjaga makanan agar tidak didekati semut yang bisa kamu coba ialah dengan menggunakan sabun cuci piring. Memang menggunakan sabun cuci piring termasuk jenis bahan yang mengandung pestisida, namun tenang saja karena cara penggunannya jauh dari jangkauan makanan.

Cara mudah saja, kamu hanya perlu melarutkan sabun cair pencuci piring dengan air secukupnya. Kemudian, masukkan larutan sabun cuci piring ke dalam botol semprot. Lanjutkan dengan menyemprotkan larutan sabun cuci piring ini ke setiap kaki meja. Dijamin setelahnya semut tidak akan berani mendekati makanan.

Cara Agar Makanan Tidak Dikerumuni Semut

Source: https://www.fimela.com/lifestyle/read/4311729/5-tips-ampuh-menjaga-makanan-agar-tidak-didekati-semut

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …