Buatlah Diagram Batang Dan Diagram Garis Dari Data Tersebut

KlikBelajar.com – Buatlah Diagram Batang Dan Diagram Garis Dari Data Tersebut

Diagram garis paling sering digunakan untuk menggambarkan data yang kontinu atau berkesinambungan. Oleh karenanya diagram garis kerap ditemukan dalam laporan data statistik.

Diagram garis juga populer digunakan karena penggunaannya yang terbilang sederhana dan efektif. Simak pengertian diagram garis, beserta contoh dan cara pembuatan diagram garis di sini ya!

Pengertian Diagram Garis

Mengutip LMS-SPADA Kemdikbud, diagram garis merupakan suatu grafik berupa garis lurus yang menghubungkan titik tengah suatu data dengan data yang lainnya. Diagram garis memerlukan sistem sumbu datar (horizontal) dan sumbu tegak (vertikal) yang saling berpotongan tegak lurus.



Sumbu mendatar ini biasanya menyatakan jenis data, misalnya waktu dan berat. Sementara sumbu tegaknya menyatakan frekuensi data.

Ada pula yang menyebut diagram garis sebagai peta garis atau kurva. Diagram garis ini merupakan bentuk penyajian data yang paling banyak dipakai dalam berbagai laporan perusahaan maupun penelitian ilmiah.

Contoh Diagram Garis

Salah satu kegunaan diagram garis adalah untuk menyajikan data tentang keadaan yang berkesinambungan (kontinyu). Sebagai contoh penggunaan diagram garis untuk menunjukkan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan perkembangan berat badan bayi.

Berikut contohnya:


Contoh diagram garis tentang fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Foto: Tangkapan layar/dok. LMS-SPADA Kemdikbud

Contoh diagram garis.
Contoh diagram garis perkembangan berat badan bayi. Foto: Tangkapan layar/dok. Universitas Muhammadiyah Mataram

Cara Membuat Diagram Garis dan Cara Membacanya

Berikut langkah-langkah yang digunakan untuk membuat diagram garis:

  1. Buatlah dua sumbu yang mendatar (horizontal) dan sumbu tegak (vertikal). Sumbu yang mendatar biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu, sedangkan sumbu tegaknya digunakan untuk menunjukkan frekuensinya.
  2. Sesuaikan data pada masing-masing sumbu, artinya dari titik data yang menunjukkan waktu ditarik garis lurus ke atas (garis tipis) yang ditarik dari titik bilangan frekuensi. Setelah semua data sudah disesuaikan (masing-masing sudah dibuat titik potong garis tegak dari titik data menunjukkan waktu dengan garis mendatar dari titik bilangan frekuensi data tersebut) terdapat sekumpulan titik.
  3. Selanjutnya hubungkan titik tersebut sehingga terjadi atau tergambar diagram garis yang diminta.
  4. Setelah diagram garis tergambar, barulah memberi nomor diagram dan judul diagram garis yang letaknya simetris di atas diagram Di bawah diagram garis tersebut diberi catatan dan sumber data.
Baca :   Jumlah Maksimum Elektron Pada Kulit N

Kegunaan Diagram Garis

  1. Diagram garis biasanya digunakan untuk menggambarkan data tentang keadaan yang berkesinambungan.
  2. Menunjukkan perubahan relatif terhadap sesuatu selama periode waktu tertentu.

Tips dalam Membuat Diagram Garis

Berikut tips dalam membuat diagram garis:

  • Pastikan terdapat minimal dua data yang berkesinambungan.
  • Sumbu X di garis datar biasanya menunjukkan waktu.
  • Sumbu Y pada garis tegak merujuk pada nilai data yang ditampilkan pada diagram garis.

Kelebihan dan Kekurangan Diagram Garis

Membuat visualisasi diagram garis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini daftarnya:

Kelebihan Diagram Garis

  • Diagram garis biasanya digunakan untuk menaksir atau memperkirakan data berdasarkan pola-pola yang telah diperoleh.
  • Diagram garis ada yang tunggal dan majemuk, diagram garis majemuk yaitu dalam satu gambar terdapat lebih dari satu garis. Diagram garis majemuk biasanya untuk membandingkan dua keadaan atau lebih yang mempunyai hubungan.
  • Grafik yang efektif karena sederhana, mudah dimengerti.

Kekurangan Diagram Garis

Hanya digunakan untuk data yang berkala dan memiliki nilai numerik, tidak bisa data yang lainnya.

  • Harus sangat teliti dalam membaca diagram ini.
  • Jika skala di sumbu tidak konsisten, bisa menyebabkan data grafik garis tampak tidak akurat.

Rekomendasi Tools untuk Membuat Diagram Garis

Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk membuat diagram garis. Beberapa di antaranya yakni:

1. Chartgo

Dikutip dari situsnya, Chartgo merupakan perangkat untuk membuat grafik yang dinamis dan profesional secara online. Chartgo bisa membantumu membuat diagram garis, diagram batang, maupun diagram lingkaran secara online dan kamu bisa membagikannya dengan teman.

2. Gitmind

Situs Gitmind sebenarnya merupakan perangkat mind mapping. Meski begitu, situs Gitmind juga menyediakan perangkat untuk membuat berbagai macam grafik termasuk diagram garis.

Baca :   Keliling Lingkaran Adalah 44 Cm Luas Lingkaran Tersebut Adalah

3. Datawrapper

Situs Datawrapper menyediakan berbagai macam pengolahan diagram, mulai dari diagram garis, batang, maupun peta hingga tabel. Kamu bisa memvisualisasikan datamu dengan apik dan membagikannya secara online.

3. Meta-Chart

Dikutip dari situs Meta-Chart, menyediakan perangkat untuk mendesain dan membagikan grafik yang dibuat secara online dan gratis.

4. Rapid Tables

Dikutip dari situsnya, Rapid Tables menyediakan perangkat berupa kalkulator, PDF, hingga web design. Di situs Rapid Tables ini kamu bisa membuat grafik hingga maksimal enam garis lengkap dengan label kustom di tiap sumbunya. Hasilnya pun bisa kamu unduh dalam format PNG, dan semua fiturnya ini bisa diakses secara gratis.

5. Venngage

Dilansir dari situsnya, Venngage menyediakan perangkat untuk membuat infografis secara profesional. Tools infografis Venngage mirip dengan Canva yang menyediakan template premium yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu bisa membuat berbagai diagram, seperti diagram garis, batang, dan lain sebagainya.

Simak Video “Ada Terduga Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan

[Gambas:Video 20detik] (ams/fds)

Buatlah Diagram Batang Dan Diagram Garis Dari Data Tersebut

Sumber: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6189115/pengertian-diagram-garis-beserta-contoh-dan-cara-membuatnya

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …