Biaya Hidup Di Medan

Biaya Hidup Di Medan.

Pernahkah kalian ke Kota Medan? Saat ini, dengan berkembang pesatnya bidang transportasi menjadikan orang-orang khususnya para perantau untuk mengunjungi destinasi kota yang menurut mereka berpotensi untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Selain untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, para perantau biasanya datang ke suatu wilayah untuk menuntut ilmu.

Dengan banyaknya lapangan pekerjaan dan universitas yang memadai, suatu wilayah atau kota akan cenderung banyak didatangi pelancong untuk mengadu nasib. Salah satu kota yang menjadi destinasi utama merantau untuk mencari pekerjaan dan pendidikan adalah Medan.

Selain itu, dengan posisinya yang berada di Sumatera, menjadikan Medan sebagai gerbang Indonesia bagian barat. Kota ini adalah kota yang dijadikan jalur menuju pariwisata-pariwisata terkenal yang menuju Berastagi seperti dataran tinggi karo, danau toba, dan objek wisata orangutan di bukit lawang.

Karena kota ini sering dijadikan tempat untuk rujukan hidup maupun domisili, mungkin kamu berencana untuk tinggal di kota Medan sebagai tujuan hidup. Oleh karena itu memperhatikan biaya hidup merupakan kunci penting untuk dapat mengalokasikan anggaran sehari-hari kamu di kota ini.

Peringkat Medan Berdasarkan Survei Biaya Hidup (BSH)

Guna mengetahui perkembangan dan laju perekonomian dalam pemetaan di suatu daerah, maka dilakukanlah survei untuk mengetahui perkiraan biaya hidup di tiap kota.

Baca :   Seekor Katak Mula Mula Di Titik Nol

Faktanya Djakarta menduduki tempat dengan kota dengan biaya hidup termahal yakni sebesar seven.5 juta perbulan. Sedangkan banyuwangi menduduki posisi terendah dengan biaya hidup termurah. Sangat tidak terduga bahwa Medan menduduki posisi ke-26 yang rata-rata biaya hidup di kota ini sebesar Rp.5,55 juta per bulan per keluarga secara nasional.

Hal ini cukup mengejutkan pasalnya medan termasuk ke dalam kota dengan biaya hidup yang sedang, kejadian ini sangat bertolak belakang dengan gelar kota Medan sebagai kota terbesar ketiga di Republic of indonesia setelah Surabaya.

Rincian Biaya Hidup di Medan

Biaya Makan Sehari-hari di Medan

Makan yang menjadi kebutuhan utama setiap orang adalah salah satu hal yang akan menentukan besar kecilnya biaya yang akan dikeluarkan. Jika kamu memilih untuk meluangkan waktu memasak masakan kamu sendiri, maka tentunya cara ini menjadi alternatif yang sangat hemat.

Pasalnya, untuk makanan siap makan yang berada di Medan harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota lain. Hal tersebut terhitung jika kamu membeli makanan siap santap di warung kecil pinggir jalan.

Bayangkan saja jika kamu menyantap hidangan di mall atau tempat wisata yang justru semakin menipiskan dompetmu. Hal ini juga berlaku untuk membeli makanan di restoran atau rumah makan.

Perkiraan tarif normal untuk satu nasi bungkus dengan lauk telur dadar saja, kamu akan dikenakan biaya Rp.7000 sampai Rp.8000 untuk satu kali makan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan bagi kamu yang tidak bisa memasak atau tidak memiliki waktu luang yakni, cobalah untuk mencari warung makan di jalan yang memiliki gang-gang sempit. Hal ini sangat manjur dilakukan orang karena harganya yang lebih murah.

Baca :   Fpb Dari 15 45 Dan 75 Adalah

Umumnya ketika kamu membeli makan di warung makan pinggir jalan yang notabennya orang-orang sering lewat, maka pajak yang akan dikenakan oleh warung makan tersebut juga akan tinggi. Ini yang membuat harga makanan akan tinggi pula.

Biaya Tempat Tinggal di Medan

Salah satu trik jitu untuk mendapatkan tempat tinggal di Medan adalah dengan melihat lokasinya. Di beberapa daerah yang memiliki kampus atau universitas biasanya akan terdapat banyak sewa kosan.

Hal ini biasanya cukup berhasil dilakukan. Namun, bukan berarti daerah yang jauh dari kampus tidak ada tempat untuk sewa kosan. Justru harganya akan tergolong miring jika tata letaknya jauh dari sarana pendidikan.

Di Medan sendiri, tempat untuk menyewa kosan lebih mudah dicari jika dibandingkan dengan rumah kontrakan. Mungkin pemilik rumah merasa lebih diuntungkan jika bangunannya di sewakan menjadi kosan ketimbang harus menyewakan bangunannya secara keseluruhan. Bahkan saking ramainya usaha penyewaan tempat tinggal di Medan, pasarnya sudah melalang buana hingga ke media sosial.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Tips Memilih Jenis Transportasi di Medan

Selain harus memperhatikan biaya makan sehari-hari dan tempat tinggal, tentunya kamu juga akan dihadapi dengan keadaan dimana kamu membutuhkan sarana transportasi umum jika tidak memiliki kendaraan pribadi. Berikut adalah rincian biaya yang dikeluarkan untuk setiap jenis transportasi umum yang ada di Medan.

Angkot

Tarif yang dikenakan untuk angkot memang tergolong paling murah di Medan. Cukup membayar two-5 ribu Rupiah kamu sudah bisa naik angkot untuk sekali jalan berapapun jauhnya.

Betor

Transportasi khas medan ini serupa dengan ojek. Dengan kendaraan bermotor namun dimodifikasi sedemikian rumah sehingga bisa menampung one sampai 2 orang. Tarifnya tergantung dari seberapa jauh perjalananmu.

Baca :   Oktana Adalah Salah Satu Golongan Alkana Dengan Rumus Molekul

Jitney

Jika kamu bertujuan untuk melakukan perjalanan yang jauh, bus merupakan pilihan yang tepat. Bahkan jika kamu akan berpergian ke luar pulau pun kamu bisa menaiki bus karena sudah terintegrasi dengan kapal laut untuk menyebrang.

Taxi

Bagi kamu yang ingin mengirit biaya pengeluaran, taxi bukanlah pilihan yang direkomendasikan. Dengan biaya yang cukup mahal ini, tak heran kamu bisa mendapat fasilitas yang nyaman dan benar-benar diantar sampai ke lokasi tujuan.

Walaupun Medan merupakan kota besar yang tergolong maju, Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini nyatanya memiliki biaya hidup yang cukup mahal dibandingkan dengan kota-kota lain disekitarnya.

Hal ini bisa kamu akali dengan mengirit biaya hidup dengan lifestyle seminimalis’ mungkin. Karena pada dasarnya, besar atau kecilnya pengeluaran tergantung bagaimana gaya hidup serta cara seseorang untuk mengatur keuangannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small

app store small

Dalam hal ini, berlaku pula di kota Medan ataupun kota-kota lain yang mengharuskan kamu pintar-pintar dalam mengelola keuangan terutama kalau kamu merupakan perantau yang jauh dari sanak keluarga.

Biaya Hidup Di Medan

Source: https://blog.transfez.com/biaya-hidup-di-kota-medan/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …