Berikut Yang Tidak Mempengaruhi Besarnya Usaha Adalah

Berikut Yang Tidak Mempengaruhi Besarnya Usaha Adalah


Perbesar

ilustrasi ahli fisika/copyright unsplash.com/Lars Kienle

Selain mengenali faktor-faktor yang memengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan, kamu juga perlu memahami jenis-jenis tekanan. Mengutip dari fisika.co.id, ada 3 jenis tekanan, yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas. Setiap zat tentunya memiliki karakteristik tekanan yang berbeda-beda.

Tekanan Zat Padat

Jika zat padat seperti balok diberi gaya dari atas akan menimbulkan tekanan. Semakin besar luas alas bidang tekannya, tekanan akan semakin kecil. Tekanan pada zat padat merupakan gaya yang bekerja pada satuan luas bidang tekan. Bisa disimpulkan pula bahwa tekanan adalah gaya per satuan luas.

Rumus tekanan zat padat sesuai dengan yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu P=F/A.

Tekanan Zat Cair (Tekanan Hidrostatis)

Tekanan Hidrostatis adalah tekanan yang terjadi di bawah air. Tekanan ini terjadi karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Tekanan sebuah cairan bergantung pada kedalaman cairan di dalam sebuah ruang dan gravitasi juga menentukan tekanan air tersebut.

Hubungan ini dirumuskan sebagai berikut:

P = p x g x h

P: Tekanan hidrostatis (Pascal atau N/m2)

p: Massa jenis cairan (kg/m3)

g: Percepatan gravitasi (10 m/s2)

h: Kedalaman cairan (meter), h dihitung dari permukaan air menuju ke kedalaman benda.

Tekanan Zat Gas

Tekanan pada zat gas, misalnya udara dipengaruhi oleh ketinggian suatu tempat. Akibatnya, tekanan udara di setiap tempat akan berbeda-beda. Berikut ini adalah rumus hubungan tekanan udara dan ketinggian tempat:

Tekanan Udara = 76 cmHg – (Ketinggian/100 meter), atau Tekanan Udara = 760 mmHg – (Ketinggian/10 meter)

Sementara itu, gas yang berada pada ruang tertutup akan berlaku Hukum Boyle. Boyle menemukan bahwa tekanan dan volume gas dalam ruang tertutup adalah tetap (konstan) selama suhu gas tetap. Rumus tekanan gas pada ruang tertutup adalah sebagai berikut:

p . V = konstan

p1. V1 = p2 . V2

Tekanan pada gas sering dinyatakan dengan satuan atmosfer (atm), di mana: 1 atm = 105 Pa, atau 1 atm = 76 cmHg.

Keterangan:

p1 = tekanan awal (atm)

V1 = volume awal (m3)

p2 = tekanan akhir (atm)

V2 = volume akhir (m3)

Jadi, semakin jelas bahwa faktor-faktor yang memengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan. {\displaystyle P=\rho \times {g}\times {h}}

Besaran berikut yang tidak mempengaruhi nilai tekanan adalah

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Besaran berikut yang tidak mempengaruhi nilai tekanan adalah

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Gaya tekan dan luas bidang tekan
  2. Keruncingan benda dan luas permukaan benda
  3. Berat benda dan luas permukaan benda
  4. Gaya tekan dan luas permukaan benda yang ditekan

Jawaban terbaik adalah
D. Gaya tekan dan luas permukaan benda yang ditekan.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan❝Besaran berikut yang dapat mempengaruhi besar kecilnya nilai tekanan pada zat padat adalah….❞
AdalahD. Gaya tekan dan luas permukaan benda yang ditekan.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Alat berikut yang bekerja berdasarkan prinsip Hukum Pascal adalah…. dengan jawaban yang sangat akurat.

Baca :   Rumus Titik Berat Segitiga

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Dalam dunia fisika kita banyak mempelajari tentang tekanan seputar hidrostatis dan zat padat. Lantas apa itu tekanan? Tekanan adalah besaran gaya yang bekerja tiap satuan luas permukaan atau bidang tekanan. Kemudian, fenomena tersebut timbul sebagai akibat dari gaya tekan yang bekerja pada benda per satuan luas permukaan dengan arah tegak lurus. Suatu tekanan akan sangat bergantung pada besarnya gaya. Namun secara umum, tekanan ternyata dipengaruhi oleh dua faktor dan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan.

Supaya lebih memahami  faktor yang mempengaruhi tekanan, yuk simak penjelasan mengenai bagaimana hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya serta apa faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan zat padat adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:

Konsep Hukum Newton: Bunyi, Rumus, & Contoh Penerapannya

Definisi tekanan dan rumusnya

Materi Mafia Online

Banyak penjelasan mengenai tekanan, namun menurut  Physic Libre Texts bahwa definisi tekanan adalah sebuah gaya yang sudah ditetapkan secara tegak lurus persatuan lurus. Sehingga tekanan memiliki rumus sebagai berikut.

P = F/A

Dengan,

P: tekanan [Pa atau N/m²]

F: gaya tekan [N]

A: Luas bidang tekan [m²]

Setelah melihat penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan bidang luas. Lalu bagaimana hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya?

Apabila gaya yang diberikan pada suatu benda semakin besar, maka tekanan yang dihasilkan juga bertambah besar. Antara gaya dengan tekanan berbanding lurus lalu sebaliknya semakin luas permukaan benda, maka tekanan yang dihasilkan akan semakin kecil antara luas permukaan dengan tekanan memiliki perbandingan terbalik.

Berikutnya bahwa satuan tekanan dalam sistem satuan internasional [si] adalah pascal atau setara dengan N/m2. Lalu cmHG dan mmHg adalah satuan tekanan yang biasanya dijumpai pada alat ukur barometer.

Baca :   3 Etil 2 2 4 6 Tetrametil Oktana

Gaya tekan

KBBI

Adalah besaran vektor yang mempunyai nilai dan arah karena gaya tekan diberikan secara tegak lurus terhadap bidang tekan. Diketahui, bahwa gaya tekan mampu mempengaruhi besar tekanan. Jika semakin besar gaya tekan yang diberikan, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Salah satu bentuk gaya tekanan adalah ketika mencoba menancapkan paku pada dinding. Jika kita coba menancapkan paku dengan tangan, maka paku mungkin tidak akan tertancap. Maka dari itu diperlukan alat pemukul seperti palu untuk menancapkan paku tersebut.

Luas bidang tekan

Pexels

Selain gaya tekan, ada pula faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah luas bidang tekan. Pada rumus tekanan maka bisa dilihat jika luas bidang tekan [A] adalah penyebut dan gaya tekan [F] adalah pembilang.

Maka bisa diartikan jika besar gaya tekan tegak lurus dengan besarnnya tekanan. Sehingga luas bidang tekan berbanding terbalik dengan besar tekanan. Makin luas suatu bidang tekan, maka akan semakin kecil tekanan yang dihasilkan.

Misalnya saat menggunaan jari tangan dan jarum suntik, maka jari tangan memiliki luas permukaan yang lebih besar daripada jarum suntik. Kemudian, saat keduanya diberikan gaya tekan sama maka tekanan yang dihasilkan bisa berakhir berbeda.

BACA JUGA:

Satuan Berat: Pengertian, Tangga, Rumus, & Contoh Soal

Guru Pengajar

Tak hanya tekanan secara umum, dalam bidang ilmu fisika dipelajari pula penjelasan mengenai tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostratis merupakan persamaan kata dari tekanan zat cair. Dalam bidang fisika, tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis bisa diartikan sebagai tekanan di dalam zat diam yang terjadi karena zat cair tersebut dipengaruhi oleh kedalaman.

Lalu ilmu yang mempelajari zat cair diam biasa disebut dengan hidrostatika atau statika fluida. Meski demikian, ada faktor yang tidak mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis adalah berat jenis zat cair, massa jenis zat cair, dan percepatan graivitasi.

Tekanan zat padat

Among Guru

Selain tekanan hidrostatis, dipelajari pula tekanan zat padat, lalu apa itu zat padat? Tekanan zat padat adalah gaya yang bekerja pada satuan luas bidang tekan. Jika suatu zat padat diberikan gaya dari atas maka otomatis akan menimbulkan tekanan. Jika semakin besar luas alas, bidang tekannya akan semakin kecil. Rumus dari tekanan zat gas ini adalah sebagai berikut:

p = F/A

Setelah melihat penjelasannya maka, berikutnya dalah faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan zat gas. Ada setidaknya tiga faktor yang mempengaruhi zat padat yaitu jumlah gas, suhu gas, dan volume gas.

Upaya mendapatkan tekanan besar

Kumparan

Setelah mempelajari aneka tekanan mulai dari hidrostatis hingga tekanan zat padat, maka berikutnya bagaimana cara mendapatkan tekanan besar. Nah, upaya bisa dilakukan untuk mendapatkan tekanan besar yaitu.

  • Memperkecil permukaan bidang sentuh
  • Memperbesar gaya berat/gaya dorong.
  • Memperbesar massa benda yang memberikan tekanan.
Baca :   Pola Pengembangan Paragraf Tersebut Adalah

Itulah upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan besar. Nah, demikian penjelasan mengenai definisi tekanan, macam-macam tekanan dan apa saja faktor yang mempengaruhi zat-zat tekanan tersebut. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di
Aplikasi Super
lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya
di sini
sekarang.

Amue1
@Amue1


June 2019


1


45


Report

Besaran – besaran berikut ini yang memengaruhi besar kecilnya nilai tekanan pada zat padat adalaha. gaya tekan dan luas bidang tekanb. keruncingan benda dan luas bidangc. berat benda dan luas permukaan benda

d. gaya tekan dan luas permukaan benda yang ditekan

RynPutrie

Verified answer TekananJawaban: APembahasan:Besaran yang mempengaruhi besar kecilnya nilai tekanan pada zat padat adalah gaya tekan dan luas bidang tekan.Secara matematis,P = F/AdenganP = tekanan [N/m^2]F = gaya tekan [N]A = luas bidang tekan [m^2]

*semoga membantu. sukses selalu ^_^

2 votes

Thanks 5

More Questions From This User See All

Amue1
June 2019 | 0 Replies

Mengapa terjadu penawaran dan permintaan barang kebutuhan antar daearah
Answer

Amue1
June 2019 | 0 Replies

Jawabbbbbbbbbbnbbbbbbbbbbbbbnbbbb
Answer

Amue1
June 2019 | 0 Replies

PT industri kereta api [PT INKA] merupakan sebuah badan usah milik negara. pada tahun 2016 bangladesh mengimpor kereta api buatan PT INKA sebanyak 150 unit. kegiatan tersebut merupakan salah satu contoh peran rumah tangga luar negeri sebagai
Answer

Amue1
June 2019 | 0 Replies

Limbah berdasarkan senyawanya yang dapat terurai secara alamiah dan tidak bisa digolongkan menjadi dua,yaitu
Answer

Amue1
June 2019 | 0 Replies

Setelah menjadi penguasa mesir gelar shalahuddin al ayyubi adalah?
Answer

Recommend Questions

anesadhityo7
May 2021 | 0 Replies

apakah sinar alfa bermuatan listrik?

stella017
May 2021 | 0 Replies

Tld dijawab no 5 aja

bilaa90
May 2021 | 0 Replies

sebuah sepeda bergerak dengan kecepatan 30m/s selama 4 menit. hitunglah jarak yg ditempuh sepeda tersebut

aqiella74
May 2021 | 0 Replies

penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebabkan peradangan pada bronkos disebut

franfrannata
May 2021 | 0 Replies

Jelaskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan berikan contonya mading masing. Tolong jawabin

Lilies19
May 2021 | 0 Replies

Brp detik waktu yg diperlukan oleh sebuah kendaraan yg berjalan dengan kecepatan 25 m/s utk menempuh jarak 15 m?

wenddy18
May 2021 | 0 Replies

pada bidang miring licin,balok kayu bergerak dengan cara

bulqiahhyun6247
May 2021 | 0 Replies

setrika listrik berdaya 300 watt artinya

ramagaming24
May 2021 | 0 Replies

tolong nomor 29 dan 34

muhammadwahyu3006
May 2021 | 0 Replies

pernyataaan mengenai momen gaya??

Video yang berhubungan

Berikut Yang Tidak Mempengaruhi Besarnya Usaha Adalah

Sumber: https://toptenid.com/besaran-berikut-yang-tidak-mempengaruhi-nilai-tekanan-adalah

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …