Berikut Yang Termasuk Besaran Pokok Adalah

Berikut Yang Termasuk Besaran Pokok Adalah

Apakah kamu lagi mencari jawaban dari pertanyaan
Berikut yang termasuk besaran pokok adalah?

Berikut pilihan jawabannya:

  1. panjang, massa, dan volume
  2. panjang, waktu, dan suhu
  3. massa, luas, dan waktu
  4. volume, luas, dan berat

Kunci Jawabannya adalah: B. panjang, waktu, dan suhu.

Dilansir dari Ensiklopedia, Berikut yang termasuk besaran pokok adalahberikut yang termasuk besaran pokok adalah panjang, waktu, dan suhu.

Penjelasan

Kenapa jawabanya bukan A. panjang, massa, dan volume? Nah ini nih masalahnya, setelah saya tadi mencari informasi, ternyata jawaban ini lebih tepat untuk pertanyaan yang lain.

Kenapa jawabanya B. panjang, waktu, dan suhu? Hal tersebut sudah tertulis secara jelas pada buku pelajaran, dan juga bisa kamu temukan di internet

Kenapa nggak C. massa, luas, dan waktu? Kalau kamu mau mendaptkan nilai nol bisa milih jawabannya ini, hehehe.

Terus jawaban yang D. volume, luas, dan berat kenapa salah? Karena menurut saya pribadi jawaban ini sudah keluar dari topik yang ditanyakan.

Kesimpulan

Jadi disini sudah bisa kamu simpulkan ya, jawaban yang benar adalah B. panjang, waktu, dan suhu.

Jakarta

Besaran pokok adalah
besaran yang mempunyai nilai satuan yang telah mendapat kesepakatan dari ahli Fisika. detikers yang saat ini sedang menempuh pendidikan di bangku SMP maupun SMA pasti sudah pernah mendapatkan materi ini yang lebih tepatnya ada dalam pelajaran Fisika.

Diketahui bahwa besaran pokok ini terdiri dari 7 macam dan sudah disahkan oleh Sistem Satuan Internasional (SI).

Bagi detikers yang sedang mempelajari tentang besaran pokok, pastinya akan sangat membutuhkan tentang materi ini. Berikut adalah penjabarannya untuk detikers.

7 Macam Besaran Pokok

Inilah 7 besaran pokok beserta penjelasannya yang wajib untuk detikers ketahui.

Baca :   Persamaan Garis B Seperti Tampak Pada Gambar Adalah

1. Panjang

Besaran panjang digunakan untuk mengukur panjangnya suatu benda. Di dalam Sistem Satuan Internasional, maka satuan yang digunakan oleh besaran ini adalah berupa meter (m) serta mempunyai dimensi (L). Lalu untuk alat yang digunakan untuk mengukur panjang adalah dengan menggunakan mistar atau penggaris, rol meter atau pita ukur, dan jangka sorong.

2. Massa

Besaran yang kedua adalah massa yang akan digunakan untuk mengukur kandungan materi suatu benda. Dalam mengukur massa ini, maka satuan yang sudah disepakati adalah kilogram (kg) serta mempunyai dimensi (M). Lalu alat yang bisa detikers gunakan untuk mengukur besaran massa adalah berupa neraca atau timbangan.

3. Waktu

Selanjutnya ada besaran waktu yang akan digunakan untuk mengukur waktu dan detikers perlukan dalam suatu peristiwa. Untuk satuan yang digunakan adalah berupa sekon (s) serta mempunyai dimensi (T). Sedangkan alat yang bisa detikers gunakan untuk mengukurnya adalah dengan menggunakan stopwatch.

4. Suhu

Kemudian ada besaran suhu yang nantinya akan digunakan untuk mengukur panas maupun dinginnya suatu benda. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja saat sedang memasak atau untuk mengukur suhu ruangan.

Sistem satuan internasional yang sudah ditetapkan adalah dengan menggunakan satuan berupa Kelvin (K). Sedangkan alat yang bisa detikers gunakan untuk mengukur suhu adalah termometer.

5. Kuat Arus

Kuat arus menjadi besaran pokok yang digunakan untuk mengetahui besarnya kuat arus listrik yang mengalir dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Satuan yang digunakan dalam kuat arus ini adalah berupa Ampere (A).

Di mana hal ini untuk mendukung nilai dari besaran berupa kuat arus yang sudah dihasilkan. Dimensi dari kuat arus ini dilambangkan dengan huruf “I”. Sedangkan alat yang bisa detikers gunakan untuk melakukan pengukuran kuat arus adalah dengan Amperemeter.

Baca :   Tentukan Bentuk Pecahan Dari Bagian Yang Diwarnai Sesuai Gambar Berikut

6. Intensitas Cahaya

Besaran pokok yang keenam adalah berupa intensitas cahaya yang digunakan dalam mengukur terang maupun tidaknya cahaya yang jatuh di permukaan benda. Satuan yang biasanya digunakan untuk menentukan intensitas cahaya adalah dengan Candela (cd).


Lalu untuk dimensinya yang digunakan adalah J. Sedangkan detikers bisa melakukan pengukuran intensitas cahaya dengan alat yang bernama Lux Meter atau Light Meter.

7. Jumlah Zat

Besaran pokok yang terakhir adalah jumlah zat. Jumlah zat ini digunakan dalam menghitung banyaknya partikel yang ada di dalam suatu benda. Untuk jumlah zat ini yang sudah mendapat kesepakatan oleh sistem SI adalah dengan menggunakan satuan berupa mol. Lalu untuk dimensinya adalah berupa N.

Dengan begitu, sekarang detikers bisa mengetahui apa saja
besaran pokok
yang sudah disepakati. Semoga melalui 7 besaran pokok beserta penjelasannya ini bisa membantu untuk bisa memahaminya lebih mudah dan mendukung proses belajar detikers semuanya.

Simak Video “Imbas Sistem Zonasi, SDN di Solo Cuma Dapat 1 Murid

[Gambas:Video 20detik] (erd/erd)






Terdapat 7 besaran pokok, yaitu:










Besaran











Lambang Satuan










Suhu









K









Massa









kg









Panjang









m









Jumlah zat









mol









Intensitas cahaya









cd









Waktu









s









Arus listrik









A









Pilihan A, B, C, dan D masing-masing mengandung 1 dari 7 besaran pokok di atas. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.




Besaran pokok adalah besaran-besaran dasar yang tidak bisa diturunkan menjadi besaran lain. Berikut ini yang termasuk besaran pokok yaitu

  • panjang,
  • massa,
  • waktu,
  • suhu,
  • kuat arus,
  • intensitas cahaya,
  • jumlah zat.


Jadi, jawaban yang tepat adalah E.


Diketahui dua buah muatan Q1 dan Q2. Apabila Q1 dan Q2 diletakan 3cm satu sama lain maka gaya coloumb mereka adalah 1,2×10^14 N dan apabila diletakan …

2 cm satu sama lain maka gaya coloumb mereka adalah 2,7×10^14 N. Tentukanlah besar Q1 dan Q2 berturut-turut! (Petunjuk: Gunakanlah SPLDV!)

Baca :   Jaring Jaring Bangun Ruang Sisi Datar


BAGAIMANA PENGARUH PERUBAHAN SUHU TERHADAP BATUAN?JAWAB YANG BENER NGGAK BOLEH NGASAL !!!!!!!!!!!!!!!!!​


Sebuah balok ditarik dengan gaya 25 N dapat bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Jika ditarik gaya sebesar 40 N maka nilai percepatannya adalah ….1,25 …

m/s232 m/s22,3 m/s23,2 m m/s2​


Sebuah partikel dengan massa m, memiliki fungsi gelombang sebagai berikut.ψ(x) = Ne^-x²/2a²Dengan a adalah konstanta panjanga. Buktikan bahwa = 0 dan …

= a²/2 !b. Buktikan bahwa = 0 dan = h²/2a² !


Apakah peralatan listrik keadaan mati masih menghantarkan arus listrik


Quizz Sebutkan apa saja alat gerak pada manusia? # goodluck


3. Untuk mencapai suhu yang sama dengan suhu ruangan lemari es perlu dimatikan selama 50 menit. ​


siapa pencipta kipas angin​


1. Berikut merupakan data berat badan balita perempuan usia 3 tahun yang tercatat di Posyandu desa Sukamaju dan desa Sukacita. Lakukan uji homogenitas …

untuk data tersebut! No 123456789 10 Balita di Desa Sukamaju 13.0 12.9 11.8 14.0 12.6 13.2 13.1 11.4 11.6 14.9 Balita di Desa Sukacita 13.0 13.3 12.8 10.9 10.1 10.3 14.2 12.4 13.2 11.3​


bus menempuh perjalanan dari kota A ke kota B sejauh 280 ecepatan rato-ratanya adalah….. 75 km/jam RD km/jam 85 km/jam 90 km/jani 565 kg 665 kg D. 4 …

345 kg us menempuh perjalanan dari kota A ke kota B sejauh 280 ecepatan rato – ratanya adalah ….. 75 km / jam RD km / jam 85 km / jam 90 km / jam​

Berikut Yang Termasuk Besaran Pokok Adalah

Sumber: https://idkuu.com/berikut-ini-termasuk-besaran-pokok-adalah

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …