Berikut Urutan Lapisan Matahari Dari Yang Paling Dalam Yaitu

KlikBelajar.com – Berikut Urutan Lapisan Matahari Dari Yang Paling Dalam Yaitu

UV Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at uv.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Berikut ini urutan lapisan matahari dari yang paling dalam, yaitu…..

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. korona, fotosfer, kromosfer, dan inti matahari
  2. inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona
  3. fotosfer, inti matahari, kromosfer, dan korona
  4. kromosfer, fotosfer, inti matahari, dan korona

Jawaban terbaik adalah
B. inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan❝Berikut ini urutan lapisan matahari dari yang paling dalam, yaitu…..❞
AdalahB. inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Matahari merupakan sebuah bintang karena………. dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

uv.dhafi.link Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

UNIMMA-
Matahari adalah pusat tata surya kita. Matahari sama dengan planet-planet lainnya yang tersusun dari lapisan-lapisan. Secara umum, Matahari terbagi menjadi dua kelompok lapisan, yaitu lapisan dalam dan lapisan luar. Lapisan dalam Matahari adalah lapisan dari Matahari itu sendiri dan terdiri dari tiga lapisan: inti matahari, zona radiatif, dan zona konveksi.

Sedangkan kelompok lapisan kedua, yaitu lapisan luar Matahari, terdiri dari empat lapisan. Empat lapisan tersebut adalah fotosfer, kromosfer, regional transisi, dan korona.

Berikut ini urutan lapisan matahari dari yang paling dalam, yaitu:

1. Inti Matahari

Inti Matahari merupakan tempat terjadinya reaksi nuklir yang menggunakan hidrogen untuk menghasilkan helium. Energi yang dihasilkan dari reaksi ini sangat besar sehingga menghasilkan cahaya yang bisa kita lihat. Suhu di inti Matahari adalah 15 juta derajat Celsius.

2. Zona radiatif

Zona radiatif adalah lapisan yang melapisi dan berbatasan langsung dengan inti Matahari. Oleh karena itu, suhu pada zona radiatif sangat panas, yaitu sekitar 3,8 juta derajat Celsius. Lapisan ini berfungsi untuk menghantarkan energi yang dihasilkan oleh inti Matahari.(solar flares).

4. Fotosfer

Fotosfer adalah lapisan luar Matahari yang paling dalam. Kita bisa mengamati langsung lapisan ini. Suhu pada fotosfer bervariasi antara 3.700 sampai 6200 derajat Celsius. Lapisan ini terbentang 400 kilometer dari permukaan zona konveksi. Sebagian besar permukaan fotosfer tertutup granulasi.

Baca :   Soal Satuan Volume Kelas 5 Sd

5. Kromosfer

Lapisan kromosfer terbentang dari 400 kilometer hingga 2.100 kilometer di atas permukaan Matahari. Uniknya, pada lapisan kromosfer, suhu lapisan ini kembali memanas. Padahal lapisan ini berada lebih jauh dari Matahari. Suhu lapisan kromosfer adalah 3.700 sampai 7.700 derajat Celsius.

6. Regional

transisi Regional transisi adalah lapisan yang paling tipis diantara lapiisan Matahari lainnya. Tebalnya hanya 100 kilometer. Pada lapisan ini suhu kembali meningkat secara signifikan. Suhu regional transisi adalah 7.700 sampai 500.000 derajat Celsius.

7. Korona

Lapisan terluar dari Matahari adalah korona. Korona terbentang mulai dari ketinggian 2.100 kilometer di atas permukaan fotosfer. Suhu korona adalah 500.000 hingga hampir 2 juta derajat Celsius. Walaupun sangat panas, korona tidak bisa dilihat dengan mata telanjang kecuali saat gerhana Matahari. Ini karena korona memiliki cahaya yang lebih redup dibandingkan permukaan Matahari.

Source: KOMPAS.com

Suara.com –
Sama seperti planet kita, dan sebagian besar benda langit lainnya, Matahari terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda. Apa saja urutan lapisan matahari dari inti hingga lapisan terluar?

Perbedaan mendasar adalah bahwa Matahari tidak padat, tidak seperti Bumi, sehingga lapisannya sedikit lebih sulit untuk ditentukan. Karena Matahari sebagian besar terdiri dari helium dan hidrogen dan tidak padat, ia tidak memiliki batas luar yang jelas.

Namun, kita dapat menentukan struktur internal Matahari, dan terdiri dari tujuh lapisan yang berbeda. Lapisan Matahari dibagi menjadi dua kelompok besar, lapisan luar matahari dan lapisan dalam matahari. Berikut ini urutan lapisan matahari dari inti hingga lapisan terluar.

Lapisan dalam matahari adalah inti matahari, zona radiasi, dan zona konveksi. Sedangkan lapisan terluar matahari adalah korona, daerah transisi, kromosfer, dan fotosfer.

Baca Juga: Paparan Sinar Matahari Baik untuk Suasana Hati, Ini Analisis Para Ahli

Yuk, kenali lebih lanjut mengenai urutan lapisan matahari dari inti hingga lapisan terluar, dilansir dari NASA.

Lapisan Luar Matahari

1. Korona

Ada empat lapisan luar Matahari, dan Korona adalah yang terluar. Itu dimulai sekitar 1.300 mil di atas fotosfer, dan suhunya diukur sekitar 900.000 derajat Fahrenheit. Tidak mungkin melihat Corona dengan mata telanjang, tetapi ada pengecualian. Kita bisa melihatnya saat gerhana matahari, atau dengan menggunakan alat khusus yang disebut coronagraph. Corona tidak ada batasnya.

2. Daerah Transisi Matahari

Baca Juga: Suar Matahari Besar Ancam Bumi Akhir Pekan Ini, Berpotensi Ganggu Satelit

Diikuti oleh daerah Transisi, yang merupakan lapisan yang sangat sempit yang memisahkan Kromosfer dari Korona. Lebarnya hanya 60 mil, yang sangat kecil untuk lapisan pada tubuh sebesar Matahari. Lapisan ini menandai tempat di mana suhu naik sangat tinggi karena lapisan Corona jauh lebih panas daripada Chromosphere.

Baca :   Membuat Segitiga Di Corel

Matahari
adalah bintang terbesar yang terdapat di tata surya. Matahari mempunyai wujud sebagai bola gas berpijar yang mempunyai ukuran sangat besar. Suhu permukaan Matahari mencapai 5.800oC. Matahari terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  1. Korona, merupakan lapisan terluar Matahari.
  2. Kromosfer, merupakan lapisan Matahari yang mengandung partikel-partikel proton, elektron, dan neutron.
  3. Fotosfer, sering disebut dengan lapisan cahaya karena memancarkan cahaya paling kuat dibandingkan lapisan yang lain.
  4. Inti Matahari, merupakan bagian terdalam yang dimiliki oleh Matahari.

Sehingga urutan lapisan matahari dari paling dalam adalah inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah A.

1. Lapisan matahari dari yang paling dalam adalah
b. Inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.

2. Fotosfer disebut juga lapisan cahaya, karena
d. memancarkan cahaya yang sangat kuat.

3. Energi matahari dihasilkan melalui
b. Reaksi fusi

4. Salah satu akibat gerak semu harian bintang adalah
d. kedudukan bintang pada setiap hari berbeda-beda.

5. Benda langit yang disebut bintang berekor adalah
b. komet

6. Matahari dianggap sebagai pusat tatasurya karena
b. ukurannya paling besar

7. Revolusi planet terjadi karena
c. adanya gravitasi matahari

8. Berikut ini yang termasuk planet dalam adalah
merkurius, venus, bumi dan mars (opsi a & b benar)

9. Planet terbesar di tatasurya adalah
b. yupiter

10. Planet yang paling dekat dengan matahari adalah
d. merkurius

Pembahasan

Mari kita bahas satu-persatu soal tersebut!

1.
Lapisan matahari dari yang paling dalam adalah Inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.

Matahari memiliki lapisan-lapisan seperti objek luar angkasa lainnya, yaitu:

  1. Inti matahari, terdiri dari hidrogen dan oksigen, membuat matahari dapat melakukan reaksi fusi dan menghasilkan suhu hingga 15 juta° C.
  2. Fotosfer, lapisan ini merupakan lapisan yang paling terang dengan ketebalan sekitar 350 km. Lapisan ini memiliki suhu sekitar 5000-6000°C
  3. Kromosfer, lapisan ini memiliki ketebalan 15.000 km dan bersuhu 5000-20000 °C.
  4. Korona, lapisan ini terdiri dari selaput gas yang menyelubungi matahari. Lapisan ini merupakan lapisan yang paling luar.

2. Fotosfer disebut juga lapisan cahaya, karena memancarkan cahaya yang sangat kuat.

Fotosfer merupakan lapisan matahari yang memiliki cahaya yang paling terang, namun memiliki suhu yang paling rendah. Lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 350 km dan hampir semuanya terdiri dari hidrogen.

3.

Energi matahari dihasilkan melalui reaksi fusi

Reaksi fusi adalah penggabungan dua atom menjadi partikel subatom dan melepaskan energi yang besar. Pada matahari, reaksi fusi dihasilkan melalui atom hidrogen yang bersatu dan menghasilkan energi panas matahari yang sangat besar.

Baca :   Soal Tentang Ruang Lingkup Biologi

4. Salah satu akibat gerak semu harian bintang adalah kedudukan bintang pada setiap hari berbeda-beda.

Gerak semu harian bintang adalah ilusi seolah-olah bintang bergerak dari barat ke timur disebabkan oleh rotasi bumi. Hal ini juga menyebabkan gerak semu harian bulan dan matahari.

5. Benda langit yang disebut bintang berekor adalah komet

Komet adalah benda antariksa yang terdiri dari debu dan es yang bergerak mengelilingi matahari. Komet terdiri dari empat bagian, yaitu inti komet, koma, ekor komet dan selaput hidrogen.

6. Matahari dianggap sebagai pusat tatasurya karena ukurannya paling besar

Sebagai objek yang paling besar, matahari memiliki tekanan gravitasi yang paling kuat diantara benda lain di tatasurya, sehingga ia mampu menarik benda lain agar mengorbit matahari dan mencegah benda tersebut keluar dari tatasurya.

7. Revolusi planet terjadi karena
adanya gravitasi matahari

Revolusi planet adalah peristiwa planet mengelilingi objek yang lebih besar karena ia tertarik ke dalam gaya gravitasi objek tersebut. Contohnya dalam tata surya adalah ketika bumi be-revolusi terhadap matahari. Kita tahu bahwa matahari jauh lebih besar dari bumi, jadi bumi tertarik oleh gravitasi matahari dan mengelilinginya.

8. Berikut ini yang termasuk planet dalam adalah
merkurius, venus, bumi dan mars (opsi a & b benar)

Planet dalam adalah planet yang berada di antara matahari dan sabuk asteroid. Ada empat planet dalam, yaitu merkurius, venus, bumi dan mars. Sedangkan planet luar adalah planet yang berada di antara sabuk asteroid dan sabuk kuipper. Ada empat planet luar, yaitu jupiter, saturnus, uranus dan neptunus.

9. Planet terbesar di tatasurya adalah yupiter

Yupiter merupakan planet ke-5 dalam urutan sistem tatasurya. Planet ini memiliki 67 satelit dan yang terbesar adalah Ganymede. planet ini memiliki waktu rotasi tercepat, yaitu hanya sekitar 9 jam. Planet ini terdiri dari materi gas yang menyebabkan planet ini hampir tidak memiliki permukaan solid. Planet ini terdiri dari hidrogen, helium, metana, amonia, sulfur, dll.

10. Planet yang paling dekat dengan matahari adalah merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Planet ini berjarak 57 juta km dari matahari yang membuat suhu planet ini sangat panas, yaitu sekitar 500°C. Planet ini memiliki waktu revolusi tercepat di tata surya, yaitu 59 hari.

→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→

Pelajari lebih lanjut:

Penjelasan tentang komet:
brainly.co.id/tugas/9589990

Detail jawaban:

Mapel: Biologi

Kelas: VIII

Bab: X (Tata Surya)

Kata kunci: Soal tentang tata surya, matahari, planet, komet

Kode kategorisasi: 8.4.10

#OptiTeamCompetition

Berikut Urutan Lapisan Matahari Dari Yang Paling Dalam Yaitu

Sumber: https://hasilcopa.com/urutan-lapisan-matahari-dari-yang-paling-dalam-yaitu

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …