Berikut Ini Yang Merupakan Sifat Zat Padat Adalah

KlikBelajar.com – Berikut Ini Yang Merupakan Sifat Zat Padat Adalah

Suara.com –
Kita semua sadar bahwa setiap benda yang ada di muka bumi memiliki beragam bentuk, mulai dari padat, cait hingga gas. Setiap benda tersebut tentunya memiliki karakteristik dan ciri-ciri masing-masing. Nah, lalu apa saja sifat benda padat?

Mungkin sebagian dari kita banyak yang tidak sadar bahwa benda-benda tersebut termasuk dalam yang sering kita jumpai setiap harinya, termasuk benda padat. Menurut KBBI, benda padat adalah benda (barang) yang wujudnya padat dan mempunyai bentuk tertentu (seperti batu, besi dan kayu).

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang

sifat benda padat
lengkap dengan ciri dan contohnya, mari simak!

Definsi Benda Padat

Baca Juga:
Sifat Benda Gas, Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Sebelum kita membahas tentang

sifat benda padat
beserta ciri dan contohnya, terlebih dahulu kita akan membahas apa yang dimaksud dari benda padat itu sendiri. Mudahnya kita dapat mendefinisikan benda padat sebagai wujud benda yang memiliki bentuk tertentu dengan massa dan menempati sebuah ruang atau berada pada volume tertentu.

Sifat benda padat yang paling jelas adalah memiliki bentuk dan ukuran yang tetap sebelum akhirnya diberi tindakan untuk melakukan perubahan. Benda padat juga memiliki daya tarik antara molekul yang sangat kuat sehingga bentuk benda padat ini bisa memiliki volume yang tetap dengan kerapatan molekul yang besar.

Sifat Benda Padat

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap benda yang terdapat di sekitar kita memiliki besaran ukuran dan volume beserta sifat yang berbeda-beda. Berikut adalah

sifat benda padat
yang perlu anda ketahui:

  1. Memiliki Volume Tetap
  2. Bentuk yang Tetap
  3. Memiliki Massa
  4. Tidak Dapat Dimampatkan
  5. Dapat Diubah Bentuk dengan Cara Tertentu
  6. Tidak Dapat Mengalir
Baca :   Kumpulan Zat Yang Tergolong Isolator Adalah

Ciri-ciri Benda Padat

Baca Juga:
Sifat Benda Padat: Ciri dan Perubahannya

Adapun ciri-ciri benda padat adalah sebagai berikut:

  1. Bentuk benda padat tidak akan berubah meskipun dipindah-pindahkan dari wadah satu ke wadah yang lain
  2. Ukuran benda padat tidak akan berubah meskipun dipindah-pindah dari wadah satu ke wadah yang lain
  3. Volumenya tetap dalam kondisi tertentu secara konsisten
  4. Massa jenis atau kerapatan benda padat relatif tinggi

Perubahan pada Benda Padat dan Contohnya

Sama halnya dengan jenis-jenis benda yang lain, benda padatpun juga dapat mengalami perubahan wujud. Perubahan pada benda padat dapat berupa perubahan bentuk dan wujud yang bisa diikuti dengan perubahan warna dan bau dari benda padat tersebut. Artinya dalam perubahan bentuk dan wujud pasti akan diikuti dengan perubahan warna dan bau pada benda padat tersebut.

Perubahan Bentuk Benda Padat

Perubahan pertama ini dapat kita artikan sebagai bentuk perubahan bentuk dari sebuah benda padat menjadi benda padat lainnya, artinya benda tersebut hanya mengalami perubahan bentuk. Berikut adalah beberapa contoh benda padat yang mengalami perubahan bentuk:

  • Kertas termasuk dalam bentuk benda padat yang merupakan hasil perubahan benda padat, yakni kayu yang dimasak menjadi bubur kertas atau pulp. Bahan kertas tersebut kemudian akan mengalami beberapa proses penyaringan sampai terbentuklah kertas yang bisa kita gunakan untuk menulis.
  • Plastik termasuk dalam benda padat karena memiliki massa jenis atau kerapatan molekul yang tinggi dan memiliki sifat yang lentur, sedikit kuat, dan licin. Plastik yang mengalami proses pemanasan akan berubah menjadi bentuk benda yang beragam, seperti ember, baskom, kursi, meja, lemari, piring, gelas, dan berbagai benda bahan plastis lainnya.
Baca :   Kelebihan Mekanika Kuantum

Perubahan Wujud Benda Padat

Benda padat – ilustrasi kapur barus, kamper

Perubahan wujud adalah perubahan pada benda padat yang tidak hanya bentuknya saja yang berbeda melainkan wujudnya juga berubah. Berikut adalah contoh perubahan wujud pada benda padat:

  • Kapur barus termasuk dalam benda padat yang bisa mengalami perubahan wujud jika kapur letakan di ruang terbuka maka semakin lama akan habis. Kapur barus itu bukan hilang namun mengalami perubahan wujud dari benda padat menjadi gas karena menyublim ke udara.
  • Margarin termasuk dalam benda padat meskipun memiliki bentuk yang lebih lunak. Benda ini jika mengalami proses pemanasan maka akan berubah wujud menjadi lebih cair.

Demikian adalah ulasan tentang sifat benda padat lengkap dengan ciri-ciri dan contohnya, semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan umum baru untuk anda.

Kontributor :
Dhea Alif Fatikha

Berikut Ini Yang Merupakan Sifat Zat Padat Adalah

Sumber: https://www.suara.com/tekno/2021/11/29/193022/6-sifat-benda-padat-lengkap-dengan-ciri-dan-contohnya

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …