Berat Badan Anak Usia 8 Tahun

KlikBelajar.com – Berat Badan Anak Usia 8 Tahun

Bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, berat badan ideal merupakan hal yang sangat penting. Anak-anak sebaiknya tidak boleh mengalami kekurangan atau kelebihan berat badan karena akan sangat memengaruhi kesehatan dan pertumbuhannya. Jika anak kekurangan berat badan, dikhawatirkan si kecil akan mengalami kekurangan gizi sehingga tidak bisa tumbuh dengan optimal. Sedangkan, memiliki berat badan diatas rata-rata dapat memicu penyakit serius di masa yang akan datang. Oleh karena itu, perhitungan berat badan ideal anak merupakan hal yang sangat wajib dilakukan secara rutin.

Berat Badan Ideal Anak Tergantung Usianya

Anak-anak berusia di bawah 5 tahun (balita) sedang dalam masa pertumbuhan yang disebut periode emas. Pada masa ini, perkembangan otaknya baru saja dimulai. Mereka juga sedang dalam masa yang sangat aktif, sehingga berat badannya harus dipantau.

Tim dokter Jovee, dr. Irma Lidia, menjelaskan, “Menurut UNICEF dalam laporannya tahun 2019, memperkirakan sekitar 1 dari 3 anak didunia tidak bertumbuh dengan baik, karena undernutrition; lapar terselubung atau hidden hunger, dan kelebihan berat badan. Hidden hunger menyebabkan tubuh anak kekurangan vitamin dan mineral esensial karena kebutuhannya yang tidak terpenuhi,”

Beliau juga mengatakan bahwa, “Jumlah anak undernutrition dan hidden hunger di Indonesia diperkirakan lebih banyak. Akibatnya, mereka tidak dapat mencapai potensi fisik dan intelektual yang maksimal.”

Bagaimana caranya mengukur berat badan ideal si kecil? Anda dapat melakukannya menggunakan body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh. BMI sudah menjadi standar perhitungan berat badan ideal, menurut para ahli. Meski keakuratannya masih diragukan, metode BMI tetap menjadi pilihan untuk mengukur berat badan.

Baca :   Bunyi Pertama Mempunyai Tingkat Kebisingan 75 Db

Cara menghitung berat badan ideal dengan metode BMI yaitu membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter) yang dikali dua. Contohnya, jika berat badan si kecil 23 kg dan tinggi badan 1,22 meter, maka BMI yang didapatkan adalah 15,45 kg. Kemudian angka tersebut dibandingkan dengan kategori IMT berikut ini:

  • 6 tahun: 13 – 17 (laki-laki) dan 12,7 – 17,3 (perempuan)
  • 7 tahun: 13,1 – 17,4 dan 12,7 – 17,7 (perempuan)
  • 8 tahun: 13,3 – 17,9 dan 12,9 – 18,3 (perempuan)
  • 9 tahun: 13,5 – 18,4 dan 13,1 – 19 (perempuan)
  • 10 tahun: 13,7 – 19,1 dan 13,5 – 19,8 (perempuan)
  • 11 tahun: 14,1 – 19,9 dan 13,9 – 20,7 (perempuan)
  • 12 tahun: 14,5 – 20,8 dan 14,4 – 21,7 (perempuan)

Maka dari itu, berat badan ideal anak disesuaikan dengan usianya masing-masing. Berikut ini merupakan berat badan ideal yang seharusnya dimiliki anak berdasarkan usianya, yaitu:

1. Usia 1 – 2 tahun

Di usia ini, rata-rata berat badan anak akan bertambah 1,4 – 2,3 kg dalam setahun. Umumnya, anak perempuan mempunyai berat badan ideal sebesar 8,9 – 11,5 kg. Sementara anak laki-laki berat badan idealnya adalah 9,6 – 12,3 kg.

2. Usia 2 – 3 tahun

Anak-anak usia segini biasanya tidak mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Kerennya, Anda harus memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Berikan mereka bermacam-macam makanan sehat dari berbagai kelompok makanan. Dengan begitu, nutrisinya pun akan bervariasi. Kurangi makanan dan minuman manis dan perbanyak sayur serta buah-buahan.

Berat badan ideal anak laki-laki sebesar 12,2 – 14,3 kg sedangkan untuk anak perempuan sebesar 11,5 – 13,9 kg.

3. Usia 3 – 4 tahun

Sama dengan sebelumnya, anak-anak di usia ini pun tidak mengalami penambahan berat badan yang berarti. Berat badan ideal anak-anak pada usia ini normalnya bertambah sekitar 1,5 kg per tahun. Untuk anak perempuan, berat badan idealnya adalah sebesar 13,9 – 16,1 kg sementara itu, anak laki-lakinya sebesar 14,3-16,3 kg.

Baca :   Syarat Dua Bangun Datar Dikatakan Kongruen Adalah

4. Usia 4 – 5 tahun

Usia segini anak-anak cenderung lincah dan menyukai aktivitas fisik. Idealnya, berat badan mereka seharusnya bertambah sekitar 2 kg dalam 1 tahun, dengan berat anak perempuan mencapai 16,1 – 18,2 kg dan anak laki-lakinya adalah 16,3 – 18,3 kg.

5. Usia 6 – 9 tahun

Biasanya, untuk anak perempuan usia 6 tahun ini, berat badannya mencapai 20 kg dan anak laki-lakinya sebesar 21 kg. Bertambah satu tahun, berat badan ideal mereka pun turut naik menjadi 23 kg. Masuk usia ke-9, anak-anak perempuan mencapai berat 26 kg dan anak laki-lakinya sebesar 29 kg.

6. Usia 10 – 12 tahun

beberapa anak perempuan memasuki masa pubertas di usia segini. Makanya, berat badan mereka cenderung lebih besar dibandingkan dengan anak-laki-laki. Secara alami, perempuan menghasilkan lebih banyak lemak daripada laki-laki. Pada usia tersebut anak perempuan memiliki berat ideal sebesar 33 kg sedangkan anak laki-laki hanya 32 kg.

Cara Meningkatkan Berat Badan Balita

Berat badan balita seringkali naik dan turun akibat pola dan jenis makanan yang dikonsumsi. Berat badan yang kurang seringkali menjadi kekhawatiran orang tua. Mengapa? Karena kekurangan nutrisi akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangannya. Di bawah ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan berat badan anak, antara lain:

1. Berikan makanan tinggi kalori

Camilan atau makanan berkalori tinggi bisa menjadi alternatif mudah meningkatkan berat badan anak. Walaupun berkalori tinggi, sebaiknya Anda tidak memberinya makanan yang banyak mengandung gula, makanan olahan, bahkan makanan cepat saji.

Berikan anak makanan bergizi yang memiliki kandungan lemak sehat dan berkalori tinggi seperti mentega, keju, alpukat dan sebagainya guna memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

2. Lengkapi nutrisinya dari multivitamin tambahan

Anda bisa memberikan tambahan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan anak serta vitamin guna meningkatkan berat badan anak. Misalnya vitamin A, C, D dan zat besi. Bonusnya lagi, vitamin dan mineral tersebut membantu menguatkan sistem imun dan memelihara kesehatan si kecil. Salah satu vitamin anak yang dapat dikonsumsi adalah Blackmores Koala Kids Body Shield (Rp 186.606) yang dapat diberikan pada anak usia 2-12 tahun.

Baca :   Muatan Listrik Q1 Segaris Dengan Q2 Seperti Pada Gambar

Namun, perlu Anda perhatikan untuk pemberian vitamin agar tidak terlalu berlebihan. Pastikan Anda memberikan suplemen dengan dosis sesuai usianya agar meminimalisir dampak negatifnya. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memberikan si kecil suplemen. Anda bisa mencoba memberikannya Gizidat. Gizidat adalah suplemen dari madu hitam alami dan ekstrak ikan sidat yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan anak dan meningkatkan nafsu makan

3. Jaga porsi makannya, jangan sampai berlebihan

Selain meminimalisir sampah makanan, pemberian dalam jumlah yang kecil bisa memberikan kesempatan anak untuk menambah makanan serta mencoba berbagai jenis makanan yang sesuai dengan seleranya. Idealnya, Anda bisa memberikan 1 sendok makan setiap makanan sesuai usia.

4. Bangun kebiasaan makan sendiri

Pada usia 2 – 5 tahun, anak sudah mulai mampu makan dan menyiapkan makanannya sendiri. Berikan kebebasan pada anak untuk makan sendiri agar lebih meningkatkan nafsu makannya. Bila perlu, ajak si kecil untuk ikut menghias atau menyiapkan makanannya sendiri.

Berat badan anak sejatinya tidak bisa disamakan satu sama lainnya. Beberapa kondisi medis seperti cacingan, gangguan penyerapan, ataupun alergi terhadap bahan makanan tertentu bisa memengaruhi berat badan mereka. Oleh sebab itu, jika anak Anda mengalami masalah pencernaan, berat badannya yang berkurang terus-menerus sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen kesehatan, kunjungi Jovee Official Shop. Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Berat Badan Anak Usia 8 Tahun

Sumber: https://jovee.id/ketahui-berat-badan-ideal-buah-hati-anda-sesuai-usianya/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …