Benda Yang Bergetar Merupakan Sumber Energi

KlikBelajar.com – Benda Yang Bergetar Merupakan Sumber Energi

Sebuah getaran yang terdapat di udara merupakan pengertian singkat dari bunyi, pada dasarnya benda yang bergetar bisa mengeluarkan bunyi. Hal ini tak lepas dari adanya energi di dalamnya,

energi bunyi adalah
salah satu bentuk energi yang bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, untuk lebih jelasnya memang diperlukan pemahaman lebih mengenai energi bunyi.

Bunyi akan terdengar semakin keras jika kita berada di dekat sumber bunyi, namun bunyi akan terdengar semakin perlahan jika kita menjauhinya. Contohnya seperti saat mengobrol, ucapan yang dikeluarkan mulut akan terdengar jelas jika dua orang atau lebih saat melakukan obrolan dalam jarak dekat, namun hal itu berbeda jika obrolan dilakukan dari jarak jauh tanpa memakai alat bantu.

Pengertian Energi Bunyi

Seperti yang sedikit disebutkan di atas bahwa

energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari

sumber bunyi. Kemampuan ini berkaitan dengan berbagai hal yang terjadi, terutama karena adanya pengaruh sumber bunyi tadi. Sehingga sumber-sumber energi ini bisa juga tak semata-mata dari alat musik, gesekan dua benda termasuk dalam

energi gerak menjadi energi bunyi
.

Memang benar bahwa alat musik merupakan salah satu sumber bunyi yang mudah ditemui dan dicari, meski begitu sumber dari energi bunyi adalah beragam dan bermacam-macam. Manusia tanpa menggunakan alat pun memiliki sumber energi bunyi alami berupa pita suara yang terdapat di tenggorokan dan menghasilkan bunyi saat berbicara.

Contoh Sumber Bunyi

Salah satu contoh sumber bunyi yang bisa ditemukan dan dilihat seperti motor yang berjalan, ketika motor tidak dinyalakan maka tidak akan terjadi bunyi. Berbeda jika motor ketika dinyalakan,

energi listrik menjadi energi bunyi
. Bahkan ketika motor dipacu untuk jalan, maka bunyi yang akan dikeluarkan akan semakin bertambah keras akibat proses gesekan pada mesin.

Selain itu sumber bunyi lainnya bisa berbentuk alat musik, karena memang setiap alat musik yang diciptakan atau dibuat pada dasarnya ditujukan untuk menghasilkan bunyi. Setiap alat musik yang ada diketahui memiliki resonator, sebuah ruang udara yang fungsinya untuk memperkuat bunyi.

Contoh energi listrik menjadi energi bunyi
bisa seperti alat musik yang membutuhkan listrik.

Baca :   Titik Titik Yang Ada Di Kuadran 2 Adalah

Pengertian Bunyi

Bunyi adalah getaran yang terdapat di udara, muncul dari hasil berbagai benda yang digesekkan atau bertabrakan dengan benda lain. Meskipun pada umumnya, setiap makhluk hidup di dunia bisa menghasilkan bunyi sesuai yang diinginkan. Karena bunyi berasal dari energi gelombang, gelombang dari benda bergetar yang kemudian muncul sebagai bunyi.

Fenomena menarik terkait bunyi adalah semakin kuat benda bergetar, maka akan semakin keras juga bunyi yang muncul dan bisa didengar. Namun sebaliknya, semakin lemah adanya getaran membuat bunyi susah untuk didengar dan bahkan bisa hilang begitu saja. Selain karena kekuatan dan jarak, fenomena ini juga menyimpulkan bahwa bunyi memiliki frekuensi masing-masing.

Baca juga: Gaya Tak Sentuh: Pengertian, Contoh & Penerapan di Kehidupan

Gelombang Bunyi

Sebuah gelombang mekanik yang membuatnya bisa merambat lewat sebuah medium, kebanyakan dan terkenalnya disebut sebagai gelombang longitudinal. Menjadi salah satu energi yang berasal dari dunia, meski bisa dimunculkan melalui rekayasa. Kemunculan bunyi yang terdengar karena adanya gelombang bunyi juga dipengaruhi beberapa faktor seperti keras atau lemahnya bunyi.

Indra untuk Mengeluarkan Bunyi

Manusia dan dan hewan merupakan dua makhluk hidup yang memiliki alat bantu mendengar bunyi, yakni disebut dengan nama telinga. Dengan mendengar suara atau bunyi melalui telinga, sedikit banyak orang dan hewan bakal bisa merasakan adanya sesuatu di sekitar. Selain itu, mendengar bunyi melalui telinga juga memberi banyak dampak baik bagi kehidupan makhluk hidup.

Pada saat telinga menerima sinyal bunyi, maka gendang telinga dipastikan akan bergetar sebelum melakukan pemrosesan terhadap bunyi untuk disampaikan ke otak. Frekuensi atau juga disebut dengan banyaknya getaran dalam hitungan detik terbagi menjadi tiga jenis dengan salah satunya bisa didengar oleh manusia, apa saja itu? Berikut beberapa jenis gelombang bunyi tersebut.

  • Ultrasonik.
  • Audiosonik.
  • Infrasonik.

Jenis-jenis Energi Bunyi

  • Infrasonik

Merupakan jenis bunyi yang kekuatan suaranya sangat amat lemah alias kemungkinan tidak bisa didengar telinga manusia. Infrasonik memiliki jumlah getaran kurang dari 20 getaran per detik, hal itulah yang membuat telinga manusia tidak dapat mendengarnya. Meski begitu terdapat beberapa hewan yang mampu mendengar bunyi infrasonik, seperti jangkrik dan anjing.

  • Audiosonik

Jenis bunyi dengan karakteristik bisa didengar oleh telinga manusia, jenis bunyi audiosonik memiliki sekitar getaran bunyi mulai 20 sampai 20.000 getaran per detik. Selain bisa didengar oleh manusia, jenis bunyi audiosonik juga dapat didengarkan para hewan. Karena memang rasio getaran tersebut mudah didengarkan.

  • Ultrasonik

Jenis bunyi ini cukup menarik karena termasuk bunyi yang amat kuat dengan level di atas audiosonik. Ultrasonik memiliki jumlah getaran mencapai lebih dari 20.000 getaran per detiknya, meski merupakan jenis bunyi paling kuat namun manusia tidak bisa mendengarnya. Hanya jenis hewan tertentu yang mampu mendengarkan bunyi ultrasonik, kelelawar dan lumba-lumba.

Baca :   5000 Gram Sama Dengan Berapa Kilo

Sumber Energi Bunyi

Bunyi tak dapat muncul dengan sendirinya karena memang membutuhkan sumber bunyi, sumber bunyi berasal dari semua benda. Bisa berupa alat yang mengeluarkan bunyi, maupun adanya getaran karena pukulan, petikan hingga gesekan maupun tiupan. Sumber energi bunyi beragam, meskipun yang paling dikenal hanyalah alat musik.

Gitar dan kecapi merupakan jenis alat musik yang menghasilkan bunyi dengan dipetik dan digesek, kemudian merdu suara suling yang muncul juga dihasilkan akibat adanya gesekan dengan udara atau ditiup. Kemampuan alat musik dalam mengeluarkan bunyi ini tak lepas dari kebanyakan jenis alat dipasangi resonator yang berupa ruang udara dengan fungsi memperkuat keluarnya bunyi.

Bunyi atau suara bisa didengar dengan pelan, keras dan melengking karena dipengaruhi tinggi rendahnya bunyi saat keluar dan disebut dengan frekuensi. Frekuensi adalah jumlah dari banyaknya getaran yang muncul di setiap detik, satuan frekuensi adalah Hertz (Hz). Frekuensi dipengaruhi banyak sedikitnya jumlah getaran, termasuk

contoh energi gerak menjadi energi bunyi
.

Sifat-sifat Bunyi

  • Merambat

Sifat pertama dari bunyi adalah bisa merambat, melalui zat padat, cair hingga gas karena memang rambatan getaran bunyi ini berbentuk gelombang. Gelombang yang bisa merambat pada zat padat, cair dan gas. Perambatan langsung getaran bunyi ini bisa melalui udara, namun bunyi tidak dapat terdengar jika masuk dalam ruangan hampa udara seperti ruang angkasa.

  • Bunyi Dipantulkan

Pemantulan atau refleksi juga bisa dilakukan bunyi, hal ini dikarenakan bunyi sebagai gelombang longitudinal. Ketika merambat ke tempat lain, bunyi kemudian merapat ke benda-benda di sekitarnya, bunyi dapat dipantulkan ketika menabrak dinding. Berdasarkan jarak sumber bunyi, bunyi pantul dibedakan menjadi tiga jenis.

Baca :   Contoh Soal Transformasi Lorentz

Pertama pantul jarak jauh, yakni bunyi pantul yang mampu memperkuat bunyi asli dan biasanya terjadi dalam keadaan antara sumber bunyi dan dinding pantul dengan jarak yang tidak begitu jauh, pada umumnya kurang dari 10 meter. Jenis kedua adalah gaung, merupakan bunyi pantul yang bunyinya kurang terdengar dengan jelas.

Gaung muncul karena adanya bunyi pantul dengan campuran bunyi asli, akibat dari fenomena ini adalah bunyi pantul bisa mengganggu pendengaran. Kondisi ini bisa terjadi dalam jarak antara 10 sampai 20 meter. Jenis ketiga adalah gema, merupakan bunyi yang dihasilkan akibat pantulan dan baru terdengar setelah bunyi asli didengar.

  • Bunyi Dibiaskan

Menjadi salah satu sifat dari gelombang yakni pembiasan atau refraksi, seperti adanya petir yang terdengar lebih keras jika muncul di malam hari ketimbang siang hari. Hal ini terjadi karena suhu udara atas pada siang hari lebih dingin ketimbang suhu udara bawah, begitu juga sebaliknya ketika pada malam hari.

Manfaat Gelombang Bunyi

Dalam praktik kenyataannya, gelombang bunyi timbul akibat adanya energi bunyi dan hal ini menimbulkan beberapa manfaat. Manfaat ini muncul dalam kehidupan manusia dan bahkan menjadi penentu krusial kondisi tertentu. Apa saja manfaat yang dihasilkan bunyi bagi kehidupan manusia, berikut di antaranya.

  • Cara cek kandungan lewat Ultrasonografi (USG)
  • Pengujian Ultrasonik
  • Terapi Ultrasonik.
  • Pembersih Ultrasonik.
  • Sonar.

Demikian penjelasan mengenai energi bunyi, mulai dari pengertian, asal-usulnya, jenis hingga manfaat yang diberikan terhadap kehidupan manusia. Sampoerna Academy menerapkan metode belajar sambil praktek yang diterapkan di semua kelas. Dalam memberi motivasi eksplorasi, kolaborasi, kreativitas hingga penerapan pengetahuan dan keterampilan.

Sampoerna Academy memiliki rencana

21st Century Learning

yang menjadi acuan dari penerapan kurikulum internasional. Guru dan tenaga pengajar Sampoerna Academy memberi fasilitas pembelajaran melalui kerja kelompok dan skenario pembelajaran kehidupan nyata bagi para siswa mulai tingkatan dasar hingga perguruan tinggi.

Referensi
Pinhome – Energi Bunyi Adalah

Benda Yang Bergetar Merupakan Sumber Energi

Sumber: https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/energi-bunyi-adalah/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …