Beda Adenium Dan Kamboja

Beda Adenium Dan Kamboja.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kemboja jepang
Adenium obesum


Desert Rose (Adenium obesum), Ghana.jpg



Harga diri pelestarian
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko invalid
IUCN 62541


Taksonomi
Divisi Tracheophyta
Upadivisi Spermatophytina
Klad Angiospermae
Klad mesangiosperms
Klad eudicots
Klad core eudicots
Klad asterids
Klad lamiids
Ordo Gentianales
Famili Apocynaceae
Upafamili Apocynoideae
Tribus Nerieae
Upatribus Neriinae
Genus Adenium
Spesies
Adenium obesum






Roem. dan Schult., 1819
Tata nama
Basionim Nerium obesum
(en)
Terjemahkan


Kemboja jepang
[1]
[a]


atau
adenium
(Adenium obesum) merupakan varietas tumbuhan hias, batangnya besar, bagian bawahnya menyerupai pangkal pohon, batangnya enggak berkambium, akarnya dapat melendung menyerupai umbi, bentuk daunnya panjang suka-suka yang bujur telur, tirus, kecil, dan besar, warna bunganya bermacam-keberagaman.[1]

Anak uang ini disebut juga dengan mawar padang pasir (desert rose). Karena berpokok dari daerah kering, pohon ini tumbuh lebih baik pada kondisi media nan tandus dibanding terlalu basah. Disebut ibarat adenium karena salah satu tempat asal adenium ialah daerah Aden (Ibu kota Yaman).

Masyarakat Indonesia menyebutkan adenium sebagai kamboja jepang, bisa jadi dikaitkan dengan klise yang beredar. Contohnya buah-buahan yang samudra biasa disebut sebagai Bangkok, sedangkan tumbuhan nan kecil-boncel biasa disebut Jepang. Oleh karena itu, jika purbakala sudah lalu ada kamboja yang sosok tanamannya tinggi besar maka begitu suka-suka tanaman nan sosoknya kecil tapi mirip kamboja, disebutlah seumpama kamboja jepang.

Sebenarnya kamboja adalah macam Plumeria, kerabat jauh dari Adenium. Beberapa perbedaan antara Adenium dengan Plumeria ialah sebagai berikut.

  • Adenium berbatang besar dengan fragmen bawah menyerupai umbi, namun sosok tanamannya seorang kerdil dengan patera kecil tinggi. Akar tunjang adenium juga dapat membesar menyerupai umbi.
  • Plumeria berbatang kecil memulur minus rajah pangkal pohon, dengan individu pokok kayu yang besar dan dapat bertaruk tinggi, dengan bentuk daun tingkatan dan besar.

Bentuk

[sunting
|
sunting perigi]

Akar adenium yang melendung seperti pangkal pohon adalah bekas menyimpan air sebagai cadangan di detik kekeringan. Akar nan melendung ini bila dimunculkan di atas tanah akan membentuk kesan unik seperti bonsai. Sementara itu batangnya lunak bukan berkayu (disebut pun sebagai sukulen), namun dapat membesar.

Baca :   Bandul Bermassa 250 Gram Digantungkan Pada Tali Sepanjang 20 Cm

Semi-tunas samping boleh tumbuh berusul ain recup pada batang atau lepasan daun yang gugur. Mata tunas samping tersebut akan berfungsi (tumbuh) apabila pucuk atas tanaman dipotong. Hal inilah yang dilakukan orang bilamana memprunning atau memulangi, untuk mendapatkan daun baru dan seharusnya anak uang yang akan muncul nantinya lebih sederum.

Daun adenium terserah bervariasi, kerangka lonjong, runcing, katai dan ki akbar, serta ada yang beruban subtil, ada pula yang tanpa surai. Sedangkan bunga adenium berbentuk sama dengan terompet, berkelopak 5, dengan aneka kelakuan corak sesuai dengan keberagaman (varietasnya) saban. Sekarang sudah dikembangkan kelopak bunga yang bersusun dan hasilnya sudah baik lebih-lebih pelupuk bunganya cak semau yang menyerupai koalisi bunga mawar.

Cak semau 2 kelompok adenium, ialah kelompok varietas (variasi asli), maupun varietas (keberagaman hasil perkawinan dan persilangan nan dilakukan manusia bakal mencari rajah baru).

Sejumlah spesies asli adenium ialah:

  1. Adenium arabicum, cirinya bagan kelasa pendek dan besar, dengan banyak mayit yang muncul mulai sejak atas gambol tersebut. Bunganya bercelup campuran putih dan pink, boncel (diameter petal kurang berpangkal 5 cm).
  2. Adenium obesum, cirinya bagan bonggol ki akbar dan agak memulur ke atas, satu batang bersemi di atas bonjol, di atas batang unjuk percabangan. Bunga bercelup paduan merah dan putih, berbunga osean (lebih dari 5 cm).

Variasi-varietas spesies adenium lainnya adalah Adenium Socotranum, Adenium swazicum, Adenium somalense, Adenium bohemianum.

Pembenihan

[sunting
|
sunting sumber]

Kamboja (Adenium).jpg

Penyerbukan plong tanaman ini telah bisa dilakukan dengan uluran tangan sosok. Pembuahan pada angin disebut dengan bunga anemophilous dan dengan bantuan serangga disebut entomophilous, dan dengan bantuan manusia yaitu dengan prinsip menularkan utas sari ke pentil anakan.

Untuk menghasilkan pembuahan nan mewah membutuhkan dua jenis tanaman yang berbeda genetiknya. Penyerbukan dikatakan berhasil apabila telah terjadi buah yang membelenting berbentuk tanduk.

Hama dan Ki aib

[sunting
|
sunting sumber]

Pada saat pembungaan banyak wereng dan penyakit yang menclok di tanaman ini. Para penghobi pokok kayu ini rela mengeluarkan dana makin untuk menanggulangi bandingan pada adenium tersebut. Karena tanaman ini apabila tidak secepatnya dicegah maka akan lekas lengang. Bilang jenis hama yang sah mencacat adenium antara bukan adalah

Baca :   Cara Menghilangkan Mata Silinder Dan Minus

  1. Aphid adalah sepersaudaraan tungau bercelup kuning yang galibnya umur berkawanan dengan total nan banyak. Hama ini menuding pucuk daun muda dengan cara mengisap cairannya sehingga patera yang terserang akan bertaruk tak sempurna dan cenderung berombak. Hama ini termasuk puas keramaian Arthropoda.
  2. Mealy Bug berbentuk seperti tungau berwarna murni dan memiliki tepung dan lapisan lilin begitu juga kapas pada tubuhnya. Hama ini ditemukan di ketiak daun, pucuk perempuan muda, dan bangkai tanaman. Akibat serangannya, pertumbuhan pucuk juga tidak normal dan timbul calit hitam di sekitar pucuk tanaman yang menyebabkan klorosis. Mealy Bug termasuk sreg kelompok hama Arthropoda.
  3. Cacing Tanah ini sering negatif akar susu tanaman sehingga mengakibatkan tanaman langka menyerap elemen hara. Sebab, adegan vital pokok kayu dilumpuhkan oleh hama ini. Cacing banyak terdapat di media yang burung laut dipupuk dengan pupuk kandang. Hama ini termasuk sreg gerombolan Nematoda.
  4. Fungus Gnat merupakan hama yang menyerupai nyamuk berwarna hitam. Hama ini memaki bunga pada tanaman adenium. Rente yang diserang ditandai dengan adanya bintik hitam di rival anak uang, yang mengakibatkan rente akan busuk dan layu. Hama ini termuat sreg gerombolan Anthropoda.
  5. Root Mealy Bug bersembunyi di kendaraan tumbuhan lembap, bentuknya menyerupai kutu rambut yang berwarna ceria. Hama ini menyerang pucuk tanaman yang mengakibatkan pucuknya layu dan apabila dibongkar sekali lagi akan kelihatan akar tanaman membusuk. Hama ini termasuk kepada kelompok Arthropoda.
  6. Spider Mite tulangtulangan hama ini begitu juga tungau dengan warna badannya yang bervariasi bersumber abang, kuning muda, hijau sepuh, cokelat muda,hingga hitam. Hama ini bersembunyi di bawah daun dan di katek daun. Kebanyakan daun yang diserang akan berwarna kusam dan terbantah mengkerut. Gempuran hama ini terjadi pada musim kemarau dan hama ini termaktub sreg gerombolan Artropoda.
  7. Semut adakalanya bisa dolan sebagai hama tanaman. Karena semut sering bersarang di bawah pot sehingga dapat subversif akar dan tunas muda tumbuhan. Yang lebih membahayakan semut dapat menjadi faktor kerjakan kebobrokan lain. Semut termasuk plong kelompok wereng Arthopoda.
  8. Thrips berbentuk seperti mana tuma berwarna hitam dan bersirkulasi cepat. Wereng ini membidas episode bunga yang masih kuncup akibatnya bunga gagal mengembang dan menjadi gersang. Thrips termasuk sreg kelompok wereng Arthropoda.
Baca :   Planet Yang Kala Revolusinya Paling Lama Adalah

Dari keterangan di atas boleh kita ketahui bahwa hama yang paling kecil banyak menyerang tanaman adenium adalah wereng kelompok Anthopoda. Hama ini sangat berbahaya apabila enggak lekas diatasi karena dapat menyebabkan pohon hening.

Padahal penyakit yang menyerang adenium ialah akibat waktu hujan datang. Jika tidak segera di atasi tanaman akan segera membusuk dan sulit untuk diobati, seperti tembelang akar akibat penyiraman yang terlalu sering dan banyak atau tertimpa air hujan abu yang menggenang di dalam jambangan.

Layu pucuk nan disebabkan makanya sejenis serat disebut Fusarium sp. Phomopsis sepertalian baja yang menyerang daun hingga busuk, terutama privat periode pembungaan. Semua ini boleh terjadi sreg waktu hujan atau kurangnya perawatan. Selain akibat cuaca penyakit adenium pun disebabkan maka dari itu kuman, infeksi rabuk, dan virus. Cara mengatasinya adalah dengan memelihara kebersihan lingkungan dan penjagaan yang baik.

Galeri

[sunting
|
sunting sumur]

Wacana

[sunting
|
sunting sumber]

  1. ^


    a




    b




    (Indonesia)
    Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia
    “Kekuatan kata kemboja jepang pada Kamus Besar Bahasa Indonesia intern jaringan”. Diakses sungkap
    2019-12-13
    .




Catatan tungkai

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^

    label kamboja jepang seorang senyatanya mengecek karena bisa diidentikkan dengan kemboja, yang banyak ditemui di areal pekuburan. Sedangkan embel-embel perkenalan awal jepang seakan-akan bunga ini terbit terbit Jepang

Pranala asing

[sunting
|
sunting sumber]

  • Adenium from Thailand
  • Hybrid Adenium and History of Adenium in Thailand Diarsipkan 2012-04-18 di Wayback Machine.
  • How to identify Thai Socotranum Diarsipkan 2010-04-10 di Wayback Machine.
  • Pictures of Adenium Flower ID from Thailand Diarsipkan 2010-04-08 di Wayback Machine.
  • Pictures of Adenium Obesum
  • Adenium discussion and pictures



Beda Adenium Dan Kamboja

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Kemboja_jepang

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …