Bangunan Modern Dibuat Dengan Mengutamakan Fungsi

Bangunan Modern Dibuat Dengan Mengutamakan Fungsi.

Seiring perkembangan budaya, pertumbuhan masyarakat dan teknologi, membuat kebutuhan bangunan berkembang dari waktu ke waktu. Dan saat ini terdapat berbagai jenis produk gedung atau rumah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bukan hal baru, peradaban manusia telah mengenal bentuk arsitektur sejak ratusan bahkan jutaan tahun yang lalu. Selain sebagai kebutuhan privasi dan perlindungan, fasilitas ini juga dimanfaatkan sebagai infrastruktur yang digunakan secara bersama-sama.

Dalam pengertiannya, bangunan adalah struktur yang didirikan sebagai tempat perlindungan. Terdiri dari atap dan dinding untuk menjaga seseorang dari ancaman panas dan dingin berbagai siklus musim yang terjadi sepanjang tahun.

Perkembangan setiap kebudayaan membuat bentuk dan jenis bangunan beragam tiap daerah, atau negara. Meski demikian, secara garis besar, produk konstruksi ini dapat dikelompokkan berdasar fungsi yang sama.

Dalam hal fungsi, bangunan juga berkembang untuk kebutuhan lain. Seperti kebutuhan keamanan, penyembuhan, komersial dan kebutuhan privasi tentu saja. Sementara itu, berdasarkan jenisnya, produk arsitektur bangunan didirikan berdasarkan fungsi dan fasilitas yang tersedia, berikut diantaranya :

Bangunan Tempat Tinggal.

Seperti namanya, produk konstruksi gedung yang satu ini difungsikan sebagai tempat menetap dalam kurun waktu lama. Dan dalam bentuknya bisa berukuran kecil hingga besar untuk kebutuhan komunal.

Jenis tempat tinggal diantaranya rumah, apartemen, rumah susun, asrama dan sebagainya. Masing-masing memiliki fungsi berdasarkan berapa jumlah pengguna, termasuk fasilitas di dalamnya.

Untuk menggunakan fasilitas ini, orang biasanya membeli secara langsung, atau dengan biaya sewa sesuai dengan kesepakatan. Dan peruntukannya biasanya sebatas untuk ditinggali, meski dalam prakteknya juga sedikit berkaitan dengan aktivitas bisnis.

Fungsi Komersial
. Seperti bentuk bangunan rumah atau tempat tinggal, namun fungsi gedung yang satu ini lebih bersifat komersial, atau bisnis. Jenis produk arsitektur yang satu ini biasanya bisa berdiri sendiri, oleh pemilik usaha di suatu tempat (Seperti toko dan sebagainya).

Baca :   Soal Cermin Cekung

Meski demikian tak jarang bangunan komersil berdiri dalam sebuah komplek dengan fasilitas perniagaan lengkap. Misalnya dengan mesin ATM, penerangan jalan, dan fasilitas pendukung lain yang biasanya dibutuhkan pada aktivitas jual-beli.

Contoh bangunan komersial adalah pasar, supermarket, mall dan lain sebagainya. Untuk mengoptimalkan aktivitas bisnis, tak jarang jenis bangunan ini memiliki penanda seperti baliho, atau banner besar untuk media promosi produk.

Gedung Penginapan.

Fasilitas gedung yang satu ini mirip dengan tempat tinggal, sebagai tempat beristirahat. Hanya saja yang membedakan adalah periode pemakaian yang lebih singkat, atau dalam kurun waktu tertentu.

Kebutuhan gedung penginapan biasanya dibutuhkan saat seseorang melakukan perjalanan jauh, dan ingin beristirahat senyaman di rumah. Selain itu, lengkapnya fasilitas membuat kebutuhan ini kian berkembang menjadi sarana rekreasi, atau kini dikenal dengan istilah staycation.

Contoh produk arsitektur ini diantaranya Hotel, Motel, Wisma dan lain sebagainya. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, biasanya seseorang membayar biaya sewa yang disesuaikan seberapa lama mereka akan menggunakan (Fasilitas bangunan ini).

Fasilitas Pendidikan.

Seperti namanya, jenis produk arsitektur bangunan yang satu ini difungsikan untuk aktivitas pendidikan. Meski sederhana hingga komplek, fasilitas ini biasanya tersebar di berbagai daerah di berbagai negara.

Fasilitas pada bangunan ini yang harus adalah adalah ruangan belajar mengajar sebagai bagian proses pendidikan. Bentuk ruangan umumnya disesuaikan dengan besar kecil orang (Siswa) yang menggunakan, seperti sekolah, ruangan yang dibutuhkan biasanya lebih besar.

Contoh produk arsitektur untuk fasilitas pendidikan antara lain, sekolah, universitas, lembaga pendidikan dan sebagainya. Semua bangunan berdiri dengan fasilitas yang berkaitan dengan aktivitas belajar mengajar.

Bangunan Kesehatan.

Dibutuhkan tempat dan fasilitas khusus untuk proses penyembuhan, terutama untuk masalah penyakit serius dan menular. Oleh karena itu, dibutuhkan tempat khusus dalam hal perawatan.

Baca :   Hasil Pembagian Berikut Yang Benar Adalah

Gedung perawatan dibangun berdasarkan kebutuhan dan jumlah pasien yang dapat ditampung. Contoh jenis bangunan ini diantaranya, puskesmas, klinik Kesehatan, rumah sakit dan tipe bangunan lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Tak hanya sebagai tempat tinggal sementara, tempat ini memiliki fasilitas yang berkaitan dengan medis. Beberapa peralatan bahkan didatangkan khusus untuk permasalahan Kesehatan serius, dan biasanya dikenal sebagai rumah sakit spesialis.

Tempat Peribadatan.

Selain dilakukan secara personal, setiap agama menyarankan pengikutnya beribadah secara bersama-sama. Dan hal ini biasanya dilakukan dalam sebuah bangunan peribadatan, sesuai kepercayaan masing-masing.

Contoh bangunan jenis ini adalah Masjid, Gereja, Vihara, Klenteng dan sebagainya. Selain memiliki konsep berbeda sesuai dengan agama masing-masing, setiap tempat memiliki fasilitas tersendiri. Seperti tempat wudhu bagi umat muslim saat beribadah di masjid.

Tempat peribadatan yang dibangun biasanya berbeda sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran sederhana, sedang atau besar sesuai berapa jumlah orang yang menggunakan. Dan biasanya bangunan ini tersedia di fasilitas gedung lain. Seperti perkantoran, hotel, mall dan lain sebagainya.

Fasilitas Transportasi.

Merupakan salah satu fasilitas publik yang dibangun untuk digunakan secara bersama-sama. Hal ini biasa dilakukan dengan tujuan akan menggunakan fasilitas transportasi umum atau pribadi di sebuah tempat.

Seperti bandara saat akan menggunakan pesawat, terminal saat menggunakan bis, pelabuhan saat akan menggunakan kapal dan lain sebagainya. Komplek fasilitas ini tak jarang dibangun berdekatan, sehingga mempermudah aktivitas mobilisasi.

Fasilitas transportasi biasanya dibangun oleh pemerintah, yang dilakukan dalam sebuah proses tender. Pelaksana pembangunan dilakukan oleh perusahaan kontraktor sebagai pelaksana proses pembangunan.

Cagar Budaya
. Dibanding bangunan yang lain, jenis arsitektur ini berusia lebih tua, ratusan bahkan jutaan tahun yang lalu. Biasanya digolongkan sebagai warisan budaya yang dibangun oleh nenek moyang, atau bangsa lain di suatu tempat, dan lestari hingga sekarang.

Baca :   Gas Ideal Berada Dalam Tabung 6 Liter

Contoh cagar budaya adalah candi, bangunan peninggalan belanda, dan bangunan kuno yang lain. Dibanding bangunan lain, cagar budaya biasanya mendapat perhatian penuh, mengingat usia dapat mengurangi kualitas bangunan.

Selain sebagai fungsi pendidikan, bangunan warisan budaya juga berfungsi sebagai landmark suatu tempat atau daerah. Dan hal ini sering dimanfaatkan sebagai fasilitas hiburan atau wisata, misalnya menara Eiffel, piramida di Mesin dan lain sebagainya.

Pemerintah dan layanan publik.

Jenis bangunan terakhir bisa jadi dibedakan berdasarkan inisiator pengadaan fasilitas. Dalam hal ini oleh pemerintah berdasarkan kebutuhan orang banyak atau fasilitas layanan publik.

Contoh jenis bangunan ini diantaranya kantor kedinasan oleh pemerintah (Kelurahan, kecamatan, Gedung DPR dan sebagainya), fasilitas pembuatan sim, Kantor Polisi, kantor urusan pajak, SAMSAT, KUA dan lain sebagainya.

Karena berkaitan dengan fasilitas publik, aktivitas di dalam gedung biasanya bersifat umum. Dan proses pembangunannya biasanya dilakukan secara tender yang diikuti oleh beberapa atau banyak kontraktor swasta sebagai pelaksana.


Indeks berita terkini dan inspirasi mengenai dunia konstruksi dan infrastruktur  –portalkonstruksi.com

Bangunan Modern Dibuat Dengan Mengutamakan Fungsi

Source: https://www.portalkonstruksi.com/mengenal-jenis-jenis-dan-fungsi-bangunan-secara-umum/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …