Bangun Ruang Berikut Yang Tidak Mempunyai Titik Sudut Adalah

Bangun Ruang Berikut Yang Tidak Mempunyai Titik Sudut Adalah

ilustrasi bola gym. coachmag.co.uk

JATIM | 22 September 2020 17:30
Reporter : Rakha Fahreza Widyananda


Merdeka.com –

Pengertian bangun ruang menurut para ahli adalah sebuah benda yang diklasifikasikan dalam ilmu matematika, memiliki volume, isi, dan memiliki 3 komponen penyusun berupa sisi, rusuk, dan titik sudut. Bangun ruang juga disebut sebagai bangun tiga dimensi.

Macam-macam bangun ruang sendiri dapat dikategorikan menjadi 2 kategori besar, yatu bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. Pengertian bangun ruang sisi datar adalah bangun ruang dengan sisi berbentuk mendatar. Bangun ruang sisi datar meliputi balok, prisma, limas, dan kubus.

Sedangkan bangun ruang yang masuk kategori sisi lengkung adalah bola, tabung, dan kerucut. Pengertian bangun ruang sisi lengkung adalah bangun ruang dengan bagian-bagian yang melengkung. Agar lebih memahami dengan seksama, berikut ini kami telah rangkum, 7 macam-macam bangun ruang dan ciri-cirinya:

2 dari 4 halaman

1. Macam-macam Bangun Ruang : Balok

Macam-macam bangun ruang yang pertama adalah balok. Bangun ruang balok terdiri dari tiga pasang sisi berbentuk segi empat. Ketiga pasang sisi berhadapan ini memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

Pada balok ada dua pasang sisi yang berbentuk persegi panjang dan satu sisi berbentuk segi empat. Beda halnya dengan kubus yang memiliki semua sisi segi empat.

Bangun ruang balok tersusun dari beberapa komponen meliputi sisi, diagonal bidang, sudut, diagonal ruang, dan bidang diagonal. Lebih lengkap rinciannya di bawah ini:

©2020 Merdeka.com

  • Ada 6 sisi dengan 2 berbentuk persegi dan 4 berbentuk persegi panjang.
  • Bidang alas: ABCD berbentuk persegi panjang
  • Bidang atas: EFGH berbentuk persegi panjang
  • Sisi tegak kubus: ABEF dan CDGH berbentuk persegi panjang, ADEH dan BCFG berbentuk persegi
  • Memiliki 8 titik sudut, yaitu A, B, C, D, E, F, G, H
  • Memiliki 4 diagonal ruang yaitu AG, BH, CE, DF
  • Memiliki 6 diagonal bidang yaitu AC, BD, EG, FH, AF, BE, CH, DG, AH, DE, BG, CF

2. Macam-macam Bangun Ruang : Prisma

Bangun ruang prisma merupakan bangun ruang yang memiliki bagian alas dan atas yang sama. Prisma memiliki sisi yang tegak dengan bentuk persegi panjang, jajar genjang dan persegi. Karena pengertian dari bangun ruang prisma yang bergantung pada segi alas dan atasnya, maka prisma pada umumnya memiliki beberapa macam.

Berdasarkan pada bentuk alas dan atapnya, maka bangun ruang prisma dibagi menjadi prisma segitiga, prisma segi empat, dan sebagainya. Jika dilihat dari komponen tegak rusuknya, maka prisma dibagi menjadi dua yaitu prisma tegak dan prisma miring.

3 dari 4 halaman

3. Macam-macam Bangun Ruang : Bola

Macam-macam bangun ruang selanjutnya adalah bangun ruang bola. Bangun ruang ini termasuk ke dalam pengertian dari bangun ruang sisi lengkung.

Bola hanya akan dibatasi oleh satu bidang lengkung. Definisi bangun ruang bola lainnya akan dapat diartikan sebagai setengah lingkaran yang diputar mengelilingi garis tengahnya.

Ciri ciri bangun ruang bola adalah tidak memiliki rusuk, titik sudut, diagonal bidang, dan bidang diagonal. Alih-alih disebut sisi, sisi bola disebut dinding.

Baca :   Diketahui Sr Pq Op Oq Os or

Komponen yang khas ada dalam bangun ruang bola adalah adanya jari-jari dan diameter. Jari-jari merupakan jarak dari dinding bola ke titik pusat sedangkan diameter adalah jarak dari satu dinding bola ke dinding bola lainnya melewati titik pusatnya.

©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Pressmaster

4. Macam-macam Bangun Ruang : Tabung

Bangun ruang yang berikutnya adalah bangun ruang tabung. Pengertian dari bangun ruang ini adalah bangun ruang yang memiliki sisi lengkung yang terdiri dari tutup dan alas berbentuk lingkaran berukuran sama dan sisinya dilingkari persegi panjang.

Ciri-ciri bangun ruang tabung ini tidak memiliki titik sudut, rusuk, diagonal bidang, dan bidang diagonal. Sisi bangun ruang tabung tersusun dari 3 sisi: 2 lingkaran dan 1 persegi panjang. Tinggi tabung ditentukan berdasarkan jarak antara titik pusat bidang lingkaran alas dan lingkaran atas.

4 dari 4 halaman

5. Macam-macam Bangun Ruang : Kubus

Pengertian dari bangun ruang kubus ini adalah bangun ruang yang memiliki sisi datar yang memiliki enam sisi berwujud persegi dengan ukuran yang identik.

Kubus merupakan bentuk istimewa dari sebuah prisma segi empat karena sisi, alas, dan atasnya semua memiliki ukuran yang sama.
Ciri ciri bangun ruang ini memiliki 12 rusuk yang sama panjang, 8 titik sudut, 12 bidang diagonal dan 4 diagonal ruang.

Ilustrasi shutterstock.com

6. Macam-macam Bangun Ruang : Kerucut

Pengertian dari bangun ruang kerucut ini adalah sebuah bangun ruang yang memiliki sisi lengkung yang tersusun dari alas berbentuk lingkaran dan diselubungi oleh segitiga.

Ciri dari bangun ruang ini adalah hanya memiliki 2 sisi. 1 titik sudut, dan tidak mempunyai rusuk diagonal bidang, dan bidang diagonal sama sekali.

7. Macam-macam Bangun Ruang : Limas

Limas merupakan bangun ruang sisi datar yang tersusun atas sebuah alas berbentuk segi-n dengan sisi tegak berbentuk segitiga yang saling bertemu di satu titik atas.

Alas limas dapat berbentuk bermacam-macam seperti segitiga, segiempat, dan sebagainya. Berdasarkan bentuk alasnya, limas terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya limas segitiga, limas segiempat, dll. Ciri-ciri limas tersusun dari 8 rusuk, 5 sisi, dan 5 titik sudut.

(mdk/raf)

Apakah teman-teman menyadari bahwa benda-benda yang berada di sekeliling kita sebagian ada yang berbentuk bangun ruang. Kali ini kita akan belajar mengenai bangun ruang tiga dimensi, mempelajari jenis bangun ruang dan rumus untuk menghitung volume bangun ruang tersebut.

Pengertian Bangun Ruang

Bangun ruang adalah salah satu bagian dari bidang geometris. Bangun ruang adalah suatu bangunan tiga dimensi yang memiliki ruang atau volume dan juga sisi yang membatasinya. Bangun ruang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bangun ruang sisi lengkung dan bangun ruang sisi datar. Bangun ruang sisi lengkung contohnya seperti kerucut, bola dan tabung, sedangkan bangun ruang sisi datar contohnya kubus, balok, limas dan prisma.

Macam-Macam Bentuk Bangun Ruang

Dibawah ini adalah macam-macam bentuk bangun ruang sesuai yang telah dijelaskan sedikit diatas.

1. Bangun Ruang Sisi Lengkung

Ice cream berbentuk kerucut

Baca :   Hasil Dari 12 3 8 5 Adalah

Apakah kalian tahu ice cream cone yang biasa kita beli di Mall adalah salah satu bentuk bangun ruang? Ya, gagang ice cream cone memiliki bentuk bangun ruang kerucut.

Kerucut merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk lingkaran dan sisi melengkung sebagai selimut yang memiliki irisan dari lingkaran. Kerucut dengan tabung memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki alas yang berbentuk lingkaran. Namun memiliki perbedaan dari sisi selimut. Selimut kerucut berbentuk sisi tegak kerucut.

Ciri-ciri bangun ruang kerucut:

– Memiliki 2 (dua) bidang sisi – Memiliki satu buah rusuk yang berbentuk melengkung – Kerucut memiliki satu buah titik sudut sebagai titik puncak

– Kerucut tidak memiliki bidang diagonal

Rumus Menghitung Bangun Ruang Kerucut:
Menghitung volume kerucut (V): 1/3 x π × r² × t

Menghitung luas permukaan kerucut (L) = (π × r²) + (π × r × s)

Bangun Ruang Bola

Bangun ruang berbentuk bola adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki batasan sisi berbentuk lengkungan. Bola tidak memiliki rusuk dan titik sudut karena bentuknya bundar. Tetapi bola memiliki bidang sisi lengkung sebagai pembatas volume atau ruang. Contoh benda yang biasa kita temui adalah bola yang kita gunakan untuk olahraga sepakbola.

Ciri-ciri bangun ruang bola:
– Hanya memiliki satu buah bidang sisi yang membentuk lengkungan – Bola memiliki satu titik inti atau pusat – Bola tidak memiliki rusuk, titik sudut dan bidang diagonal

– Jarak antara dinding ke titik inti atau pusat bola disebut jari-jari

Rumus menghitung bangun ruang bola:
Menghitung volume bola (V) = 4/3 × π × r³

Menghitung Luas Permukaan Bola (L) = 4 × π × r²

Bangun Ruang Tabung

Bangun ruang berbentuk tabung adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tutup dan alas berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sama dan bidang sisi tegak menyelimuti “badannya” dengan persegi panjang. Contoh benda yang berbentuk tabung seperti susu kaleng, alat musik drum, dll.

Ciri-ciri bangun ruang tabung:
o Mempunyai 3 sisi yakni alas & tutup berbentuk lingkaran dan selimut berbentuk persegi panjang

o Tidak mempunyai titik sudut

Rumus menghitung bangun ruang bola:
Menghitung volume tabung (V) = π × r² × t

Menghitung Rumus Luas Permukaan Tabung (L) = (2 × luas alas) + (keliling alas × tinggi)

2. Bangun Ruang Sisi Datar

Bangun Ruang Kubus

Bangun ruang kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh 6 (enam) sisi yang serupa, 12 (dua belas) rusuk sama panjang dan 8 (delapan) titik sudut. Kubus memiliki wujud bujur sangkar dan memiliki kata lain yaitu bidang enam yang beraturan. Contoh kubus seperti kotak kardus yang sama ukuran, dadu, dll.

Ciri-ciri bangun ruang kubus:
– Mempunyai 6 (enam) buah sisi permukaan – Mempunyai 12 (dua belas) rusuk – Mempunyai 8 (delapan) buah titik sudut – Rusuk kubus sama panjang – Sisi kubus berbentuk persegi – Panjang diagonal ruang mempunyai ukuran yang sama

Baca :   Salah Satu Gas Yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Hujan Asam Adalah

– Bidang diagonal masing-masing kubus berbentuk persegi panjang

Rumus menghitung bangun ruang kubus:
Menghitung Volume Kubus (V) = s × s × s

Menghitung Luas permukaan Kubus (L) = 6 × (s × s)

Bangun Ruang Balok

Bangun ruang balok adalah suatu bangunan ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh 2 (dua) buah persegi dan 4 (empat) buah persegi panjang yang saling tegak lurus. Berbeda dengan kubus yang bentuk sisinya kongruen berbentuk persegi empat, balok memiliki sisi yang berhadapan sama besar ukurannya. Contoh balok di dalam kehidupan kita adalah kotak pensil, lemari pakaian, lemari pendingin, dll.

Ciri-ciri bangun ruang balok:
– Sisi balok memiliki dua pasang berbentuk persegi panjang – Rusuk-rusuknya sejajar mempunyai panjang yang sama seperti : AE = BF= CG = DH dan AB = CD = EF GH – Masing-masing diagonal pada bidang sisi yang berhadapan berukuran sama panjang seperti : ABCD = EFGH, ABFE = DCGH, BCFG = ADHE yang memiliki ukuran sama panjangnya.

– Masing-masing diagonal berbentuk persegi panjang

Rumus menghitung bangun ruang balok:
Rumus menghitung Volume Balok (V) = p × l × t

Rumus Luas permukaan Balok (L) = 2 × ( pl + lt + pt)

Bangun Ruang Limas

Bangun ruang limas adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi dengan alas berbentuk persegi banyak dan mempunyai sebuah titik puncak. Limas mempunyai banyak jenis seperti limas segi tiga, limas segi empat, limas segi lima, dan lain-lain. Limas dengan alas berbentuk persegi disebut piramida, sedangkan limas dengan alas berbentuk lingkaran disebut kerucut. Contoh benda limas adalah piramida di Mesir dengan alas persegi.

Ciri-ciri bangun ruang limas:
– Mempunyai 2n rusuk – Mempunyai banyak sisi tergantung alasnya yaitu: satu sisi berbentuk persegi (bisa segi empat, segi lima, dll) berupa alas, empat sisi lainnya berbentuk segi tiga berdiri tegak dan membentuk sudut – Mempunyai (n+1) bidang sisi

– Mempunyai (n+1) titik sudut

Rumus menghitung limas:
Rumus menghitung volume Limas (V) = 1/3 × p × l × t

Rumus menghitung luas permukaan Limas (L) = luas alas + luas selubung limas

Bangun Ruang Prisma

Bangun ruang prisma adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh sisi alas dan sisi tutup berbentuk persegi (bermacam-macam) yang memiliki ukuran yang sama (kongruen). Contoh barang sehari-hari yang kita temui berbentuk prisma adalah atap rumah, tenda camping, dan lainnya.

Ciri-ciri bangun ruang prisma:
– Mempunyai (n+2) bidang sisi – Mempunyai 2n titik sudut

– Mempunyai bidang alas dan atap yang bersifat kongruen (sama)

Rumus menghitung prisma:
Rumus menghitung volume prisma (V) = luas alas × tinggi

Rumus menghitung luas permukaan prisma (L) = (2 × Luas alas) + (Keliling alas × tinggi)

Demikian pembahasan mengenai bangun ruang tiga dimensi. Ingin belajar lebih dalam mengenai matematika tingkat dasar dengan kurikulum berbasis STEAM, mari bergabung di Sekolah Sampoerna. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi disini.

Sumber:
Pulpen.com | Macam-macam bangun ruang
yuksinau.id | bangun ruang

Bangun Ruang Berikut Yang Tidak Mempunyai Titik Sudut Adalah

Sumber: https://memenangkan.com/bangun-berikut-yang-tidak-mempunyai-titik-sudut-adalah-abcd

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …