Balon Gas Dapat Naik Ke Udara Karena

Balon Gas Dapat Naik Ke Udara Karena

Balon gas dapat naik karena ….

A.

Berat sistem balon gas lebih kecil daripada berat udara

B.

Massa jenis sistem balon gas lebih kecil daripada massa jenis udara

C.

Massa sistem balon gas lebih kecil dari massa udara

D.

Berat jenis udara lebih kecil daripada berat jenis sistem balon gas

E.

Volume sistem balon gas lebih kecil dari volume udara








Pembahasan:




Dijawab:


Agar balon gasdapat naik dikarenakan massa jenis sistem blon gas memiliki massa jenis yang lebih kecil dibandingkan massa jenis udara sekitar.








Jawaban : B









————#————

Jangan lupa komentar & sarannya

Email:

Lihat Foto

Ilustrasi balon udara di Cappadocia, Turki.

KOMPAS.com
– Wisata ke Cappadocia tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Daya tarik utamanya adalah menaiki balon udara dengan pemandangan yang indah. Tapi, pernahkah kamu terpikir, kenapa balon udara bisa terbang?

Kenapa balon udara bisa terbang?

Balon udara bisa naik ke langit bukan karena menggunakan mesin besar seperti pesawat terbang. Bukan juga menggunakan balon gas seperti helium seperti yang ada di film UP yang rilis tahun 2009 lalu. Balon udara terbang hanya dengan memanfaatkan prinsip fisika sederhana dari udara.

Prinsip yang digunakan untuk menerbangkan balon udara adalah udara panas lebih ringan daripada udara dingin. Sebelum membahas prinsip kerjanya, kenali dulu bagian-bagian dari balon udara berikut ini.

Komponen balon udara

Seperti yang kita tahu, balon udara terdiri dari 3 komponen penting. Komponen balon udara adalah envelope, burner, dan basket.

Envelope adalah bagian yang kita lihat berbentuk seperti balon. Burner adalah pemanas yang terletak di bawah envelope. Sedangkan basket adalah tempat yang berbentuk seperti keranjang tempat orang yang diangkut oleh balon udara.

Baca juga: Tahun Depan, Manusia Bisa Nikmati Wisata Luar Angkasa Naik Balon Udara

Prinsip kerja balon udara

Balon udara bekerja dengan memanaskan udara yang ada di dalam envelope untuk terbang ke udara. Udara yang panas akan terbang ke langit di atas udara yang lebih dingin.

Baca :   Taksirlah Hasil Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Berikut

Satu kubik udara memiliki berat sekitar 28 gram. Jika udara dipanaskan 37 derajat Celsius, berat udara akan turun sebesar 7 gram. Dengan konsep ini, maka diketahui bahwa 1 kubik udara bisa mengangkat beban sebanyak 7 gram.

Berat 7 gram adalah berat yang sangat sedikit. Oleh karena itu, untuk menerbangkan beberapa orang sekaligus dalam 1 basket membutuhkan envelope balon udara yang sangat besar.

Ketika burner dinyalakan, udara panas akan memenuhi envelope dan mengangkat balon udara ke angkasa.

Bagaimanapun, balon udara tidak akan bisa terbang terlalu tinggi sebagaimana pesawat terbang. Udara yang ada di atmosfer akan semakin tinggi akan semakin tipis. Hal ini akan menyebabkan kemampuan balon udara untuk mengapung ke udara semakin lemah.

Jika ingin kembali ke darat, maka yang perlu dilakukan adalah mematikan burner. Dengan begitu, suhu udara akan menurun dan balon udara akan kembali turun ke darat.

Tetapi, jika langsung mematikan pemanas begitu saja, kecepatan balon udara untuk turun tidak bisa terkontrol. Oleh karena itu, pada bagian atas envelope, terdapat bagian yang disebut katup parasut.

Katup parasut ini akan dibuka secara perlahan untuk melepaskan udara panas yang ada di dalam envelope agar balon udara bisa turun secara perlahan.

Jadi, sekarang kamu sudah mengerti bagaimana balon udara terbang. Apakah kamu berminat naik balon udara suatu hari nanti?

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Lihat Foto

freepik.com/catalyststuff

Ilustrasi balon terbang

KOMPAS.com
– Balon merupakan benda yang kerap hadir dalam berbagai acara menggembirakan. Balon helium dan balon udara bisa terbang sangat tinggi.

Mengapa balon bisa terbang? Dan mengapa balon yang ditiup oleh manusia tidak bisa terbang?

Balon helium bisa terbang karena massa jenis gas di dalamnya lebih ringan dibandingkan dengan massa jenis udara di bumi. Benda dengan massa jenis atau kerapatan zat yang lebih rendah akan berada di posisi lebih atas daripada benda dengan massa jenis yang lebih berat.

Baca :   Huruf I Pada Persamaan Reaksi Kimia Berarti

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, massa jenis helium adalah 0,1785 gram per liter. Sedangkan massa jenis udara di bumi adalah 1,225 kilogram per liter. Perbedaan massa jenis inilah alasan mengapa balon helium bisa terbang di udara.

Baca juga: Kenapa Manusia tidak Punya Ekor?

Hal ini juga berlaku pada balon yang diisi dengan gas hidrogen. Gas hidrogen memiliki massa jenis yang lebih rendah dari gas helium, yaitu 0,0898 gram per liter.

Sehingga balon hidrogen mengapung lebih cepat daripada balon helium. Kekurangannya adalah gas hidrogen lebih mudah terbakar dan berpontensi menyebabkan ledakan.

Mengapa balon yang ditiup oleh nafas manusia tidak bisa terbang? Jawabannya adalah karena gas yang dihembuskan nafas manusia massa jenisnya lebih berat dari udara. Hembusan nafas manusia sebagian besar adalah gas nitrogen dan karbondioksida.

Mengutip dari How Stuff Works, nitrogen lebih berat dari helium karena memiliki lebih banyak elektron, proton, dan neutron yang membuatnya lebih berat. Belum lagi, hembusan nafas manusia mengandung uap air.

Selain udara hembusan nafas merupakan gas berat, uap air juga menambah massa jenisnya. Sehingga, hembusan udara manusia lebih berat massa jenisnya daripada udara luar. Inilah yang memungkinkan balon yang ditiup dengan mulut tidak bisa terbang seperti balon helium.

Baca juga: Mengapa Laron Melepaskan Sayapnya?

Balon udara

Lalu bagaimana dengan balon udara? Bukannya balon udara tidak ditiup melainkan menggunakan udara luar? Balon udara tidak menggunakan gas yang berbeda. Balon udara menggembung dengan udara luar yang dipanaskan.

Menyadur dari Sciencing, ketika diberi panas molekul-molekul udara memuai dan menyebar, menyebabkan udara kurang pekat. Hal ini mengurangi massa jenis udara, menjadikan udara dalam balon kurang padat dan udara di luar tetap padat.

Baca :   Banyaknya Lingkaran Pada Pola Ke 16 Adalah

Udara di luar yang padat kemudian menekan udara panas dalam balon yang kurang padat. Hal ini menciptakan gaya apung, sehingga balon udara dapat terbang di angkasa.

Untuk mendarat, udara panas dalam balon udara dibuang sedikit demi sedikit hingga hingga massa jenisnya sama dengan udara luar dan balon turun ke bawah.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Balon yang telah diisi gas tertentu dapat naik ke udara karena: (1) Massa jenis gas mengisi balon lebih besar daripada massa jenis udara, (2) Massa jenis gas mengisi balon lebih kecil daripada massa jenis udara, (3) Gaya ke atas pada balon oleh udara lebih besar daripada berat balon, (4) Gaya ke atas pada balon oleh udara lebih kecil daripada berat balon. Dari pernyataan di atas, jawaban yang benar adalah?

  1. (1) dan (2)
  2. (1) dan (3)
  3. (2) dan (3)
  4. (3) dan (4)
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. (1) dan (3)

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, balon yang telah diisi gas tertentu dapat naik ke udara karena: (1) massa jenis gas mengisi balon lebih besar daripada massa jenis udara, (2) massa jenis gas mengisi balon lebih kecil daripada massa jenis udara, (3) gaya ke atas pada balon oleh udara lebih besar daripada berat balon, (4) gaya ke atas pada balon oleh udara lebih kecil daripada berat balon. dari pernyataan di atas, jawaban yang benar adalah (1) dan (3).

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Kaitannya dengan konsep tekanan mengapa ketika melewati jalan berlumpur sebaiknya kita menggunakan sepatu boot bukan sepatu dengan hak tinggi?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Balon Gas Dapat Naik Ke Udara Karena

Sumber: https://apamaksud.com/balon-gas-dapat-naik-ke-udara-karena

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …