Bakteri Untuk Membuat Nata De Coco

Bakteri Untuk Membuat Nata De Coco

Cara Membuat Nata de Coco
– Di Daerah Kalimantan Barat khususnya didaerah penghasil kopra kelapa setiap hari menghasilkan ribuan liter air kelapa. Sayang air tersebut hanya dibuang begitu saja menjadi limbah karena ketidak tahuan warga sekitar tentang manfaat air kelapa yang jika diolah menghasilkan makanan yang bermutu, serta bernilai ekonomi.

Disinilah sebenarnya peran Pemerintah harus dapat melihat potensi lokal, lalu memberi Penyuluhan dan Pelatihan sesuai dengan sumber daya alam lokal yang tersedia agar mendatangkan kemakmuran yang saat ini masih menjadi barang mewah bagi rakyat biasa.

Cara membuat Nata de Coco, Air kelapa,Bahan Utama Nata de Coco

Dari semua jenis nata, maka nata kelapa adalah yang paling popular. Ada yang dikemas dalam gelas plastik dengan berbagai rasa, ada yang dikemas murni hanya nata de coco saja. Awalnya banyak orang yang tidak tahu bahwa nata decoco adalah hasil makanan berbahan dasar air kelapa. Hal ini karena bentuknya yang jauh berbeda juga rasanya. Bendanya yang kenyal, putih, dan agak liat, sementara air kelapa sangat encer seperti halnya air biasa, sehingga banyak orang yang tidak menyangka bahwa nata de coco itu dari air kelapa. Apalagi dengan kemasan modern yang menarik.

Cara membuat Nata de Coco dan Peluang usaha Penjualan Nata de Coco Dari Segi kemasan

Kemasan memang dapat meningkatkan citra suatu produk, menjadi lebih bergengsi dan punya daya tarik lebih. Misalnya ulu keripik singkong hanya dikemas dengan daun pisang, atau paling banter dengan kantong plastic biasa, maka citranya makanan murahan dan kampungan.

Begitu juga kacang asin atau kacang garing, hanya dijajakan dipinggir jalan saja, pembelinya pun hanya orang-orang biasa,sedangkan yang merasa kaya dan memakai mobil mewah gengsi, masa beli keripik ? masa beli kacang asin ?.

Begitu diolah pabrik dengan kemasan modern yang cantik. Gengsinya seketika lenyap, hilang kesan murahan dan kampungannya. Mall – mall mewah pun lalu berlomba-lomba memasang keripik singkong dan kacang asin di rak-rak mereka yang selalu kosong karena laris sekali.

hal tersebut juga berlaku pada nata de coco jika anda memang berniat untuk menggeluti usaha ini maka salah satu faktor yang mempengaruhi produk anda adalah dari segi kemasan yang juga memegang peran penting dalam usaha pemasaran produk anda

Cara membuat Nata de Coco dan Profil Nata de Coco

Seiring dengan berjalannya waktu dengan maraknya berita diberbagai media, juga bacaan-bacaan terutama di internet yang mengupas tema tentang nata de coco sampai sejabar jabarnya, lambat laun orang mulai kenal dengan nata de coco sekaligus bahan dasarnya. Apalagi sekarang marak kursus dan pelatihan berbayar tentang cara membuat nata de coco.

Baca :   Diketahui Himpunan a 1 2 3 4

Pada tulisan kali ini juga tentang nata, khususnya nata de coco. Siapa tahu dapat mendatangkan manfaat, terutama bagi anda yang kebetulan bermukim di area sentra kopra, dimanapun wilayah anda. Yang mana disana berlimpah air kelapa yang belum termanfaatkan dengan semestinya.

Baca Juga: Cara Membuat Selai coklat Secara Mudah Dengan Resep Rumahan

Cara membuat Nata de Coco dan Bahan Dasar Nata De Coco

Nata de coco atau nata kelapa sejatinya adalah serat (selulosa) hasil metabolisme dari bakteri acetobacter xilinium yang membentuk benang-benang. Selulosa itu bersama polisakarida (karbohidrat yg dibentuk oleh penggabungan molekul monosakarida yg banyak, misal: pati dan selulosa)

membentuk suatu jalinan terus-menerus hingga membentuk lapisan putih dan kenyal. Nata dapat dibuat dari beragam bahan dasar. Dan diberi nama sesuai bahan dasarnya.

Nata dengan bahan air kelapa disebut nata kelapa (nata de coco), nata dengan bahan dasar nanas disebut nata nanas (nata de pinal), nata jambu mete disebut nata mete (nata de cashew), nata kedele (nata de soya) dll.

Dengan proses dan ragi kurang lebih sama, sehingga cara ini dapat digunakan untuk membuat beragam nata dari bahan dasar berbeda.

Info lain tentang nata de coco bisa dibaca pada artikel berikut.

Cara membuat Nata de Coco dan Starter Atau Ragi

Starter yang dimaksud adalah suatu bahan inokulan yang mengandung bakteri, dalam hal ini adalah acetobacter. Syarat suatu bahan nata adalah mengandung cukup gula. Bakteri memakan dan mencerna glukosa (zat gula) tersebut menjadi serat.

Proses dari pembuatan nata melibatkan bakteri acetobacter xilinium yang mampu membentuk asam dari glukosa, etil, dan alcohol. Bakteri itu tidak membentuk indol dan mempunyai kemampuan meng oksidasi asam asetat (cuka) menjadi CO2 dan H2O.

Cara membuat Nata de Coco dan Peran Bakteri dalam Pembuatan Nata de Coco

Sifat yang paling menonjol dari bakteri itu adalah kemampuan untuk mempolimerisasi (menganyam sel) glukosa menjadi selulosa (Serat).Selanjutnya selulosa menjadi matrix (kerangka, bagan, matras / lapisan) yang dikenal sebagai nata.

Itulah sebabnya ketersediaan nutrisi, derajat keasaman, suhu, dan ketersediaan oksigen mempengaruhi proses pembuatan nata. Penambahan unsur Nitrogen baik yang organic maupun anorganik akan meningkatkan aktivitas bakteri ini. Pertumbuhan acetobacter xilinium memerlukan vitamin tertentu dan vitamin B complex.

Bahan itu bisa diperoleh melalui penambahan nitrogen dari luar yang dapat berupa ammonium sulfat. Produsen memanfaatkan pupuk ZA sebagai sumber ammonium sulfat. Pupuk ZA, Zwavelzure Ammoniak (bahasa Belanda) berarti amonium sulfat. Pupuk kimia buatan yang mengandung senyawa amonium sulfat (NH4)2SO4. Zat ini berfungsi untuk menambah unsur hara nitrogen dan sulphur (belerang ) pada tanaman.

Baca :   Perhatikan Gambar Segitiga Abc Di Bawah Ini

Baca Juga: Cara Membuat Jus Wortel Yang Enak dan Pasti Menyehatkan

Cara membuat Nata de Coco

Cukup pembahasan tentang nata de coco diatas,kali ini
admin
akan mencoba berbagi resep
cara membuat nata de coco
dengan mudah dan sederhana ala resep rumahan seperti biasa.

Alat dan Bahan Pembuatan Nata de Coco

Alat

Tentang Cara Membuat Nata de Coco

  • Panci/Langseng dari stenless
  • Pengaduk/sinduk stenless
  • Kompor
  • Timbangan duduk
  • Gelas ukur
  • Baki plastik
  • Koran penutup
  • Karet pengikat
  • Rak untuk Baki Plastik
  • Muk Ukur
  • Kain Kassa/Saringan Halus

 Bahan Tentang Cara Membuat Nata de Coco

  • Air Kelapa murni
  • Gula Pasir/putih
  • Za/Urea
  • Cuka Biang
  • Bibit Nata De Coco/Sari Kelapa

Cara Membuat Nata De Coco

  1.  Air kelapa mentah di saring, dan dimasukkan ke dalam dandang/panci ukuran 5 liter/20 liter di masak sampai mendidih 100 derajat celcius, setelah mendidih masukkan gula pasir, untuk dandang/panci 5 liter gula 250 gr, za 0,5 gr, cuka biang 50 cc dan untuk dandang 20 liter x 4 dari dandang/panci 5 liter.
  2. Air kelapa yang sudah mendidih yang dicampur dengan gula, za, cuka biang masukan ke dalam baki plastik kira 1,2 liter dan harus dipastikan bahwa baki plastik dalam kondisi bersih dan steril dari bakteri.
  3. Baki plastik ditutup dengan menggunakan koran dan pastikan koran pun dalam kondisi steril dari bakteri yang akan mengganggu pertumbuhan nata de coco/sari kelapa, koran harus dijemur dipanas matahari.
  4. Baki-baki ditutup rapat dan disusun di atas rak baki secara rapi dan ditiriskan sampai dingin untuk diberi bibit nata de coco
  5. Pembibitan dilakukan pada pagi hari sekitar jam 5.30-6.30, hasil pembibitan ditutup kembali
  6. Baki hasil pembibitan tidak boleh terganggu apapun, tidak digoyang-goyang, bila ingin melihat hasil nata de koko bisa dilihat pada hari ke 3.
  7. Baki hasil pembibitan di biarkan selama satu minggu
  8. Pada hari ke 7 silakan dibuka.cara membuat nata de coco

Cara membuat Nata de Coco dan Kreasi Minuman Menggunakan Nata de Coco

Mayoritas nata de coco ini digunakan dalam membuat es dan puding.Keistimewaan nata de coco adalah dapat dicampur dengan berbagai jenis minuman buah tanpa merusak citarasa minuman buah tersebut.

Cara membuat Nata de Coco dan Jus Kurma Nata de Coco

Bahan-bahan membuat jus kurma nata de coco:

  1. 10 buah kurma,sisihkan
  2. susu putih secukupnya
  3. air putih matang secukupnya
  4. 1 bungkus nata de coco

Langkah membuat jus kurma nata de coco
:

  1. Blender kurma, susu cair, dan air putih sesuai selera.Sebaiknya jangan terlalu halus karena tekstur jadi tidak terbentuk.
  2. Tuang jus kurma ke dalam gelas yang sudah dimasukan nata de coco.
  3. Tambahkan batu es sesuai selera lalu sajikan .
Baca :   Jika Besi Baja Telah Menjadi Magnet Pernyataan Berikut Benar Kecuali

Puding Coklat Nata de Coco

Dalam membuat puding, menu seperti puding nata de coco dan puding cokelat nata de coco menjadi menu favorit. Berikut cara-cara membuat puding cokelat nata de coco.

Bahan-bahan
:

  1. 2 sachet agar-agar cokelat
  2. 1/2 kaleng susu kental manis putih
  3. Gula pasir secukupnya
  4. 4 gelas air matang
  5. 1 bungkus nata de coco

Langkah Membuat Puding Coklat Nata de Coco
:

  1. Masukkan agar-agar cokelat ke dalam panci. Kemudian tuang air sedikit-sedikit supaya agar-agar tidak menggumpal.
  2. Cairkan susu dan gula dengan air panas secukupnya. Tuang ke dalam panci yang sudah terisi agar-agar.
  3. Masak sambil diaduk-aduk supaya agar-agar tidak menggumpal.
  4. Setelah mendidih, matikan api.
  5. letakkan nata de coco dalam cetakan.
  6. Terakhir, tuang agar-agar perlahan ke dalam cetakan yang berisi nata de coco.
  7. Hidangkan saat dingin.

 Es Melon Nata de Coco


Bahan bahan membuat es melon nata



de coco:

  • 500 gr melon hijau serut kasar dan besar
  • 500 gr melon orange juga diserut kasar besar
  • 100 gr nata de coco
  • 2 sdm selasih kemudian rendam dalam air terlebih dahulu
  • Sirup melon secukupnya
  • Susu kental manis putih
  • Es serut secukupnya

Cara membuat es melon nata de coco
:

  • Siapkan gelas saji
  • Beri beberapa sendok serutan buah melon ke dalam gelas
  • Tambahkan nata de coco juga biji selasih yang telah mengembang karena direndam terlebih dahulu
  • Kemudian tambahkan juga es batu yang telah diserut
  • Beri es secukupnya saja.
  • Es melon nata de coco siap disajikan

Es Nangka Nata de Coco Kuah Santan

Bahan untuk Es Nangka Nata de Coco Kuah Santan:

  • 100 g nata de coco
  • 5 nangka matang yang sudah diambil bijinya, potong dadu
  • 1 sdt biji selasih kering, rendam dalam air mengembang
  • 100 g cincau hitam, potong dadu
  • 10 sdm susu kental manis putih
  • es serut

Kuah:

  • 750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 250 g gula pasir
  • 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat Es Nata de Coco Nangka Kuah Santan :

  1. Campur semua bahan kuah yang telah disediakan kemudian aduk rata. Masak di atas api sedang sembari diaduk sampai mendidih lalu angkat dan sisihkan.
  2. Siapkan gelas saji, masukkan 2 sdm cincau hitam, 2 sdm nata de coco, 2 sdm nangka, 2 sdm selasih dan juga 2 sdm susu kental manis putih.
  3. Setelah itu beri es serut diatasnya, siram dengan kuah santan.
  4. Es nangka nata de coco kuah santansiap untuk disajikan.

Itu tadi adalah contoh sederhana bagaimana cara membuat nata de coco yang telah dibagikan
admin.Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.

Bakteri Untuk Membuat Nata De Coco

Sumber: http://cupsealer.me/cara-membuat-nata-de-coco/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …