Api Unggun Merupakan Perpindahan Panas Secara

Api Unggun Merupakan Perpindahan Panas Secara

tirto.id – Perpindahan energi panas dari suhu yang semula tinggi menjadi lebih rendah atau sama (keseimbangan termal) disebut juga sebagai kalor. Secara sederhana, kalor merupakan energi panas yang berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah.

Dalam Modul IPA SMP (2017) disebutkan bahwa kalor berpindah melalui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Pertama, konduksi merupakan bentuk perpindahan kalor melalui sebuah zat yang tidak disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat karena terdapat selisih suhu. Kedua, konveksi merupakan perpindahan panas melalui aliran zat perantara. Ketiga, radiasi adalah perpindahan kalor yang tidak memerlukan medium.

Perpindahan Kalor Secara Radiasi

Merangkum dari Sumber Belajar (Kemendikbud), berikut beberapa faktor yang memengaruhi proses kenaikan suhu. Faktor tersebut disebut juga sebagai kalor jenis atau kemampuan benda untuk dapat melepas atau menerima kalor.

1. Benda yang memiliki kalor memancarkan radiasi panas ke sekitarnya

Setiap benda dapat memancarkan dan menyerap kalor. Semakin panas benda dibandingkan dengan panas lingkungan, maka semakin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya. Semakin luas permukaan benda panas, maka semakin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya.

2. Benda yang bersuhu rendah menyerap radiasi panas dari sekitarnya

Jika suhu benda lebih dingin daripada suhu lingkungan, maka benda itu akan menyerap radiasi kalor dari lingkungan. Semakin rendah suhu benda, maka semakin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya. Semakin luas permukaan benda dingin, maka semakin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya.

3. Warna benda menentukan daya pancar radiasi

Semakin gelap benda yang terasa pans, maka akan semakin besar pula kalor yang diradiasikan ke lingkungannya. Semakin gelap benda yang terasa dingin, maka semakin besar pula kalor yang diterima dari lingkungannya. Misalnya, saat kita menggunakan pakaian berwarna hitam, maka badan kita akan terasa lebih pansa jika dibandingkan dengan memakai pakaian berwarna putih.

Baca :   Yang Termasuk Jenis Trafo Step Up Adalah

Baca juga:

Contoh Perpindahan Kalor Panas Secara Konveksi dan Penjelasannya

Contoh
Perpindahan Kalor Secara Radiasi

1. Sinar Matahari

Contoh sederhana lainnya untuk memahami bentuk perpindahan kalor secara radiasi, yakni terjadi pada perpindahan kalor dari matahari ke bumi. Kalor berpindah dari matahari hingga ke bumi melalui ruanag hampa.

2. Menjemur Pakaian

Radiasi termal yang dihasilkan matahari dapat bekerja untuk mengeringkan baju yang basah. Selain itu, panas radiasi juga berfungsi sebagai pembunuh kuman, bakteri, serta jamur pada pakaian.

3. Api Unggun

Panas yang dihasilkan oleh api unggun berpindah secara radiasi ke semua arahnya. Inilah mengapa saat berada di sekitar api unggun, baik tubuh maupun benda akan terasa hangat.

4. Lampu Inkubator

Perpindahan panas dari lampu inkubator lalu menyebar pada ruangan di dalam inkubasi ini bertujuan untuk menjaga agar suhu di dalam inkubator tetap hangat.

Baca juga:

Proses Perpindahan Kalor, Rumus & Jenisnya: dari Konduksi-Radiasi

Baca juga artikel terkait KALOR atau tulisan menarik lainnya Ai’dah Husnala Luthfiyyah Ans

(tirto.id – ahl/ylk)


Penulis: Ai’dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Ai’dah Husnala Luthfiyyah Ans

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Christabel, siswa SDK Penabur, Duren Sawit, mengerjakan tugas sekolah di rumahnya di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (27/3/2020). Apakah yang Dimaksud dengan Perpindahan Panas secara Radiasi? Jawaban Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 2.

TRIBUNNEWS.COM –
Berikut jawaban soal apakah yang dimaksud dengan perpindahan panas secara radiasi di Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas V SD/MI Tema 6.

Soal tersebut, termasuk dalam Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 halaman 120.

Buku Tematik Kelas 5 Tema 6 ini membahas materi berjudul Panas dan Perpindahannya.

Baca :   Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Biasa

Sementara Subtema 2 mempelajari tema berkaitan Perpindahan Kalor di Sekitar kita.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 119, 120, 121, dan 122 untuk Pembelajaran 5.

Pembahasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar.

Baca juga: LENGKAP Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 Halaman 116 112 117 119 Subtema 2 Pembelajaran 6


Baca juga: Soal dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD/MI Tema 6, Halaman 103,104,105,106 : Cita-Citaku

Berikut kunci jawaban Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 119, 120, 121, dan 122 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 5:

Kunci jawaban halaman 119-120

Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama!

Perpindahan Kalor Secara Konduksi

Bagaimana panas matahari dapat sampai ke bumi? Kalor dari panas matahari tidak dapat berpindah secara konduksi, karena udara yang terdapat dalam atmosfer termasuk konduktor yang paling buruk. Kalor dari matahari pun tidak dapat menghantar secara konveksi karena antara matahari dan bumi terdapat ruang hampa yang tidak menghantarkan kalor. Jadi, kalor dari matahari merambat ke bumi tanpa melalui zat perantara.

Dirjen Perdaglu Kemendag Terjerat Kasus Mafia Minyak Goreng, Dampaknya?


pada 19 Mar 2021, 17:00 WIB

Diperbarui
19 Mar 2021, 17:00 WIB

Perpindahan panas pada api unggun terjadi secara.....


Perbesar

Api Unggun. (Playbuzz)

Liputan6.com, Jakarta
Saat cuaca dingin, kita sering kali membuat api unggun untuk menghangatkan diri. Namun jika terus-menerus dekat dengan api unggun, lama-lama pasti kita merasa panas.

Nah, kalian pasti pernah merasakan hal itu kan? Tanpa harus pikir panjang, kita pasti tahu bahwa api sifatnya panas. Tapi sudah tahu jawaban ilmiahnya, mengapa api bisa terasa panas?

Dalam video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 42 yang dibuat Kemendikbud, materi berjudul Macam Perpindahan Kalor menjelaskan alasannya lho.

Baca :   Fungsi Eksponensial Dan Logaritma Kelas 10

Jadi, kalor atau panas merupakan salah satu bentuk energi dan beberapa benda dapat menjadi penghantar kalor sehingga menjadi sumber kalor.

Selain matahari yang menjadi sumber kalor terbesar, kamu harus tahu bahwa beberapa cara perpindahan kalor. Contohnya saat memasak air dengan panci bergagang di atas api. Jadi, ini dia tiga macam perpindahan kalor yang kamu haru tahu:

Perpindahan panas pada api unggun terjadi secara.....


Perbesar

tiga macam perpindahan kalor.

  1. Konduksi yang merupakan perpindahan kalor melalui benda sebagai perantara yang tidak diikuti perubahan pada benda itu. Contohnya gagang panci
  2. Konveksi yang merupakan perpindahan kalor melalui benda yang diikuti perpindahan aliran panas pada zat benda tersebut. Contohnya air yang direbus
  3. Radiasi adalah perpindahan panas secara langsung tanpa menggunakan perantara. Contohnya merasakan panas dari api unggun

 Nah inilah jawaban dari pertanyaan kita, mengapa api unggun terasa panas. Itu karena kita merasakan radiasi dari api unggun.

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

(Adv)

Api Unggun Merupakan Perpindahan Panas Secara

Sumber: https://toptenid.com/perpindahan-panas-pada-api-unggun-terjadi-secara

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …