Apakah Layang Layang Memiliki Simetri Putar

Apakah Layang Layang Memiliki Simetri Putar


Hai semuanya, kali ini kita akan membahas salah satu materi matematika, yang kita dapat pada Sekolah Dasar yaitu Simetri Putar. Simetri ini adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh bangun datar, seperti persegi, segi tiga sama sisi, segi tiga sama kaki, trapesium, segi panjang, segi enam, segi lima, jajar genjang, layang-layang, belah ketupat dan lain- lain. Dimana setiap bangun datar tersebut memiliki simetri putar yang berbeda-beda antara bangun datar yang satu dengan yang lain. Dalam sub bab ini kita di ajak untuk mengasah kemampuan nalar, imajinasi serta logika.


Sebuah bangun datar dikatakan memiliki simetri putar jika bangun datar tersebut memiliki titik pusat yang apabila diputar kurang dari satu putaran  mampu menghasilkan bangun dengan bentuk yang semula. Jadi dapat disimpulkan simetri putar pada bangun datar adalah banyaknya bayang-bayang bangun yang mampu dihasilkan dalam kurang dari satu putaran.

Baca Juga
Sifat Bangun Datar


Sebuah bangun datar dikatakan tidak memiliki simetri putar apabila kita hanya mendapatkan 1 bayangan yang mana bayangan tersebut didapat dengan memutar 1 putaran penuh. Contoh nya seperti segitiga sembarang, traspesium dan segitiga siku siku.


Terkadang kita sulit untuk mendapatkan bayangan sebuah bangun datar diputar sehingga kita dalam materi ini bisa menggunakan media yang akan mempermudah dalam mendapatkan gambaran simetri putar bangun datar.


  1. Menentukan banyaknya simetri putar pada bangun datar


Misalkan kita akan menentukan banyaknya simetri putar bangun datar segi 6 beraturan. Adapun langkah yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:


  1. Tentukan titik pusat putaran bangun datar. Titik pusat di peroleh dari perpotongan sumbu simetri bangun datar tersebut.


  2. Jiplak bentuk bangun datar tersebut pada pada kertas. Guna menjadi alas.


  3. Beri nama atau lambing huruf pada setiap sudutnya. Misal pada bangun datar segi enam A, B, C, D, E, F.


  1. Kemudian putar segi enam searah jarum jam sejauh 360 derajat. Kemudian hitung berapa kali segi enam tersebut tepat menempati alasnya yaitu gambar segi enam yang telah kita jiplak tadi.


  2. Ternyata segi enam memiliki simetri putar sebanyak 6. Dari sudut A diputar kemudian menempati sudut B. kemudian di putar kembali susut A menempati sudut c letak awal dan seterusnya hingga sudut A menempati letak sudutnya di awal.

Baca :   Peristiwa Perubahan Warna Yang Menyertai Perubahan Fisika Adalah


Dalam persegi atau bujur sangkar terdapat 4 simetri putar. Apabila kita lihat ada 4 sudut di sana jika kita putar sejauh 360 derajat dimana titik A kembali ke posisi awal maka ada sebanyak 4 simetri pusat , yaitu ketika sudut A menempati sudut D kemudian sudut A menempati sudut C, lalu ketika A menempati dudut B dan terakhir ketika Sudut A menempati posisi awal dirinya sendiri. Satu kali perpindahan sudut ke sudut selanjutnya searah jarum jam misal A ke D maka besarnya 90 derajat. Sedang jika sudut A diputar 180 derajat searah jarum jam akan menempati dudut C.


  1. Simetri Putar Persegi Panjang


Pada persegi panjang hanya ada 2 simetri putar. Yaitu perpindahan sebesar 180 derajat dan 360 derajat.


  1. Simetri Putar Segi Tiga Sama Sisi


Pada putaran pertama sudut A diputar searah jarum jam sebesar 120 derajat akan menempati sudut C kemudian deputar sejauh 240 derajat akan sudut A akan menempati Sudut B dan pada putaran penuh sudut A kembali lagi pada posisi awal. Sehingga segi tiga memiliki simetri lipat sebanyak 3.


  1. Simetri Putar Pada Lingkaran


Simetri Putar Pada lingkaran tak terhingga.


  1. Simetri Putar Pada Jajar Genjang


Pada jajar genjang simetri lipat ada sebanyak 2.


Agar lebih memudahkan akan disajikan table sebagai berikut yang memuat nama bangun datar disertai jumlah simetri lipat, simetri putar, serta sumbu simetrinya.


Demikianlah uraian mengenai simetri putar pada bangun datar dimana tiap bangun datar memiliki jumlah simetri putar yang berbeda-beda. Semoga dengan materi di atas bisa menambah ilmu pengetahuan serta bermanfaat.

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah C.

Ingat!

Bangun datar yang dikatakan tidak memiliki simetri putar jika hanya dapat diputar satu putaran untuk bisa kembali ke bentuk awal.

Baca :   Pipa Untuk Menyalurkan Air Menempel Pada Sebuah Dinding Rumah

Bangun dataryang tidak memiliki simetri putar adalah trapesium (2) dan layang-layang (4).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Simetri putar adalah putaran pada suatu bangun datar sampai dengan satu kali putaran penuh pada pusat simetri sehingga kembali pada bingkainya seperti semula.

Ciri-ciri persegi:

  1. Memiliki empat sisi yang sama panjang
  2. Memiliki empat sudut sebesar
  3. Memiliki empat sumbu simetri putar dan lipat

Dengan demikian, bangun datar yang memiliki empat simetri putar adalah bangun datar persegi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.


Penjelasan Pengertian Macam-macam Simetri pada Bangun Datar Lengkap


Simetri Lipat

Secara singkat simetri lipat pada bangun datar bisa diartikan sebagai banyaknya lipatan pada bangun datar yang dapat membagi bangun datar tersebut sehingga setengah bagian dari bangun datar tersebut bisa menutupi setengah bagian yang lain. Garis yang dapat membagi sebuah bangun datar menjadi dua dan kongruen disebut sebagai sumbu simetri. Perlu kalian ketahui bahwasannya tidak setiap bangun datar memiliki garis yang dinamakan sebagai sumbu simetri. Ada beberapa bangun datar yang tidak memiliki sumbu simetri sama sekali. Kalian bisa melihat beberapa bangun datar yang memiliki sumbu simetri pada gambar berikut.

Pada gambar di atas garis atau sumbu simetri digambarkan dengan garis putus-putus.  Apabila kita melipat atau memotong sebuah bangun datar dengan mengikuti garis-garis simetri tersebut maka bangun datar itu akan terbagi menjadi dua bagian yang sama besar.


Simetri Putar

Sebuah bangun datar dapat dikatakan mempunyai simetri putar apabila ia memiliki sebuah titik pusat, dan apabila bangun datar tersebut dapat kita putar kurang dari satu putaran penuh untuk mendapatkan bayangan yang tepat seperti bangun semula. Sebagai contoh coba kalian perhatikan gambar berikut ini:

Baca :   Rumus Penjumlahan Dan Pengurangan Sinus Dan Cosinus

Pada gambar di atas, ada sebuah bangun datar berbentuk segitiga sama sisi. Jika kita memutar segitiga tersebut sebanyak 1/3 putaran berlawanan ara jarum jam, maka bentuknya akan tetap sama seperti semula. Kemudian jika kita memutar segitiga sama sisi tersebut sebanyak 2/3 putaran hasil bayangannya tetap sama persis dengan bangun semula. Itu artinya segitiga sama sisi memiliki 3 simetri putar.

Apabila kita memutar sebuah bangun datar dan hanya bisa mendapatkan bayangan seperti bangun semula dalam 1 putaran penuh, artinya bangun datar tersebut tidak memiliki simetri putar sama sekali. Contohnya adalah trapesium, bangun datar ini tidak memiliki simetri putar karena kita harus memutar sebanyak 1 putaran penuh untuk memperoleh bentuk bayangan trapesium seperti bentuk bangun semula.

Tidak semua bangun datar memiliki simetri putar dan simetri lipat. Beberapa bangun datar ada yang hanya memiliki simetri putar, sementara yang lain ada yang hanya memiliki simetri lipat. Kalian bisa melihat daftar simetri lipat dan simetri putar yang dimiliki oleh tiap-tiap bangun datar pada tabel berikut ini:

Nama Bangun Datar Simetri Lipat Simetri Putar Sumbu Simetri
Persegi 4 4 4
Persegi Panjang 2 2 2
Belah Ketupat 2 2 2
Jajar Genjang 2
Segitiga Sama Kaki 1 1
Segitiga Sama Sisi 3 3 3
Segitiga Sembarang
Segitiga Siku-siku 1 1
Trapesium Sama Kaki 1 1
Trapesium Siku-siku
Trapesium Sembarang
Layang-layang 1 1
Lingkaran Tak hingga Tak hingga Tak hingga

Sekian pembahasan tentang simetri, semoga bermanfaat. Terima kasih :). Pembaca yang Bijak selalu meninggalkan jejak.

Apakah Layang Layang Memiliki Simetri Putar

Sumber: https://lovelyristin.com/bangun-datar-berikut-yang-memiliki-simetri-putar-yaitu

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …