Apa Yang Dimaksud Sushi Knife Chef Juna

Apa Yang Dimaksud Sushi Knife Chef Juna

Apa kelebihan dari chef knife (pisau koki)?

Chef knife memiliki bentuk mata pisau yang meruncing dengan ujung tajam. Ujung mata pisau yang tajam ini mudah digunakan untuk menusuk bahan makanan yang akan diolah. Selain itu, chef knife memiliki kelebihan yang tidak dimiliki jenis pisau lainnya.

  • Sangat tajam:
    Mata pisau chef knife sangat tajam. Anda hanya membutuhkan sedikit kekuatan ketika memotong bahan masakan menggunakan pisau koki.

  • Serbaguna:
    Pisau koki juga memiliki fungsi yang serbaguna. Chef knife dapat digunakan untuk memotong sayuran, mencincang daging, dan memisahkan daging ikan dari tulangnya.

  • Kendali mudah:
    Kendali yang mudah atas proses memotong dengan pisau koki terjadi berkat ketajamannya. Hal ini dapat mengurangi risiko melukai diri sendiri.

  • Mudah diasah:
    Pisau koki juga mudah untuk diasah. Ketika mata pisau tumpul, Anda dapat mengembalikan ketajamannya dengan lebih cepat.

  • Desain menarik:
    Pisau koki memang dibuat untuk koki profesional. Tidak mengherankan jika pisau koki memiliki tampilan yang menarik dan elegan.

Cara memilih chef knife (pisau koki)

Chef knife adalah alat yang dapat membantu aktivitas di dapur. Namun, Anda harus memilih chef knife yang tepat untuk memotong bahan tertentu. Perhatikan penjelasan terkait cara memilih pisau koki berikut sebagai panduan Anda.

Sesuaikan ukuran bilah pisau dengan ukuran tangan dan bahan yang akan diolah

Bilah chef knife memiliki ukuran yang beragam. Pilihlah pisau koki dengan ukuran bilah pisau yang sesuai dengan bahan masakan yang ingin dipotong. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan tempat penyimpanan sebelum memilih ukuran bilah pisau.

  • Bilah pisau pendek:
    Chef knife dengan ukuran bilah 15–20 cm termasuk pendek. Pisau koki dengan ukuran pendek cocok digunakan untuk Anda yang bertangan kecil. Selain itu, pisau koki ini juga lebih sesuai untuk memotong bahan masakan yang berukuran kecil. Anda akan kesusahan jika menggunakannya untuk memotong bahan masakan berukuran besar.

  • Bilah pisau panjang:
    Bilah chef knife dikatakan panjang jika memiliki ukuran antara 21–36 cm. Pisau dengan bilah yang panjang biasanya dipakai untuk keperluan komersil. Anda bisa menjumpai pisau berbilah panjang di toko daging. Pisau ini memang cocok digunakan untuk memotong bongkahan daging atau ikan yang berukuran besar. Namun, bagi sebagian orang, pisau ini sulit dipakai dan dikendalikan.

Ketahui macam-macam bahan bilah pisau koki

Bilah pisau pada chef knife biasanya dibuat dari bahan baja, stainless steel, keramik, atau baja Damaskus. Setiap bahan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kenali karakteristik setiap bahan melalui penjelasan berikut ini.

Baca :   Foto Kartun Laki Laki Dan Perempuan

Baja: Sangat tajam dan biasa digunakan oleh para profesional

Pisau koki dengan bilah berbahan baja cenderung kokoh. Selain itu, mata pisaunya memiliki kualitas ketajaman yang baik. Tidak mengherankan jika chef knife dari baja biasa digunakan oleh koki profesional. Namun, bilah pisau dari bahan baja mudah berkarat.

Karat pada pisau baja bisa dicegah dengan segera membersihkannya setelah digunakan. Jika telanjur berkarat, Anda bisa menghilangkannya dengan mengasah pisau.
Pisau koki baja yang diasah dengan benar akan memiliki ketajaman yang terjaga sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Baja Damaskus: Tajam, tahan lama, dan berdesain menarik

Baja Damaskus adalah bahan legendaris dari zaman Eropa Kuno yang dibuat kembali menggunakan teknologi masa kini. Bahan ini merupakan salah satu jenis baja yang kuat dan tahan karat. Jika dibuat menjadi bilah pisau, mata pisau akan memiliki ketajaman yang baik.


Baja Damaskus sebagai bahan pisau biasanya digabungkan dengan logam molibdenum. Logam molibdenum akan ditempa bersama baja Damaskus hingga berlapis-lapis.
Pisau yang terbentuk menyerupai serat kayu yang memberikan kesan mewah. Selain itu,
proses penempaan yang berulang kali menghasilkan pisau yang tahan karat dan supertajam.

Stainless steel: Tahan karat dan mudah dirawat

Karakteristik chef knife dari bahan stainless steel adalah tahan karat dan mudah dirawat. Meski kualitas ketajamannya sedikit lebih rendah daripada baja, bahan ini
mudah dibersihkan. Karena itu, pisau koki berbahan ini kami rekomendasikan
untuk penggunaan sehari-hari di rumah. Tak hanya ibu rumah tangga, chef knife dari stainless steel juga menjadi pisau favorit dari para koki profesional.

Jika dilihat sekilas, chef knife dari stainless steel memang terlihat mirip dengan pisau dari baja. Akan tetapi, pisau koki dari stainless steel dijual dengan
harga yang terjangkau
karena diproduksi secara massal. Pisau ini sangat berguna sehingga Anda tak akan rugi memilikinya!

Keramik: Ringan dan bebas karat

Pisau koki dari keramik mempunyai bobot yang ringan sehingga tidak membuat tangan Anda cepat lelah. Chef knife yang satu ini juga cocok dipakai oleh anak-anak hingga orang tua. Pisau dari keramik ini juga tidak akan berkarat.
Warnanya juga tidak akan pudar
meski dipakai untuk mengiris bahan makanan yang mengandung asam seperti lemon.

Meskipun mudah dirawat, chef knife dari keramik mudah retak. Jadi, Anda perlu
berhati-hati saat memotong bahan makanan yang keras karena dikhawatirkan akan rusak. Selain itu, Anda harus menjaganya agar tidak jatuh untuk menghindari risiko pisau retak.

Jangan lupa mengecek bahan gagang pisau

Bahan gagang pisau juga merupakan poin yang tak boleh diabaikan. Bahan yang digunakan pada gagang akan memengaruhi kenyamanan dan kemudahan saat menggunakan pisau. Bahan yang biasa digunakan untuk gagang pisau adalah kayu, resin, dan stainless steel. Cek perbedaannya berikut ini!

Kayu: Ringan dan nyaman dipegang

Pisau bergagang kayu dikenal ringan dan nyaman dipegang. Meskipun begitu, bahan kayu mudah menyerap air sehingga warna dan bentuknya cenderung mudah berubah. Bahkan, jika tidak dikeringkan dengan benar, gagang pisau dari kayu akan rusak terlebih dahulu sebelum mata pisaunya. Karena itu, berhati-hatilah saat membersihkannya, ya!

Resin: Higienis dan tidak mudah rusak

Gagang pisau dari resin umumnya berat dan keras sehingga bobot gagang dan bilah pisaunya seimbang. Kelebihan lainnya adalah sifatnya yang antibakteri. Bahan ini juga
tahan air sehingga mudah dirawat. Para profesional biasanya menggunakan pisau dengan gagang berbahan resin. Apabila Anda tidak memfavoritkan bahan tertentu, pisau koki bergagang resin bisa jadi opsi yang pas.

Baca :   Gambar Vektor Wajah Wanita Hitam Putih

Stainless steel: Tampak stylish dan mudah dirawat

Kelebihan chef knife dengan gagang berbahan stainless steel adalah tahan karat dan mudah dibersihkan. Chef knife bergagang stainless steel
cocok untuk pemula karena mudah dipakai. Stainless steel juga terkesan lebih higienis karena tidak memiliki serat.

Kami merekomendasikan gagang dari bahan ini untuk Anda yang mementingkan desain karena bahan ini membuat pisau tampak lebih stylish. Selain itu, gagang pisau dari stainless steel
antiselip sehingga Anda tidak mudah lelah ketika memotong.

Periksa kelebihan chef knife berdasarkan mereknya

Anda bisa mendapatkan chef knife terbaik dengan mengenali mereknya. Periksalah kelebihan dari tiap-tiap merek chef knife tersebut. Jika Anda ingin tahu beberapa merek chef knife yang paling direkomendasikan, perhatikan penjelasan kami di bawah ini. Temukan pisau koki yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

IKEA: Tetap tajam meski dipakai dalam jangka waktu yang lama

ikea.co.id

Siapa yang tak kenal merek IKEA? Tak hanya furnitur, merek peralatan rumah tangga asal Swedia ini juga mengeluarkan produk pisau serbaguna untuk di dapur.
Pisau-pisau dari IKEA umumnya menggunakan campuran unsur logam molibdenum dan vanadium. Perpaduan kedua logam ini membuat pisau dari IKEA
tetap tajam dalam waktu lama.

Tak hanya itu,
gagang pisaunya juga memakai bahan dan desain yang dibuat sedemikian rupa sehingga membuatnya nyaman digenggam. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk gagang pisaunya adalah plastik polipropilena, karet sintetis, plastik asetal, dan stainless steel. Pilihlah pisau-pisau dari IKEA jika Anda menginginkan ketajaman yang tahan lama.

Jamie Oliver: Cocok untuk Anda yang ingin memasak layaknya chef profesional

jamieoliver.com

Kami merekomendasikan pisau dari chef terkenal Jamie Oliver untuk para anak muda yang ingin memasak layaknya chef profesional. Produk pisau Jamie Oliver diklaim memiliki kualitas yang premium.
Desainnya yang sangat stylish pasti disukai anak muda yang hobi masak hingga kalangan profesional.

Mata pisau dan gagangnya terbuat dari bahan stainless steel yang menjamin ketahanannya terhadap karat. Memasak hidangan sehari-hari hingga yang memiliki kesulitan tinggi menjadi lebih mudah jika menggunakan pisau Jamie Oliver.

Tramontina: Desain ergonomis yang memberikan kenyamanan dan keamanan saat memotong

tramontina.com.br

Pisau koki merek Tramontina memang
dirancang untuk penggunaan sehari-hari. Pisau tersebut terbuat dari bahan baja. Baja yang digunakan telah melalui proses hardening untuk memanaskannya. Kemudian, baja yang telah didinginkan akan melalui proses tempering untuk meningkatkan elastisitasnya. Tahapan proses pembuatan pisau tersebut menjadikan
mata pisau tajam dalam waktu lama.


Pisau Tramontina juga didesain dengan gagang yang ergonomis. Alhasil, pisau koki tersebut memberikan kenyamanan dan keamanan saat Anda gunakan untuk memotong. Anda pun akan mendapatkan
garansi untuk setiap pembelian pisau koki. Garansi dapat diklaim sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Produk rekomendasi khusus

10 Rekomendasi chef knife (pisau koki) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk chef knife (pisau koki) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Tabel perbandingan produk chef knife (pisau koki) terbaik

Gambar produk

1

Casa Royale

2

Neoflam

3

IDEAL

4

Kohana

5

Tramontina

6

IKEA

7

Kirin

8

TOJIRO

9

Nirosta

10

Jamie Oliver

Nama produk

8” Chef Knife Rosewood

Titanium Chef Knife 8″ Rose Gold

Unibody Full Stainless Steel Chef Knife

Ceramic Chef’s Knife White

6″ Chef’s Knife

VARDAGEN Pisau Masak, Abu-Abu Tua

Stainless Steel Chef Knife 8 Inch

DP A-1 3Layered by VG10 Chef Knife 180mm

Essential Chef Knife

Chef Knife

Keunggulan

Pisau kualitas premium yang terkenal dengan ketangguhannya

Dilapisi titanium, mata pisau lebih tahan goresan

Tidak akan ada lagi tragedi gagang pisau patah!

Bilah dari zirconia ceramics, bahan masakan tetap fresh dan tidak kehilangan nutrisi

Bersertifikat internasional, jelas terjamin kualitasnya

Ukuran gagang dan bilah pisau seimbang, tangan tidak mudah pegal

Antilengket berkat lapisan marble coating

Dilapisi baja tahan karat 13-krom, perawatan menjadi lebih mudah

Terbuat dari baja tahan karat dari Jerman, bilah kokoh dan tidak mudah meleyot

Pisau koki stylish yang berikan sentuhan modern di dapur Anda

Harga mulai dari Rp 105.000,00 Rp 129.000,00 Rp 59.000,00 Rp 350.000,00 Rp 695.000,00 Rp 249.000,00 Rp 76.000,00 Rp 537.000,00 Rp 64.000,00 Rp 1.215.000,00
Ukuran bilah pisau 20,3 cm 20,5 cm 19,5 cm 14,5 cm 15,2 cm 20 cm 20 cm 18 cm 22 cm 27,3 cm
Bahan bilah pisau Carbon stainless steel 3CR13 Stainless steel lapis titanium Stainless steel Zirconia Ceramics Stainless steel Stainless steel Stainless steel berlapis marble coating VG10+13 Chrome Stainless Steel Stainless steel Stainless steel
Bahan gagang pisau Rosewood Tidak ada keterangan Stainless steel Tidak ada keterangan Polycarbonate, fiberglass Plastik asetal Plastik PP+TPR Reinforced black wood Plastik Tidak ada keterangan
Tautan produk
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Bukalapak
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Tokopedia
Baca :   Download Gambar 6 Langkah Cuci Tangan

Cara menjaga chef knife (pisau koki) agar tetap tajam

Ketajaman chef knife dapat dipelihara dengan membersihkannya setelah digunakan. Anda juga harus mengasah bilah pisau secara berkala. Pastikan Anda mengasah dengan benar agar ketajaman pisau koki tetap terjaga. Anda bisa mengasah batu asahan. Jika terasa merepotkan, Anda bisa menggunakan alat pengasah pisau yang banyak dijual di pasaran.

  1. Siapkan batu asah yang telah dibasahi sebelumnya.
  2. Posisikan batu asah dengan kemiringan 45 derajat.
  3. Asah pisau di bawah air mengalir agar lebih mudah.
  4. Arahkan pisau ke depan dan belakang secara perlahan.
  5. Hindari mengasah dari ujung karena dapat merusak pisau.
  6. Bersihkan sisa asahan menggunakan kertas koran.

Baca juga rekomendasi jenis pisau lainnya di sini

Pisau koki atau chef knife adalah salah satu jenis pisau yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Anda pun bisa menjumpai jenis pisau lainnya di pasaran. Simak artikel berikut dengan mengeklik tautan di bawah ini untuk memahami berbagai jenis pisau lainnya.

Ketika hendak membeli chef knife (pisau koki), Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam ukuran dan bahan. Jadikan tips memilih chef knife dari kami sebagai panduan. Jika masih bingung, Anda pun bisa memilih produk-produk yang kami rekomendasikan.


Setelah mendapatkan pisau yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk merawatnya. Pastikan Anda membersihkannya setelah digunakan. Anda juga perlu mengasah secara berkala agar tidak mudah berkarat. Selamat memasak dengan chef knife pilihan Anda!

Apa Yang Dimaksud Sushi Knife Chef Juna

Source: https://sepuluhteratas.com/apa-yang-dimaksud-sushi-knife-chef-juna

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …