Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Terbuka

Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Terbuka


Itu
perbedaan utama
antara sistem tertutup dan sistem terbuka adalah itu
dalam sistem tertutup, materi tidak bertukar dengan sekitarnya tetapi, pertukaran energi dengan sekitarnya sedangkan dalam sistem terbuka, baik materi dan pertukaran energi dengan sekitarnya.

Untuk tujuan kimia, kita dapat membagi alam semesta menjadi dua bagian; “Sistem” dan “sekitarnya”. Suatu sistem dapat berupa organisme, bejana reaksi atau bahkan sel tunggal. Ada batas antara sistem dan sekitarnya. Ruang lingkup sistem tergantung pada batas-batas ini. Terkadang pertukaran energi dan hal-hal penting melalui batas-batas ini. Kita dapat membedakan sistem dengan jenis interaksi yang mereka miliki atau dengan jenis pertukaran yang terjadi. Selain itu, kita dapat mengklasifikasikan sistem ini menjadi dua sebagai sistem terbuka dan sistem tertutup.

ISI

1. Ikhtisar dan Perbedaan Utama
2. Apa itu Sistem Tertutup
3. Apa itu Sistem Terbuka
4. Perbandingan Berdampingan – Sistem Tertutup vs Sistem Terbuka dalam Bentuk Tabular
5. Ringkasan

Apa itu Sistem Tertutup?

Jika materi tidak ditransfer melalui batas, maka kita menyebut sistem semacam itu sebagai sistem tertutup. Namun, dalam sistem tertutup pertukaran energi dengan lingkungan sekitar. Masalah di dalam sistem tertutup selalu sama. Ketika suatu reaksi terjadi, sistem dapat berkembang, atau dapat mentransfer energi ke sekitarnya jika berada pada suhu yang lebih rendah. Misalnya, ketika ada cairan yang dikompres dalam piston, itu adalah sistem tertutup. Di sana massa cairan tidak berubah, tetapi volumenya mungkin berubah.

Gambar 01: Sistem dan Batasnya dalam Kontak dengan Sekitarnya

Sistem yang terisolasi juga merupakan sistem tertutup. Namun, ini berbeda dari sistem tertutup, karena sistem terisolasi tidak memiliki kontak mekanik atau termal dengan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, sistem yang terisolasi mencapai keseimbangan termodinamika dengan menyeimbangkan tekanan, suhu atau perbedaan lainnya.

Baca :   Gerak Parabola Dalam Kehidupan Sehari Hari

Apa itu Sistem Terbuka?

Dalam sistem terbuka, materi dan energi berpindah melalui batas antara sistem dan sekitarnya. Karena terbuka, ia terus berinteraksi dengan sekitarnya. Sebagai contoh, tubuh kita adalah sistem terbuka. Sulit untuk mengontrol aliran energi masuk dan keluar dari sistem terbuka. Lebih jauh lagi, keseimbangan energi juga sulit. Karena terbuka, massa sistem tidak harus konstan; melainkan volumenya konstan.

Gambar 01: Hukum pertama Termodinamika: Sistem Terbuka

Hukum termodinamika pertama berkaitan dengan sistem terbuka. Ini menyatakan tentang energi internal dari sistem terbuka. Kita dapat mengubah energi internal suatu sistem baik dengan melakukan pekerjaan pada sistem atau pemanasan. Perubahan energi internal dari sistem terbuka sama dengan jumlah energi yang perlu kita tambahkan ke sistem (dengan cara memanaskan atau melakukan pekerjaan) dikurangi jumlah yang hilang karena materi yang keluar dan hilangnya energi karena pekerjaan dilakukan oleh sistem.

Apa Perbedaan Antara Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka?

Jika masalah tidak ditransfer melalui batas, maka sistem semacam itu adalah sistem tertutup. Padahal, dalam sistem terbuka, baik materi maupun energi berpindah melalui batas antara sistem dan sekitarnya. Oleh karena itu, perbedaan utama antara sistem tertutup dan sistem terbuka adalah bahwa sistem tertutup tidak memungkinkan pertukaran materi antara sistem dan sekitarnya sementara sistem terbuka memungkinkan pertukaran materi. Lebih jauh, perbedaan lain antara sistem tertutup dan sistem terbuka adalah bahwa sistem tertutup memiliki massa konstan sedangkan sistem terbuka memiliki massa yang bervariasi.

Selain itu, ada juga perbedaan antara sistem tertutup dan sistem terbuka dalam mengendalikan faktor-faktor tersebut. Artinya, tidak seperti dalam sistem tertutup, dalam sistem terbuka sulit untuk mengontrol aliran energi dan parameter lainnya.

Baca :   Benda Langit Yang Dapat Mengeluarkan Cahaya Sendiri Disebut

Ringkasan – Sistem Tertutup vs. Sistem Terbuka

Suatu sistem adalah bagian yang terjadi di sekitarnya. Ada berbagai jenis kontak antara sistem dan sekitarnya. Dengan demikian, ada dua sistem; sistem terbuka dan sistem tertutup. Perbedaan utama antara sistem tertutup dan sistem terbuka adalah bahwa dalam sistem tertutup, materi tidak bertukar dengan lingkungan, tetapi, pertukaran energi dengan lingkungan, sedangkan dalam sistem terbuka, materi dan energi bertukar dengan lingkungan..

Referensi:

1. Libretexts. “Sistem dan Sekelilingnya.” Chemistry LibreTexts, Libretexts, 21 Juli 2016. Tersedia di sini

Gambar milik:

1. “Batas sistem” Oleh Wavesmikey, dilacak oleh Stannered (Public Domain) melalui Commons Wikimedia

2. “Sistem hukum terbuka pertama” (Domain Publik) melalui Commons Wikimedia

Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Terbuka

Sumber: https://id.sawakinome.com/articles/science–nature/difference-between-closed-system-and-open-system-2.html

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …