Apa Yang Dimaksud Dengan Septic Tank

Apa Yang Dimaksud Dengan Septic Tank

Daftar Isi

  • Pengertian Septic Tank
  • Berbagai Jenis Septic Tank
    • Jenis septic tank berdasarkan bahannya
    • Jenis tangki septik berdasarkan sistem kerja
  • Bagaimana Cara Kerja Tangki Septik?
  • Peraturan Terkait Pembuatan Septic Tank


Septic tank


adalah tangki kedap air yang digunakan untuk menampung dan mengolah limbah kotoran manusia skala rumah tangga. Tangki ini dibuat dengan maksud untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.


Pengertian


Septic Tank


Septic tank
adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk tangki septik. Tangki ini sendiri merupakan sebuah kontainer atau bak yang digunakan untuk menampung sekaligus mengolah limbah kotoran manusia yaitu berupa tinja dan urin. Penampungan dan pengelolaan ini dilakukan dalam rangka menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan sehat.

Tangki septik biasanya diletakkan di dalam tanah dan terbuat dari bahan yang kedap air. Hal ini dilakukan supaya kotoran yang tertampung di tangki tidak meresap ke tanah dan menyebabkan pencemaran.

Pembuatan dan pengelolaan tangki septik penting untuk dilakukan. Tangki ini akan berfungsi untuk mengelola limbah rumah tangga karena tidak bisa langsung dibuang. Adanya tangki septik juga akan membantu pencegahan penularan berbagai penyakit yang tersebar lewat tinja atau feses manusia seperti disentri, kolera, tifus, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

  • Apa Itu Shear Wall?
  • Town House Adalah?


Berbagai Jenis


Septic Tank


(Shutterstock)

Ada berbagai jenis
septic tank
yang dapat digunakan. Jenis-jenis ini pun juga terbagi menjadi dua yaitu berdasarkan bahan dan sistem kerjanya. Pemilihan tangki septik ini dilakukan dengan bangunan serta kondisi sekitar rumah.

Baca :   Desain Rumah Minimalis Batu Alam Tampak Depan


Jenis


septic tank


berdasarkan bahannya


Tangki septik bisa berbeda-beda tergantung pada jenis bahan yang digunakan. Beberapa bahan yang biasa dipakai untuk pembuatan tangki ini yaitu sebagai berikut.

  • Beton

Tangki septik berbahan beton merupakan salah satu yang paling umum dan banyak digunakan di Indonesia. Tangki jenis ini dipilih karena memiliki daya tahan yang kuat.

  • Besi

Tangki septik dengan bahan dasar besi memang jarang dipakai. Hal ini dikarenakan masa gunanya yang lebih pendek. Meskipun begitu, ada juga pengguna yang memilih tangki ini karena harganya lebih terjangkau.


  • Fiberglass

Tangki
fiberglass
menjadi pilihan karena tidak mudah retak atau bocor. Tangki ini juga lebih ringan sehingga pemasangannya lebih mudah. Namun, satu hal yang perlu Pins perhatikan yaitu kemungkinan tangki berubah bentuk karena tekstur tanah.

  • Plastik

Septic tank
plastik memiliki sifat dan material yang mirip dengan
fiberglass. Biasanya, tangki ini dipilih karena memiliki harga yang lebih murah.

  • Aerobik

Jenis tangki septik yang berikutnya yaitu berbahan aerobik. Tangki ini biasanya digunakan sebagai cadangan jika tangki utama bermasalah. Meskipun dipakai untuk cadangan, tangki aerobik memiliki harga yang lebih mahal.


Jenis tangki septik berdasarkan sistem kerja

Selain berdasarkan bahan utama tangkinya,
septic tank
juga dibedakan sesuai dengan sistem kerjanya yaitu sebagai berikut.

  • Tangki septik tradisional

Tangki septik tradisional merupakan jenis yang umum digunakan dan mudah ditemui di berbagai rumah. Tangki ini biasanya memiliki harga lebih murah karena fungsinya sederhana yaitu menampung limbah saja.


  • Bio septic tank

Jenis tangki yang selanjutnya yaitu memanfaatkan bioteknologi.
Bio septic tank
memiliki kelebihan yaitu untuk mengolah kotoran supaya tidak berbau dan mencemari lingkungan. Tangki ini juga memiliki sistem resapan yang baik.

Baca :   Apakah Kapur Barus Bisa Mengusir Tikus

Baca Juga:

  • Apa Itu Tanaman Penutup Tanah?
  • Whole House Fan


Bagaimana Cara Kerja Tangki Septik?

Septic tank
adalah wadah yang digunakan untuk menampung dan mengelola limbah kotoran dari rumah tangga. Pembuatan tangki ini harus diperhatikan dengan benar karena akan berpengaruh pada pembuangan limbah yaitu diresapkan atau disalurkan ke tempat pengelolaan yang lebih besar.

Tangki septik yang sederhana biasanya terdiri dari sebuah kontainer dan dihubungkan dengan dua pipa. Pipa tersebut berguna sebagai pintu masuk limbah dan juga untuk mengeluarkan air hasil pengeolahan dari tangki. Selain itu, pipa tersebut juga berfungsi sebagai jalan keluar masuk udara ke tangki.

Limbah atau kotoran yang ada di dalam tangki ini kemudian akan terpisah menjadi 3 bagian. Di bagian paling atas ada sampah terapung atau
scum
berupa minyak. Lapisan di bawahnya yaitu limbah cair dengan partikel sampah atau
liquid sewage. Sedangkan lapisan terakhir yaitu
sludge
yang berisi partikel mengendap.

Pada sistem pembuangan dan pengelolaan limbah, hal lain yang perlu diperhatikan selain tangki septik yaitu sumur resapan. Limbah yang telah dihancurkan di
septic tank
akan dialirkan ke sumur resapan. Di sumur ini, terdapat beberapa elemen seperti ijuk, kerikil, pasir, dan batu karang berongga. Di sumur tersebut, air limbah akan tertampung dan diresapkan ke tanah.

Baca Juga:

  • Lisplang Adalah?
  • Apa Itu Toilet?


Peraturan Terkait Pembuatan


Septic Tank


Pengelolaan kotoran rumah tangga penting untuk dilakukan karena berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar. Di Indonesia sendiri, peraturan yang bersinggungan langsung dengan
septic tank
 yaitu Peraturan Menteri Kesehatan atau Permenkes Nomor 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan Standar Nasional Indonesia (SNI) 2398:2017.

Baca :   Desain Rumah Type 45 3 Kamar Tidur

Berdasarkan Permenkes tersebut, setiap kloset atau jamban harus dilengkapi dengan tangki septik. Wadah tersebut berfungsi untuk penampungan limbah kotoran manusia. Bagian yang padat akan tertinggal di dalam tangki. Bagian cairnya sendiri akan keluar dan diresapkan melalui sumur resapan.

Tidak hanya fungsinya saja yang telah diatur, berdasarkan SNI 2398:2017, tangki septik juga harus kedap air. Tangki ini juga membutuhkan lubang kontrol, ventilasi, pipa keluar-masuk, dan harus dikuras isinya secara berkala. Limbah tersebut kemudian akan dikirim ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja atau IPLT.

Pins sudah paham,
kan, bahwa
septic tank
sangatlah penting terutama untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu, ya!

Baca Juga:

  • Apa Itu Wastafel?
  • Vertical Garden Adalah?
  • Plumbing Adalah?

Featured Image Source:
Pengadaan.web.id


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. Dapatkan pilihan rumah di Kota Depok terbaik dari Pinhome.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy


by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Apa Yang Dimaksud Dengan Septic Tank

Source: https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/septic-tank/

Check Also

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun

Gambar Wanita Sedih Menangis Dan Kecewa Kartun Adapun berikut ini adalah koleksi yang bisa kamu …