Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert

KlikBelajar.com – Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert

Kenali Apa Itu Inert Gas Fire Suppression System

Setiap pemilik perusahaan, tentunya akan selalu melindungi bangunannya dari berbagai macam bahaya, salah satunya yaitu bahaya kebakaran. Selain melindungi bangunan, tentunya anda juga ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi karyawan serta jangan sampai aset dari perusahaan anda pun juga ikut hilang. Memang tidak bisa dipungkiri, bahaya kebakaran menjadi salah satu hal yang paling ditakutkan oleh para pemilik bangunan. Untuk itu, anda harus lebih waspada mengenai bahaya kebakaran ini, sehingga anda pun harus memberi perlindungan yang tepat pada bangunan anda. Nah, salah satu perlindungan yang anda gunakan adalah inert gas fire suppression system. Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!

Apa Saja Gas Yang Digunakan?

Dalam system ini memang menggunakan beberapa jenis gas antara lain nitrogen, helium dan gas argon. Namun CO2
juga menjadi salah satu campuran pada gas inert ini. Tetapi jenis gas yang seringkali digunakan oleh konsumen adalah nitrogen atau argon.

Bagaimana Gas Ini Dikerahkan?

System ini memang dirancang dengan beberapa desain. Pada umumnya kebakaran yang terjadi pada listrik C ini membutuhkan konsentrasi yang minim, tetapi untuk kebakaran pada kelas B membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi. Caranya ialah dengan meminimalisir kadar oksigen yang digunakan untuk memadamkan api.

Seberapa Penting Ventilasi Dan Detector?

Inert gas tersebut merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam hal pemadaman kebakaran. Untuk itu dalam system ini ventilasi dan pemilihan alarm tidak boleh disepelekan. Bahkan detector asap yang ada dalam bangunan tersebut pun harus dapat bekerja secara efisien sehingga system ventilasi yang ada dapat menjadi jalannya udara bagi inert gas ini tanpa harus ada hambatan.

Baca :   1 1 2 2 1 3

System Inert Gas

System inert gas ini berfungsi atau bekerja denan cara membuang oksigen ke arah menjauh dari api, sehingga api yang menyala tidak akan berkembang. Namun, harus dipastikan pula bahwa oksigen yang ada dalam ruangan tersebut tetap masih ada karena digunakan untuk para penghuni gedung yang masih terjebak di dalam bangunan tersebut. Jangan sampai oksigen yang ada dibuang menjauh dari api, namun tidak memperhatikan nasib para penghuni bangunan tersebut yang akan menyelamatkan diri atau sedang mencari jalan keluar.

Di sinilah ventilasi berperan sangat efektif karena dapat membantu pelepasan gas inert yang akan mengantikan volume udara pada area yang berbahaya tersebut.

Keunggulan Inert Gas

Dengan menggunakan inert gas ini merupakan salah satu cara yang banyak dipilih oleh pemadam kebakaran karena merupakan salah satu teknologi yang ramah lingkungan. Cara kerja dari inert gas ini pun dirasa juga efektif karena mampu membantu mengurangi jumlah oksigen yang ada di dalam gedung tersebut. Dengan jumlah oksigen yang semakin berkurang maka dapat membantu mengurangi penyebaran api serta menghambat api untuk menjalar ke arah lain. Dengan begitu, dapat dipastikan pemadaman api pun akan lebih mudah dilakukan.

Namun anda tidak perlu khawatir, walaupun inert gas ini bekerja dengan cara mengurangi oksigen yang ada dalam bangunan namun system ini tidak akan membuat oksigen yang ada di dalam gedung tersebut hilang semua. Oksigen yang ada di dalam gedung akan tetap ada, sehingga mampu mendukung pernapasan para penghuni yang ada di gedung tersebut untuk tetap mencari jalan keluar menyelamatkan diri dari bahaya kebakaran.

Layanan Kebakaran Inert Gas

Di Indonesia ini, sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan inert gas untuk mendukung serta melindungi bangunan dari perusahaan mereka. Memang inert gas ini harus dipasang oleh orang yang sudah ahli dibidangnya. Jadi tidak sembarang orang dapat memasang inert gas apalagi mengaplikasikannya. Karena dapat dikatakan gas ini merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, anda memang harus meminta bantuan kepada orang yang ahli dalam bidangnya, agar inert gas ini dapat terpasang dengan baik dan bekerja sesuai dengan fungsinya.

Baca :   Kelajuan Suatu Gelombang Elektromagnetik Dalam Ruang Hampa Bergantung Pada

Nah, saat ini pun sudah banyak jasa yang menyediakan layanan dalam hal pemasanan inert gas ini. Mereka akan memberikan pelayanan yang terbaik serta kualitas yang produk yang terbaik pula. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk menghubungi layanan kebakaran inert gas yang ada demi untuk menjaga bangunan serta karyawan dan aset perusahaan anda. Keselamatan adalah hal yang sangat penting dan harus anda utamakan. Ingat itu baik-baik!

Nah, anda yang sudah menenal mengenai inert gas fire suppression system ini, semoga anda sudah tidak ragu lagi untuk menggunakannya dan segera menghubungi jasa layanan kebakaran inert gas untuk anda gunakan dalam melindungi gedung, salah satunya TotalFire. Semua termasuk aset serta tentunya karyawan anda harus tetap terlindungi. Jangan sampai anda menyesal nantinya! Karena penyesalan akan datang di akhir, bukan di awal!

Apa Yang Dimaksud Dengan Gas Inert

Sumber: https://totalfire.co.id/kenali-apa-itu-inert-gas-fire-suppression-system/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …