Apa Perbedaan Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari

KlikBelajar.com – Apa Perbedaan Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari

5 Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan + Gambarnya

Salah satu fenomena alam yang terjadi di antariksa adalah gerhana. Fenomena ini secara periodik terjadi pada matahari dan bulan. Gerhana matahari adalah fenomena hilangnya kenampakan cahaya matahari dari permukaan bumi akibat cahaya tersebut terhalangi oleh bulan, sementara gerhana bulan adalah fenomena hilangnya kenampakan cahaya bulan dari permukaan bumi akibat cahaya matahari yang sampai ke bulan terhalangi oleh bumi. Dipandang dari beberapa sudut keilmuan, antara gerhana matahari dan gerhana bulan terdapat beberapa perbedaan. Apa saja
perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan
tersebut? Ketahui jawabannya dengan menyimak pemaparan berikut ini!

Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Sebelum membahas tentang apa saja perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan, marilah kita pahami terlebih dahulu apa itu gerhana matahari dan apa itu gerhana bulan.

Gerhana Matahari

Gerhana matahari merupakan peristiwa yang terjadi saat sebagian atau seluruh sinar matahari yang menuju ke permukaan bumi terhalang oleh bulan. Gerhana matahari berlangsung ketika posisi bulan tepat berada di antara matahari dan bumi. Baik matahari, bumi, dan bulan akan berada pada satu garis lurus saat terjadinya gerhana matahari. Berikut ini adalah gambar ilustrasi posisi atau letak matahari, bumi, dan bulan saat terjadinya gerhana matahari.

Perlu diketahui bahwa saat terjadinya gerhana matahari, intensitas cahaya matahari yang dipancarkan ke bumi akan berkurang namun kekuatan pancarannya tetap sama. Hal ini mengakibatkan, meski suasana di bumi menjadi redup saat gerhana matahari, kekuatan pancaran cahaya matahari akan tetap sama seperti biasa. Kondisi ini membuat kita dilarang untuk menatap matahari secara langsung ketika terjadi gerhana matahari. Kekuatan pancaran cahaya matahari yang tinggi di tengah suasana redup akan dapat merusak indra penglihatan jika retina mata kita menerima cahaya dalam jumlah banyak.

Baca :   Setarakan Persamaan Reaksi Berikut N2 G H2 G Nh3 G

Gerhana Bulan

Sementara itu, gerhana bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari yang sampai ke bulan oleh bumi dan mengakibatkan bulan tidak menerima cahaya matahari untuk dipantulkan sebagai sinar semunya. Gerhana bulan terjadi saat letak matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus dengan letak bumi berada di antara keduanya. Berikut ini adalah gambar kedudukan matahari bumi dan bulan saat terjadinya gerhana bulan.

Salah satu fenomena alam yang terjadi di antariksa adalah gerhana 5 Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan + Gambarnya

Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan dapat dilihat dan disaksikan langsung oleh mata telanjang. Hal ini karena intensitas cahaya yang dipantulkan bulan tidak akan membahayakan penglihatan manusia.

Baca Juga
: Perbedaan Gaung dan Gema

Perbedaan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Dari pemaparan mengenai apa itu gerhana matahari dan bulan di atas, kita dapat menyimpulkan apa saja perbedaan keduanya. Secara umum, perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan terletak pada 5 aspek, di antaranya:

  1. Gerhana matahari terjadi saat bulan berada di antara bumi dan matahari, sementara gerhana bulan terjadi ketika bumi di antara bulan dan matahari.
  2. Gerhana matahari membuat sinar matahari tidak sampai ke bumi karena terhalang oleh bulan. Sementara, gerhana bulan membuat sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang bumi.
  3. Gerhana matahari memunculkan ilusi seolah-olah cahaya matahari hilang bila dilihat dari bumi, sementara gerhana bulan memunculkan ilusi seolah-olah cahaya bulan hilang bila dilihat dari bumi.
  4. Kita tidak boleh melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang karena dapat merusak penglihatan, tapi sebaliknya saat gerhana bulan kita bebas mengamatinya meski tanpa alat bantu apapun.
  5. Gerhana bulan cenderung terjadi lebih sering bahkan hampir setiap tahun, sementara gerhana matahari cenderung lebih jarang dengan siklusnya yang panjang.
Baca :   Gagasan Utama Dalam Teori Atom Rutherford Adalah Tentang

Nah, demikianlah sekilas pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian gerhana matahari, pengertian gerhana bulan, serta perbedaan gerhana matahari dan gerhana bulan. Semoga dapat dipahami dengan baik dan menambah wawasan kita terkait kedua fenomena alam tersebut.

Apa Perbedaan Gerhana Bulan Dan Gerhana Matahari

Sumber: https://sch.paperplane-tm.site/2019/10/5-perbedaan-gerhana-matahari-dan.html

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …