Apa Fungsi Magnet Dalam Tutup Kulkas

Apa Fungsi Magnet Dalam Tutup Kulkas



Cara Kerja Pintu Lemari Es







Lemari es merupakan pola peralatan seharihari yang memakai magnet. Berikut ini fungsi magnet pada lemari es dan cara kerja magnet pada lemari es.




















Magnet pada Pintu Lemari Es













Adakah lemari es di rumahmu? Jika ada, bukalah pintu lemari es tersebut kemudian tutuplah kembali. Perhatikanlah, pintu itu sanggup tertutup rapat walaupun tanpa selot. Mengapa bisa menyerupai itu?





Ternyata, ada magnet yang dipasang di tubuh lemari es dan bingkai pintunya terbuat dari besi. Ketika pintu didekatkan, magnet akan segera menariknya. Akibatnya, timbullah gaya tarik yang menimbulkan pintu lemari es akan menutup.



Pintu kulkas memang di desain halus dengan manfaat magnetnya bisa menempelkan pernak pernik lucu anak anak atau sebuah catatan penting yang mengingatkan kita untuk segera melakukannya.



Karet pada Pintu Lemari Es



Karet pintu pada kulkas merupakan cuilan dari kulkas yang berada diantara daun pintu kulkas dengan body kulkas. Karet kulkas terbuat dari materi karet dan juga magnet sehingga selain elastis juga sanggup merekatkan pintu kulkas dengan body kulkas. Berikut ini merupakan fungsi dari karet pintu kulkas:






  1. Karet pintu kulkas mempunyai fungsi sebagai perekat antara pintu kulkas dengan body kulkas sehingga ketika kulkas ditutup tidak perlu khawatir jikalau pintu tidak tertutup rapat lantaran terdapat magnet yang akat melekat cukup berpengaruh pada body kulkas.

  2. Karet pintu terbuat dari karet sangat efektif untuk meredam suara ketika menutup pintu kulkas dengan keras sehingga tidak menjadikan bunyi.

  3. Karet pintu juga berfungsi untuk menjaga temperatur hambar yang ada dalam kulkas tidak terbuang keluar kulkas, alasannya ialah jikalau temperatur hambar dalam kulkas terbuang maka proses pendinginan akan lebih usang bahkan bisa tidak tercapai suhu yang diinginkan.

  4. Karet pintu mempunyai fungsi menjaga biar udara yang berada dalam kulkas tidak bertukar dengan udara yang berada diluar kulkas, jikalau udara luar bertukar dengan udara yang berada didalam kulkas akan mengakibat uap air dalam kulkas akan semakin banyak dikarenakan udara yang gres bertukar dari luar kulkas akan membawa uap air.
Baca :   Salah Satu Ciri Dari Reaksi Oksidasi Adalah



Saklar Pintu Lemari Es


Saklar pintu berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu dalam lemari es, proses hidup dan matinya lampu dalam lemari es yaitu pada ketika kulkas atau lemari es di buka maka lampu ini akan menyala dan pada ketika pintu di tutup maka lampu ini akan mati.

Saklar pintu kulkas yang rusak juga sanggup menciptakan kulkas tak bisa dingin. Hal ini lantaran

lampu takkan bisa terkontrol dan bila lampu menyala terus menerus waktu pintu kulkas di tutup dampaknya kalor atau panas lampu tersebut akan menghilangkan hambar pada lemari es, dinginnya usang atau malah lemari es tak bisa hambar .



Cara Kerja Lemari Es dalam Proses Pendinginan









Komponen Utama dalam Lemari Es













Ada 9 cuilan dan komponen utama dalam lemari es yang mempunyai fungsi utama masing-masing.







  1. Kompresor, merupakan komponen terpenting di dalam kulkas atau lemari es yang berfungsi memompa materi pendingin ke seluruh cuilan kulkas.



  2. Kondensor, merupakan alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas materi pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair.



  3. Filter
    (saringan), mempunyai kegunaan untuk menyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk ajaran pendingin sesudah proses sirkulasi.



  4. Evaporator, berfungsi menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam lemari es dan mendinginkannya.



  5. Thermostat, berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis menurut batasan suhu pada tiap komponen kulkas.



  6. Heater, berfungsi mencarikan bunga es yang terdapat di dalam evapurator.



  7. Fan Motor, berfungsi menghembuskan udara hambar dari evaporator ke seluruh rak dan mendorong udara melalui kondesor dan kompresor.



  8. Overload Motor Protector, berfungsi melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan akhir arus yang dihasilkan kompresor melebihi normal.



  9. Bahan Pendingin
    (refrigerant), merupakan zat yang gampang diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya.

Baca :   Proyeksi Vektor Ab Pada Ac Adalah



Cara Kerja



Cara kerja lemari es masih bekerjasama erat dengan prinsip perpindahan kalor. Sistem kerjanya bermula dari kompresor yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Motor kompresor akan segera berputar dan memberi tekanan pada semua materi pendingin ketika telah dialiri oleh listrik. Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi.


Dengan wujud menyerupai itu, maka akan mebuat refrigerant mengalir menuju kondensor. Nantinya itu akan disaring oleh filter yang ada. Pada titik kondensasi, gas tersebut akan mengembun dan akan kembali menjadi bentuk cair, Refrigerant cair yang bertekanan tinggi akan terdorong dan akan menuju pipa kapiler. Dengan begitu refrigerant akan segera naik ke evaporator dikarenakan tekanan kapilaritas yang telah dimiliki oleh pipa kapiler itu sendiri.


Ketika berada di dalam evaporator, refrigerant cair segera menguap dan wujudnya akan berubah kembali menjadi gas yang mempunyai tekanan dan suhu yang rendah. Sebab dari proses tersebut, maka udara yang berada di sekitar evaporator akan mempunyai suhu rendah dan akibatnya terkondensasi menjadi bentuk cair. Pada kondisi yang berulang akan memungkinkan udara tersebut akan membeku dan akan menjadi butiran-butiran es. Hal tersebut terjadi pada benda ataupun air yang dengan sengaja diletakkan pada sekitar evaporator.



Macam-macam Lemari Es









     a)


Jenis
Non Frezeer









Lemari es (kulkas) di rumah kita digolongkan
non Frezeer
apabila cuilan di dalam lemari Es tidak hanya Evaporator (Bagian pembeku). Pada kulkas satu pintu evaporatornya terletak di cuilan atas dan ukurannya tidak lebih 1/3 ukuran total kulkasnya. Pada kulkas dua pintu dan seterusnya evaporator tersendiri dan ukurannya lebih besar dibandingkan evaporator kulkas satu pintu. Temperatur hambar pada rak-rak di bawah
evaporator, sebetulnya berasal dari hembusan udara hambar dari evaporator.










     b)


Jenis
Frezeer









Lemari es
Frezeer
sanggup membekukan atau menjadikan sesuatu menjadi Es di setiap bagiannya. Biasanya, lemari es jenis ini dipakai untuk aktivitas wirausaha, menyerupai penjual es kerikil atau es lilin. Tidak menyerupai kulkas biasanya, kulkas
Frezeer
mempunyai
evaporator
disetiap raknya. Makara kulkas Frezeer bisa membekukan lebih banyak dibandingkan lemari es
non frezeer.










     c)


Jenis
Door Glass Refrigerator









Kulkas pintu beling termasuk jenis kulkas
non freezer. Kulkas jenis ini dipakai khusus untuk menyimpan aneka minuman kaleng dan botol. Dengan pintu terbuat dari kaca, memungkinkan minuman yang berada di dalam terlihat dari luar. Temperatur yang dihasilkan oleh kulkas pintu beling berkisar antara 10-16 derajat-celcius. Kulkas ini tidak membekukan minuman yang ada didalamnya, tetapi hanya mendinginkannya atau menyegarkannya.

Baca :   Operasi Hitung Campuran Berbagai Bentuk Pecahan

Apa Fungsi Magnet Dalam Tutup Kulkas

Sumber: https://www.duniaedukasi.my.id/2018/11/halaman-125-cara-kerja-magnet-pada.html

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …