Apa Bahan Yang Paling Baik Untuk Menghantarkan Arus Listrik

Apa Bahan Yang Paling Baik Untuk Menghantarkan Arus Listrik

Konduktor yang paling baik adalah

Pengertian Konduktor

Energi listrik dan energi panas dapat dialirkan pada suatu wadah atau media tertentu. Media yang dapat mengalirkan arus listrik dan panas dengan baik disebut konduktor. Selain itu ada juga media yang sulit mengalirkan energi panas dan listrik adalah isolator. Beberapa media konduktor yang sering kita temui seperti Besi, Baja & Tembaga. Sedangkan beberapa isolator adalah seperti Plastik, karet, kertas, kayu dll.konduktivitas termal merupakan ukuran yg berpacu pada kemampuan panas atau listrik melewati media konduktor.Secara umum Jenis Logam bersifat konduktor

Konduktor adalah

Ilustrasi masak (Photo by cottonbro on Pexels)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konduktor adalah benda atau bahan yang dapat menghantarkan panas dan listrik dalam fisika. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konduktor adalah benda atau bahan penghantar panas, listrik, atau suara.

Konduktor adalah suatu zat atau bahan yang dapat menghantarkan arus listrik, baik itu zat padat, cair, ataupun gas. Disebabkan sifat dari zat atau benda tersebut yang konduktif, maka disebut dengan Konduktor.

Konduktor adalah penghantar listrik yang baik karena memiliki banyak elektron-elektron bebas. Hal ini berkaitan dengan struktur molekul konduktor yang mudah melepaskan elektron-elektron terluar. Sebagian besar logam memiliki sifat ini.

Contoh konduktor adalah emas (Au), perak (Ag), tembaga (Cu), aluminium (Al), seng (Zn), besi (Fe) berturut-turut dari jenis konduktor listrik yang paling baik. Syarat benda disebut konduktor adalah memiliki konduktivitas yang tinggi dengan resistensi yang rendah.

Sifat Konduktor

Konduktor memiliki beberapa sifat yang memungkinkannya bisa menghantarkan arus listrik/panas. Sifat konduktor adalah sebagai berikut:

Baca :   Seorang Arsitek Akan Membuat Gedung Perkantoran

– Memiliki daya hantar listrik. Daya hantar listrik didapat dari banyaknya elektron-elektron bebas yang terkandung dalam bahan konduktor.

– Resistivitas kecil. Semakin kecil hambatan jenis atau resistivitas suatu bahan, maka semakin baik nilai konduktivitasnya.

– Daya hantar panas tinggi. Bahan-bahan logam sebagian besar memiliki daya hantar panas tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai konduktor.

– Tegangan tarik kuat. Tegangan tarik dipengaruhi oleh aliran arus dan suhu. Semakin kuat suatu bahan mengatasi pengaruh suhu dan aliran arus, maka semakin baik bahan tersebut berfungsi sebagai konduktor.

Contoh Bahan Konduktor

Terlihat dari tabel di bawah ini bahwa konduktor memiliki resistivitas yang sangat kecil dan konduktivitas yang sangat besar. Hal ini membuat listrik dapat mengalir dengan bebas dalam konduktor.

Semakin besar konduktivitas berarti semakin baik bahan tersebut dalam menghantarkan listrik. Berikut adalah contoh bahan konduktor yang dilansir dari ThoughtCo:

Bahan Resistivitas (ohm/meter) Konduktivitas (siemens/meter)
Perak 1,59 x 10^-8 6,03 x 10^7
Tembaga 1,68 x 10^-8 5,96 x 10^7
Emas 2,24 x 10^-8 4,1 x 10^7
Alumunium 2,82 x 10^-8 3,5 x 10^7
Kalsium 3,36 x 10^-8 2,98 x 10^7
Tungsten 5,60 x 10^-8 1,79 x 10^7
Seng 5,90 x 10^-8 1,69 x 10^7
Nikel 6,99 x 10^-8 1,43 x 10^7
Litium 9,82 x 10^-8 1,08 x 10^7
Besi 1,0 x 10^-7 1,0 x 10^7
Platinum 1,06 x 10^-7 9,43 x 10^6
Timah 1,09 x 10^-7 9,17 x 10^6
Titanium 4,02 x 10^-7 2,38 x 10^6
Air Raksa 9,8 x 10^-7 1,02 x 10^6

Contoh Bahan Isolator

Isolator memiliki resistivitas yang sangat tinggi dengan konduktivitas yang sangat rendah. Semakin besar resistivitas bahan berarti bahan tersebut adalah isolator yang baik karena dapat mengioslasi listrik agar tidak bisa mengalir di dalamnya. Berikut adalah contoh bahan konduktor yang dilansir dari:

Baca :   Himpunan Penyelesaian Dari 3x 2 5 Adalah
Bahan Resistivitas (ohm/meter) Konduktivitas (siemens/meter)
Kaca 10 x 10^10 10^-11 hingga 10^-15
Karet 1 x 10^13 10^-14
Kayu 1 x 10^14 10^-16 hingga 10^-14
Udara 1,3 x 10^10 3 x 10^-15
  • Contoh Bahan Semikonduktor:

Bahan dengan semikonduktor memiliki resistivitas dan konduktivitas yang tidak terpaut begitu jauh dan dapat dipengaruhi dari doping zat lain. Contoh semikonduktor adalah Germanium dengan resistivitas 4,6 x 10^-1 dan konduktivitas 2,7.

Kemudian silikon dengan resistivitas 6,4 x10^2 dan konduktivitas 1,56 x 10^3. Contoh lain semikonduktor adalah Kadmium sulfida, Galium fosfida, Gallium arsenida, Timbal sulfida, dan Silikon karbida.

Baca juga: Perbedaan Perpindahan Panas Secara Konduksi, Konveksi, dan Radiasi

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tabel Urutan Konduktif Logam

Daftar konduktivitas listrik ini mencakup paduan serta elemen murni. Karena ukuran dan bentuk zat mempengaruhi konduktivitasnya, daftar tersebut mengasumsikan semua sampel berukuran sama. Dalam urutan dari yang paling konduktif hingga paling tidak konduktif:

  1. Perak
  2. Tembaga
  3. Emas
  4. Aluminium
  5. Seng
  6. Nikel
  7. Kuningan
  8. Perunggu
  9. Besi
  10. Platinum
  11. Baja karbon
  12. Memimpin
  13. Besi tahan karat

Faktor Yang Mempengaruhi Konduktivitas Listrik

Faktor-faktor tertentu dapat memengaruhi seberapa baik suatu material menghantarkan listrik.

  • Suhu:
    Mengubah suhu perak atau konduktor lainnya mengubah konduktivitasnya. Secara umum, peningkatan suhu menyebabkan eksitasi termal atom dan menurunkan konduktivitas sekaligus meningkatkan resistivitas. Hubungannya linier, tetapi rusak pada suhu rendah.
  • Kotoran:
    Menambahkan pengotor ke konduktor menurunkan konduktivitasnya. Misalnya, perak murni tidak sebagus konduktor seperti perak murni. Perak yang teroksidasi bukanlah konduktor yang sebaik perak yang tidak ternoda. Kotoran menghalangi aliran elektron.
  • Struktur dan fase kristal:
    Jika ada fase material yang berbeda, konduktivitas akan sedikit melambat pada antarmuka dan mungkin berbeda dari satu struktur ke struktur lainnya. Cara suatu bahan diproses dapat memengaruhi seberapa baik bahan itu menghantarkan listrik.
  • Medan elektromagnetik:
    Konduktor menghasilkan medan elektromagnetiknya sendiri ketika listrik mengalir melaluinya, dengan medan magnet tegak lurus dengan medan listrik. Medan elektromagnetik eksternal dapat menghasilkan resistansi magnet, yang dapat memperlambat aliran arus.
  • Frekuensi:
    Jumlah siklus osilasi yang diselesaikan arus listrik bolak-balik per detik adalah frekuensinya dalam Hertz. Di atas level tertentu, frekuensi tinggi dapat menyebabkan arus mengalir di sekitar konduktor daripada melewatinya (efek kulit). Karena tidak ada osilasi dan karenanya tidak ada frekuensi, efek kulit tidak terjadi dengan arus searah.
Baca :   Senyawa Gas Mulia Yang Pertama Kali Disintesis Adalah

Bahan berikut yang merupakan konduktor listrik paling baik dalam bentuk lelehannya adalah ….

Perhatikan tabel berikut! Jenis kawat yang paling baik untuk menghantarkan arus listrik yaitu ….

Apa Bahan Yang Paling Baik Untuk Menghantarkan Arus Listrik

Sumber: https://hasilcopa.com/manakah-dari-bahan-berikut-yang-paling-bagus-menghantarkan-listrik

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …