Alat Yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah

Alat Yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah

Sikalem
– Hukum pascal merupakan salah satu dari jenis hukum fisika yang menjelaskan bahwa tekanan yang yang diberikan oleh cairan dalam ruang tertutup selalu diteruskan ke segala arah, lalu alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah apa saja ya?

Iya, alat tersebut memang faktanya sering kamu lihat dan bahkan kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita tidak pernah tahu bahwa alat itu memang menggunakan hukum pascal.

Hukum pascal berkaitan erat dengan tekanan dalam cairan, namun tentu itu sebuah hal yang akan mustahil untuk kita pahami jika tidak membaca pengertiannya.

Nah, disini kita akan tahu alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah apa saja, dan semuanya akan admin rangkum dengan cermat dan cerdik.

Sehingga, kamu tak perlu lagi membiarkan pikiran yang tertutup, agar mendapatkan banyak sekali wawasan dan informasi terpenting, itu adalah urusan admin kenapa selalu memberikan kamu pengetahuan dan wawasan, meskipun mungkin agak sulit dipahami.

Sudah penasaran apa saja alat yang kerjanya berdasarkan hukum pascal? Yuk kita menuju TKP langsung dibawah ini.

Alat yang prinsip kerjanya berdasarkan
hukum pascal
adalah rem hidrolik, pompa hidrolik, dongkrak hidrolik (Alat pengangkat mobil), dan kempa hidrolik. Alat-alat ini bekerja berdsarkan prinsip hukum pascal atau tekanan daam cairan.

Seperti yang admin katakan bahwa alat itu memang sering kamu lihat dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, contoh rem sepeda.

Baca juga: Teknologi Berikut ini yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimeded Adalah

Baca juga: Pernyataan yang Benar Mengenai Hukum II Mendel Adalah

Tanpa sepengetahuan kamu bahwa cara kerja rem sepeda adalah
dengan prinsip berdasarkan hukum pascal
yang menggunakan tekanan.

Saat kamu melakukan pengereman, maka rem akan bergerak dan melakukan tekanan, dan yang perlu kamu ketahui adalah bahwa hal itu terjadi karena adanya hukum pascal dalam bahasa fisika.

Mengenal Lebih Dengan Hukum Pascal

Hukum pascal menegaskan bahwa setiap tekanan harus pada permukaan harus diteruskan ke segala arah. Jika tekanan eksternal diberikan pada sistem tertutup, maka tekanan pada setiap titik tersebut akan meningkat sebanding dengan tekanan eksternal yang diberikan.

Kita kembalikan pada contoh rem sepeda, ketika di tekan, maka titiknya akan meningkat ke segala arah, serta tekanan itu akan sebanding dengan tekanan yang diberikan tadi.

Dan sepertinya itu saja singkat dalam pengertian yang admin berikan, yang penting disini kita tahu alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum pascal adalah apa saja, dan itu sudah admin jawab ya.

Baca :   Fpb Dari 36 Dan 40 Adalah

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang hukum Pascal, yaitu seputar peralatan dalam kehidupan sehari-hari yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal.

Kalian pasti sudah tahu apa itu hukum Pascal? Yah benar, hukum Pascal adalah hukum tentang zat cair pada ruang tertutup.

Hukum yang ditemukan oleh Blaise Pascal ini menyatakan bahwa tekanan yang diberikan zat cair pada ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar.

Hukum ini banyak mengilhami pembuatan peralatan sehari-hari. Ada beberapa alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal.

Apa saja itu? Baiklah, berikut ini kakak terangkan…

Untuk diketahui, alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan
hukum Pascal
adalah sebagai berikut:

Alat pertama yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal adalah pompa hidrolik.

Pompa hidrolik menggunakan energi kinetik dari cairan yang dipompa pada suatu kolom dan diubah menjadi energi tekan.

Pompa ini berfungsi untuk meneruskan energi mekanik menjadi energi hidrolik. Cara kerjanya adalah menghisap oli dari tangkai hidrolik dan mendorongnya ke dalam sistem hidrolik dalam bentuk aliran.

Tekanan dihasilkan dengan cara menghambat aliran oli dalam sistem hidrolik.

Prinsip kerja rem hidrolik adalah menahan gerak cakram yang berhubungan dengan ban. Caranya, dengan menjepit cakram ke dalam atau mendesak ke luar.

Gaya gesekan antara penjepit dengan cakram inilah yang menghentikan kendaraan.

Kaki pengemudi menekan piston yang berukuran kecil. Zat cair dalam pipa-pia mendapat tambahan tekanan.

Penambahan tekanan diteruskan ke seluruh bagian zat cair. Piston besar yang berhadapan dengan cakram rem mendapat tambahan tekanan yang sama.

Kempa hidrolik adalah alat untuk mengepres yang berkerja berdasarkan prinsip hukum Pascal.

Alat ini terdiri dari dua pengisap dengan luas penampang yang berbeda. Gaya akan diberikan ke pengisap kecil dan gaya itu akan diteruskan ke pengisap besar.

Perbedaan luas penampang pada kedua pengisap tersebut akan menghasilkan tekanan yang besar untuk mengepres benda-benda.

Mesin pengangkat mobil hidrolik bekerja berdasarkan prinsip Hukum Pascal. Dengan alat ini, mobil bisa diangkat sekian meter di atas tanah.

Pada saat digunakan, udara bertekanan tinggi dialirkan ke reservoir. Tekanan tersebut diteruskan oleh zat cair ke piston besar sehingga diperoleh gaya angkat yang sangat besar.

Dongkrak adalah alat yang berfungsi untuk mengangkat beban-beban yang berat. Alat ini bekerja berdasarkan prinsip Hukum Pascal.

Prinsip kerja dongkrak hidrolik hampir sama dengan prinsip kerja mesin pengangkat mobil. Perbedaannya adalah tekanan pada piston kecil alat ini digantikan oleh minyak bertekanan tinggi.

Dengan membuat perbandingan luas penampang kedua piston cukup besar maka akan dihasilkan gaya yang sangat besar pada piston besar sehingga mampu mengangkat mobil.

Baca :   Apakah Gerak Dasar Dari Permainan Sunda Manda

Jadi, alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal adalah pompa hidrolik, rem hidrolik, kempa hidrolik, mesin pengangkat mobil, dan dongkrak hidrolik.

Gimana adik-adik, udah tahu kan alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal? Jangan lupa lagi yah.

Sekian dulu pembahasan kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.


5+ Alat yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal

2021-04-10T18:33:00-07:00 Rating:
4.5
Diposkan Oleh:

Afdan Fisika

Prinsip hukum Pascal sekarang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memudahkan kerja manusia. Hampir sebagian besar alat-alat yang menerapkan prinsip Pascal digunakan untuk mengangkat benda-benda yang massanya besar yang tidak bisa diangkat secara manual (dengan tenaga manusia). Oke langsung saja, berikut admin bagikan 10 alat yang bekerja berdasarkan hukum Pascal.


1. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik biasanya digunakan untuk mengangkat mobil agar bisa melepaskan ban ketika akan diganti. Prinsip kerja dongkrak hidrolik menerapkan prinsip Hukum Pascal. Di mana pada saat pengisap kecil diberi gaya tekan, gaya tersebut akan diteruskan oleh fluida (minyak) yang terdapat di dalam pompa. Akibatnya, minyak dalam dongkrak akan menghasilkan gaya angkat pada pengisap besar dan dapat mengangkat beban di atasnya.

Dongkrak hidrolik


2. Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil

Mesin hidrolik pengangkat mobil ini memiliki prinsip yang sama dengan dongkrak hidrolik. Perbedaannya terletak pada perbandingan luas penampang pengisap yang digunakan. Pada mesin pengangkat mobil, perbandingan antara luas penampang kedua pengisap sangat besar sehingga gaya angkat yang dihasilkan pada pipa berpenampang besar dan dapat digunakan untuk mengangkat mobil.


3. Rem Hidrolik

Rem hidrolik biasanya digunakan pada mobil, bus dan truk. Prinsip kerjanya hampir sama seperti dongkrak hidrolik. Ketika pedal rem ditekan, gaya yang diberikan pada pedal akan diteruskan ke silinder utama yang berisi minyak rem. Selanjutnya, minyak rem tersebut akan menekan bantalan rem yang dihubungkan pada sebuah piringan logam sehingga timbul gesekan antara bantalan rem dengan piringan logam. Gaya gesek ini akhirnya akan menghentikan putaran roda.


4. Alat Pengepress Hidrolik

Mesin press hidrolik biasa digunakan di bengkel untuk memperbaiki bagian motor yang
bengkok akibat benturan pada kecelakaan dan tidak bisa diluruskan dengan tenaga manusia. Selain itu, mesin pres hidrolik juga digunakan untuk mengepress kertas, kardus, kaleng atau plastik bekas agar volumenya menjadi kecil dan mudah diditribusikan ke tempat lain. Cara kerja mesin press hidrolik ini hampir sama seperti cara kerja pompa hidrolik. Mesin ini memiliki dua silinder yaitu silinder kecil dan silinder master atau silinder besar. Prosesnya cairan oli hidrolik dimasukkan ke dalam silinder kecil. Piston didorong untuk memampatkan oli hidrolik di dalamnya yang kemudian mengalir ke silinder master melalui pipa.

Baca :   Dalam Tabel Informasi Nilai Gizi Pada Kemasan Biskuit Yang Dimiliki


5. Mesin Pengepres Kapas

Mesin ini digunakan untuk mengepres kapas menjadi bal-bal yang relatif kecil sehingga mempunyai ukuran yang cocok untuk disimpan atau didistribusikan. Cara kerja mesin pengepres ini hampir sama seperti rem hidrolik. Mesin pengepres ini memiliki 2 silinder kecil yg terdiri dari pompa yang mendesakkan cairan ke silinder kecil. Jika seher silinder kecil di tekan ke bawah, maka akan ada dorongan pada seher silinder besar sehingga kapas akan termampatkan.


6. Pompa Hidrolik

Cara kerja pompa hidrolik sederhana adalah dengan memberikan tekanan pada suatu kolom berisi minyak atau zat cair. Jika memberikan tekanan pada sisi kanan pipa, maka sisi kiri pipa akan terangkat dan memberikan gaya yang besar ke sisi kiri pipa tersebut.


7. Mobil Forklift Hidrolik

Gudang-gudang industri dan perusahaan-perusahaan logistik pada umumnya menggunakan alat bantu angkat yang satu ini. Alat ini mampu mengangkat sekitar 2.5 ton sampai dengan 15 ton. Forklift menggunakan pompa hidrolis mengangkat barang.


8. Kempa Hidrolik

Kempa hidrolik dapat digunakan untuk menumbuk biji-bijian yang akan diambil minyaknya. Selain untuk menumbuk biji-bijian, kempa hidrolik biasanya juga digunakan untuk mencetak plat logam menjadi peralatan memasak seperti panci, piring, dan lain sebagainya.


9. Dump Truck Hidrolik

Dump Truck

merupakan kendaraan yang biasa digunakan untuk mengangkut material seperti tanah, batu, kerikil, pasir dan hasil tambang lainnya. Untuk mengisi muatan ke dalam truk, biasanya membutuhkan alat berat, sedangkan untuk membongkar muatan bisa dilakukan dengan cara mengangkat bagian depan bak dengan teknologi hidrolik agar bak miring ke belakang sehingga muatan bisa melorot turun ke tempat yang sudah ditentukan.


10. Scissor Lift atau


Lift Hidrolik

Scissor Lift adalah alat angkat dengan mekanisme kerja dengan menggunakan tenaga hidrolik. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis tangga bantu lainnya yaitu untuk menjangkau ketinggian yang sulit dijangkau secara manual.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak alat-alat yang menerapkan prinsip berdasarkan hukum Pascal, misalnya alat pengepres plastik makanan atau snack makanan ringan, alat pemeras santan, dan lain sebagainya. Jika kamu menemukan alat-alat yang berkerja berdasarkan hukum Pascal selain yang disebutkan di atas, silahkan tulis di kolom komentar 👇.

Alat Yang Prinsip Kerjanya Berdasarkan Hukum Pascal Adalah

Sumber: https://apamaksud.com/dalam-keseharian-alat-yang-prinsip-kerjanya-berdasarkan-hukum-pascal-adalah

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …