Alat Ukur Panjang Yang Tingkat Ketelitiannya Paling Besar Adalah

KlikBelajar.com – Alat Ukur Panjang Yang Tingkat Ketelitiannya Paling Besar Adalah

Untuk mengukur panjang suatu benda, hal yang kita butuhkan adalah suatu alat ukur panjang. Ada banyak sekali jenis alat ukur yang dapat digunakan.

Meskipun sama-sama digunakan untuk mengukur panjang, masing-masing alat ukur memiliki batasan ukuran dan tingkat ketelitiannya sendiri.

Sehingga penggunaannya berbeda-beda. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa alat ukur panjang beserta dengan fungsinya.

Daftar isi

  • 5 Jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya
    • 1. Mistar atau penggaris
    • 2. Roll meter atau pita ukur
    • 3. Meteran Laser
    • 4. Jangka Sorong
    • 5. Mikrometer sekrup


5 Jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya


1. Mistar atau penggaris

pixabay.com

Penggaris merupakan salah satu alat ukur panjang yang cukup sering kita gunakan. Umumnya terbuat dari bahan kayu, plastik, mika, atau besi.

Selain digunakan untuk mengukur panjang, penggaris juga bisa digunakan sebagai alat bantu untuk menggambar garis lurus atau pun lengkung.

Biasanya dimiliki oleh anak sekolah untuk keperluan menggambar. Penggaris juga tersedia dengan berbagai macam bentuk.

Ada bentuk segitiga, persegi panjang, busur dan lain-lain. Tersedia dengan berbagai satuan, ada cm dan mm. Memiliki panjang mulai dari 10 cm sampai 50 cm.


2. Roll meter atau pita ukur

gambar roll meter
bursamuslim.com

Meteran merupakan alat ukur panjang yang terbuat dari bahan fleksibel, sehingga bisa digulung dan mudah dibawa kemana-mana. Biasanya terbuat dari plat besi atau plastik tipis.

Satuan yang dimiliki ada beberapa macam, ada mm, cm, feet, atau inch. Tersedia beberapa kapasitas untuk menggunakan roll meter.

Mulai dari 3 meter, 5 meter, 10 meter, 30 meter, hingga 50 meter. Umumnya memiliki ketelitian sampai 0,5 mm

Baca :   Himpunan Penyelesaian Dari Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Roll meter dengan panjang 3 meter biasanya terbuat dari bahan pita plastik. Umumnya digunakan oleh tukang jahit untuk mengukur pakaian.

Roll meter dengan panjang 3-10 meter ada juga yang terbuat dari bahan pelat besi tipis. Biasanya digunakan oleh tukang kayu.

Roll meter dengan panjang 50 meter umumnya terbuat dari pita plastik. Biasanya digunakan sebagai alat bantu mengukur objek yang besar seperti tanah, bangunan dan lebar jalan.


3. Meteran Laser

meteran laser
amazon.com

Meteran laser merupakan alat ukur yang tergolong cukup canggih. Karena menggunakan cahaya untuk mengukur jarak. Sehingga sangat cepat dan praktis ketika dipakai.

Alat ukur ini biasa digunakan oleh para ahli atau tukang untuk mengukur panjang dalam mengerjakan konstruksi di lapangan. Seperti untuk mengukur jarak, menentukan ketinggian langit-langit/plafon, mengukur panjang pipa, kabel dan lainnya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup menekan satu tombol untuk mengeluarkan sinar laser, kemudian jaraknya akan muncul pada layar LCD.

Alat ukur ini juga memiliki fitur tambahan seperti kalkulasi otomatis untuk menghitung luas / square (sq) serta volume / cubic (cu).


4. Jangka Sorong

gambar jangka sorong digital
shopify.com

Jangka sorong merupakan alat ukur yang cukup presisi. Biasanya digunakan oleh orang yang bekerja di bidang teknik yang membutuhkan ukuran yang sangat tepat.

Umumnya digunakan di bidang industri untuk mengukur tebal, diameter dalam, diameter luar, dan kedalaman suatu benda. Memiliki tingkat ketelitian sampai 0,05 mm. Berikut ini kami jelaskan bagaimana cara menggunakan jangka sorong dan cara membaca ukurannya. Klik disini

Pelajari juga Cara Membaca Jangka Sorong


5. Mikrometer sekrup

gambar mikrometer sekrup digital
shutterstock.com

Mikrometer sekrup memiliki tingkat kepresisian lebih tinggi dibandingkan dengan jangka sorong. Yaitu sampai 0,01 mm atau 10 kali lebih presisi dibandingkan dengan jangka sorong. Umumnya digunakan di bidang engineering yang membutuhkan ukuran yang sangat presisi.

Baca :   Besarnya Gaya Pegas Bernilai Negatif Yang Artinya

Bisa digunakan untuk mengukur suatu ketebalan atau diameter dari suatu benda. Dilengkapi dengan skala utama dan skala nonius untuk memudahkan membaca ukuran.

Baca juga Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai alat ukur panjang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Alat Ukur Panjang Yang Tingkat Ketelitiannya Paling Besar Adalah

Sumber: https://teknikece.com/alat-ukur/panjang/

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …