Alat Ukur Panjang Yang Paling Teliti Adalah

KlikBelajar.com – Alat Ukur Panjang Yang Paling Teliti Adalah

Panjang suatu benda dapat diukur dengan menggunakan beberapa alat ukur seperti penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. Masing-masing alat ukur tersebut memiliki ketelitian berbeda-beda. Sekarang kita lihat ketelitian dari setiap alat ukur pada gambar.

Gambar (1)

Alat ukur pada gambar (1) adalah meteran roll atau meteran pita. Meteran roll memiliki skala terkecil 0,1 cm dan
ketetitian 0,05 cm.

Gambar (2)

Alat ukur pada gambar (2) adalah mikrometer sekrup. Mikrometer sekrup memiliki skala terkecil 0,001 cm dan
ketelitian 0,0005 cm.

Gambar (3)

Alat ukur pada gambar (3) adalah penggaris atau mistar. Mistar memiliki skala terkecil 0,1 cm dan
ketelitian 0,05 cm.

Gambar (4)

Alat ukur pada gambar (4) adalah jangka sorong. Jangka sorong memiliki skala terkecil 0,01 cm dan
ketelitian 0,005 cm.

Dari uraian diatas, mikrometer sekrup memiliki ketelitian paling tinggi sedangkan meteran dan mistar memiliki ketelitian paling rendah.

Dengan demikian, alat ukur panjang yang memiliki ketelitian paling tinggi dan paling rendah berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor (2) dan (3).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Fungsi
mikrometer sekrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan melihat benda dengan satuan ukur yang memilikiketelitian 0.01 mm.

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Adapun tingkat keakuratan danketelitian jangka sorong adalah 0,1 mm.

Mistar
adalah sebuah alat pengukur dan alat bantu gambar untuk menggambar garis lurus. Alat ukur ini memiliki skala terkecil 1 mm atau 0,1 cm. Mistar memiliki ketelitian pengukuran setengah dari skala terkecilnya yaitu
0,5 mm atau 0,05 cm.

Urutan ketelitian alat ukur panjang dari yang paling teliti adalah mikrometer sekrup, jangka sorong, dan mistar.

Dengan demikian, jawabn yang tepat adalah C.

Panjang merupakan salah satu besaran pokok, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alat ukur salah satu besaran pokok yang satu ini secara lengkap beserta ketelitiannya.

Standar panjang internasional yang pertama adalah sebuah batang yang terbuat dari campuran platinum-iridium yang disebut meter standar.

Meter standar ini disimpan di The International Bureau of Weightsand Measures (Lembaga Berat dan Ukuran Internasional) di Sevres, dekat Paris.

Panjang satu meter awalnya ditentukan sebesar sepersepuluh juta kali jarak dari kutub utara ke khatulistiwa sepanjang garis bujur (meridian) yang melalui Paris.

Sejak tahun 1983, satu meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 1/299.792.458 sekon (bilangan ini tidak perlu kamu hafalkan).

Berdasarkan meter standar ini dapat diturunkan satuansatuan panjang lainnya dan dibuat alat-alat ukur panjang.


Macam-macam alat ukur panjang

Alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran panjang antara lain mistar, meteran kelos (meteran gabung), jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

a. Mistar

Mistar atau penggaris digunakan untuk mengukur benda-benda yang tidak begitu panjang, misalnya panjang buku, pensil, kain, dan sebagainya.

Mistar mempunyai ketelitian pengukuran setengah skala terkecil dari mistar tersebut. Mistar mempunyai skala terkecil adalah mm, sehingga ketelitian mistar 0,5 mm atau 0,05 cm.

b. Meteran kelos (meteran gulung)/rol meter

Meteran kelos atau meteran gulung digunakan untuk mengukur jarak yang agak jauh, atau mengukur benda-benda yang memiliki panjang di atas 100 cm (1 m).

Misalnya lebar jalan, panjang tanah kapling, dan sebagainya. Batas ketelitian dari meteran kelos adalah 25 mm atau 2,5 cm.

Baca :   Pada Suatu Sore Sebuah Rumah Dan Pohon Yang Bersebelahan

c. Jangka Sorong

Jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam sebuah pipa, diameter bagian luar pipa, dan mengukur kedalaman bejana. Bagian terpenting dari jangka sorong adalah sebagai berikut.

1) Rahang tetap
Rahang tetap memiliki skala panjang yang disebut skala utama.

2) Rahang geser (rahang sorong)
Rahang geser memiliki skala pendek yang disebut nonius atau vernier.

Batas ketelitian jangka sorong sampai ketelitian 0,1 mm atau 0,01 cm. Jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur diameter luar suatu lingkaran (bagian 1), diameter dalam suatu lingkaran (bagian 2), kedalaman suatu lubang (bagian 3). Perhatikan Gambar berikut ini!

Gambar: Jangka Sorong

Cara membaca jangka sorong

Cara pembacaan pengukuran dengan menggunakan jangka sorong seperti berikut.

Untuk membaca hasil pengukuran, perhatikan letak angka nol skala nonius dan carilah garis skala nonius yang berimpit dengan garis sksla utama.

Gambar: Cara membaca jangka sorong

Pada Gambar di atas, angka nol pada skala nonius terletak di antara 5,3 cm dan 5,4 cm. Adapun, garis ke-6 skala nonius berimpit dengan salah satu garis skala utama.

Dengan demikian hasil pengukuran yang ditunjukkan Gambar tersebut di atas adalah skala utama = 5,3 cm skala nonius = 0,06 cm

hasil pengukuran = 5,36 cm

Alat ukur panjang ini memiliki tingkat ketelitian yang paling tinggi yaitu sebesar 0,01 mm. Mikrometer sekrup biasa digunakan untuk me-ngukur benda yang sangat tipis, misalnya tebal kertas. Cara kerja micrometer sekrup adalah jika selubung luar dengan skala 50 diputar satu kali maka rahang geser dan selubung akan bergerak maju atau mundur.

Untuk diketahui, alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian paling tinggi adalah mikrometer sekrup ( screw micrometer) dengan ketelitian sebesar 0,01 mm atau 0,001 cm. Karena ketelitiannya ini, mikrometer sekrup bisa digunakan untuk mengukur ketebalan plat atau lembaran tipis, seperti seng dan kertas.

Pembahasan. Ketelitian adalah nilai yang terkecil yang masih bisa diukur oleh suatu alat ukur. Semakin kecil nilai yang dapat diukur suatu alat ukur, semakin tinggi tingkat ketelitiannya. Mistar, meteran gulung dan metlin (pita ukur) hanya mampu mengukur sampai tingkat ketelitian 1 mm. Sementara jangka sorong dapat mengukur panjang dengan …

Mistar mempunyai skala terkecil adalah mm, sehingga ketelitian mistar 0,5 mm atau 0,05 cm. b. Meteran kelos (meteran gulung)/rol meter. Meteran kelos atau meteran gulung digunakan untuk mengukur jarak yang agak jauh, atau mengukur benda-benda yang memiliki panjang di atas 100 cm (1 m). Misalnya lebar jalan, panjang tanah kapling, dan sebagainya.

Terdapat ukuran 10 cm sampai 100 cm. Ukuran yang paling sering dijumpai adalah penggaris 30 cm. … Akan tetapi alat ini memiliki ketelitian yang lebih tinggi daripada jangka sorong yaitu dengan ketelitian 0,01 mm. Maka dari itu mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur diameter dan ketebalan …

28/07/2021 Alat ukur panjang yang satu ini memang alat yang paling umum digunakan untuk mengukur panjang benda yang tidak terlalu panjang dan besar. … Adapun tingkat ketelitian alat ini adalah 1,5 mm. Alat ini sangat cocok untuk benda yang memiliki jarak lumayan panjang, misalnya menghitung tinggi pohon. …

The preview shows page 1 – 2 out of 3 pages. 1. Uji validitas adalah Uji ketepatan atau ketelitian suatu alat ukur dalam mengukur apa yang sedang ingin diukur. Uji validitas bertujuan untuk menilai apakah seperangkat alat ukur sudah tepat mengukur apa yang seharusnya diukur. Pada uji ini akan digunakan uji korelasi pearsin product Moment.

Rasio antara cepat rambat bunyi dalam medium gas nitrogen (mr 14) dan gas oksigen (mr=15) pada suhu yang sama adalah. 11. Apabila memiliki kertas ukuran a3, a4, a6,dan a7 yang masing-masing berjumlahsatu lembar maka dapat dibuat kertasukuran a8 sebanyak.

Baca :   Sifat Koligatif Larutan Adalah Sifat Larutan Yang Bergantung Pada

08/12/2020 Mikrometer sekrup adalah sebuah alat ukur yang sangat presisi dan memiliki tingkat akurasi tinggi. Mikrometer dapat melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian 0.01 mm. Mikrometer banyak digunakan di dalam teknik mesin dan elektro karena akurasinya yang bagus dalam mengukur ketebalan benda atau diameter benda yang …

Dari uraian diatas, mikrometer sekrup memiliki ketelitian paling tinggi sedangkan meteran dan mistar memiliki ketelitian paling rendah. Dengan demikian, alat ukur panjang yang memiliki ketelitian paling tinggi dan paling rendah berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor (2) dan (3). Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

03/08/2020 Berikut ini adalah 5 jenis alat ukur waktu, fungsi, dan tingkat ketelitiannya dilengkapi gambar. 1. Jam. Jam merupakan alat pengukur waktu yang paling terkenal dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lama dari sebuah jam adalah 1/24 hari. Pada setiap jenis jam, biasanya dilengkapi dengan jarum sekon, jarum menit, dan jarum jam.

Garis yang berimpit adalah garis ke-5, maka hasil pengukurannya adalah 2,90 cm + 0,05 cm = 2,95 cm. Dan tingkat ketelitian dari alat tersebut yaitu sampai dengan 0,1 mm. Micrometerskrup merupakan jenis alat ukur yang sangat kecil. Memiliki tingkat ketelitian yang paling teliti dari alat ukur panjang yang lain yaitu 0,01mm.

28/04/2020 Sekarang telah berkembang stopwatch yang memiliki ketelitian lebih tinggi, yaitu milisecond bahkan microsecond. 4. Jam Matahari. Jam matahari atau sundial adalah alat yang mengunakan matahari untuk menentukan waktu. Sebelum ada alat ukur waktu yang modern seperti saat ini, orang-orang pada jaman dahulu memanfaatkan jam matahari sebagai penunjuk …

11/09/2021 Alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian 001 mm adalah. 001 cm 01 mm Mikrometer Sekrup. Alat ukur panjang selanjutnya yang paling teliti adalah mikrometer sekrup yang memiliki ketelitian 0001 mm biasanya digunakan oleh para teknisi mesin terutama pada saat penggantian komponen mesin yang mengalami keausan.

Alat ukur panjang yang memiliki ketelitian paling tinggi adalah . . . A. Mistar B. Jangka sorong C. Mikrometer sekrup D. Meteran kelos . … Kategori : Semua Soal SMP Kelas 7 / IPA Semester 1 Ganjil SMP Kelas 7. Alat ukur panjang yang memiliki ketelitian paling tinggi adalah . . . A. Mistar …

Dengan tingkat ketelitian yang tinggi, neraca digital ini banyak digunakan di berbagai laboratorium untuk mengukur massa benda yang sangat kecilpada saat penelitian. Bahkan pada laboratorium, neraca jenis ini yang disebut neraca analitik memiliki ketelitian sampai 0,1 mg. 2. Neraca Pegas. Neraca pegas atau dinamometer adalah alat ukur massa dan …

21/03/2021 Alat ukur ini memiliki skala terkecil 1 mm atau 01 cm. Alat ukur panjang yang memiliki tingkat ketelitian 0 01 mm adalah. Jika d adalah jarak antara 2 celah t adalah jarak celah ke layar. Mistar memiliki ketelitian pengukuran setengah dari skala terkecilnya yaitu 05 mm atau 005 cm. 001 cm 01 mm Mikrometer Sekrup.

07/06/2021 Jenis alat ukur berat benda yang selanjutnya adalah neraca. Neraca merupakan alat ukur massa benda yang mempunyai tingkat ketelitian sampai dengan 0,01 gram. Biasanya neraca digunakan di laboratorium penelitian untuk mengukur massa benda-benda kecil. Di kehidupan sehari-hari neraca masih sering digunakan untuk mengukur berat emas.

Dibandingkan dengan alat ukur lainnya, alat ukur panjang yang memiliki ketelitian paling tinggi adalah mikrometer sekrup. Tingkat ketelitian alat ini mencapai 0 01 mm (milimeter). Sesuai dengan namanya, hasil pengukuran dari mikrometer ini masih bersifat manual melalui berbagai proses perhitungan, untuk mengetahuinya anda bisa membaca detailnya …

Baca :   Senyawa Berikut Ini Yang Merupakan Senyawa Organik Adalah

Alat ukur waktu yang paling teliti adalah Stopwatch. Hal ini karena stopwatch memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,1 detik (second). Sedangkan pada peringkat kedua adalah Jam. Jam tangan maupun dinding memiliki tingkat ketelitian waktu mencapai 1 detik / second. Seperti yang disebutkan di atas, terdapat banyak sekali alat pengukur waktu yang …

03/09/2016 Pengukuran volume larutan di laboratorium dapat menggunakan beberapa alat ukur volume. Beberapa alat ukur tersebut dibedakan sesuai dengan tingkat ketelitiannya. Apa saja ya alat-alat itu? Mari kita urutkan mulai dari tingkat ketelitian rendah sampai ke tingkat ketelitian tinggi. 1. Gelas ukur Digunakan untuk mengukur volume zat kimia dalam bentuk cair.

12/03/2021 Halo adik-adik di materi fisika kali ini kakak akan menjelaskan sebuah alat ukur panjang dengan ketelitian sebesar 001 mm yaitu mikrometer sekrup. Alat ukur panjang yang paling teliti. Di antara semua alat ukur panjang yang dikenal sekarang ini alat ukur inilah yang paling teliti. Tingkat ketelitiannya 05 mm atau setengah dari skala terkecil.

Setiap jenis alat ukur tersebut dibedakan sesuai dengan tingkat ketelitiannya. Lalu, apa saja yang termasuk dalam alat pengukur volume? Silahkan simak pembahasan berikut ini mengenai macam-macam alat ukur volume mulai dari yang memiliki tingkat ketelitian rendah sampai dengan tingkat ketelitian tinggi. Macam-Macam Alat Pengukur Volume. 1. Gelas …

Agar lebih mudah untuk dimengerti, kami sajikan pada Anda beberapa jenis alat ukur panjang sesuai dengan karakteristiknya berikut ini. 1. Mistar. mistar atau penggaris. Jenis alat ukur panjang ini mungkin merupakan jenis yang paling lazim dan jenis yang pertama kali sering Anda jumpai. Alat ini biasanya dibuat dengan ketelitian hingga 1 milimeter.

16/04/2022 Baca Juga : Belajar Tipe Alat Ukur Besaran Panjang, Dalam Fisika Skala nonius ini punya panjang yakni 9 mm yang telah terbagi menjadi 10 skala dengan memiliki tingkat ketelitian yakni 0.1 mm. dari hasil pengukuran yang menggunakan jangka sorong yang berdasarkan angka pada skala utama tersebut ditambah dengan angka pada skala nonius yang dihitung dari 0 hingga garis skala nonius yang berimpit …

Timbangan digital ini memiliki nilai pengukuran yang paling akurat jika dibandingkan dengan alat ukur berat lainnya. Dengan tingkat ketelitian yang tinggi, alat ukur berat jenis timbangan digital ini sering digunakan pada suatu penelitian dan laboratorium. 5. Timbangan Berat Badan Timbangan berat badan adalah timbangan yang berfungsi sebagai …

Jenis. Secara umum. alat ukur dibedakan menjadi alat ukur absolut dan alat ukur sekunder. Alat ukur absolut lazim digunakan sebagai alat ukur standar di dalam laboratorium karena memiliki tingkat ketelitian pengukuran yang sangat tinggi.. Daftar berdasarkan kegunaan Massa. Neraca

Kesalahan pengukuran karena alat ukur Jika kesalahan dalam pengukuran tidak diperhatikan maka sifat-sifat merugikan ini tentu akan menimbulkan banyak kesalahan dalam pengukuran. Oleh karena itu, untuk mengurangi terjadinya penyimpangan pengukuran sampai seminimal mungkin maka alat ukur yang akan dipakai harus dikalibrasi terlebih dahulu.

Morphix Tv Apk, Apk Lol, Google Now Launcher Apk, Samsung Status Bar Apk, F1 2022 Apk Revdl, Fly Gps Apk, Viddyoze Apk Cracked, Emui 9 Launcher Apk, Pc Remote Apk, Apk Deobfuscator, Sleep Better Full Version Apk, Apk Com Download, Pixel Unknown Battlegrounds Mod Apk Android 1, Evil Operator Apk 2022, Township Mod Apk Download Latest 2022, Smart Receipts Plus Apk, Animal Super Squad Apk, Viet Tv 24 Apk, Civilization Revolution 1 Apk, Pool Reward Apk,

Alat Ukur Panjang Yang Paling Teliti Adalah

Sumber: https://memperoleh.com/sebutkan-alat-ukur-yang-memiliki-ketelitian-yang-paling-teliti

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …