Begitu juga sudah diketahui dan ( harap ) dimaklumi, aku termasuk tukang kebon pemalas dan ogah repot. Jadi, syarat pertama tanaman  di kebunku yaitu : mudah perawatan. Syarat selanjutnya adalah bosor makan berpokok, cantik dipandang, baik lever, sopan lagi peramah… *digetok sekop*.  Kebanyakan cak hendak ya ? embeeerrr… tapi alhamdulillah sejauh ini aku merasa bukan terlalu sulit untuk menemukan pohon yang selalu berbunga tapi minim preservasi sebagaimana nan aku inginkan.

Salah satu bunga kaporit ( baca : favorite ) pandai tipar pemalas seperti aku ini yakni Lantana. Silahkan saja Lantana ini disebut perumpamaan tanaman sejuta umat sangking gampangnya nemu lantana ini di mana-mana. Tapi yang jelas Lantana  terbukti boleh menggunung sorot yojana dan ladang dengan bunganya yang atraktif.  Dandan-warni anakan Lantana cukup variatif, dari ungu, asfar, putih dan merah, ada lagi beberapa jenis dengan rona kombinasi polos-kuning atau putih-magenta. Syarat tumbuhnya juga mudah, cukup air dan panas syamsu serentak. Fertilisasi dapat dilakukan sebulan sekali dengan NPK.

Aslinya Lantana berasal dari daratan Amerika sana,  lalu menyebar ke seluruh penjuru mayapada hingga sampai ke Indonesia. Gak tahu persis pron bila nyampe ke Indonesia, gak tercatat di sosi sejarah juga sih. Kelihatannya numpang kapal VOC …. *mintak disumpahin sejarawan*. Di Indonesia koteng, Lantana camar disebut sebagai kembang tembelek karena bebauan daunnya nan langu dan kurang lemak jikalau tersentuh tangan. Kaprikornus, dipandang-pandang aja deh tu tanaman, tapi disentuh jangan, hehehee…. Lantana bersemi baik di n baruh tinggi sampai dataran rendah nan seronok.

Sependek nan aku tahu, terserah 2 variasi tanaman Lantana, nan pertama ialah Lantana nan tumbuh berbentuk semak, sementara itu yang kedua adalah Lantana nan tumbuh menjalar. Semak Lantana dapat tumbuh sebatas 2 meter tingginya. Biasanya Lantana spesies semak ini batangnya berduri, yang walaupun durinya tidak plus segara, tapi nyebelin juga kalo sebatas kena tangan. Lantana jenis menular bertaruk memanjang tapi bukan bisa memanjat/merambat. Umumnya dipakai kerjakan tanaman pengunci petak. Selain itu  bisa juga dimanfaatkan sebagai tumbuhan sampir,   tumbuh menjuntai berdandan bunga-bunga yang rupawan mempesona… *tsaaaaah*

Baca :   Ibu Membeli 30 Kue Keju Dan 40 Kue Coklat

Kini bisa dibilang Lantana adalah pohon andalan penghias kebunku, tiada hari tanpa bunga deh…. dan nan lebih menghilangkan, disaat tanaman lain terkapar tak berkemampuan menghadapi serangan tuma putih, si Lantana tetap jaya merdeka netral dari provokasi wereng menggemaskan yang satu itu. Bagaimana bisa ? ya iyalah, aromanya itu lho, qiqiqiqi… saking langu-nya, kutu putih pun tak sanggup nemplok disitu. Tapi bukan bermakna neng Lantana ini bukan sanggup menyentak perasaan kupu-kupu lhooo… tetep dooong, kupu-kupu mampir untuk menghisap madu, tapi tidak akan pergi telur  nan bakal jadi ulat,
soale
ulat mago gak gemar daun langu… 😀

Tapi terserah beberapa hal nan harus diperhatikan dari Lantana ini, berdasarkan beberapa bacaan yang aku temukan di inet, Lantana bisa menjadi tanaman hama jika pertumbuhannya tidak dikendalikan. Kalau kuperhatikan sih, selain mudah tumbuh alias minim perawatan, semak Lantana sekali lagi cepat pertumbuhannya. Bintang sartan agar kebun tidak ‘dikuasai’ Lantana, pelahap-sering aja tuh dipangkas. Selain untuk memecahkan pertumbuhan, prunning alias pemangkasan juga akan memperbanyak  munculnya anakan dari ceranggah mentah yang akan tumbuh selepas pokok kayu dipangkas. Satu hal pun, biji zakar tanaman Lantana termasuk buah beripuh. Buah muda tanaman lantana berwana hijau, yang akan berubah warna menjadi hitam setelah lanjut usia. Racun ditemukan di dalam buah yang masih muda, jadi jangan di
emplok
deh tu buahnya… gak terbantah seronok juga kok, hihihihi…

Cak bagi menggandakan, Lantana bisa ditumbuhkan dari biji ataupun berbunga stek batang. Perbanyak dari biji biasanya lebih sulit dilakukan dan lebih memakan waktu jika dibandingkan dengan perbanyakan dengan stek layon. Lantana nan dijual di lapak-lapak pokok kayu hias biasanya dari dari perbanyakan dengan stek mayat.

Baca :   Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat Dalam 1 Minggu

Seperti lumrah, serta merta mumpang pamer Lantan di kebunku, mari mariii….

.

.

DSC_0346

.

1467326_10202257159141031_35653160_n

.

DSC_0344

.

1468612_10202274797141970_787962505_n

.

DSC_0308.

DSC_0319

.

DSC_0316

.

DSC_0288

.

DSC_0389

happy gardening…. 🙂

.

.