5 Bulan Sama Dengan Berapa Hari

5 Bulan Sama Dengan Berapa Hari

Bunda yang sedang mengandung biasanya berharap kehamilan berlangsung sekitar sembilan bulan. Tetapi banyak calon orang tua bertanya-tanya ada berapa minggu dalam sembilan bulan. Rata-rata kehamilan berlangsung selama empat puluh minggu dari hari pertama haid terakhir yang normal.

Lalu jika usia kandungan Bunda adalah 4 bulan, maka sama dengan berapa minggu kehamilan ya? Untuk penjelasan lengkap mengenai penghitungannya, simak penjelasan berikut seperti dilansir dari
Very Well Family.

Minggu kehamilan vs bulan

Ilustrasi usia kandungan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Antonio_Diaz

Merencanakan kehamilan sembilan bulan dapat membingungkan jika Bunda melihat jumlah minggu dalam rata-rata kehamilan. Ketika Bunda merinci angka-angkanya, tampaknya kehamilan berlangsung 10 bulan, bukan sembilan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ada sekitar 40 minggu dalam kehamilan cukup bulan. Jika Bunda berasumsi bahwa satu bulan adalah tepat empat minggu, itu berarti kehamilan 10 bulan. Masalah dengan perhitungan ini adalah asumsi bahwa setiap bulan berlangsung selama 28 hari. Tetapi sebagian besar bulan kalender berlangsung 30 atau 31 hari.

Yang lebih membingungkan lagi, ada juga masalah kapan Bunda benar-benar hamil. Meskipun tanggal pasti mungkin tidak penting, tapi Bunda dapat memperkirakan tanggal berdasarkan pengujian. Pada saat Bunda mendapatkan tes kehamilan positif, Bunda biasanya hamil sekitar empat minggu.

Yang benar adalah bahwa kehamilan penuh berlangsung antara sembilan dan 10 bulan. Untuk menetapkan kejelasan tentang tahap kehamilan Bunda dan perkiraan tanggal lahir, dokter atau bidan akan melacak kehamilan Bunda dalam hitungan minggu, bukan bulan.

Baca :   Kubah Masjid Wali Songo Berbentuk Setengah Bola

Trimester kehamilan

Cropped photo of a pregnant lady sitting cross legged on the sofa with a calendar in her hands and using a pen while making notesIlustrasi 4 bulan berapa minggu kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/yacobchuk

Meskipun Bunda mungkin menjelaskan kehamilan dalam hitungan minggu atau bulan, banyak ibu hamil juga menggambarkan kehamilan mereka dengan trimester. Setiap trimester berlangsung sekitar 12-13 minggu. Ada tiga trimester dalam kehamilan.

Trimester pertama

Trimester awal ini biasanya mencakup minggu 1–13. Ini dianggap sebagai trimester pendek karena banyak wanita tidak tahu bahwa mereka sedang hamil selama minggu-minggu awal kehamilan.

Trimester kedua

Trimester tengah biasanya mencakup minggu 14-27. Banyak bunda menganggap ini sebagai trimester termudah dan ternyaman.

Trimester ketiga

Trimester terakhir mungkin termasuk minggu 28-40. Tetapi banyak wanita melahirkan sebelum minggu ke-40 dan beberapa mungkin tetap hamil satu atau dua minggu lebih lama.

Menghitung bulan kehamilan

Young adult Hispanic expectant mother is discussing her pregnancy with a midwife during a support group meeting or childbirth class.Ilustrasi 4 bulan berapa minggu kehamilan/ Foto: Getty Images/Courtney Hale

Memahami kehamilan Bunda dalam beberapa minggu, bulan, dan trimester bisa cukup membingungkan ya Bunda. Tetapi Bunda juga akan dihadapkan dengan banyak pertanyaan kehamilan dari orang lain. Ketika seseorang bertanya: “sudah berapa bulan?” Biasanya paling mudah untuk membalas dalam beberapa bulan. Tapi jawabannya bisa bermacam-macam.

Ada dua cara untuk menentukan bulan-bulan kehamilan tergantung pada apakah Bunda menekankan pada trimester pertama atau trimester terakhir. Berikut adalah rincian umum dari bulan-bulan kehamilan.

Kehamilan berdasarkan bulan: penekanan pada trimester pertama

Rincian bulanan ini mengasumsikan bahwa awal kehamilan sangat penting. Karena banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka hamil selama dua minggu pertama, bulan pertama diperpanjang menjadi enam minggu.

  • Bulan 1: Minggu 1 hingga minggu 6
  • Bulan 2: Minggu 7 hingga minggu 11
  • Bulan 3: Minggu 12 sampai minggu 16
  • Bulan 4: Minggu 17 sampai minggu 20
  • Bulan 5: Minggu 21 sampai minggu 24
  • Bulan 6: Minggu 25 sampai minggu 28
  • Bulan 7: Minggu 29 sampai minggu 32
  • Bulan 8: Minggu 33 sampai minggu 36
  • Bulan 9: Minggu 37 +
Baca :   Nilai Dari Sin 225 Derajat

Kehamilan berdasarkan bulan: penekanan pada trimester ketiga

Rincian kehamilan mingguan ini mencakup setiap saat dari siklus menstruasi normal terakhir dan mempertimbangkan fakta bahwa beberapa wanita melahirkan bayi mereka lebih awal dari empat puluh minggu.

  • Bulan 1: Minggu 1 hingga minggu 4
  • Bulan 2: Minggu 5 hingga minggu 8
  • Bulan 3: Minggu 9 hingga minggu 12
  • Bulan 4: Minggu 13 hingga minggu 16
  • Bulan 5: Minggu 17 hingga minggu 20
  • Bulan 6: Minggu 21 hingga minggu 24
  • Bulan 7: Minggu 25 hingga minggu 28
  • Bulan 8: Minggu 29 hingga minggu 32
  • Bulan 9: Minggu 33+

Seperti yang Bunda lihat dari dua jadwal, ada cara berbeda untuk menggambarkan bulan kehamilan berdasarkan cara Bunda menafsirkan minggu. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk menjawab ketika orang ingin tahu usia kandungan Bunda. Cukup sediakan minggu atau bulan yang Bunda rasa sesuai dengan usia kehamilan Bunda.

Usia kandungan 4 bulan berapa minggu kehamilan?

Ilustrasi hamil 4 bulanIlustrasi hamil 4 bulan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Berdasarkan dua jenis contoh penghitungan di atas, maka usia kandungan 4 bulan bisa disimpulkan antara 13 hingga 20 minggu. Tinggal Bunda tentukan berdasarkan mana yang Bunda rasa paling sesuai.

Jika saat kandungan berusia 20 minggu namun Bunda masih merasa usia kandungan masih sangat muda, Bunda bisa mengatakan bahwa kandungan Bunda berusia 4 bulan. Namun jika Bunda merasa kehamilan Bunda sudah cukup besar di 20 minggu, maka Bunda bisa katakan bahwa kandungan Bunda berusia 5 bulan.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)







5 Bulan Sama Dengan Berapa Hari

Sumber: https://www.haibunda.com/kehamilan/20220624002353-49-277521/usia-kandungan-4-bulan-berapa-minggu-kehamilan-bunda-perlu-tahu

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …