1 Cm Persegi Berapa Meter Persegi

KlikBelajar.com – 1 Cm Persegi Berapa Meter Persegi

Masih bingung dengan satuan ukuran seperti 1 kubik berapa meter persegi? Padahal, hal-hal tersebut sering muncul di kehidupan sehari-hari, namun cara mengkonversinya yang mungkin masih agak membingungkan.

Terlebih, bagi kamu yang sering melakukan kegiatan hitung-menghitung satuan ukuran, dalam kubik meter seperti di bidang logistik atau pengiriman barang. Pasalnya, kegiatan pengukuran terkait 1 kubik berapa meter persegi, akan selalu ada.

Kubik sendiri merupakan sebuah pengukuran tiga dimensi dari ukuran linear. Sehingga, kaki kubik bisa ditetapkan dalam volume dari sebuah kubus dengan panjang sisi 1ft. Berikut deskripsi bentuk dari satuan meter, meter persegi, dan meter kubik.

source: pinhome.id

Sering Digunakan Pada Bidang Pengiriman Barang

Daftar Isi Artikel

  • 1
    Sering Digunakan Pada Bidang Pengiriman Barang

    • 1.1
      Baca Juga: Berapa Lama Pengiriman dari China ke Indonesia via Udara Maupun Laut?
  • 2
    Simbol Satuan Meter Kubik & Persegi
  • 3
    Rumus Cari Volume dan Luas
  • 4
    Cara Konversi untuk Mengetahui 1 Kubik Meter Berapa Persegi

    • 4.1
      Baca Juga: 1 Liter Berapa Mili? Ketahui Tangga Konversi Satuan Liter
  • 5
    Beli dan Kirim Barang dari Luar Negeri Pakai Titipbeliin Gak Repot Hitung Volume

Apalagi, jika hitungan tersebut akan dijadikan sebagai patokan dari minimal atau maksimal pengiriman barang. Bahkan, hasil perhitungan tersebut juga bisa untuk mengetahui tarif ongkos kirim pengiriman barang.

Baca :   Pada Keadaan Seimbang Besar W Adalah

Di dunia pengiriman atau logistik baik ekspor maupun impor, satuan ukuran 1 kubik berapa meter persegi ini, sering digunakan dalam pengiriman jalur udara maupun laut.

Baca Juga: Berapa Lama Pengiriman dari China ke Indonesia via Udara Maupun Laut?

Nah, biar nggak bingung, yuk simak cara mengubah satuan meter kubik menjadi meter persegi. Cara ubah meter kubik ke meter persegi atau sebaliknya, sebenarnya sangat mudah.

Simbol Satuan Meter Kubik & Persegi

Jika kamu ingat mata pelajaran matematika atau fisika dulu, mungkin masih ingat. Bahwa, meter kubik merupakan satuan volume, di mana satuan meter kubik (m³) merupakan satuan volume yang merupakan turunan dari satuan panjang.

Simbol pangkat (3) di satuan volume ini, digunakan sebagai penanda, bahwa satuan tersebut adalah satuan volume. Pangkat (3) juga, merupakan hasil perkalian dari satuan panjang dalam penghitungan volume.

Sedangkan meter persegi, disimbolkan dengan huruf m pangkat dua. Untuk satuan meter persegi, digunakan untuk mencari nilai luas suatu benda.

Rumus Cari Volume dan Luas

Untuk mencari hasil volume, kamu bisa mencarinya dengan rumus V= PxLxT (panjang x lebar x tinggi). Sementara untuk menghitung meter persegi atau satuan luas, kamu bisa hitung dengan rumus PXL (panjang x lebar).

Karena kubik (volume) dan meter persegi (luas) saling terkait, maka untuk memahaminya tidak sulit.

Cara Konversi untuk Mengetahui 1 Kubik Meter Berapa Persegi

Pasalnya, volume adalah turunan dari luas, mudahnya jika kamu ingin mengkonversi satuan meter kubik ke meter persegi, kamu hanya tinggal hilangkan tinggi atau kedalamannya saja, begitupun sebaliknya.

Intinya, meter kubik adalah satuan untuk mengukur isi atau volume dari sebuah benda, sementara kalau satuan meter persegi, untuk mengukur luas sisi suatu benda.

Baca :   Printer Manakah Yang Mencetak Paling Cepat

Baca Juga: 1 Liter Berapa Mili? Ketahui Tangga Konversi Satuan Liter

Namun, sebenarnya tidak ada ketentuan umum 1 meter kubik berapa meter persegi. Karena untuk mengkonversi satuan volume ke satuan luas, kamu harus memperhatikan ukuran dari benda yang ingin kamu ukur tersebut.

Misalnya seperti kasus untuk menghitung barang-barang atau paket yang berada di gudang pengiriman. Kamu harus mengukur terlebih dahulu volume atau luasnya, agar bisa mendapatkan hasil, berapa banyak benda yang bisa masuk ke dalam wadah box atau kontainer.

Hal tersebut juga akan memudahkan pihak jasa pengiriman mematok tarifnya, dari ukuran atau berat dari barang tersebut.

Beli dan Kirim Barang dari Luar Negeri Pakai Titipbeliin Gak Repot Hitung Volume

Bingung harus hitung-hitung volume dan lainnya kalau mau melakukan pengiriman? Nah, biar praktis, kamu bisa gunakan jasa titip dan kirim impor dari luar negeri, seperti Titipbeliin.com.

Untuk soal beli barang impor yang tinggal terima beres tanpa hitung-hitung manual seperti ini, kamu bisa gunakan jasa Titipbeliin.com. Karena, Titipbeliin sudah menghitungkan bobot pengiriman beserta tarifnya.

Jadi, kamu hanya tinggal terima beres, barang yang kamu pesan, beratnya berapa dan tarif ongkosnya berapa, baik dari jalur laut atau udara. Intinya semuanya sudah otomatis akan dihitungkan, jika kamu masih merasa keberatan, kamu juga bisa mengurangi belanjaan atau hal lainnya.

Di Titipbeliin.com sendiri, pengiriman minimal untuk jalur laut adalah 0,1 CBM dengan tarif Rp500.000. Sementara pengiriman jalur udara minimalnya adalah 0,5 kg, dengan tarif yang sama.

Untuk yang belum tahu, ukuran 0,1 CBM sendiri adalah 10x100x100 cm. Jadi, pastikan barang yang beli, bisa mencapai ukuran 0,1 CBM untuk pengiriman via laut, dengan estimasi sampai mulai dari 12-20 hari, terhitung saat barang sampai di gudang China.

Baca :   Ubahlah Pecahan Berikut Menjadi Bentuk Desimal 1 2

1 Cm Persegi Berapa Meter Persegi

Sumber: https://titipbeliin.com/blog/1-kubik-berapa-meter-persegi/

Check Also

Contoh Soal Perkalian Vektor

Contoh Soal Perkalian Vektor. Web log Koma – Setelah mempelajari beberapa operasi hitung pada vektor …