1 3 2 3 3 3

1 3 2 3 3 3

Jakarta

Cara menghitung pecahan dalam ilmu matematika perlu diajarkan ke anak sesuai jenjang pendidikannya ya, Bunda. Sebab, konsep menghitung pecahan bisa bermanfaat untuk kehidupan Si Kecil.

Menghitung pecahan biasanya dapat digunakan saat berbelanja atau berbagi dengan teman. Mulai dari penjumlahan hingga perkalian bisa dimanfaatkan untuk aktivitas berhitung sehari-hari.

Sejarah pecahan

Sebelum mengajarkan cara menghitung pecahan, Bunda bisa menjelaskan dulu sejarahnya nih. Bilangan pecahan pertama kali digunakan oleh Bangsa Mesir sekitar tahun 1600 SM (sebelum masehi). Pada masa itu, pecahan dapat dilihat pada tulisan di Papyrus Ahmes.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Bangsa Mesir menggunakan pecahan satuan, yaitu pecahan yang pembilangnya satu untuk menyatakan perbandingan. Pecahan-pecahan ini ditulis menggunakan huruf Hieroglyph,” tulis Alfarabi dalam buku
Seri Pintar Matematika: Bilangan Prima, Bilangan Romawi, Kelipatan, dan Pecahan.

Pembilang yang digunakan pada masa itu selalu berupa angka 1, seperti 1/5, 1/10, atau 1/21. Ketika diperlukan angka lain, mereka tetap akan mengubahnya ke dalam angka 1, misalnya:

2/5 sama dengan 1/3 + 1/15

Di saat Bangsa Mesir mengenal pecahan, Bangsa Cina Kuno pun mulai mengenal konsep serupa, Bunda. Tak hanya itu, Bangsa Romawi dan Babilonia juga mulai mengembangkan konsep pecahan yang memiliki nilai penyebut yang sama dengan pembilang apa pun.

Bangsa Romawi Kuno menggunakan angka 12 sebagai penyebut, sedangkan Bangsa Babilonia menggunakan angka 60 sebagai penyebutnya. Sementara itu, Bangsa China Kuno menamai penyebut dan pembilang sebagai ‘ibu’ dan ‘anak’.

Menghitung pecahan

Cara menghitung pecahan dapat dilakukan sesuai operasi yang diinginkan. Berikut cara menghitung pecahan:

1. Menyederhanakan pecahan

Mengutip buku
Seri Matematika Anak: Mengenal Pecahan
karya Imam Rajasa, pecahan dapat disederhanakan bentuknya. Dalam hal ini, Bunda perlu memerhatikan nilai pembilang dan penyebutnya ya.

Baca :   Banyak Bidang Diagonal Pada Kubus Atau Balok Adalah

“Nilai pembilang dan penyebut harus dibagi dengan bilangan yang sama menggunakan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar),” ujar Imam.

Contoh menyederhanakan pecahan:

6/12 dapat disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan angka 6. Sebab, angka 6 adalah FPB dari 6 dan 12. Jadi, perhitungannya adalah sebagai berikut:

6/12 = 6:6/12:6 = 1/2

Ilustrasi anak belajar/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb

2. Penjumlahan dan pengurangan pecahan

Penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut sama, kita cukup menjumlahkan atau mengurangkan pembilang dengan pembilang. Sedangkan penyebutnya tetap atau tidak berubah.

Contoh:

Penjumlahan: 1/2 + 1/2 = 2/2 = 1
Pengurangan: 7/8 – 2/8 = 5/8

Sementara untuk menentukan hasil perhitungan dari penjumlahan dan pengurangan dua pecahan yang memiliki penyebut tidak sama, kita dapat menyamakan dulu penyebut kedua pecahan tersebut dengan bantuan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil). Lalu, jumlahkan atau kurangi pecahan-pecahan tersebut dengan penyebut yang tetap sama.

Contoh penjumlahan:

6/8 – 1/4 = 6/8 – 2/8 = 4/8

KPK dari 4 dan 8 adalah 8.

Contoh pengurangan:

3/6 – 1/3 = 3/6 – 2/6 = 1/6

KPK dari 3 da 6 adalah 6

3. Perkalian pecahan

Perkalian antar pecahan dilakukan dengan cara mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut.

Contoh perkalian:

Ayah memiliki sebuah lingkaran berwarna kuning dan merah. Jika Ayah mengambil bagian yang berwarna kuning, maka lingkaran Ayah tersisa 1/2 bagian, yaitu daerah berwarna merah. Jika Ayah sekarang mengambil 1/2 bagian dari yang berwarna merah, lalu berapa bagian ini?

Jawaban:

1/2 bagian dari 1/2 adalah 1/2 x 1/2 = 1 x 1/ 2 x 2 = 1/4

Pada perkalian antar bilangan asli dengan pecahan dilakukan dengan cara mengalikan bagian asli tersebut dengan pembilang pecahan, sedangkan penyebut tetap. Berikut rumusnya:

Bilangan asli x Pembilang/ Penyebut = Bilangan asli x pembilang/ penyebut.

Baca :   Garam Berikut Yang Mengalami Hidrolisis Total Adalah

Contoh perkalian:

Hari ini ibu berbelanja ke pasar. Ibu membeli wortel, tomat, dan cabai, yang masing-masing sebanyak 1/2 kg. Berapa berat belanjaan ibu seluruhnya?

Jawaban:

Sayuran yang dibeli ibu ada 3 macam, masing-masing seberat 1/2 kg. Maka, total belanjaan ibu adalah:

3 x 1/2 = 1/2 + 1/2 + 1/2 = 3/2

Pada penjumlahan pecahan sejenis, hanya pembilangnya yang dijumlahkan, yaitu 1 + 1 + 1 = 3 x 1 = 3. Sementara itu, penyebutnya tetap 2.

4. Pembagian pecahan

Pembagian bilangan asli oleh bilangan pecahan dapat dilakukan dengan cara mengalikan bilangan asli dengan penyebut pecahan dibagi pembilangnya.

Contoh pembagian:

Sita membeli 3 kue. Masing-masing kue dipotong menjadi empat bagian yang sama besar, sehingga tiap potongan kue bernilai 1/4. Sita pun kini memiliki 12 potong kue.

Dalam memotong ketiga kue tersebut, Sita melakukan pembagian bilangan asli oleh pecahan, yakni 3 : 1/4 = 12

Ingat ya, pembagian merupakan kebalikan dari perkalian, maka bila dijabarkan berarti:

3 :1/4 = 3 x 4/1 = 3 x 4 = 12

Contoh lain di mana perkalian dan pembagian memiliki hubungan yang sangat erat, yakni:

3/4 : 2/5 = 3/4 x 5/2 = 15/8

Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Pembagian antar pecahan tak sejenis menghasilkan pecahan baru dengan pembilangnya merupakan hasil kali pembilang pecahan, yang dibagi dengan penyebut pecahan pembagi. Penyebutnya merupakan hasil kali penyebut pecahan, yang dibagi dengan pembilang pecahan pembagi.
  2. Pembagian antar pecahan sejenis sama artinya dengan membagi pembilang kedua pecahan.

Berbeda dengan kedua contoh di atas, pembagian pecahan oleh bilangan asli menghasilkan pecahan baru dengan pembilangnya merupakan hasil kali pembilang pecahan yang dibagi dengan bilangan 1. Sementara itu, penyebutnya merupakan hasil kali penyebut pecahan yang dibagi dengan bilangan asli tersebut.

Contoh pembagian:

3/7 : 5 = 3/7 : 5/1 = 3/7 x 1/5 = 3/35.

Baca :   Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Sikap

Simak juga 3 manfaat Si Kecil mengenal bentuk dan warna, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)







1 3 2 3 3 3

Sumber: https://www.haibunda.com/parenting/20211019115135-61-247069/cara-menghitung-pecahan-dengan-mudah-dari-penjumlahan-hingga-perkalian

Check Also

Harga Beras 10 Kg Di Pasar

Harga Beras 10 Kg Di Pasar 4 menit Kamu pasti sudah sering sekali mendengar ungkapan, …