Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,265
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

99,000
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Zat dan Perubahan wujudnya

A.    zat
Pengertian Zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Nah, Zat dapat kita bedakan berdasarkan wujudnya, massa jenis, dan sifatnya.
B.    Wujud Zat
Dapat kita lihat Berdasarkan wujudnya, zat itu dapat dibagi menjadi tiga kelompok lho.. :-)
Apakah tiga kelompok itu ??
Hayoo tahu gak ?? :P
Kita bisa menggolongkan menjadi  zat padat, zat cair, dan zat gas.

Nah, zat padat itu susunan partikelnya teratur, terus berdekatan, dan gaya tarik menarik antar partikelnya pun sangat kuat, gerak partikelnya juga tidak bebas, sifat zatnya berbentuk tetap dan volumenya pun juga tetap mengikuti zat tersebut.
Dan zat cair mempunyai susunan partikel yang agak teratur dan berjarak, dan gaya tarik menarik antar partikelnya pun lebih lemah dibandingkan dengan zat padat,serta gerak partikelnya pun agak bebas partikelnya itu dapat bergerak dan berpindah tempat, sifat zatnya itu bentuknya dapat berubah menyesuaikan dengan wadah atau volume tetap.
Sedangkan Zat gas mempunyai susunan partikel yang tidak teratur dengan jarak partikelnya berjauhan , gaya tarik menarik antar partikelnya pun sangat lemah dan dapat berubah atau kita abaikan ,zat gas pun gerak partikelnya sangat bebas dan cepat, dan zat gas mempunyai sifat zat yang bentuk dan volume tidak tetap

C. Perubahan Wujud
Zat itu ternyata dapat berubah juga lho…!!!! :roll:
Ternyata Perubahan zat itu terjadi dari satu zat ke zat yang lain dan perubahan zat itu pastinya melalui suatu proses. Dan Berikut ini macam-macam perubahan zat yang kita ketahui:
1.    Membeku merupakan proses perubahan wujud dari cair menjadi padat
2.    Mencair merupakan proses perubahan wujud dari padat menjadi cair
3.    Menguap merupakan proses perubahan wujud dari cair menjadi gas
4.    Mengembun merupakan proses perubahan wujud dari gas menjadi cair
5.    Menyublim merupakan proses perubahan wujud dari padat menjadi gas
6.    Menghablur merupakan proses perubahan wujud dari gas menjadi padat

D. Gaya Tarik Antarpartikel Zat
Tenyata zat itu punya gaya tarik yang berbeda-beda juga lho.!!  :o dalam setiap partikel, gaya partikelnya pun juga ada yang besar dan ada yang kecil, napa bisa gitu iya…???  :roll: Ternyata hal itu terjadi Karena dipengaruhi dengan adanya suatu jarak antarpartikel yang bersangkutan. Semakin besar jarak antarpartikel maka gaya tarik-menariknya semakin kecil begitupun sebaliknya. Owh iya, ternyata Gaya tarik antarpartikel zat itu dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1.  adhesi adalah gaya tarik-menarik antar partikel yang tak sejenis.
Contohnya tuh kayak adhesi antara molekul air dan molekul gelas serta kohesi antara  molekul minyak tanah dengan molekul kain pada sumbu kompor dalam peristiwa kapilaritas.

2.  kohesi adalah gaya tarik-menarik antarpartikel yang sejenis.
Contohnya kayak kohesi molekul air pada tetes hujan dan kohesi pada molekul raksa.

E. Meniskus
Pengertian Meniskus ialah sifat yang dimiliki zat cair berupa penampakan kelengkungan yang terjadi dan ada pada permukaan zat cair ketika zat berada dalam tabung atau celah yang  sempit. Dan miniskus ini punya dua macam jenis yang berbeda,yaitu:
1.  meniskus cekung, yaitu suatu keadaan di mana permukaan zat cair berada dalam tabung/bejana sempit yang tampak melengkung ke bawah. hal Ini disebabkan karena gaya adhesi antara molekul zat cair dan molekul wadahnya atau volumenya lebih besar daripada gaya kohesi antarmolekul zat cair. Contohnya tuh kayak bentuk permukaan air yang cekung di dalam tabung reaksi.
2. Sedangkan meniskus cembung, yaitu suatu keadaan di mana  permukaan zat cair  berada dalam tabung/bejana sempit yang tampak melengkung ke atas. hal Ini disebabkan karena gaya kohesi zat cair lebih besar daripada gaya adhesi antara zat cair dan wadah atau volume tabung/bejana. Contohnya itu kayak bentuk permukaan raksa yang cembung di dalam tabung reaksi.

F. Kapilaritas
Pengertian Kapilaritas ialah peristiwa naik dan turunnya suatu permukaan zat cair ke dalam pipa kapiler (pipa dengan atau dalam celah sempit). Inilah Beberapa contoh gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari kita adalah:
1.    Naiknya minyak tanah melalui sumbu kompor minyak/lampu minyak.
2.    Meresapnya air pada kain pel, kertas tisu, spons, dan kertas isap.
3.    Naiknya air dan mineral dari dalam tanah melalui akar pada tumbuhan.

G. Massa Jenis Zat
Massa jenis zat merupakan sifat zat yang hanya ditentukan oleh massa dalam satuan volume zat itu sendiri. Secara matematis, massa jenis itu ternyata dinyatakan sebagai besarnya massa zat tiap satu satuan volume.

P = M /  V
dengan:
p      = massa jenis (kg/m3)
m     = massa (kg)

Zat dan Perubahan wujudnya, 3.0 out of 5 based on 2 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 438 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

28 Comments

  1. azenx

    July 24, 2010 at 1:39 am

    :-)
    aslm….wah hebat iia…….bissa nuliz pngetahuan sbanyak nie……
    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. bakhitah jiha wiaya

    September 15, 2010 at 11:17 am

    hebat!!
    :-) :!: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. seftian

    September 22, 2010 at 2:32 pm

    8O :!: bagus…tambahlagi za…
    kunjung balik……………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. _lizzlisa_

    October 6, 2010 at 4:01 pm

    bagus bagus.! thx infonya cuy.! :o
    :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Zhen

    October 10, 2010 at 12:17 pm

    :!:
    thx mayan buat tugas presentasi

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. sulastrikartini asih

    October 14, 2010 at 12:16 pm

    ya ampun ntuh dah lebih dri cukup kok.
    smwa yg d’sruh leh gru, smwa’a da jwban’a. pokok’a top bgt dah… :lol: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. amelia francicilia

    October 20, 2010 at 12:06 pm

    :!: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. amel

    October 20, 2010 at 3:40 pm

    keren

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Inda Christie SP

    October 30, 2010 at 6:28 am

    keyen….!!!!!????? :o 8O 8) :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. musa

    November 30, 2010 at 8:53 am

    Thx atas infonya cuy :-) :-) :-) :!: :!: :!: :!: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. anita rossela

    January 4, 2011 at 1:06 pm

    waw ini cukup bwt anak smp ni,….. :arrow: :lol: :D :oops: :| :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :o :o :o :? :? 8) :-) :( :x :x :P :cry: :twisted: :roll: :?: :idea: :| :mrgreen: :wink: 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. adit

    adit

    January 11, 2011 at 3:04 pm

    thank’s ya semua y.. :wink:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. abcd

    January 16, 2011 at 2:37 am

    bgus2 :lol: :P :P :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. angghina eria

    January 16, 2011 at 12:10 pm

    eh eh kenapa ga dikasih aja contohnya misalnya kaya membeku tuh apa ajaa, jangan cuma dari air yang di masukan ke kulkas menjadi beku, kan lumayan jadi tambah komplit nolong orang :D hehe

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. YACUB

    April 3, 2011 at 2:38 am

    :wink: :D :-) :o
    WAH MAKIN BANYAK BACA MAKIN BANYAK PENGETAHUAN NYA,HEHEHEHEE

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. dandy asela

    April 5, 2011 at 1:26 pm

    I LIKE IT :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. fina

    June 10, 2011 at 4:40 am

    makasih buat materinyaa :| :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. adit

    adit

    June 22, 2011 at 2:13 pm

    makasih ya..
    ya nanti contoh2nya akan menyusul..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. DIAN RAHMA

    August 6, 2011 at 7:50 am

    mkasih bnyak yh…. materi ny brmnfaat bgt wt aq………… :D :o :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. mira

    August 12, 2011 at 6:16 am

    :D :-) :( :o :? :? :?: :?: :!: :wink: :wink: :twisted: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) 8O :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. mirra

    September 4, 2011 at 8:35 am

    alsanx knpha gk adha ..??? :twisted: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. hari bebek

    September 21, 2011 at 8:56 am

    mksih atas infonya walaupun krg lgkap cuy tapi ini sangat mmbantu banget bwt tugas2 kuliyah aku yg terbengkalai

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. Sumhitaufik

    September 28, 2011 at 9:01 am

    saNgat membantu.. makasih banyak yaa :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. ena

    October 1, 2011 at 6:59 am

    Asikkk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. rini

    October 14, 2011 at 3:43 am

    keren deh banget

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. ade nisrinaa

    December 3, 2011 at 2:54 pm

    buat dong contoh soalnya :!: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. ardi

    November 5, 2012 at 1:00 pm

    thanx atas informasinya………:D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. lusi

    October 30, 2013 at 12:11 pm

    kece banget deh loh ………..???????????……………………………………………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>