Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Tips Menyusun Skripsi

Artikel ini diambil dari artikel yang ditulis oleh bung adirandom ditujukan untuk teman2 semua yang mengalami kesulitan dalam proses penyusunan skripsi.

-Pilihlah topik skripsi yang berani dan belum pernah dibahas sebelumnya. Kalo bisa, pilihlah bahan yang jauh dari pengetahuan dosen dosen pembimbing kamu. Waktu itu saya bahas tentang MTV, di mana para dosen banyak yang kurang familiar. Semakin kamu membawa topik yang baru, update, langka, dan tidak dikenal dosen, semakin mati kutu lah mereka. Mereka bertanya bukan untuk mengetes, tapi karna mereka memang benar benar tidak tau. Yang bahaya, jika kamu mengambil topik yang udah basi dan udah banyak diambil orang. Alhasil, dosen bertanya bener bener untuk menguji kamu.

-Kalo bisa temui pembimbing setiap hari. harus rajin. pembimbing dgn begitu bisa membantu kamu di sidang dengan memberikan persuasi ke dosen yang lain bahwa kamu adalah mahasiswa yang rajin. dalam pertemuan, kamu bisa nanya pendapat dosen, rumus2, teori teori dsb.

-Ketahuilah jadwal dosen. dia ngajar jam berapa hari apa dsb dsb. di hari pertama kamu konsultasi, bawalah semacam tabel tanggal. dan minta dengan baik baik jadwal rutin dosen dari hari ke hari. jadi besok besok kamu bisa memperkirakan kapan waktu kosong dosen. sms/telponlah dosen sebelumnya.

-Sesekali, ada baiknya kamu membawa makan dan penganan buat dosen. makanannya simpel simple aja. kalo kamu tau makanan kesukaan dia, jauh lebih baik. umumnya sih, paling penganan macem pastel, risol, lemper, ato donat dsb dsb. itu artinya kamu menghargai dosen dan memberikan apresiasi ke dia dalam wujud tertentu.

-Kalo punya laptop, bawalah laptop setiap konsultasi. dengan begitu kamu bisa berkonsultasi dan mendapatkan penjelasan yang lebih baik. apalagi ini jurusan yang skripsinya mayoritas quantitatif.

-Buatlah hubungan pertemanan dengan dosen. jangan datang hanya untuk konsultasi aja. kamu bisa membuka pertemuan dengan ngomong basa basi. macem, “ibu flu gara gara keujanan?” mulai lah dengan obrolan2 ringan sebelum masuk ke konsultasi. ketika dosen curhat, berilah komentar, ngga hanya senyum atau “oh” “oh gitu” aja. kalo perlu kita concern dengan masalah dia. misalnya dia bilang “aduh aku sibuk bgt nih bentar lagi anaku nikah.” dan kebetulan kamu punya koneksi fotografer nikah ato event org. kamu bisa tuh kasih rekomendasi. ibaratnya, hari demi hari kamu harus bisa mencuri hati dosen kamu. Salah besar kalo kamu pikir basa basi itu ga penting. Dengan basa basi, kamu membuka percakapan, dan mengetahui interest masing masing. Keuntungan yang bisa kamu dapet jika dosen menyukai kamu, dia ngga akan segan segan memberikan rekomendasi ke dosen lain. Dan so pasti nilaimu bisa terkatrol.

-Ketika dosen memberikan penjelasan akan kesalahan2 kamu, selalu dicatat. makanya bawalah notes dan pulpen waktu konsul. kalo dia memberi tanda tanda coretan koreksi. besoknya, ketika kamu sudah memperbaiki, bawalah skripsi yang udah dicorat coret itu, supaya dia bisa ingat item item yang udah dicoret dia, supaya dia ngga coret lagi dan ngga memberik koreksi yang ga penting dan berulang ulang.

-Ketika skripsi sudah jadi, ada baiknya kamu meminta tips dari dosen pembimbing kira kira lubang lubangnya di mana aja. jadi kamu bisa membuat pertanyaan prediksi, supaya kamu bisa langsung antisipasi dan mencari jawabannya.

-Untuk presentasi sidang, buatlah powerpoin yang tidak biasa. buatlah animasi animasi ringan yang refreshing dan tidak berat. berikan visual aid dan film dan audio supaya tidak terlihat membosankan. hendaknya kamu mengetahui durasi waktu presentasi sidang supaya kamu ngga kelamaan ato kecepetan. saya berani bilang bahwa nilai skripsi kamu itu ditentukan dari sidang. Walau skripsi kamu biasa aja, tapi waktu presentasi kamu fantastis, kamu bisa dapet nilai gede. Kalo skripsi kamu bagus, tapi pas sidang biasa biasa aja, pasti nilainya biasa. Untuk mahasiswa jurusan sosial, ada baiknya dalam kasus kasus yang dibahas dalam skripsi kamu, kamu menampilkan film. Misalnya bagi anak komunikasi iklan, kamu bisa tampilkan video iklan yang jadi skripsi kamu di awal presentasi. Dan kamu bisa me-rewind dan re-play ke setiap detail lalu menjelaskan makna komunikasi dari iklan itu di setiap adegan. Atau bagi mahasiswa yang membahas mengenai tayangan smackdown, kamu bisa menampilkan cuplikan tayangan gulat tsb, supaya dosen bisa melihat lebih jelas. kadang, dosen itu sama sekali ngga tau apa yang mereka baca di skripsimu karna mereka udah tua dan bukan jaman mereka. Atau, kamu juga bisa menampilkan rekaman video hasil wawancara kamu dengan nara sumber/informan. hal tersebut akan memberikan sudut pandang real dan objektif serta kesan data yang valid. Selain itu, film di awal presentasi, memberi efek hook, drawing interest dan membuat mata mereka melotot.

-Latihlah prentasi sidang setidaknya 2 minggu sebelum sidang. that is, 14 hari rehersal. jadi kamu bener bener sudah hapal materinya dan ngga terbata bata. jadi bener2 hapal di luar kepala.

-Ketika sidang, bawalah kotak makanan/penganan buat dosen dosen penguji masing masing satu buah. pilih makanan yang agak sedikit lebih mahal. ini bukanlah sogokan, tapi lebih ke bentuk penghargaan. dulu waktu jaman saya, yang paling populer adalah roti roti Jco ato croissant, ato pizza potong. ketika memberikan ada baiknya kamu memberika semacam seruan dan candaan ringan, “supaya bapak dan ibu sekalian ngga ngantuk dan tidak bosan, silahkan menikmati makanan kecil dari saya.”

-Datanglah 30 menit sebelum waktu sidang. bisa aja dosen datang awal. dulu waktu saya sidang untungnya saya dateng awal banget, ga taunya para dosen udah dateng lebih dini dari jadwal.

-Pakailah pakaian yang matching dan rapih. jangan pakaian yang norak dan kampungan. kalo bisa yang agak classi. bukannya gimana gimana, ada orang orang yang cenderung menilai orang dari penampilan. wajah wajah meremehkan akan mengganggu konsentrasi kamu ketika presentasi. jadi, kalo bisa pilihlah kemeja dan jas yang sedikit lebih mahal. ato bisa juga kamu sewa. sidang skripsi cuman sekali ini kok.

-Oh iya, berdasarkan banyak kasus, hendaknya kamu selalu meng-update dan memback up skripsi yang sudah dikoreksi. pertama, ada di laptop kamu (bikin satu lagi kopiannya di partisi hardisk yang berbeda); ke dua, ada di flashdisk kamu; ke tiga, ada di email kamu, jika ada dua email, kirimlah skripsimu ke email yang lain. ato kalo cuman punya satu email, bisa kirim ke email sendiri. hati hati. ada kasus, virus banyak yang ulang skripsi krna ga punya backup. jadi setiap hari harus rajin rajin backup skripsi yang sudah dikoreksi.

-Salah satu bagian tersulit dari menyusun skripsi adalah bab 1. Bab satu berisi tentang penjelasan singkat dan latar belakang skripsi. Jika pembimbing tidak kuno dan kolot, mintalah kepada untuk melewatkan bab 1, dan lebih mendahulukan bab 2 dan 3. Bab 2 pada umumnya berisi teori dan kerangka. Di sini kalian lebih ke copas alias copi paste dan bikin footnote sebanya-banyaknya. Bab 3 adalah mengenai metode penelitiannya. Ini juga copas sana sini dan footnote. Setelah bab 2 dan 3 selesai, baru kalian akan jauh lebih mudah membuat bab 1.

-Malu bertanya, sesat di jalan. Banyak mahasiswa yang salah paham dalam mendefinisikan hubungan mereka dengan pembimbing skripsi. Pembimbing ya pembimbing, jadi kalo ada kesulitan, tanya! Biasanya mahasiswa kesulitan menemukan teori dan kerangka yang tepat. Jadi biasanya mereka pada cape cape cari teori, tapi pas konsul ke pembimbing malah ditolak dan bolak balik. Lebih baik tanya ke pembimbing mengenai teori yang tepat, tokohnya dsb.

Ketika sidang setidaknya ada beberapa dosen dalam ruangan. Kalo di kampus saya ada 4 dosen yang akan ikut sidang:

1. Dosen penguji, ini adalah dosen yang akan menguji kamu dengan pertanyaan pertanyaan kritis. Ini dosen yg paling ditakuti. Dialah yang paling sering bertanya. Dosen ini bertanya biasanya bukan untuk mencari tahu, tapi untuk menguji. Dia sudah tau jawabannya karna dia ahli dan mengerti benar topik skripsi kamu. jika di kampus tidak tersedia dosen penguji yang sesuai dgn topik, bisa saja ketua sidang mendatangkan dosen tamu dari kampus lain, ini lebih killer lagi. tapi jangan takut, dengan lobi, semuanya bisa lebih ringan.

2. Dosen pembimbing, ini bisa menjadi malaikat penolong buat kamu. jauh hari sebelum sidang, kamu bisa bertanya mengenai pertanyaan pertanyaan yang akan dia tanyakan dan kisi kisinya. jadi kamu bisa lebih siap. Tentunya, pertanyaan yang diajukan dosen pembimbing akan mengangkat nilai performa kamu karna kamu bakal bisa menjawab dengan lancar sehingga kamu lebih impresif.

3. Dosen moderator, ini adalah dosen yang memipin jalannya sidang. Tugas dia adalah memberikan kamu waktu untuk presentasi dan membagi bagi sesi dalam sidang. Dosen ini juga memiliki hak untuk bertanya mengenai skripsi kamu. Tapi kamu ga usah khawatir, pertanyaan yang ditanyakan umumnya tidak terlalu bersifat teoritis dan menguji.

4. Dosen skretaris sidang, ini adalah dosen yang mencatat segala detail jalannya sidang, mulai dari kesalahan kamu, pertanyaan dosen, sampe waktu mulai dan akhir sidang. Dia juga mempunyai hak untuk bertanya dalam sidang, tapi pertanyaannya juga tidak terlalu bersifat menguji.

Sekali lagi..

Dalam memilih topik skripsi hendaknya kamu menyesuaikan dengan interest/minat kamu. jangan ikut ikutan temen, mau sok populer, mau sok berbobot, dan sok intelek. Banyak anak yang mengambil topik skripsi karna mau dipuja, contohnya topik topik berat yang sama sekali ngga menjadi minat dia. Nantinya ini akan jadi bumerang sendiri ketika sidang, kamu akan mati kutu karna kamu sendiri ga paham dengan topik.

Jika perlu, carilah topik yang belum pernah dibahas, unik, baru dan tidak terjangkau kaum tua (kaum dosen). misalnya, dulu waktu angkatan saya, (saya jurusan komunikasi), ada yang bahas gulat smakdon. Dia presentasi sidang dengan video cuplikan aksi aksi gulat. otomatis ruang sidang heboh dan dia mendapat perhatian dari dosen. Dosen tidak ada satupun yang paham benar dgn gulat tsb. makanya, ketika bertanya, dosen lebih karna ingin tau, bukan menguji. Anak inilah yang justru mendikte sidang. Topik tersebut adalah minatnya, dia tergila gila dgn gulat, makanya jawabannya lancar.

Jangan cari topik yang udah basi/umum. kamu bakal jadi bulan bulanan

Disadur dari artikel yang ditulis oleh adirandom

Penulis :
Telah menulis sebanyak 59 artikel
Mendapatkan 1,672 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

14 Comments

  1. me

    February 24, 2009 at 12:00 pm

    haha. bagus bagus. jadi bangga nih gw. sukses deh buat yang lagi nyusun.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. afif

    March 9, 2009 at 6:06 am

    Makasih bro sarannya
    mei ini target gw buat lulus
    doain y biar beres

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. aYie

    aYie

    April 15, 2009 at 12:01 pm

    berdasarkan pengalaman:
    pas mau sidang, usahain h-1 smua urusan udah beres, kyk ngeprint2 buku,, biasanya klo nge printnya mepet2 pas deket mau sidang, printernya suka ngambek ga jelas..
    istirahat secukupnya juga perlu :D biar pas sidang kita tetep fokus ama apa yg kita buat

    pas sidang:
    **klo ketauan di TA kita ada yang salah ama pengujinya, bilang maap2 *tentu aja ini hanya untuk dosen penguji yg baik hati*,, hehehehe
    **kalo udah akrab ama dosen pengujinya ,, janjian pertanyaan juga bisa kok :D huekekekekekekekeke :arrow:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. sangdedi

    sangdedi

    July 23, 2010 at 1:19 am

    makasih yah ayiee atas tambahannya :lol:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Yuyun

    November 9, 2010 at 4:14 am

    bisa kasih masukn judul skripsi anak pendidikan matematika yg blm pernah tp menarik??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. nur jannah

    January 17, 2011 at 2:42 am

    Makasih yah..
    bermanfaat banget buat aq… kebetulan q dapet pembimbing 1 yang lumayan killer teliti dan disiplin dalam segala hal.
    tapi pembimbing 2 q manut sama pembimbing1…
    pengen kejar target buat ngambil data ???bisa gak yah….
    doain yah kawand… :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. yunita

    January 24, 2011 at 4:42 am

    aku baru mau lagi mulai..doain ya..biar istiqomah semngat..dan tetep tersenyum.. :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. sewa laptop

    January 25, 2011 at 7:58 am

    Skrip si? rental laptop aja pada kami.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. gfdfghs

    January 29, 2011 at 3:13 am

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. ayu

    March 10, 2011 at 4:33 am

    :o makasih infonya mas, biar jadi masukan …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Agus.m

    May 31, 2011 at 2:51 am

    Wah. . Postingan y berguna banget ! Tips yang sangat bermanfaat dan sangat membantu.
    Makasih Info y. . . semoga mendapat pahala yang setimpal.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. sadis p

    October 28, 2011 at 7:57 am

    makasih atas masukannya bro…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. khusnul

    November 14, 2011 at 5:25 am

    bener2 ekstra sabar cari materi di media elektronik… kasih trik2nya donk… byar gak berlantu2… masih banyak tugas yang lain… :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. santo

    December 18, 2012 at 8:20 am

    aku juga baru mau mulai hahaha sat,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>