Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,149
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Tips Belajar

Prev1 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Banyak pelajar yang memiliki keinginan untuk mendapatkan nilai bagus, tetapi mereka tidak mengerti bagaimana seharusnya proses belajar itu terjadi. Belajar seharusnya menyenangkan, sama halnya seperti kamu mendapat uang dari orang tua kamu, mendapat hadiah dari teman kamu, dan lain-lain. Belajar adalah suatu proses dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu. Jadi hakikat dari belajar adalah mendapatkan sesuatu hal baru yang disebut dengan pengetahuan.

Jadi bagaimana caranya agar dapat menjadi seorang pelajar yang brilian ??

Yang harus kamu lakukan adalah :
1. Memiliki Niat, Motivasi, dan Kemauan :-)
Tanpa ini, semuanya sia-sia. Kalau kita menjalankan sesuatu tanpa ini, kita akan malas malasan. Tetapkan target dalam diri sesuai dengan keadaan diri: “Saya mau dapet nilai bagus, saya mau membahagiakan orangtua, saya nggak boleh kalah sama temen saya, saya bosen peringkat 10 dari belakang, dsb.”

2. Cintailah belajar
Bagi mahasiswa, mungkin lebih sering menemukan subjek yang sesuai dengan kecintaannya karena mereka memilih jurusan sesuai dengan minat mereka. Tapi buat pelajar SMP atau SMA, sering ketemu pelajaran yang memuakan dan tidak mereka sukai. Tanamkanlah bahwa pelajaran ini sangat berguna bagi kita di kemudian hari. Percayalah, tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia jika kamu menghabiskannya dengan cara belajar. Kita benci matematika, tapi kalau kita nggak belajar matematika, mungkin sekarang kita nggak akan bisa menghitung perkalian, pembagian, dsb. Buat mahasiswa, mungkin dulu SMA kalian nggak suka belajar bahasa Inggris, tapi ternyata berguna buat ujian masuk universitas.

3. Pilihlah kursi paling depan ketika sekolah/kuliah.
Duduk di depan memberikan banyak keuntungan. Bagi siswa yang minder untuk berbicara di depan umum, perasaan mindernya akan jadi lebih kecil daripada ketika dia duduk di belakang. Selain itu, penjelasan dari dosen akan tersampaikan lebih jelas. Duduk di depan juga membuat kita tidak berani mengobrol dengan orang lain. Jangan takut jika dosen memberikan kamu  pertanyaan. kalau tidak bisa jawab, bilang aja “Tidak bisa”, toh namanya juga masih baru belajar

4. Jangan duduk dengan teman sebangku yang bawel dan suka ngobrol.

5. Manfaatkan teknologi. Rekam penjelasan guru/dosen dengan alat-alat tersebut. Bukan dicatat !!
Salah besar kata orang, ketika kuliah kita harus mencatat!!! Dengan mencatat, yang jadi fokus kamu adalah kata-kata dosen, bukan penjelasannya. Jadi kamu memperhatikan guru/dosen dari segi linguistik, bukan dari segi comprehension. Ketika mendengar penjelasan guru/dosen, yang kita perlukan adalah pemahaman dan konsentrasi. Dengan mencatat, yang kerja adalah tangan bukan otak. Otak hanya mengolah kata kata untuk ditulis bukannya untuk disimpan.

Prev1 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Penulis :
Telah menulis sebanyak 59 artikel
Mendapatkan 1,672 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

13 Comments

  1. me

    February 24, 2009 at 9:51 pm

    good. tapi kok dikit bgt? apa karna space terbatas? gpp sih. cuman kalo lebih lengkap menurut gw malah membantu.

    ok.

    anyway, gw baru tau situs ini. kayaknya mau gabung.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. deva

    January 17, 2010 at 3:59 am

    ini udah membantu banget, thanks ya kak :wink:
    sukses kak :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. sangdedi

    sangdedi

    January 18, 2010 at 12:34 pm

    yup.. sama2 :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. heri s

    February 15, 2010 at 8:00 am

    :arrow: guys sory g egk mnt. :twisted: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. DimasBudi

    October 2, 2010 at 12:33 pm

    :x kak bantu aku donk menjadi pelajar yang rajin :o

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. DimasBudi

    October 2, 2010 at 12:35 pm

    kalau aku jadi rankink 1 lumayan ya :D :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. sangdedi

    sangdedi

    October 28, 2010 at 1:49 am

    @dimas : belajar yang rajin :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Inda Christie SP.

    October 29, 2010 at 9:36 am

    yap betul..betul..betul..!! :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. DimasBudi

    November 16, 2010 at 10:53 am

    kk aq pingin jd anak pintar tapi kok aq kg bisa pintar2 emang kenapa :x :x :x :x :x

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. Inda Christie SP

    November 27, 2010 at 11:30 am

    nDA u gk pernah blajar,,
    d skoLah jg gk pernah ngerjain PR
    :D :P :twisted: :x :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. julaiasifa

    September 1, 2011 at 1:36 pm

    :!: I like it. Lanjutkan. Terus di tambah. :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Willie

    December 19, 2011 at 11:55 am

    Please teach the rest of these internet hoolgains how to write and research!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. kimlhbpns

    December 19, 2011 at 3:18 pm

    lnsGto ibloxhndjcws

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>