Best Author
sangdedi

743,207
octa

484,117
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,725
dwi

312,709
adit

309,674
resta-andara

273,565
benedict

261,561
rahadian

240,244
bara

228,914
nabilalalala

216,560
kurnitap_

154,122
kuswanto

139,067
suranto

100,765
admin

98,822

Tekanan pada zat serta hukumnya

Definisi Tekanan

Tekanan merupakan suatu ukuran yang terdiri dari besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda untuk setiap satu satuan luas permukaan bidang tekan. Tekanan dapat dinotasikan sebagai simbolp (pressure) dan memiliki satuan SI Nnr2. Satuan tekanan yang lain adalah pascal (Pa) dan bar.

1 Nnr-2 = 1 Pa

Tekanan pada Zat Padat

tekanan pada suatu zat padat dapat dinyatakan sebagai gaya per satuan luas penampang. Secara matematis, tekanan dapat dinyatakan sebagai berikut.

dengan:                                                          p = f/a

p = tekanan (N/m2)

F = gaya (N)

A = luas bidang tekan (m2)

Contoh soal

Sebuah truk mempunyaii delapan roda berisi 2,5 ton muatan dan akan melintasi jembatan. luas permukaan bidang sentuh roda dengan permukaan jalan seluruhnya adalah 400 cm2. Berapakah tekanan yang dialami setiap ban?

Penyelesaian:

Diketahui:    m  = 2,5 ton = 2500 kg

A   = 400 cm2 = 4 x 10″2 m2

g   = 10 m/s2 Ditanyakan: p =….?

p = f/a =m.g/A

= 2500×10 0,04

= 625.000 N/m2

Tekanan seluruh ban adalah 625.000 N/m2 atau 625.000 Pa. Dengan demikian, tekanan untuk setiap ban adalah: I/8 x p = 1/8 x 625000 = 78.125 Pa.

Tekanan pada Zat Cair

Tekanan pada zat cair sering disebut juga dengan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis ini tergantung pada suatu tingkatan kedalaman dan berat jenis pada zat cair. Tekanan pada zat cair mengarah ke segala arah. Rumus tekanan hidrostatis sebagai berikut.

Ph = p.g.h

dengan:

ph = tekanan hidrostatis zat cair (N/m2)

p = massa jenis (kg/m3)

g = percepatan gravitasi (m/s2)

h = kedalaman dari permukaan (m)

Contoh Soal

Seorang anak menyelam di kedalaman 100 m di bawah permukaan air. Jika massa jenis air adalah 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi adalah 9,8 m/s2 maka berapakah tekanan hidrostatis yang dialami anak tersebut? Penyelesaian:

Diketahui:      h    = 100 m

p    = 1000 k g/m3

g    = 9,8 m/s2

Ditanyakan:          ph -….?

Jawab:   ph = p . g . h

= 1000 . 9,8 . 100

= 9,8 x 105 N/m2

Tekanan pada Zat Gas

Gas-gas yang ada di dalam ruangan yang tertutup akan mengeluarkan udar dan  menekan ke segala arah dengan sama besar. Tekanan gas pada ruang tertutup bisa diukur dengan menggunakan 2 alat yang berbeda yang masing-masing namanya seperti  manometer terbuka dan manometer tertutup. Tekanan gas dalam ruang terbuka dapat diukur dengan menggunakan barometer.

Manomemeter terbuka ini terdiri dari tabung pipa kapiler yang bentuknya seperti huruf U yang terhubung dengan tabung gas. Besar tekanan udara yang terbaca pada suatu sisi pipa yang terbuka sama dengan tekanan gas dalam suatu tabung. Perhatikan diagram manometer terbuka berikut ini.

Hukum Pascal

Hukum Pascal adalah hukum yang menerangkan tentang suatu sifat tekanan pada zat cair. Hukum Pascal menyatakan bahwa:

“Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar.”

dengan:

F1 = gaya pada penampang A1(N)

F2 = gaya pada penampang A2(N)

A1= luas penampang 1 (m2)

A2 = luas penampang 2 (m2)

Peralatan yang menggunakan prinsip hukum Pascal, antara lain seperti rem hidrolik, pompa hidrolik, dan dongkrak hidrolik.

Contoh Soal

Sebuah beban akan diangkat dengan menggunakan dongkrak hidrolik. Massa beban 64 ton diletakkan di atas penampang A seluas 0,5 m2. Berapakah gaya yang harus diberikan

pada penampang B (luasnya 11/88  kali penampang A) agar beban dapat terangkat?

Penyelesaian:

Diketahui: A1= 0,5 m2
A2= 1/8 A1

g   = 10 m/s2

Fi = w = m . g = 64000 kg x 10 = 640.000 N Ditanyakan: F2 = ….?

Jawab: f1/f2 = f2/A2

640000/A1 = F2/1/8 A1

F2 = 1/8 x 640000 = 80.000 N

Hukum Bejana Berhubungan

Dalam suatu Hukum bejana berhubungan menyatakan bahwa:

“apabila bejana berhubungan diisi dengan zat cair yang sama, maka pada keadaan kesetimbangan permukaan zat cair dalam bejana berada dalam satu bidang datar.” Hukum ini tidak berlaku pada suatu bejana yang berisi kan cairan tak sejenis dan pipa kapiler. Secara matematis, hukum bejana berhubungan dirumuskan sebagai berikut.

P, = P2

P1. g.h1=p2.g.h2

dengan:

p1 = tekanan zat cair 1 (Nnr2)               p2 = massa jenis zat cair 2 (kgnr3)

p2 = tekanan zat cair 2 (Nnr2)                        h1= tinggi permukaan zat cair 1 (m)

P1 = massa jenis zat cair 1 (kgnr3)              h2 = tinggi permukaan zat cair 2 (m)

Contoh Soal

Ke dalam kaki 1 pipa U dimasukkan cairan setinggi 32 cm dan ke dalam kaki 2 dimasukkan raksa dengan massa jenis 13,6 gr/cm3. Ketinggian bidang batas adalah 1,4 cm. Berapakah massa jenis cairan tersebut?
Penyelesaian:

Diketahui:

32 cm

h2 = 1,4 cm p2 = 13,6 gr/cm3 Ditanyakan: p1 = ….? Jawab:      pt . g . h1 = p2g.h2

p1.10. 32      = 13,6 . 10 .1,4 pl

= 0,595 gr/cm3

Hukum Archimedes

Hukum Archimedes hanya berlaku pada zat yang dinamakan fluida. Zat yang termasuk dalam fluida adalah zat cair dan gas. “Benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya itu sebanding dengan berat zat cair yang dipindahkan.”

Dalam hukum Archimedes  ternyata bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita antara lain sebagai berikut.

1.          Hidrometer, yaitu alat untuk mengukur massa jenis relatif zat cair terhadap air.

2.          Jembatan ponton, yakni jembatan yang menggunakan drum-drum kosong berisi udara.

3.          Kapal laut dan kapal seiam.

4.          Galangan kapal, yakni alat untuk mengangkat kapal laut ke permukaan air.

5.          Balon udara.

Tekanan pada zat serta hukumnya, 2.5 out of 5 based on 4 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 59 artikel
Mendapatkan 1,640 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

25 Comments

  1. ak_47

    January 10, 2011 at 1:04 pm

    :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  2. hamdan

    February 1, 2011 at 1:12 am

    tolong diperbanyak semua jawaban nya jadi gak perlu buka satu-satu ok :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  3. baga

    February 2, 2011 at 7:35 am

    BAGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA :twisted: :wink: :evil: 8O :( :!: :idea: :| :mrgreen: :mrgreen: :idea: :!: :roll: :cry: :cry: :oops: :oops: :oops: :P :x 8) :lol: :x 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  4. mahfud awaludin yusuf

    February 8, 2011 at 7:37 pm

    NICE….
    Akan lebih bagus lagi, jika ditambah gambar2 & foto yang relevan dg bahasan yang ada…
    Keep on writing 4 the Blog!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  5. rizkisinubi

    February 21, 2011 at 10:11 am

    Ane salut ama agan…
    thnks y gan inpo nya …
    lancar dah ujian…
    sering update ya gan…
    thnks…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. puzi zihan ancietta

    February 25, 2011 at 5:39 am

    :lol: :!: :arrow: :| :?: :wink: :roll: :oops: :P :x :lol: 8) :lol: :o :o :( :-) :D :D :twisted: :!: :arrow: :| :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. nadine

    February 28, 2011 at 11:41 am

    BAGUS sih, tpi kurang ttg pengertian tekanan pada zat padatnya, jddi mohon untuk diperjelas ttg pengertian nya.
    :( :( :-) :roll: :wink: :!: :!: :!: :| :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. rima

    March 9, 2011 at 6:40 am

    Pengertian tekanan nx. kuuuuuurrrraaaaaaaaaaangggggggg …..
    cba donk diperjelas lagi plizzz..
    :( 8O :cry: :roll: :!: :-) :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. gia

    March 9, 2011 at 8:11 am

    kok gag ad turunan rumus zat padat sih?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. gia

    March 9, 2011 at 11:56 am

    FAKTOR Ny mNa ???? kok Gag AD??????????? :x :twisted: :cry: :mrgreen: :?: :( :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. anton

    March 16, 2011 at 12:17 pm

    :!: :!: :!: :!: :!: :-) :-) :-) :-) NICE BLOG… KEEP BLOGGING OKAY!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Indah Ciawi

    March 17, 2011 at 8:52 am

    Nice! :!:
    Semuany lengkap, persis sprt yg saya butuhkan.
    :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. ricky

    March 23, 2011 at 5:49 am

    :mrgreen: Mas,,Faktor2 dri msing2 tekanannya mnaaaaa .zzz :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. silvie anggraini

    April 9, 2011 at 6:54 am

    :-) manfaat dari tekanan apa ya ? :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Fiyo Prayoga

    April 11, 2011 at 11:23 am

    THX GAN..
    INI ANE COPAS EKH DINILAI SAMA GURU PONTEN NYA 80 GAN..
    THX BANGET YAH YANG BIKIN NIH WEBSITE :!: :!: :!: :!: :!: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. irfan faizal

    April 18, 2011 at 12:12 pm

    bagus bgt :-) tapi dimana hukum boyle :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Diiinaaaaa

    May 11, 2011 at 12:27 am

    Thanks Gan,
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :evil: :cry: :twisted: :roll: :wink: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:
    :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. opick

    June 6, 2011 at 1:18 am

    :!: :-) :arrow: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. septia

    September 14, 2011 at 11:43 am

    thanks ya gan :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. dwi utari

    September 19, 2011 at 11:39 am

    terima kasih dengan ini saya bisa lebih mngetahui tentang fisika :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. echy

    October 13, 2011 at 12:14 pm

    pingin tahu satuan huruf yang dipakai archimedes.??
    heelllppp :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. nur khafsoh rahayu

    November 6, 2011 at 4:23 am

    :!: :!: :!:
    :lol: :lol: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. sinta

    November 9, 2011 at 8:27 am

    :!: baguss ? tapi penjelasanya kurang banyagh, capek kalau hrus buka satu per satu 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Hafiz

    November 28, 2011 at 2:35 pm

    Macam-macam hukumnya belum lengkap
    8O 8O 8O 8O 8O :? :? :cry: :cry: :idea: :idea: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. Dinda Maretha

    December 2, 2011 at 12:48 pm

    thnk ya? smua nya lengkap,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    :D :-) :o :lol: :P :oops: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :arrow: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>