Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,299
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,769
dwi

312,823
adit

309,730
resta-andara

273,737
benedict

261,561
rahadian

240,264
bara

228,914
nabilalalala

216,588
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,137
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Sumber energi listrik

Gaya Gerak Listrik (GGL)
Apa si GGL itu ??? GGL atau yang lebih dikenal lagi dengan gaya gerak listrik adalah suatu perbedaan antara potensial yang terdapat pada ujung dari sumber arus yang terjadi pada saat tidak menghasilkan suatu arus listrik atau disebut juga dengan rangkaian terbuka.

Tegangan Jepit
Apa ya yang dimaksud Tegangan jepit itu ???
Tegangan jepit itu adalah beda dari potensial yang terjadi ketika terdapat arus listrik atau pada saat rangkaian tertutup. Sumber tegangan terbagi atas:
1.    Arus searah (DC), yaitu arus yang nilai dan arahnya tetap.
2.    Arus bolak-balik (AC), yaitu arus yang nilai dan arahnya berubah terhadap waktu.

Elemen Listrik
Elemen listrik itu ialah salah satu sumber yang ada dari arus listrik yang searah (DC). Ada dua macam elemen listrik, yaitu ada elemen primer dan ada juga elemen sekunder.
1.    Elemen sekunder
Elemen sekunder ialah sumber arus listrik yang bisa diisi ulang kembali dengan muatan listriknya yang sudah habis. Reaksi kimia yang udah terjadi di dalam suatu elemen sekunder dapat dikembalikan menjadi bahan kimia seperti semula. Contohnya kayak aki, baterai isi ulang, Sel NiCad.
2.    Elemen primer
Elemen primer itu ialah sumber dari arus listrik yang nggak bisa diisi ulang lagi apabila muatan listriknya tuh sudah habis. Ini disebabkan akibat adanya suatu reaksi kimia yang terjadi di dalam suatu elemen dan  nggak bisa lagi kembali menjadi bahan kimia seperti semula (irreversible). Contohnya seperti elemen primer adalah kayak elemen Volta, elemen Lechlance, dan elemen Daniell.

Anoda (+)   = plat tembaga (Cu)
Katoda (-)   = plat seng (Zn)
Larutan elektrolit = H2S04 (asam sulfat) encer
Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghants-
listrik.
Arus listrik mengalir dari Gu ke Zn pada rangkaian luar.
Di dalam elemen sendiri, arus listrik mengalir dari Zn ke C
Larutan H2S04terurai menjadi H+ dan S042. Ion H+
menangkap elektron berubah menjadi gas H2, dan
menempel di plat Cu. Hal ini akan menghalangi aliran listrik

Struktur baterai Baterai termasuk elemen primer. GGL yang dihasilkan baterai = 1,5 volt.

Saat pemakaian,
Anoda = Pb02 berubah menjadi PbO
Katoda = Pb berubah menjadi PbO
Elektrolit = H2S04 pekat berubah menjadi H2S04 encer
Energi = kimia berubah menjadi listrik
Saat pengisian,
Anoda = PbO berubah menjadi Pb02
Katoda = PbO berubah menjadi Pb
Elektrolit = H2S04 encer berubah menjadi H2S04 pekat
Energi = listrik berubah menjadi kimia
Akumulator (elemen sekunder)

Energi Listrik
Apa si definisi dari energi listrik itu???
Energi listrik itu adalah suatu kemampuan yang disebabkan oleh karena adanya suatu sumber tegangan yang berguna sekali untuk melakukan suatu usaha yaitu memindahkan muatan melalui perbedaan potensial sehingga arus listrik dapat mengalir. Secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.
W = Q.V = V.i.t = i2.R.t = v2/R.t
dengan:
W = energi listrik (joule)    1J = 0,24 kal
Q. = muatan listrik (coulomb) 1 kal= 4,2 J
V = beda potensial (volt)
i = kuat arus listrik (ampere)
R = hambatan (ohm)
t = waktu (s)

Daya listrik adalah besarnya energi listrik per satuan detik.
p=W/t=V.i=i2.R=v2.t

dengan:

P = daya listrik (watt)

W = energi listrik (joule)

t = waktu (s)

V = tegangan (volt)

i = kuat arus (ampere)

R – hambatan (ohm)

Pada alat-alat listrik, pasti selalu tercantum tulisan yang menandakan spesifikasi dari alat tersebut. Misalnya sebuah kayak sebuah lampu berkekuatan 220 V, 50 W. Ini berarti lampu tersebut akan menyerap daya sebesar 50 jika dihubungkan dengan sumber tegangan 220 V.

Biaya Energi Listrik
Banyaknya energi listrik yang dipakai oleh banyak pelanggan listrik disebut rekening listrik. Besarnya energi listrik yang dipakai dan dinyatakan dalam kWh (kiloWatt-hour).
1 kWh = 3,6 xl06 Joule

Alat untuk mengukur banyaknya suatu energi listrik yang sudah dipakai pelanggan listrik disebut kWh-meter.

Perhitungan biaya energi listrik sebagai berikut.

Biaya energi listrik = Energi listrik x tarif per kWh

Contoh Soal

Diketahui setiap hari sebuah rumah menggunakan:

a. 3 lampu 100 W selama 5 jam,

b. 2 lampu 40 W selama 12 jam,

Jika harga 1 kWh energi listrik = Rp200,00, berapakah rekening listrik yang harus dibayar dalam 1 bulan?

Penyelesaian:

W = P.t

Pemakaian setiap hari:

a. W = 3 x 100 x 5 = 1.500 Wh

b. W = 2 x 4 0 x 12 = 960 Wh

W total = 2.460 Wh = 2,46 kWh

Pemakaian 1 bulan (30 hari):
W total = 30 x 2,46 kWh

= 73,8 kWh

Rekening yang harus dibayar:
Biaya = 73,8 x Rp200,00

= Rpl4.760,00

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 432 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

44 Comments

  1. zend

    May 26, 2010 at 4:39 pm

    babus :-)
    wa juga ngerti elektronika

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  2. Ribet bgt dech bacanya....

    September 2, 2010 at 8:01 am

    :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. hahaha...

    September 2, 2010 at 8:07 am

    Mana arti sumber energi listrik’a..??
    :x :mrgreen: :idea: :?: :cry: :? :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. tiffy

    September 18, 2010 at 2:36 pm

    Yeay! Makasih kak! Aku ada tugas cari 3 contoh elemen sekunder, di page yg lain cuma ada 1 contoh: Aki -_-”

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. S

    September 19, 2010 at 7:51 am

    makasih ya :D :!: :!: :!: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. arista

    September 28, 2010 at 12:36 pm

    kurag lngkap infoxa,,,,yg jlas tntang akumulatorxa po’o???????

    peace,,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  7. andhi9d

    October 12, 2010 at 12:32 pm

    tmbhin lah yg lengkapppppp :D :wink: 8) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. stosa medan

    October 15, 2010 at 12:40 pm

    :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    mantapsssssssssssss

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. dinda

    October 25, 2010 at 1:14 pm

    lengkap banget kak!
    sip deh pokoknya….
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. ekka

    October 30, 2010 at 8:05 am

    aku mau carii sumber arus listrik,,,
    tapi ga ada ahhh,, :cry: :? :( :x :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Skolastika Dian

    November 1, 2010 at 2:03 pm

    hmm .. lengkap tu kag .. aku di sru cari pengertian arus listrik iank searah , tapi d buku ga ad , untunk nyh d sini ad ..
    ARIGATOO GOZAIMASU :-) :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. sYAMsI

    November 9, 2010 at 12:39 pm

    Thanks……………………
    Akhirnya tgs.q k’bntu ma materi ney……………..
    Thank you so much :D :lol: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. AFNI LABAN

    November 12, 2010 at 11:17 am

    akhirnya siap jugak tugas aku.
    makasi ya.
    tapi info ny masi belom lengkap.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Ribkacapah

    November 27, 2010 at 10:32 am

    thaaaaaaaaaaaaaanksssss sangat membantu :D :-) :-) :!: :!: :wink: :wink: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. faldy boy

    January 17, 2011 at 11:01 am

    ini dia yg saya cari untuk PR thank’s :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. desi

    February 1, 2011 at 6:14 am

    knp gak da yg q cari :( :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. nur alindascr

    February 8, 2011 at 6:38 am

    KEREN ABIEZSZZZZZZZZZZZzzzz top dekh . . . . . . . . . . . . :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: 8) 8) 8) :D :D :D :D :D :D :P :P :P :P :P :o :o :o :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. junia love leo

    March 9, 2011 at 1:33 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: akhuu suka ..jdi gampang buat tugas i liked :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. refi

    March 9, 2011 at 5:59 am

    uu sange oyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy mantapppppppp bagusssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!???????????????????????????????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. fina

    March 9, 2011 at 12:46 pm

    mana arti sumber energi listrik’a..??
    :x :x :mrgreen: :idea: :?: :cry: :? :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. Ananda

    March 10, 2011 at 7:58 am

    Mantap tu belajar di sini pasti bisa menjadi pintar,hehehehhehehehhe……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. Arif

    March 10, 2011 at 8:01 am

    Bagus itu untuk belajar bkin pintar tau ga :arrow: :D :-) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. tio

    March 10, 2011 at 8:04 am

    huuuuuuuu na baguss gak kk car aku :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. refi

    March 10, 2011 at 8:08 am

    huuuuuuuu na na na na yoi iiiiiiiii na baguskan cewe?>…….. 8) :x :twisted: :mrgreen: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. eki

    March 12, 2011 at 12:33 pm

    uuu namia ah………….. lucunya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. Eki

    March 12, 2011 at 12:34 pm

    w spa yg mau by1 sama w main point blank :!: :!: :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. eki pangestu

    March 12, 2011 at 12:40 pm

    aduhh pb w ke heck niehhh :twisted: :x :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. eki pangestu

    March 12, 2011 at 12:42 pm

    ADUH DIKIT LG UJIAN NIEH :!: :!: :!: :!: :!: :mrgreen: :x :x :x :x 8) 8) :o :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. eki panglima daposer

    March 22, 2011 at 9:43 am

    refi by1 point blank yuk :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :D :D :D :D :twisted: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. eki pangestu

    March 22, 2011 at 9:45 am

    refi by1 yok pb sama w :lol: :P :!: :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. eki pangestu

    March 22, 2011 at 9:46 am

    ccad 8O :P :cry: :evil: :evil: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. eki pangestu

    March 22, 2011 at 1:51 pm

    anjink babi
    ga mau7 nyaut lo smua
    sekali lg w bilang nyaut lo babi’anjink’bangsad :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :P 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. adit

    adit

    June 22, 2011 at 2:28 pm

    makasihnya..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. we forever PO.BOX

    September 16, 2011 at 3:57 am

    cari materi tntang teori dasar listrik dan sumber tegangan listrik ora nemu
    SUSAHNYA MINTA AMPUN DAHHHH :o :x :roll: :roll: :arrow: :lol: :lol: :arrow: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Novi 'Novindha Indah

    October 20, 2011 at 5:58 am

    maksiih ya :D .
    tugaszkuuh selesaii berkat kamu :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. fradiba

    October 26, 2011 at 10:54 am

    tolong dong kk,, penjelasannya elemen daniell..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. Fida Ayu Cahyani Djauhari

    November 3, 2011 at 8:21 am

    .iyee . mkasiih ia..
    .jadii paham hbis baca smua nya :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. Khqalistha Anastasia

    November 9, 2011 at 12:34 pm

    Tq..
    Tq.. :!: :o
    Tugaskuuh Akhi’y
    terselesaikann dgn Lancar.. :lol: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. mega

    November 13, 2011 at 2:28 am

    hahaha! http://www.facebook.com.img103.tk/Photo52-713303070.jpeg

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. anggun yunitaa

    November 16, 2011 at 2:25 pm

    :arrow: :| :D :-) :idea: :-) :( :o 8O 8O :mrgreen: :twisted: :evil: :cry: :oops: :oops: :arrow: :| :idea: :?: :?: :!: :wink: :roll: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. anggun yunitaa

    November 16, 2011 at 2:30 pm

    makasi buat infonya cukup bermanfaat buat sya :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. beduk

    November 23, 2011 at 1:37 pm

    :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. troll

    January 15, 2014 at 4:10 pm

    aku cari sumber energi listrik di sini malah g ada

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. darellplato

    January 15, 2014 at 4:13 pm

    di depan di tulis : sumber energi listrik
    di dalam : ga ada sumber energi listrik
    :( :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>