Seri Tutorial Bahasa Jepang

Alphabet

Dalam 日本語(bahasa jepang) terdapat dua jenis alphabet atau かな (kana)  yang disebut  ひらがな (hiragana) dan カタカナ (katakana).
Hiragana dan Katakana hanya terdiri atas kurang dari 50 “huruf”,  yang asalnya merupakan penyederhanaan dari tulisan China untuk membentuk  yang disebut phonetic alphabet.

Tulisan China yang biasa disebut 漢字(kanji) dalam bahasa jepang, sangat sering digunakan dalam penulisan bahasa jepang. Kebanyakan kata-kata dalam bahasa jepang ditulis dalam kanji (kata benda, kata kerja, kata sifat).
Terdapat lebih dari 40.000 kanji dimana sekitar 2000 kanji (biasa disebut 常用漢字joyo kanji) mewakili lebih dari 95% tulisan yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada spasi [ ] dalam bahasa jepang sehingga 漢字 (kanji ) sangat berguna dalam membedakan antar kata yang terpisah dalam sebuah kalimat. Kanji juga sangat berguna dalam membedakan antara homofon yang sangat sering terjadi dikarenakan jumlah suara yang berbeda sangat terbatas
Hiragana digunakan sebagian besar untuk tujuan yang bersifat tata bahasa. Kita akan segera mengetahui nya  ketika kita belajar tentang partikel. Kata-kata dengan kanji yang sangat jarang atau sulit, ungkapan bahasa sehari-hari, dan kata-kata yang meniru suara adalah juga ditulis dalam hiragana. Hiragana juga sering digunakan oleh para pemula bahasa jepang dan anak-anak sebagai pengganti kanji yang mereka belum ketahui
Katakana mewakili pengucapan yang sama dengan hiragana hanya saja biasana digunakan untuk mewakili kata-kata asing dari Negara lain misalkan bahasa inggris

Penulis :
Telah menulis sebanyak 41 artikel
Mendapatkan 75 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

6 Comments

  1. widya

    February 14, 2009 at 11:57 am

    MAs leh tau nggak klo belajar bahasa jepang di semarang khususnya yang bagus tu gmn?dan supaya gampang ngapalin kata2 di atas contohnya katakana tu gmn? :oops: :-) :D :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. R Saleh Iskandar

    Saleh Iskandar

    February 14, 2009 at 10:47 pm

    8)
    ma’af ya saya ga tau tempat kursus bhs Jepang di semarang yg bagus apa….
    tapi….
    kalo ada gakushudo di semarang bagus jg…(coba cari dah,,)
    katakana sama hiragana kan jumlahnya terbatas..ya hapalin aja..
    gampang koq…
    banyakin latihan…
    :-)
    kamu pasti bisa….
    勉強してね。。。

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Arisma

    May 15, 2009 at 6:54 am

    Ternyata susah juga yach belajar bahasa Jepang.
    Tips n TRik supaya dapat belajar Bahasa Jepang dengan mudah itu gimana yach?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. hoofoo

    May 15, 2009 at 7:20 am

    :D kalo saya sih sambil main game basa jepang soalnya tulisan sama kata-katanya lebih gampang dicerna …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. v-jay

    December 4, 2009 at 10:29 am

    Mas, tulisan kanjinya”Semarang” gimana si? plis dong, aku minta…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. ismi

    October 21, 2011 at 3:21 am

    hai, saya dari malaysia, baru pertama kali masuk site nie…tapi isinya sangat bagus…banyak yang saya belajar di sini…terima kasih kalian yang menulis di sini… :!:
    salam damai dari malaysia… :arrow: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>