Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Persiapan Menjelang Hari Ujian

Hal utama yang diperlukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian adalah belajar, tetapi terkadang ada kalanya belajar saja tidak cukup untuk menjadi landasan dalam menghadapi ujian, terlebih apabila ujian yang dihadapi memiliki tekanan yang sangat besar seperti UAN, SPMB, CPNS, dan ujian lain yang akan sangat menentukan masa depan anda. Maka dari itu, redaksi klikbelajar.com akan mencoba untuk memberikan beberapa tips kepada anda dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian.

Jaga Kesehatan – Kondisi fisik anda merupakan faktor penting yang akan sangat berpengaruh pada kenyamanan anda dalam melaksanakan ujian. Jangan pernah sepelekan penyakit yang anda derita, bahkan sakit ringan seperti pilek dan batuk biasa akan dapat membuat anda merasa amat tidak nyaman dalam mengerjakan ujian.

Berolahraga Ringan – Olahraga ringan seperti lari pagi dapat membantu anda untuk menjaga kesegaran tubuh anda. Hal ini akan berpengaruh pada kemampuan konsentrasi anda selama melaksanakan ujian.

Hindari Masalah – Jangan lakukan hal – hal yang dapat membuat anda terlibat dalam masalah. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi anda pada saat ujian berlangsung. Bila anda dihadapkan pada suatu masalah yang cukup rumit beberapa hari sebelum ujian berlangsung, berusahalah sejenak untuk melupakan masalah itu hingga hari dimana anda telah melaksanakan ujian.

Tinjau Lokasi – Cari tahu tempat lokasi dimana anda akan melaksanakan ujian. Untuk UAN hal ini tidak perlu dilakukan dikarenakan lokasi tempat anda akan melaksanakan ujian biasanya adalah sekolah anda sendiri, tetapi untuk ujian SPMB dan ujian lain yang lokasi ujiannya tidak anda ketahui sebelumnya, hal ini sangat perlu dilakukan agar anda tidak salah lokasi pada saat anda melaksanakan ujian. Hal ini sebaiknya minimal dilakukan satu minggu sebelum ujian berlangsung.

Tinjau Waktu Tempuh – Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh anda untuk sampai ke lokasi ujian. Gunakan transportasi yang biasa anda gunakan untuk sampai ke lokasi ujian. Usahakan anda melakukan hal ini di hari yang sama dengan hari dimana ujian dilaksanakan. Apabila ujian dilaksanakan pada hari Selasa – pada umumnya ujian yang penting seperti UAN dan SPMB dimulai pada hari Selasa bukan Senin – maka lakukan hal ini pada hari Selasa satu minggu sebelumnya agar anda dapat mengetahui kondisi lalu lintas yang serupa dengan hari pada saat ujian dilaksanakan.

Cari Tahu tentang Transportasi Alternatif – Walaupun kelihatannya sepele tetapi hal ini akan sangat berguna pada saat – saat tertentu. Bayangkan apabila transportasi yang anda gunakan tiba-tiba mogok atau ban-nya bocor di tengah jalan, maka untuk sampai ke lokasi ujian tepat waktu, anda diharuskan untuk menggunakan sarana transportasi alternatif seperti ojek dan lain sebagainya yang tentu saja harus dengan memperhatikan waktu tempuh yang dibutuhkan.

Berhenti Belajar Berat – Berhentilah belajar sesuatu yang berat seperti menghapal rumus dan mengejakan soal yang belum pernah anda mengerti. Melakukan hal ini pada hari – hari menjelang ujian akan sangat percuma, bahkan hal ini dapat menyebabkan hilangnya beberapa ingatan anda akan materi – materi yang telah anda kuasai sebelumnya. Sebaliknya, bersenang – senanglah 1 atau 2 hari sebelum ujian berlangsung, hal ini akan mengurangi ketegangan anda dalam menghadapi ujian. Anda dianjurkan untuk belajar, tetapi hanya sebatas mengulang kembali materi – materi yang telah anda pelajari sebelumnya dan bukan memaksakan diri anda untuk menguasai materi – materi yang belum anda kuasai. Cobalah berpikiran bahwa materi yang belum anda kuasai belum tentu akan keluar pada soal ujian nanti.

Persiapkan Alat Tulis Anda – Persiapan ini adalah hal penting yang harus anda lakukan pada malam sebelum berlangsungnya ujian. Jangan pernah lupa untuk membawa kartu ujian anda.

Tidur Lebih Awal – Istirahatlah yang cukup dengan tidur lebih awal. Jangan tidur melebihi jam sepuluh malam agar anda dapat merasa segar pada keesokan paginya.

Pasang Jam Waker – Pastikan diri anda agar tidak bangun telat.

Penulis :
Telah menulis sebanyak 59 artikel
Mendapatkan 1,672 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

4 Comments

  1. Inda Christie SP.

    October 29, 2010 at 9:47 am

    owh begitu ya..!!?? :roll: :?: :idea: :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Aul

    February 27, 2011 at 2:04 pm

    Permisi maas…
    Minta izin ngopi artikelnya :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. desi

    July 27, 2011 at 3:48 am

    artikel sangdedi keren2,,,
    muat artikel yang baru2 and keren2 lagi y…
    :arrow: :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Maverick

    December 19, 2011 at 3:13 pm

    Posts like this birghten up my day. Thanks for taking the time.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>