Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,297
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,181
dwi

313,549
adit

310,104
resta-andara

275,157
benedict

261,583
rahadian

240,940
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,004
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Persiapan Pada Hari Ujian

Prev2 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Jangan Langsung Hitamkan Jawaban Anda – Pada saat anda mengerjakan soal, setiap soal yang anda ketahui jawabannya cukup diberi tanda saja pada jawaban yang menurut anda benar dan jangan pernah langsung menghitamkan jawaban anda di lembar jawaban. Mulailah menghitamkan jawaban yang anda yakini kebenarannya setelah anda merasa lelah berpikir dan membaca soal. Taktik seperti ini akan sangat berguna, dikarenakan anda tidak akan kesulitan apabila anda ingin mengganti jawaban, selain itu hal ini juga dapat membuat otak anda beristirahat sejenak dari kelelahan berpikir dalam pengerjaan soal.

Berhenti Mengerjakan Soal saat Otak Sudah Terasa Lelah
– Hal ini adalah salah satu teknik pengerjaan soal yang baik. Jika anda diharuskan untuk mengerjakan soal matematika dari nomor satu hingga nomor empat puluh, maka bagi orang normal biasanya mereka akan mengalami kelelahan otak setelah mengerjakan seperempat dari jumlah soal. Apabila kita mengalami kelelahan otak, maka beristirahatlah terlebih dahulu.

Hitamkan Jawaban dengan Baik
– Pada saat pengisian jawaban, mulailah hitamkan jawaban anda dimulai dari huruh yang terletak didalam lingkaran. Jangan mulai dengan arah sebaliknya dengan alasan takut keluar dari lingkaran, tindakan seperti ini justru berakibat pada kurang hitamnya bagian tengah dari lingkaran, hal ini memungkinkan komputer menganggap soal tersebut tidak diisi.

Jangan Hapus Jawaban Hingga Bersih Total
– Terkadang ada beberapa jawaban yang telah kita yakini kebenarannya dan kita hitamkan jawabannya tetapi kemudian kita ingin mengganti jawabannya. Jika anda ingin mengganti jawaban seperti ini, maka hapuslah jawaban yang telah anda hitamkan dengan penghapus yang baik. Jangan pernah anda harapkan bahwa lembar soal akan sebersih semula, hal ini tidak mungkin terjadi. Hapuslah minimal hingga huruf yang ada didalam lingkaran terlihat lagi, hal ini sudah cukup. Jika anda bersikeras untuk menghapus bekas jawaban tadi hingga bersih, hal yang sering terjadi justru adalah lembar jawaban menjadi robek atau berlubang.

Jaga Lembar Jawaban Anda
– Pastikan lembar jawaban anda tidak lecek, robek, terlipat, atau basah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Jika lembar jawaban anda mengalami hal ini, maka kemungkinan besar lembar jawaban anda tidak mungkin dapat dideteksi oleh mesin pemeriksa lembar jawaban komputer.

Periksa lagi Jawaban Anda
– Pastikan semua soal telah terjawab dengan benar. Memang hal yang satu ini merupakan hal yang biasanya paling malas untuk dilakukan, tetapi percayalah hal ini merupakan hal yang amat penting. Jangan sampai begitu anda keluar ruangan lalu anda merasa menyesal karena ada beberapa soal yang anda tidak teliti dalam mengerjakannya.

Periksa Nama dan Nomor Ujian Anda
– Periksa apakah nama dan nomor ujian yang anda isikan telah SAMA PERSIS dengan nama dan nomor ujian yang ada pada kartu ujian anda ( lakukan hal ini berkali-kali hingga anda benar-benar yakin), seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa seberapa pintar pun anda dalam menjawab ujian, jika anda salah dalam mengisi salah satu dari dua hal ini, maka anda dapat dipastikan TIDAK AKAN LULUS UJIAN. Setelah anda yakin akan semuanya maka kumpulkan lembar jawaban anda yang tentunya sesuai dengan aba-aba pengawas ujian.

Jangan Bahas Soal Tersebut
– Beberapa tips yang bisa anda dapatkan dari berbagai sumber menyuruh anda untuk membahas soal tersebut. Kami menganjurkan anda untuk tidak membahas soal tersebut dengan alasan apapun. Bagaimanapun juga ujian telah berakhir, apapun yang anda lakukan setelahnya tidak akan pernah mengubah nilai anda, jadi pergi dan nikmatilah hidup anda.

Kemungkinan 1 : Setelah anda membahas soal tersebut, anda mengetahui bahwa jawaban – jawaban yang anda isi salah, hal yang akan terjadi adalah anda akan merasa murung, dan khawatir bahwa anda tidak akan lulus, padahal belum tentu anda tidak lulus. Hal ini hanya akan merusak masa – masa liburan anda yang seharusnya bisa anda lewatkan dengan banyak hal menyenangkan karena anda tidak dibebani dengan perasaan takut tidak lulus.
Kemungkinan 2 : Setelah anda membahas soal tersebut, anda mengetahui bahwa jawaban – jawaban yang anda isi benar, hal yang akan terjadi adalah anda akan merasa bahagia dan merasa amat yakin akan kelulusan anda bahkan mengharapkan nilai yang tinggi. Bayangkan apabila dengan segala kondisi perasaan anda seperti ini tiba – tiba ternyata anda tidak lulus dikarenakan satu dan banyak hal seperti salah mengisi nomor ujian. Betapa sakitnya hal tersebut ? Meyakini sesuatu yang ternyata salah.

Sudahlah lupakan hal ini dan jangan pernah bahas soal tersebut, kecuali anda sudah memperoleh berita tentang status kelulusan anda, maka membahas soal ujian ini akan membuat anda tahu dimana kesalahan anda. Jika masih ada ujian lagi di keesokan harinya, akan lebih baik jika anda belajar untuk ujian esok, tetapi ingat, belajar untuk ujian esok yang boleh anda lakukan hanya sekedar mengulang kembali materi-materi yang telah dikuasai dan bukan belajar berat untuk memaksakan diri anda memahami materi yang belum dikuasai.

Prev2 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Penulis :
Telah menulis sebanyak 59 artikel
Mendapatkan 1,672 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

5 Comments

  1. Zuwi50

    January 22, 2009 at 10:10 am

    kalau pas wawancara kerja sama aja gak yah hehehe… :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. benedict

    benedict

    January 22, 2009 at 12:07 pm

    saya ada artikel dari milis yang saya ikutin isinya tentang walk in interview .. ni isinya disini.

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Haznur

    October 5, 2009 at 12:22 pm

    wah…wah… blon di bca tpi kliytan’a bgus nieh… :lol: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. sangdedi

    sangdedi

    July 23, 2010 at 1:20 am

    pasti bagu dong :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Inda Christie SP.

    October 29, 2010 at 9:40 am

    jadi lebih siap dech menghadapi ujian…!!! makasih ya kak,,
    :wink: :!: :arrow: :oops: :lol: 8) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>