Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,285
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,167
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,133
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,884
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,191
suranto

100,765
admin

99,000
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Persiapan Pada Hari Ujian

Prev1 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Berdoa – Berdoalah, dikarenakan segala sesuatunya ada ditangan sang Maha Kuasa, terlebih lagi doa dapat membuat diri anda menjadi lebih tenang dan siap dalam menghadapi ujian.

Minta Restu dari Orang – Orang Terdekat Anda
– Hal ini akan membuat anda menjadi lebih bersemangat dikarenakan orang – orang terdekat anda telah memberikan dukungan dan motivasi kepada anda.

Sarapan yang Cukup
– Sarapan dapat membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi anda selama mengerjakan ujian. Tetapi bagi sebagian orang yang memang tidak biasa sarapan, jangan pernah paksakan untuk sarapan dikarenakan hal ini justru akan berakibat pada menurunnya konsentrasi anda karena gangguan pencernaan dan lain hal yang mungkin disebabkan oleh sarapan tersebut.

Bawa Alat Tulis yang Cukup
– Persiapkan alat tulis yang Anda butuhkan. Selalu pastikan anda menggunakan alat tulis yang baik untuk mengerjakan ujian. Gunakan pensil 2B yang dikhususkan untuk lembar jawaban komputer dan gunakan penghapus berkualitas baik yang dapat menghapus dengan cukup bersih. Penggunaan pensil mekanik sangat tidak dianjurkan dalam pengisian lembar jawaban komputer meskipun menggunakan isi pensil 2B, hal ini dikarenakan ujung pensil mekanik sangat lancip dan tidak rata. Untuk orang yang tidak biasa menggunakan pensil mekanik maka biasanya akan berakibat pada rusaknya lembar jawaban komputer – biasanya lembar jawaban diberikan tepat sebanyak jumlah peserta ujian, yang berarti anda tidak dapat meminta ganti lembar jawaban anda apapun alasannya.

Bawa Alat Tulis Pendukung
– Bawalah papan jalan atau alas tulis dan kalkulator sebagai alat tulis pendukung. Mungkin saja anda mendapat meja untuk melaksanakan ujian yang sudah berlubang dan tidak rata, maka penggunaan alas tulis sangat diperlukan untuk membantu anda mengisi jawaban pada saat ujian. Pada saat ujian berlangsung kita tidak tahu apakah penggunaan kalkulator dilarang atau tidak, walaupun biasanya dilarang tetapi tidak ada salahnya untuk anda berjaga – jaga membawa kalkulator.

Berpakaian yang Rapi dan Sopan
– Pakailah pakaian yang rapi dan sopan tetapi tetap nyaman untuk anda mengerjakan ujian. Gunakanlah sepatu pada hari pelaksanaan ujian, hal ini dikarenakan mungkin saja pengawas ujian tidak memperbolehkan peserta ujian yang melaksanakan ujian dengan menggunakan alas kaki berupa sandal.

Jangan Datang Terlambat
– Peserta ujian yang datang terlambat ke tempat ujian, pasti akan mengalami kondisi mental yang tidak tenang dan gelisah, hal ini akan mempengaruhi konsentrasi anda dalam mengerjakan ujian.

Jangan Belajar Sama Sekali
– Hentikan segala kegiatan anda untuk membaca buku dan mengulang materi – materi ujian walaupun hanya untuk bacaan ringan, sebaiknya anda mempersiapkan mental anda untuk menghadapi ujian tersebut, pupuk rasa percaya diri anda. Jangan terpengaruh apabila ada teman anda yang coba membahas prediksi soal ujian. Cobalah untuk berpikir bahwa prediksi soal ujian tersebut belum tentu keluar pada ujian nanti.

Dengarkan Aba-Aba dari Pengawas
– Dengarkan dengan seksama aba-aba dari pengawas, apabila dia tidak mengizinkan kepada para peserta untuk tidak mengerjakan soal terlebih dahulu, maka jangan sekali-kali anda berani menyentuh lembar soal tersebut sedikit pun, hal ini dapat berakibat fatal yaitu dengan dimasukannya nama anda ke berita acara.

Periksa Lembar Jawaban Anda
– Pada saat anda menerima lembar jawaban anda, segera periksa lembar jawaban anda, apa ada kerusakan seperti terlipat atau robek, apabila anda menerima lembar jawaban seperti ini, segera minta kepada pengawas ujian untuk menukar lembar jawaban anda.

Periksa Kertas Soal Anda
– Periksa kertas soal anda, pastikan seluruh soal anda dan tidak ada yang kurang, cocokan jumlah soal dengan yang ada dengan jumlah soal yang tertera pada bagian petunjuk umum dari soal.

Isi Nama dan Nomor Ujian dengan Benar – Pada bagian ini, isilah kolom pengisian nama dan nomor ujian anda dengan teliti dikarenakan disini dasar utama dari semuanya. Tak peduli sepintar apapun anda, tetapi apabila anda salah mengisikan nama dan nomor ujian anda, maka sudah dapat dipastikan anda pasti tidak akan lulus. Setelah pengisian nama dan nomor ujian anda dilakukan, maka cocokan kembali antara nama dan nomor yang anda isikan dengan nama dan nomor yang tertera pada kartu ujian. Pastikan isian nama dan nomor ujian anda SAMA PERSIS dengan yang tertera pada kartu ujian anda.

Baca Soal dengan Cepat – Setelah anda memastikan bahwa nama dan nomor ujian telah diisi dengan benar (jangan pernah anda mengerjakan soal tanpa memastikan hal ini terlebih dahulu) lalu tinggalkan lembar jawaban anda. Kini anda hanya akan berurusan dengan lembar soal. Baca soal secara cepat dimulai dari halaman pertama hingga halaman terkahir dengan berurut. Tandai soal yang sulit dengan melingkari nomor soal (hal ini dimaksudkan agar tidak ada soal yang anda lupa kerjakan), langsung jawab soal yang anda anggap mudah dengan menandai jawabannya di kertas soal, bukan di lembar jawaban. Untuk soal yang memerlukan rumus seperti fisika dan matematika, maka tulis rumusnya beserta langkah-langkah pengerjaannya terlebih dahulu di kertas soal dan tinggalkan (jangan dikerjakan lebih dulu), lalu baca soal selanjutnya dan lakukan hal yang sama untuk nomor-nomor selanjutnya, hal ini dimaksudkan agar anda tidak lupa akan rumus-rumus dari soal ujian tersebut. Terkadang walaupun anda sudah begitu yakin untuk mengerjakan soal ujian tersebut, tetapi karena anda sudah mengalami kelelahan otak yang dikarenakan pengerjaan soal-soal sebelumnya, maka akan sangat memungkinkan bahwa anda lupa dengan rumus – rumus yang telah anda hapalkan dengan sangat matang, akan lebih baik jika langsung anda tulis saja rumus tersebut di kertas soal.

Kerjakan Soal Mulai dari Halaman Pertama – Kerjakan soal yang anda dapat kerjakan mulai dari halaman pertama, dari nomor satu lalu ke nomor selanjutnya secara berurut. Hal ini memang bukan hal yang krusial, tetapi dengan mengerjakan soal dimulai dari halaman pertama dan dari nomor satu maka pengerjaan soal anda akan lebih terstruktur. Bukankah sudah menjadi rahasia umum bahwa biasanya soal nomor satu lebih mudah dibanding soal nomor dua ? Dan begitu seterusnya.

Prev1 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Penulis :
Telah menulis sebanyak 59 artikel
Mendapatkan 1,672 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

5 Comments

  1. Zuwi50

    January 22, 2009 at 10:10 am

    kalau pas wawancara kerja sama aja gak yah hehehe… :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. benedict

    benedict

    January 22, 2009 at 12:07 pm

    saya ada artikel dari milis yang saya ikutin isinya tentang walk in interview .. ni isinya disini.

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Haznur

    October 5, 2009 at 12:22 pm

    wah…wah… blon di bca tpi kliytan’a bgus nieh… :lol: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. sangdedi

    sangdedi

    July 23, 2010 at 1:20 am

    pasti bagu dong :D

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Inda Christie SP.

    October 29, 2010 at 9:40 am

    jadi lebih siap dech menghadapi ujian…!!! makasih ya kak,,
    :wink: :!: :arrow: :oops: :lol: 8) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>