Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,299
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,769
dwi

312,823
adit

309,730
resta-andara

273,737
benedict

261,561
rahadian

240,264
bara

228,914
nabilalalala

216,588
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,137
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Peralatan teknologi komunikasi dan fungsinya

Berikut ini adalah peralatan teknologi yang digunakan dalam berbagai kehidupan kita di antaranya sebagai berikut.

1. Telepon
Telepon atau telephone merupakan alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 (dua) orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak. Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts, Amerika, pada tahun 1876.

2. ISDN
ISDN (Integrated Service Digital Network) merupakan jaringan komunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya meproses suara, tapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili, dan lain lain

3. Faksimili
Faksimili atau facsimile merupakan sebuah alat yang mampu mengirimkan dokumen secara persis sama melalui jaringan telepon.

4.   Fiber Optic
Fiber optic merupakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.

5. Leased line
Leased line merupakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya. Jaringan ini bekerja di antara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan private line.

6. wireles
Wireless adalah jaringan komunikasi nir kabel (tanpa kabel). Jaringan komunikasi ini menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat, dan penerima gelombang yang berisi data tersebut.

7. Jaringan Komunikasi dengan Satelit
Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya.

8. Antena, TV dan Radio
Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara. Bentuk antena bermacam macam sesuai dengan desain, pola penyebaran dan frekuensi. Panjang antena secara efektif adalah panjang gelombang frekuensi radio yang dipancarkannya. Antena setengah gelombang adalah sangat populer karena mudah dibuat dan mampu memancarkan gelombang radio secara efektif.
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaranbergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision, yang mempunyai arti masing-masing “jauh” dan “tampak”. Jadi, televisi berarti melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda, karena mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia, televisi secara tak formal terkadang disebut dengan “tivi”, “teve” atau “tipi”.
Terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat dalam penemuan televisi (tv), baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal dari tahun ke tahun. Awalnya, televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar dasar hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang memulai era komunikasi elektronik.
Radio adalah teknologi yang membolehkan pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas (merambat) lewat udara dan juga kevakuman angkasa, gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkutan.

9. Komunikasi Seluier
Telepon genggam atau lebih terkenal dengan sebutan handphone (disingkat HP atau juga disebut pula sebagai telepon selular atau ponsel) adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line yang konvensional namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel) dan tidak perlu telepon genggam disambungkan dengan jaringan telepon (nirkabel / wireless). Telepon genggam, selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat {short message service; SMS). Telepon-telepon yang lebih mahal juga sering menambahkan fitur kamera dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara vang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) yang menambahkan jasa videophone maupun televisi online di telepon genggam mereka.
Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel saat ini, yaitu GSM (Global System For Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access).

Fungsi Peralatan Teknologi Komunikasi

Jaringan teknologi komunikasi merupakan sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya
1. Telepon
Di dalam kehidupan sehari hari telepon merupakan sebuah alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 (dua) orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.

2. ISDN
Dengan menggunakan fasilitas ISDN melalui jaringan telepon kita tidak hanya memproses suara, tapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili, dan lain lain.

3. Faksimili
Penggunaan faksimili di dalam kehidupan kita mampu mengirimkan dokumen secara persis sama melalui jaringan telepon sehingga kita dapat mudah mengirimkan sebuah dokumen ke tempat yang jauh secara cepat.

4. Fiber Optic
Fasilitas ini memungkinkan kita dapat menggunakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi.

5. Leased Line
Dengan menggunakan leased line maka menggunakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih.

6. Wireless
Fasilitas wireless berfungsi untuk jaringan komunikasi dengan menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu sebagai penghantar informasi sehingga kita tidak direpotkan lagi dengan adanya kabel yang harus dibentangkan atau kabel yang dihubungkan dengan perangkat yang kita gunakan.

7. Jaringan Komunikasi dengani Satelit
Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima, dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya.

8. Antena, TV, dan Radio
Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara
Televisi merupakan alat penyampai informasi yang menggunakan gelombang sebagai penghantar sinyal suara dan gambar.
Radio merupakan alat penyampaian informasi yang menggunakan gelombang sebagai penghantar sinyal suara.

9. Komunikasi Seluler
Perangkat komunikasi seluler atau handphone membuat kita dapat berkomunflcasi secara canggih membuat kita lebih dekat dengan sesama dalam ruang lingknp dunia.

Peralatan teknologi komunikasi dan fungsinya, 5.0 out of 5 based on 2 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 41 artikel
Mendapatkan 87 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

3 Comments

  1. zaki sukron

    October 31, 2011 at 6:04 am

    8O kurang lengkap mas …. gg da gambar’y

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. ragil sirkulasi

    November 12, 2011 at 6:24 am

    :roll: :twisted: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. niken hafshah aabidah

    September 21, 2013 at 4:14 am

    good.. bagus..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>