Best Author
sangdedi

743,253
octa

484,363
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,779
dwi

312,845
adit

309,734
resta-andara

273,799
benedict

261,561
rahadian

240,290
bara

228,914
nabilalalala

216,598
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,179
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Pengertian unsur, senyawa, dan campuran dalam kimia

Lambang unsur

Setiap dalam suatu unsur pasti akan diberi lambang sesuai dengan aturan penulisan dalam internasional. Berikut ini adalah aturan penulisan dalam suatu unsur.

a.     Untuk lambang unsur yang hanya terdiri atas satu huruf, penulisannya itu
menggunakan huruf kapital.

Contoh seperti :

  • Karbon dinotasikan C.
  • Unsur Hidrogen dinotasikan H.
  • Unsur Oksigen dinotasikan 0.

b.     Untuk lambang unsur yang terdiri dari dua huruf, penulisan huruf pertama
menggunakan huruf kapital dan huruf kedua dengan mengunakan huruf kecil.
Contohnya seperti :

  • Unsur Natrium dinotasikan Na.
  • Unsur Kalsium dinotasikan Ca.

Berikut ini lambang unsur logam dan nonlogam

Unsur Logam

Unsur Nonlogam

Nama Unsur       Lambang

i Nama Unsur       Lambang
Aluminium          Al Argon                Ar
Antimon Sb Arsen As
Barium Ba Belerang S
Besi Fe Boron B
Bismut Bi Bromin Br
Emas Au Flourin F
Kalium K Fosforus P
Kalsium Ca Helium He
Kobalt                Co Hidrogen H
Kromium Cr lodin 1
Mangan Mn Karbon C
Magnesium Mg Klorin CI
Natrium Na Neon Ne
Nikel Ni Nitrogen N
Perak Ag Oksigen 0
Raksa Hg Silikon Si
Seng Zn Kripton Kr
Tembaga Cu Xenon X

Timah

Sn Selenium Se
Timbal Pb Radon Rn

Tabel periodik unsur

Untuk dapat dengan mudah mempelajari serta mengamati suatu unsur, dibuatlah sebuah table yang dinamakan tabel periodik unsur. Tabel periodik unsur ini ialah suatu tabel yang menggambarkan tentang unsur-unsur yang ada dalam kimia yang dibuat dalam bentuk tabel. Unsur tersebut diatur berdasarkan struktur elektronnya yang bersifat kimia unsur tersebut berubah-ubah secara beraturan di sepanjang tabel. Setiap unsur itu didaftarkan berdasarkan nomor atom serta lambang unsurnya. Dalam tabel periodik unsur, unsur dikelompokkan ke dalam golongan dan periode berdasarkan kesamaan sifat. Golongan dalam tabel periodik disusun secara vertikal (dari atas ke bawah), sedangkan periode unsur disusun secara horizontal (dari kiri ke kanan).

Definisi Senyawa
Definisi dari Senyawa itu ialah suatu gabungan yang terdiri dari dua unsur atau lebih yang bergabung secara kimia dengan perbandingan tertentu dalam setiap molekulnya. Senyawa itu dapat dituliskan dalam rumus kimia. Rumus kimia dari suatu senyawa dapat berupa rumus molekul dan rumus empiris. Ada yang tau nggak rumus molekul dan rumus empires itu pa ???
Kalua Rumus molekul itu adalah suatu molekul yang ada dalam rumus kimia yang menyatakan suatu jenis serta jumlah atom yang dapat menyusun zat. Sedangkan Rumus empiris adalah rumus kimia yang menyatakan suatu perbandingan terkecil atau jumlah dari atom-atom pembentuk senyawa. Contohnya seperti  n-heksana  memiliki  rumus  yang molekulnya  terdiri dari CH3CH2CH2CH2CH2CH3, yang menyatakan bahwa senyawa ini pasti punya struktur rantai lurus yang terdri dari masing-masing  6 atom karbon, dan 14 atom hidrogen. Dengan rumus molekul tersebut maka dapat disimpulkan bahwa formula kimia heksana adalah C6H14, sedangkan rumus empirisnya adalah C3H7 yang menunjukkan rasio C:H sebesar 3 : 7.
1.    Sifat-sifat yang ada dalam senyawa
senyawa itu ternyata mempunyai sifat-sifat tersendiri, berikut ini adalah sifat-sifat dari senyawa :
a.    Senyawa itu dapat terbentuk apabila melalui suatu proses  dari reaksi kimia

b.    Komponen penyusun yang ada pada suatu senyawa pasti mempunyai suatu perbandingan tertentu yang sifatnya tentu saja itu tetap.
(hukum Proust)
c.    Senyawa itu nggak bakal bisa dipisahkan dengan
komponen penyusunnya kembali dengan melalui reaksi fisika.
d.    Senyawa itu dapat dikategorikan sebagai senyawa zat tunggal.
e.    Mempunyai   sifat-sifat   tertentu   yang   berbeda
dengan unsur-unsur pembentuknya.perbandingan dua hidrogen
dan satu oksigen
2..    Penamaan dalam senyawa
a. Senyawa yang terdiri dari unsur logam dan unsur nonlogam
Nama dalam suatu unsur logam menjadi nama depan atau boleh dikatakan dengan duluan dan unsur nonlogam menjadi nama belakang.
Contoh:
Unsur logam     unsur nonlogam      rumus kimia    nama senyawa
Magnesium            oksigen                   MgO             Magnesium oksida
Kalium                     Brom                       KBr               Kalsium Bromida
b. Senyawa yang hanya terdiri dari unsur nonlogamnya saja
Senyawa yang terdiri atas dua unsur nonlogam, nama belakangnya pasti akan diberi akhiran/cta.
Apabila ada pasangan dalam suatu unsur yang bersenyawa lebih dari satu, maka penamaan senyawa

tersebut dibedakan dengan menyebutkan angka indeksnya, yang dinyatakan dalam bahasa yunani sebagai berikut.
1    = mono     6 = heksa
2    = di           7 = hepta
3    = tri           8 = okta
4    = tetra       9 = nona
5    = penta     10 = deka Contoh:
CO = Karbon monoksida    C02 = Karbon dioksida
c. Senyawa yang terdiri atas unsur hidrogen dan nonlogam
Terdapat dua aturan dalam pemberian penamaan untuk senyawa yang, tersusun atas unsur hidrogen dan nonlogam, yaitu:
1)    Kata hidrogen itu dapat dijadikan nama depan dan nama unsur nonlogam sebagai nama belakang dengan akhiran kata Ida.
Contohny seperti  HF = Hidrogen fluorida
2)    Menggunakan kata asam sebagai nama depan dan nama unsur nonlogam
sebagai nama belakang ditambah akhiran ida
Contohnya seperti HF = Asam fluorida
d. Senyawa yang terdiri atas unsur logam, oksigen, dan unsur hidrogen
apabila dalam suatu unsur oksigen merupakan unsur kedua yang diikuti dengan unsur hidrogen maka penamaan senyawa dapat menggunakan suatu  nama unsur logam sebagai nama depan. Kata hidroksida yang merupakan gabungan nama unsur hidrogen dan oksigen, sebagai nama belakangnya.
Contoh: NaOH: Natrium hidroksida KOH: Kalium hidroksida
C. Campuran
Campuran merupakan suatu gabungan yang terjadi atas beberapa zat dengan perbandingannya yang tidak tetap dan tanpa melakukan reaksi kimia. Sifat asli dalam suatu zat pembentuk campuran yaitu ada yang masih dapat dibedakan satu sama lain. Berdasarkan homogenitasnya, campuran itu dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu sebagai berikut.
1.    Campuran homogen
Campuran homogen ialah campuran yang tediri diantara dua zat atau lebih yang apabila partikel-partikel penyusunnya itu tidak bisa lagi dibedakan. Campuran homogen itu punya suatu bagian-bagian penyusun yang sama. Larutan merupakan campuran yang ada dalam suatu homogen. Oleh karenanya, campuran homogen itu kerap sekali disebut juga dengan larutan. Dalam larutan, zat itu dapat terlarut dan itu disebut dengan solute, sedangkan zat pelarut dinamkan solvent. Berikut ini adalah sifat dari larutan.
a.    dalam larutan itu Terdiri atas dua zat atau lebih yang setiap partikelnya itu  penyusunnya menyebar dan merata di seluruh larutan.
b.    dalam larutan Ukuran partikel larutan itu kurang dari 10 nm.
c.    Setiap partikel penyusun larutan menyebar merata di seluruh larutan.

2. Campuran heterogen meruakan Campuran antara dua macam zat atau lebih yang partikel-partikel penyusunnya masih dapat dibedakan satu sama lainnya. Campuran Heterogen itu dapat dibedakan menjadi 2 yaitu sebagi beikut :
a.    Koloid
Partikel-partikel yang ada dalam koloid hanya dapat terlihat dengan menggunakan suatu alat jenis mikroskop yang dinamakan mikroskop ultra. Ukuran partikel yang terdapat dalam larutan kira-kira antara 10 sampai dengan 1000 nm. Partikelnya pun menyebar, tetapi nggak bisa mengendap, serta tidak dapat menghamburkan cahaya. Contohnya seperti susu, asap, kabut, agar-agar, kuningtelur dll.
b.    Suspensi
Obat batuk cair merupakan contoh larutan heterogen (www. flickr.com)
Partikel-partikel yang terdapat pada suspensi dapat dilihat hanya dengan mikroskop biasa. Ukuran partikelnya pun lebih besar yaitu kira-kira sampai 1.000 nm. Suspensi nggak bisa ditembus cahaya. Contohnya seperti minyak dengan air, air keruh, dan air kapur.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat mempengaruhi proses kelarutan dalam suatu zat.
1.    Suhu
Suatu zat akan dapat semakin mudah terlarut dalam zat pelarut apabiila suhunya itu semakin tinggi. Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya suatu partikel-partiklel dalam suatu zat pada suhu yang lebih tinggi dan dapat bergerak lebih cepat sehingga kemungkinan dapat terjadinya suatu tumbukan yang lebih sering dan efektif. Ini membuat zat semakin mudah terlarut.
2.    Ukuran zat terlarut    . *
Secara umum, makin besar luas permukaan pada suatu zat maka pelarutannya pun akan makin lebih cepat. Hal ini dsebabkan karena dengan semakin besar luas permukaan suatu zat, berarti semakin banyak pula partikel yang bertumbukan dan akan mempercepat proses terbentuknya larutan.
3.    Volume  dalam pelarut
Volume pelarut ternyata dapat mempengaruhi proses kelarutanjuga lho…??? . Semakin banyak volume pelarut yang digunakan, maka akan makin cepat suatu zat akan melarut.
4.    Pengadukan
Proses pengadukan dapat mempengaruhi suatu proses dalam kelarutan. Dengan adanya proses dalam pengadukan, pada suatu zat akan semakin lebih cepat terlarutnya dalam suatu pelarut.

D. Pemisahan Campuran
Berikut adalahcontoh pemisahan pada campuran :
Proses industri yang melibatkan proses pemisahan, antara lain pengolahan minyak bumi, pemisahan logam dari mineralnya, penjernihan air, pengolahan limbah industri. Pemisahan campuran dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut.

1.  Penyaringan atau lebih dikenal dengan filtrasi
Dalam suatu proses Penyaringan dilakukannya berdasarkan perbedaan ukuran partikenyal. Dalam Proses penyaringan menggunakan suatu penyaring contohnyanya seperti kertas saring, sehingga partikel-partikel yang sangat kecil dapat melewati penyaring tersebut. Hasil penyaringan pada partikel-partikel disebut dengan filtrat, sedangkan partikel-partikel yang lebih besar dan tertahan pada kertas saring disebu dengan residu.
2. Penyulingan (destilasi)
Penyulingan ialah suatu teknik dalam suatu pemisahan campuran yang terjadi berdasarkan pada perbedaan suatu titik didih yang terdiri dari masing-masing komponen yang ada dalam suatu campuran. Proses pemisahan campuran ini dilakukan dengan caradengan cara penyulingan dilakukan dengan dua cara, yaitu yang pertama adalah dengan cara penguapan pengembunan. Campuran itu mula-mula dipanaskan sampai di atas titik didih zat yang akan dipisahkan. Karena titik didih zat yang akan dipisahkan lebih rendah dari titik didih campuran maka zat tersebut akan menguap lebih dahulu. Uap yang terbentu«: selanjutnya didinginkan sehingga menjadi cairan.

3. Kristalisasi
Zat padat itu nggak bakal dapat dipisahkan dari larutan dengan cara disaring. Zat padat dipisahkan dari larutan meialui proses kristalisasi. Kristalisasi dapat terbentuk jika uap dari partikel yang sudah mengalami sublimasi menjadi dingin. Pada kristalisasi, bahan-bahan lain yang tidak diinginkan, tetapi terdapat dalam campuran, akan tetap berwujud cair.
4. Sublimasi
Sublimasi merupakan perubahan dari wujud zat padat menjadi gas, atau sebaliknya. Tetpai Untuk dapat dipisahkan melalui metode sublimasi ini  zat terlarut harus dapat memiliki perbedaan titik didih yang ti’nggi sehingga dapat menghasilkan suatu uap dengan tingkat kemurniannya yang tinggi. Zat yang dapat menyublim, antara lain kapur barus, iodium, dan kafein.

5. Kromatografi
Kromatografi merupakan suatu tekniik dalam pemisahan suatu campuran dengan cara menguraikan partikel yang berwarna. Dalam campuran tersebut penguraian partikel tersebut berubah menjadi komponen-komponen penyusunnya. Kromatografi biasa digunakan dalam industri makanan yang berguna untuk mengetahui suatu pewarna makanan berbahaya atau tidak bagi kesehatan.
6. Ekstraksi
Ekstraksi ialah pemisahan dalam suatu zat dari campurannya dengan cara melarutkan zat tersebut pada pelarut yang sesuai. Ekstraksi biasanya dilakukan pada industri teh botol.
7. Adsorbsi
Adsorbsi merupakan penarikan yang dilakukan dengan kuat sehingga zat tersebut dapat menempel pada permukaan absorben atau yang lebih dikenal dengan zat penyerap. Zat yang biasa digunakan sebagai penyerap itu seperti karbon aktif yang gunanya itu mampu menyerap gas, zat warna, dan bahkan mikroorganisme. Adsorbsi ini biasa dilakukan pada industri gula yang bertujuan untuk dapat memutihkan gula yang kotor.
8. Penguapan
Penguapan merupakan suatu teknik untuk dapat bisa memisahkan suatu campuran, dengan zat terlarut dalam campuran tersebut adalah zat padat dan pelarutnya adalah zat cair. Penguapan yang terjadi inidapat dilakukan dengan cara memanaskan larutan hingga suhu tertentu. Jika suatu larutan dipanaskan melebihi titik didih pelarutnya maka partikel pelarutanya pun akan semakin menguap, sedangkan padatan yang terlarut akan tertinggal.

Pengertian unsur, senyawa, dan campuran dalam kimia, 4.0 out of 5 based on 9 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 31 artikel
Mendapatkan 432 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

133 Comments

  1. ismed pacepot

    July 17, 2010 at 5:31 am

    :-) bagus2

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Anas

    July 22, 2010 at 9:04 am

    bagus pintar :o :o :o

    ajarin donk :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. selena ds

    July 31, 2010 at 11:38 am

    :!: thanks yaaaaah :) ngbantu banget buat bikin dasar teori praktek kimia gue hahaha :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. nova

    August 12, 2010 at 1:38 pm

    :!: good

    and
    :-) thanks bwt infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. kezhia_penabur_luv_fisika

    September 3, 2010 at 8:24 am

    hmmm… oke oke… bgs jg nih bwt bantu bikin tgs… pintar! thx yaahhh :!:
    :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. fisikaitumamenbanget

    September 3, 2010 at 8:26 am

    thx yah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. desi susanti

    September 4, 2010 at 3:24 am

    the best
    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. sdngundih

    September 4, 2010 at 5:15 am

    saya punya blog. dan blog ini saya sajikan untuk anak didik saya…
    sebelunya bolehkan saya mengkopi paste tautan maslah pembelajaran ini untuk saya upload di blog kami sehingga anak didik kami bisa mengetahui tentang pembelajaran lewatinternet.
    trimakasih
    :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. angel

    September 6, 2010 at 12:33 pm

    thanxs bgt ya… ngebantu bgt buat ngerjain tugas and bantu gue blajar :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  10. dandenintel

    September 26, 2010 at 12:42 pm

    good job !!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Mahasiswa Terbaik

    September 26, 2010 at 12:47 pm

    :P Good Job Team
    :P Nice Shot!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. putri novia d.

    September 27, 2010 at 11:05 am

    8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. abon...

    September 29, 2010 at 1:18 pm

    :o waaa…ini ni baru siiippp :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Anisa Syafira

    September 30, 2010 at 11:57 am

    COOL…LIKE IT VERY MUCH…I LOVE KIMIA AND I LOVE IPA… :!: GOOD :-) I LIKE IT :wink: THE BEST 8) COOL

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. jeany

    October 7, 2010 at 6:50 am

    mksh ya :arrow:
    XDDa
    hihi tulisanny berguna bngt buatku :-) :-)

    :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. zhi

    October 12, 2010 at 12:10 pm

    nebeng belejar eaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :D

    thank’ssssssssss :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. drim

    October 15, 2010 at 10:11 am

    sweet :D :D :D
    semoga bsok aq dapt 100 :!: :!: :!:
    :oops: :oops:
    :arrow: :arrow: :arrow:
    :idea: :idea: argghh…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. ali

    October 19, 2010 at 4:02 am

    :!: mkce baget ini mnrutq plg lngkaap! mantap jaya1

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. Cahyo Cii FpssEven

    October 25, 2010 at 2:27 pm

    zmoga bSk dpT 100 :lol: :lol: :lol:
    :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. marannu

    November 1, 2010 at 2:01 am

    bagus,,,,,,,,,,,,,, :!: :!: :!: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. whiya

    November 4, 2010 at 12:07 am

    :D :-) :o 8) :lol: :P :!: :wink: :arrow: :|
    thanks banget yach

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. umma 7pc

    November 6, 2010 at 2:15 am

    ahhhhhhhhhh! susah bacanya habis Laperrrrrrrrrrr :( :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. whiya

    November 7, 2010 at 2:50 am

    thanks bangetyach :arrow:
    karna buat tugas aku sangat baik :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Marha

    November 15, 2010 at 10:38 am

    Makasih yaah, udah ngebantuin tugasku ! :oops: :!: :-) :D :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. Gustin

    November 18, 2010 at 9:58 am

    :!: :!: :!:
    Ni baru mantaph….
    pkoknya excelent dech…….. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. fioska

    November 20, 2010 at 3:08 pm

    thx bgt ya, kakak…. :!:
    fisika yang menurut aku paling ngeselin :x jadi –> jadi bgini :arrow: dan menyenangkan :lol:
    jadi berguna biar nilai fisika aku jadi meningkat 8)
    nanti rank1 deh… :D ( andai ) :wink: :P :oops: :o :-) :D :arrow: :| :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. puput

    November 23, 2010 at 1:56 pm

    aq lagi nyri unsur tiga huruf ada g sich ????
    :cry:
    :o
    :wink:
    :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. endang larasati

    November 28, 2010 at 9:23 am

    makasih loh….. :lol: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. rahayu

    December 1, 2010 at 8:23 am

    makasihh lohh ngebantu banget deh…. :D :!: :arrow: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. Andre

    December 5, 2010 at 1:04 pm

    :-) bagus2

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. adinda

    December 15, 2010 at 1:02 pm

    mksiy :lol: :-) :wink: :oops: :P :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. Hanna

    December 19, 2010 at 9:24 am

    :lol: :D :o :-) :!: :arrow:
    thank’s

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Bela

    December 19, 2010 at 9:28 am

    :-) :D 8) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. anonim

    December 27, 2010 at 2:59 am

    LENGKAP BANGET,TPI KALO DIHAPALIN SEMUA 1 HARI BISA :x POKOKE :!: JOB DAH

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. pada

    December 27, 2010 at 3:06 am

    :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :x :x :x :x
    aihihihihihihihi :D aihihihihi :D :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
    …………………….
    ………………………………………
    ……………………………………………………..
    HOAAAAAAAAMMM 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. Fitry

    January 7, 2011 at 11:49 pm

    like this :-) :!:
    ngebantu banget bwt gw :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. iie

    January 14, 2011 at 3:23 am

    :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. uyang julandari

    January 21, 2011 at 4:18 am

    like.. :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. eko

    January 25, 2011 at 3:10 am

    kembangkan terus artikel kimia untuk kita semua. jangan lupa share juga di http://www.dokterkimia.com/ kami tunggu kedatangannya….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. WIDYA

    February 1, 2011 at 9:43 am

    :roll: EMMM BINGUNG SUSAH DIMENGERTI

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. aw

    February 18, 2011 at 3:54 pm

    kereeeeeeeeeeennn :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. hendi

    February 21, 2011 at 6:13 am

    :-) :!:
    terima kasih
    sungguh bermanfaat tulisannya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. Bayu

    February 27, 2011 at 11:09 am

    Terimakasih atas informasinya

    informasi ini akan membawa saya sukses dimasa depan
    :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. Yani

    March 14, 2011 at 2:21 am

    Kamu pintar banget……………..! :!:
    Makasi ya da bantu! :o
    :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. anti

    March 16, 2011 at 2:04 pm

    :!: thanks banget ngebantu gua buat ngerjain tugas kimia hehe :lol: :-) :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. Law3nSc0tz

    March 17, 2011 at 11:20 am

    wahhh
    banyak bnget Kom3nt4r ny4
    Kerreeeeen :!: :!: :!: :!: :!: :D 8) :x :idea: :P :? :x :oops: :twisted: :roll: :wink: :idea: :arrow: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. dwitri

    March 21, 2011 at 7:47 am

    enak ya karena ada website ini ak bsa belajar dan cari rumus yg kucari :!: :arrow: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. RIKA SARMIDA TAMPUBOLON

    March 24, 2011 at 6:41 am

    muantap bahhh…..
    :!: :!: :!: :!: 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. RARA ALYSSA

    March 28, 2011 at 12:58 pm

    nice info … thx ya … :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :o :o :o :o :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. fuji

    March 29, 2011 at 2:01 pm

    ASYIKKKK GW BSA NGELENGKAPIN CATATAN GW YG K TINGGAL’N MINTA YAHHHH
    WKWKWKWKWKWK :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :evil: :evil: :evil: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. mizi gokil

    April 5, 2011 at 4:23 am

    :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. jayah

    April 7, 2011 at 8:49 am

    bagus :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. jono

    April 11, 2011 at 8:21 am

    :D :-) :( 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: : :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :?: :arrow: :| like it

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. doris

    April 27, 2011 at 7:09 am

    :P good dahhh :lol:
    :-) :-) :-) :o :x 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. adit

    adit

    June 22, 2011 at 2:31 pm

    makasih banget ya..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. Nurlita Wijayanti - Menur

    July 15, 2011 at 2:59 pm

    :D :lol: :P Cool :!: Can u sending that posting to my e-mail immediately? :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. ema agasta

    July 19, 2011 at 10:40 am

    mksh ya
    bwt yg sdh nmpln blog ini,aq jd g ssh
    lo cri tau tntg kimia
    thank’s :lol: :!: :mrgreen: :| :arrow: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :!: :!: :!: :lol: :lol: :lol: 8) 8) 8) :x :x :x :x :x :evil: :evil: :evil: :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. guest

    July 27, 2011 at 3:38 am

    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. rizqi

    July 28, 2011 at 12:35 pm

    KIMIA EMANG HEBAT :!: :-) :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. sari rizky

    July 31, 2011 at 3:41 am

    tkans ea, :D
    :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. Mr. Spawn

    August 2, 2011 at 12:10 pm

    THANKS ya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. Intania Chantika Alina

    August 3, 2011 at 11:39 am

    thanks :arrow: telah membant q dlm mengrjkn soal skul :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: (10 jempol utk hal. ny :lol: :P :oops: :o :-) :D

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: (cmpr aduk)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. TITA

    August 4, 2011 at 3:43 pm

    terimakasih, benar2 membantuu. :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. haryo

    August 7, 2011 at 12:26 pm

    thank infonya sangat membantu :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. trio

    August 15, 2011 at 12:18 pm

    :?: :?: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. Bima

    August 24, 2011 at 4:45 am

    :!: :!: :!: :!:
    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
    :D :D :D :D
    :-) :-) :-) :-)
    :( :( :( :(
    :o :o :o :o
    8O 8O 8O 8O
    :? :? :? :?
    8) 8) 8) 8)
    :lol: :lol: :lol: :lol:
    :x :x :x :x
    :P :P :P :P
    :oops: :oops: :oops: :oops:
    :cry: :cry: :cry: :cry:
    :evil: :evil: :evil: :evil:
    :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:
    :roll: :roll: :roll: :roll:
    :wink: :wink: :wink: :wink:
    :!: :!: :!: :!:
    :?: :?: :?: :?:
    :idea: :idea: :idea: :idea:
    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:
    :| :| :| :|
    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. bagusss,, good job..hhe

    August 28, 2011 at 5:38 am

    :D :-) :o :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. jimmy

    August 30, 2011 at 3:18 pm

    good job i like it :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :D :D :D :D :D :D :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :P :P :P :P :P :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: 8) 8) 8) 8) 8) :? :? :? :? :o :o :o :o :o :o :o :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. fiyan kallow

    September 6, 2011 at 2:55 am

    siipp ..
    :D :-) :o 8O :? 8) :lol: :x :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :?: :arrow: :| :mrgreen: :idea: :?: :!: :| :arrow: :oops: :oops: :D :( :? :cry: :?: :| :arrow: :idea: :!: :!: :wink: :roll: 8) 8) 8) 8) 8) :? :D :D :-) :x :lol: :P :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. lilla

    September 7, 2011 at 6:39 am

    thanKs bwanget,,, :wink: :wink: tgas q jd kelar dech

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. yoshep ferdinand

    September 8, 2011 at 12:11 pm

    thanXz ya
    moga** nie bisa berguna kelax….. :D
    :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. LyLii cuma sayang phuu

    September 10, 2011 at 1:58 am

    :D :lol: :P :arrow: :| :arrow: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :P 8) :o :-) :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    LIke,, Like,, Like bgtttt
    okokoko bangeeettt

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. yogi-e

    September 13, 2011 at 8:22 am

    :D :x THANKS YEA,,,,SOAL NYA JD GAMPANG DIKERJAIN…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. zizi zahra

    September 23, 2011 at 5:17 am

    :!: :!:
    agak mudeng

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. ifa

    September 28, 2011 at 8:14 am

    :x :-) :lol: :mrgreen: :arrow: :!: :roll: :oops: :P
    thx bgtz infonya,,,
    nie bakalan jdi nilai tugas terbaikkq….
    semoga aq dpt nilai 100 karna ngambil bahan tugas dari sni,,, :lol: :D :-) :arrow: :wink: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. nandorangga

    September 29, 2011 at 3:02 am

    JELEK

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. feni chiliquez ngincer qamu

    September 29, 2011 at 7:27 am

    macacih y km da bwt q smkin tambah pinter :-) :!: :arrow: :o :o :D :D :evil: :evil: :oops: :oops: :arrow: :!: :!: :-) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. MUSTAFAH

    September 30, 2011 at 1:48 am

    8) :lol: :o :( :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. putra

    October 3, 2011 at 12:10 pm

    ye… tgas qu biji nya bagus … :D
    mksih ea :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. Celine

    October 3, 2011 at 1:23 pm

    Lumayan untuk jaga-jaga pas pelajaran ini dimulai :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. giska pranandita

    October 4, 2011 at 9:57 am

    Trimksih bnyk……….udh bntuin ngerjain tgs q :- :!: :( :o 8) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. annisyah nurqolbiyah sa'un

    October 5, 2011 at 12:41 am

    haaaaaaa :P ups :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. keceee

    October 10, 2011 at 7:19 am

    :o :o :o :o :o :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. Tiara

    October 16, 2011 at 12:27 am

    :lol: hore!!!!!!,ini cukup membantu saya… :oops: :!:

    :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. adipura pedro masela

    October 19, 2011 at 11:52 am

    alhamdulillah ya..
    tugasku jadi mudah nich…
    mhttp://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gifakasih semoga link ini menjadi tambah sesuatu

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. rani

    October 19, 2011 at 12:58 pm

    trim’s bget iy… :wink:
    jd skrg q bs bljr cpet deh :|
    Hehehe :oops:
    :D :D :D :D
    siip :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. he"e

    October 19, 2011 at 1:39 pm

    :| :D :idea: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: :mrgreen: :| :arrow: :idea: :!: :cry: :evil: :lol: 8) :? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. yulfi ana

    October 19, 2011 at 11:15 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :oops: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:
    i like :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. warsito sains

    October 20, 2011 at 12:15 am

    bagus sekali, sangat membantu belajar….. : :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. jason

    October 20, 2011 at 3:57 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. muchlis farid

    October 21, 2011 at 1:06 pm

    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: thank

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. yuki

    October 24, 2011 at 1:25 am

    thanks for your help

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. tasya

    October 24, 2011 at 1:50 pm

    :P :P :P :P :twisted: :twisted: :arrow: :idea: :idea: :idea: :( :( :D :D :o :x :? 8O :o :wink: :roll: :evil: :mrgreen: :? :x :x :x
    coollll :oops: :oops: :oops: :oops: :cry: :cry: :x :lol: :? 8O :o :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :x :x :x :P :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  94. intan

    October 25, 2011 at 9:20 am

    :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  95. ADINDA YUNITA

    October 26, 2011 at 11:29 am

    BAGUSS BANGGGGEEEEET
    THANKS INFONYA BRGUNA BGT
    :P :oops: :!: :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  96. Tari

    October 26, 2011 at 12:45 pm

    :!: :!: :!: :!:
    infonya membantu , memakai bahasa komunikatif. thanks ya!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  97. skorex

    October 26, 2011 at 1:35 pm

    ijin kopi ga

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  98. ai

    October 27, 2011 at 12:04 pm

    :x :x :x :x :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: kok gak ada yang dimaksud definisi zat

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  99. fadly

    October 28, 2011 at 7:57 am

    trus berkarya..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  100. devi ariska

    October 28, 2011 at 1:17 pm

    taq da yang d maksud dengan campuran ??????????

    taq da yg c0c0q p00n…..|

    :twisted: :? 8O :x :x :x :mrgreen: :mrgreen: :idea: :idea: :idea: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  101. agung

    November 3, 2011 at 10:37 am

    i like it :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  102. Lintang

    November 7, 2011 at 1:40 pm

    Mbantu banget….
    Thank’s :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  103. lili

    November 8, 2011 at 8:20 am

    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :( :( :( :( :( :( :( :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :idea: :idea: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :x :x :x :x :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :P :P :P :P :P :P :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: 8O 8O 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  104. ayu ting ting

    November 8, 2011 at 1:40 pm

    Good job baik dan bagus :lol: :!: :!: :!: :D :-) :o :P :oops: :wink: :!: :| :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  105. shucie ayu wandana

    November 9, 2011 at 1:58 pm

    i like it,,,,,,,,,,,………. :D :arrow: :lol: :wink: :!:
    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :
    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:
    8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
    :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  106. chintya

    November 13, 2011 at 4:13 am

    like membantu banget aku udah bisa membuat makala…. thanks yah :!: :!: :!: :!: :!: :!: :oops: :oops: :D :-) :o 8O :? :? 8) 8) :lol: :lol: :x :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  107. ardiansyah

    November 13, 2011 at 10:27 am

    bagus :arrow: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  108. hafid

    November 15, 2011 at 12:39 pm

    lumayan bisa ngebantu
    8) :!: :arrow: :D :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  109. gabriella

    November 15, 2011 at 2:07 pm

    :lol: :!: :D makasih yaa ngbantu banget buat ulangan :!: :P :lol: :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  110. aassooyy

    November 16, 2011 at 11:04 am

    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D
    :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :evil: :evil: :evil: :evil: :?: :?: :idea: :idea: :!: :twisted: :twisted: :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :o :o :o :o :o :o 8O 8O 8O 8O 8O 8O :? :? :? :? :? :? 8) 8) 8) 8) 8) :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :P :P :P :P :P :P :oops: :oops: :oops: :cry: :twisted: :evil: :twisted: :evil: :evil: :twisted: :wink: :wink: :!: :idea: :| :mrgreen: :mrgreen: :| :| :arrow: :arrow: :?: :?: :!: :!: :!: :!: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  111. nadia nilam s

    November 22, 2011 at 1:35 am

    bagus bgt untuk nambah :!: pengetahuan q lbh byk :lol: lagi loh hehehehehehehehehehehe :arrow: :| :| :oops: :P :lol: :-) :D 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  112. NaCl

    November 22, 2011 at 3:58 pm

    lumayan buat ngelengkapin catatan :D :-) :o :o
    makasihh :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  113. Mr.X

    November 29, 2011 at 1:09 am

    kok nggak ada gambar yang kayak gambar senyawa unsur dan campuran seperhi gambar atom-atom hydrogen dan oxygen menjadi H2O, dan juga seperti Natrium (NA) dan Klorida (cl) menjadi NAcl :idea: :mrgreen: :twisted: :cry: :?: :x 8O :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  114. dita

    December 11, 2011 at 12:47 pm

    IZIN NGOPI GAMBAR Y :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  115. wahyu

    December 12, 2011 at 11:56 am

    NGBANtu x tu..
    sip dah :!: :!: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  116. andreas

    December 13, 2011 at 2:21 pm

    thx eahhhhh……. :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  117. AGUS

    December 15, 2011 at 3:16 am

    8) :-) :-) :-) :-) :-) :o :arrow: :| :!: :!: :!: :!: :evil: :oops: :P :lol: 8) :o :D :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    I LIKE IT

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  118. Naja

    December 19, 2011 at 3:16 am

    Terima kasih….. :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  119. zahra

    December 20, 2011 at 1:16 pm

    :-) :D :lol: :arrow: :oops:
    Mkasi yea kak udh bntu tgas aku,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  120. rajef

    September 26, 2012 at 11:47 am

    hahah lega bisa bikin pr ipa yang super susah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  121. Sinta

    October 28, 2012 at 3:02 am

    THANK YOU VERY MUCH…………. :) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  122. Cho KyuViqa

    November 26, 2012 at 3:11 pm

    thank’s atas bahan pelajarannya :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  123. pandu franzjaya (juli/yudha)

    January 8, 2013 at 8:12 pm

    jadi ingat waktu di strap (di hukum) sama bu guru kimia karena nggak ngerjakan PR padahal tuu, ilmu sangat muda mungkin dulu waktu sekolah nggak pernah kepikiran kalo sebenarnya semua pelajaran thu mudah ndak perlu dibuat beban yang penting tahu maksud dan tujuan yang kita pelajari dijamin hapal dan paham …………………

    buat adik adik yang masih sekolah, pejari semua ilmu ambil positipnya dan pahami negatifnya dan jadikan ilmu pelajaran apapun sebagai sahabat pasti nilai dapat IP nggak ngecewakan, tapi kalo kita benci ama pelajaran yaaaaaaa…………………….

    dapatnya nilai jelek.

    sama seperti orang pacaran kalo kita seneng …… pasti kita baikan
    tapi kalo uda benci …………. pikiran kita jelek terus ………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
    • pandu franzjaya (juli/yudha)

      January 8, 2013 at 8:25 pm

      jadi ingat waktu di strap (di hukum) sama bu guru kimia karena nggak ngerjakan PR padahal tuu, ilmu sangat mudah mungkin dulu waktu sekolah nggak pernah kepikiran kalo sebenarnya semua pelajaran thu mudah ndak perlu dibuat beban yang penting tahu maksud dan tujuan yang kita pelajari dijamin hapal dan paham …………………

      buat adik adik yang masih sekolah, pelajari semua ilmu ambil positipnya dan pahami negatifnya dan jadikan ilmu pelajaran apapun sebagai sahabat pasti nilai dapat IP nggak ngecewakan, tapi kalo kita benci ama pelajaran yaaaaaaa…………………….

      dapatnya nilai jelek.

      sama seperti orang pacaran kalo kita seneng …… pasti kita baikan
      tapi kalo uda benci …………. pikiran kita jelek terus …………..

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: -1 (from 1 vote)
  124. marisa

    July 21, 2013 at 9:03 am

    makasih banyak kakak :) :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  125. benhard

    July 31, 2013 at 2:15 pm

    sangaattttttttttt bagus isinya :D :)
    thanks ya :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  126. kaluk

    September 17, 2013 at 11:58 am

    cara pintas dari materi ini

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  127. kaluk

    September 17, 2013 at 12:00 pm

    like study comestry

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  128. aidil

    September 24, 2013 at 1:23 pm

    gila apppppppppppppppa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  129. verlian

    October 3, 2013 at 7:30 am

    gak ada yang lain bkn kak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  130. Rofif

    October 3, 2013 at 11:49 am

    bro gw tanya, klo perbandingan jumlah zatnya apa bro?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  131. hera

    December 17, 2013 at 9:05 am

    bagus jga
    jadi ya aku bisa belajar

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  132. ayu setyorini istiqomah

    September 11, 2014 at 2:27 pm

    teima kasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>