Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,285
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,769
dwi

312,823
adit

309,710
resta-andara

273,707
benedict

261,561
rahadian

240,264
bara

228,914
nabilalalala

216,582
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,135
suranto

100,765
admin

98,844
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Pengertian Asam, Basa dan Garam

Asam
Asam itu asal ya dari bahasa latin, yaitu denfan ktaacidus yang artinya masam. Asam menurut Arrhenius adalah senyawa yang menghasilkan ion hidrogen ketika larut dalam pelarut air. Kekuatan asam ditentukan oleh banyak-sedikitnya ion hidrogen yang dihasilkan. Semakin banyak ion H+ yang dihasilkan, semakin kuat sifat asamnya.
No    Nama asam        Terdapat dalam

1.    Asam asetat        Larutan cuka
2.    Asam askorbat        Jeruk,tomat,sayuran
3.     Asam sitrat        Jeruk
4.     Asam tanat        Teh
5.     Asam karbonat        Minuman berkarbonasi
6.     Asam klorida        Lambung
7.     Asam nitrat        Pupuk,peledak (TNT)
8.    Asam laktat        Susu yang difermentasikan
9.     Asam sulfat        Baterai mobil,pupuk
10.    Asam benzoat        bahan pengawet makanan

1. Sifat asam
Suatu zat dapat dikatakan asam apabila zat tersebut memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
a.    Memiliki rasa asam/masam/kecut jika dikecap.
b.    Menghasilkan ion H+ jika dilarutkan dalam air.
c.    Memiliki pH kurang dari 7 (pH < 7).
d.    Bersifat korosif, artinya dapat menyebabkan karat pada logam.
e.    Jika diuji dengan kertas lakmus, mengakibatkan perubahan warna sebagai
berikut.

•    Lakmus biru -> berubah menjadi warna merah.
•    Lakmus merah -> tetap berwarna merah.
f.    Menghantarkan arus listrik.
g.    Bereaksi dengan logam menghasilkan gas hidrogen.

Pengelompokan asam
Berdasarkan kekuatannya, asam itu terbagi menjadi dua kelompok, yaitu:
a.    Asam kuat, yaitu asam yang banyak menghasilkan ion yang ada dalam larutannya (asam yang terionisasi sempurna dalam larutannya).
b.    Asam lemah, adalah asam yang sedikit menghasilkan ion yang ada dalam larutannya (hanya terionisasi sebagian).

Asam juga berguna dalam kehidupan sehari-hari kita lho, contohnya    adalah sebagai berikut:
a.    Proses dalam pembuatan pupuk
b.    Proses dalam Pembuatan obat-obatan
c.    Pembersih permukaan logam
d.    Proses pembuatan Bahan peledak
e.    Proses pembuatan Pengawet makanan

Basa
Basa kalu menurut Arrhenius ialah senyawa yang terlarut dalam air yang sudah menghasilkan ion hidroksida (OH). Semakin banyaknya jumlah ion OH yang dihasilkan, maka semakin kuat lah sifat basanya. Basa juga dapat menetralisasikan  asam (H+) dan menghasilkan air (H20).

Inilah Beberapa basa yang sudah dikenal oleh manusia yang dapat dilihat pada tabel berikut
No    Nama asam        Terdapat dalam
1.     Aluminium hidroksida    Deodoran dan antasida
2.     Kalsium hidroksida    Mortar dan plester
3.    Magnesium hidroksida    Obat urus-urus dan antasida
4.    Natrium hidroksida    Bahan sabun

Karakteristik basa
Suatu zat dapat dikatakan basa jika zat tersebut punya sifat sebagai berikut.
a.    Rasanya itu Pahit dan terasa licin pada kulit.
b.    Apabila dilarutkan dalam air zat tersebut akan akan menghasilkan ion OH”.
c.    Memiliki pH di atas 7 (pH > 7).
d.      Bersifat elektrolit.
e.      Jika diuji menggunakan kertas lakmus akan memberikan hasil sebagai berikut.

•    Lakmus merah -> berubah warnanya menjadi biru.
•    Lakmus biru -> tetap berwarna biru
f.      Menetralkan sifat asam.

Pengelompokan basa
Berdasarkan kemampuan melepaskan ion OH”, basa dapat terbagi menjadi 2 yaitu :
a.    Basa kuat, yaitu basa yang bisa menghasilkan ion OH dalam jumlah yang besar. Basa kuat biasanya disebut dengan istilah kausatik. Contohnya kayak Natrium hidroksida, Kalium hidroksida, dan Kalsium hidroksida.
b.    Sedangkan Basa lemah, yaitu basa yang bisa menghasilkan ion OH” dalam jumlah kecil.Contohnya kayak ammonia.

Penggunaan basa dalam suatu kehidupan sehari-hari
a.    Bahan dalam pembuatan semen.
b.    Pembuatan deterjen/sabun.
c.    Baking soda dalam pembuatan kue.

Garam
Garam ialah zat senyawa yang telah disusun oleh ion positif (anion) basa dan ion negatif (kation) asam. Jika asam dan basa tepat habis bereaksi maka reaksinya disebut reaksi penetralan (reaksi netralisasi).

Beberapa contoh garam yang dikenal orang sebagai berikut.
NO    Nama garam         Rumus        Nama dagang        manfaat

1.    Natrium klorida        NaCI        Garam dapur        Penamabah rasa makanan
2.    Natrium bikarbonat  NaHCO3    baking soda        Pengembang kue
3.    Kalsium karbonat    CaCO3        kalsit                  Cat tembok dan bahan karet
4.     Kalsium nitrat        KNO3         Saltpeter              Pupuk dan bahan peledak
5.    Kalsium karbonat    K2CO3        Potash                 Sabun dan kaca
6.     Natrium posfat       Na3PO4        TSP                     Deterjen
7.    Amonium klorida      NH4CI        Salmiak            Baterai kering

Berikut ini ragam indikator.
1.    Indikator alami (terbuat dari zat warna alami tumbuhah)
Indikator alami hanya bisa menunjukkan apakah zat tersebut bersifat asam atau basa, tetapi tidak dapat menunjukan nilai pH-nya. Contohnya kayak Ekstrak bunga mawar. Ekstrak kembang sepatu. Ekstrak kunyit. Ekstrak temulawak. Ekstrak wortel. Ekstrak kol (kubis) merah. Tanaman Hydrangea

Indikator sintetis yang umum ini digunakan di laboratorium adalah:
a.  Kertas lakmus. Indikator lakmus tidak dapat menunjukkan nilai pH, tetapi hanya mengidentlfikasikan apakah suatu zat bersifat basa atau asam. Jika lakmus berwarna merah berarti zat bersifat asam dan jika lakmus berwarna biru berarti lakmus bersifat basa.

b. Indikator sintesis, yang memiliki kisaran nilai pH adalah:
Nama indikator        trayek pH    Perubahan warna
1. fenolftalein (pp)      8,3-10         tak berwarna-merah muda
2. Metil orange(Mo)     3,2-4,4        Merah-kuning
3. Metil merah (Mm)    4,8-6,0        Merah-kuning
4. Bromtimol biru (Bb)  6,0-7,6        Kuning-biru
5. Metil biru (Mb)         10,6-13,4     Biru-ungu

Indikator universal, yakni indikator yang punya warna standar yang berbeda untuk setiap nilai pH 1 – 14. Fungsi indikator universal adalah untuk memeriksa derajat keasaman (pH) suatu zat secara akurat. Mat yang termasuk indikator universal adalah pH meter yang menghasilkan data pembacaan indikator secara digital.

Berikut ini adalah karakteristik dari garam.
1.    Memiliki titik lebur yang tinggi.
2.    Merupakan senyawa ionik dengan ikatan kuat.
3.    Dalam bentuk leburan atau larutan dapat menghantarkan listrik.
4.    Sifat larutannya dapat berupa asam, basa, atau netral. Sifat ini tergantung dari jenis asam/basa kuat pembentuknya.

Secara umum, proses pembentukan garam dirumuskan sebagai berikut.
Asam + Basa -> Garam + Air

Contoh:

2Cu (s)    + 2HCI                   2CuCI         H2
(logam tembaga) + (asam klorida encer) -> tembaga klorida + (gas hidrogen)

Reaksi kimia lain yang dapat menghasilkan garam adalah:
1.Asam                + Basa                 menghasilkan garam + air
2.Basa                 + Oksida asam    menghasilkan garam + air
3.Asam                + Oksida basa     menghasilkan garam + air
4.Oksida asam    + Oksida basa      Menghasilkan garam
5.Logam              + Asam                menghasilkan garam menghasilkan garam + H2

Indikator, Skala Keasaman dan Kebasaan
Indikator adalah senyawa kompleks yang bisa bereaksi dengan asam dan basa. Indikator digunakan untuk mengidentifikasi apakah suatu zat bersifat asam atau basa. Selain itu, indikator juga digunakan untuk mengetahui titik tingkat kekuatan asam atau basa. Skala keasaman dan kebasaan ditunjukkan oleh besar-kecilnya nilai pH yang skalanya dari 0 sampai dengan 14. Semakin kecil nilai pH maka senyawa tersebut semakin asam. Sebaliknya, semakin besar nilai pH maka senyawa tersebut semakin bersifat basa.
Indikator dapat terbuat dari zat warna alami tanaman atau dibuat secara sintetis di laboratorium. Syarat dapat atau tidaknya suatu zat dijadikan indikator asam-basa adalah bisa terjadi perubahan warna apabila suatu indikator diteteskan pada larutan asam atau basa.

Pengertian Asam, Basa dan Garam, 3.8 out of 5 based on 23 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 49 artikel
Mendapatkan 567 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

243 Comments

  1. wid wid

    July 18, 2010 at 3:29 am

    makasi infonya, membantu banget hehehheh ^^ :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +3 (from 5 votes)
  2. Alwi

    August 13, 2010 at 10:02 am

    Makasih yach,,,,
    Membantu banget…. :!: :o
    :D :-) :( 8) :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 3 votes)
  3. Afi

    August 17, 2010 at 2:12 pm

    Biasa aja,,,, :x :D :arrow: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -4 (from 6 votes)
  4. Septia

    August 28, 2010 at 4:34 am

    maksih ya dah mo bantu q…..
    :-) :lol: :evil: :wink: :oops:
    makasih :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  5. berliana N. A.

    September 16, 2010 at 10:42 pm

    bagus…. :!: sekali… :-) keren… 8) tapi… kok gag berwarna,yea…….??? :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  6. Riasita ariska

    September 17, 2010 at 6:19 am

    :!:
    bantu gw buat tgs..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  7. amix

    September 19, 2010 at 9:11 am

    thanksss ya informsinya,coz sangat bantu saya…. :!: :!:
    :-) 8) :lol: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  8. diva

    September 19, 2010 at 10:28 am

    bikin soal + jawabannya dong 8) :wink: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  9. Muhammad Fadzlur Rahman

    September 20, 2010 at 8:50 am

    Thanks ya udh nulis ini ..
    ak jdi g prlu nyari dimana mana lagi :!: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  10. aoi sorae

    September 28, 2010 at 11:51 am

    :( :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  11. sintia agustira putri

    September 28, 2010 at 1:01 pm

    :arrow: :!: :oops: :D :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  12. Erica Dewi

    October 1, 2010 at 10:04 am

    tengkiyuu yaa … membantuu tugas’q nii … wkwkwk :-) :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  13. Nadia

    October 4, 2010 at 12:01 pm

    thx atas infonya.. :lol: :-)
    klu bsa pke nama ilmiahnya juga dund…jgn garamnya doang asam basanya juga
    okee :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  14. farras

    October 6, 2010 at 11:51 am

    thanks ya udah bantu,, :D :-) 8) :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  15. iqbal

    October 9, 2010 at 7:11 am

    :evil: :cry: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • indah bella syafirah

      October 8, 2013 at 2:18 pm

      emang baguzzzzzz bwangettttttttt yach zampeee bikin ulangan gue 100,gue seneng banget pastinya GARING…

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: +1 (from 1 vote)
  16. muhammad iqbal

    October 9, 2010 at 7:14 am

    bgus nih infonya :!: :!: :!: :!: :!: :!: 8) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  17. IRMA

    October 10, 2010 at 11:48 am

    :P DS 8) 8O :? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  18. gina

    October 19, 2010 at 7:42 am

    :D :arrow: :-) :o 8) :oops: :P :wink:
    makasihttt buanyyakk yahttt

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  19. eka

    October 25, 2010 at 8:48 am

    makasiiii :!: :o :evil:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  20. shopia

    October 27, 2010 at 10:33 am

    kok cuma segitu sih kenapa ga dijelasin secara rinci juga rumus kimianya…jadi kn biar lebih jelas…. :wink: 8) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • rainbow dash

      September 9, 2013 at 2:29 pm

      ipa SMP bikin puyeng,padahal saya baru kelas 1 SMP. DUKUNG SAYA AGAR BISA NAIK KELAS!!! :)

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: -1 (from 1 vote)
  21. icha

    October 28, 2010 at 3:10 pm

    OCE punya….thanks… :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. ATIN

    November 3, 2010 at 10:19 am

    thanks ya atas infox.. ngebantu bgt :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. amara furqani gebrina

    November 5, 2010 at 4:08 am

    maksiiih infonya bgus bngeeett.. :| :lol: :P :!: :!: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. garniesa

    November 5, 2010 at 7:00 am

    fungsi natrium hidroksida buat tekstilapay? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
    • indah bella syafirah

      October 8, 2013 at 2:21 pm

      Thanksss yachhh atazzz penjelasannnyaa!!!!
      ;)

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  25. fikri

    November 5, 2010 at 11:45 pm

    :twisted: WAK NICH GW PENGHANCUR DUNIAMALAM :!: :!: :!:
    :twisted: :twisted: :!: :!: :twisted: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. icha

    November 6, 2010 at 5:17 am

    :arrow: :o
    i Love kimia

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. lia

    November 9, 2010 at 10:08 am

    aqw g9 snen9 blz………….. :twisted: :mrgreen: :( :? :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. Febri yani

    November 9, 2010 at 11:20 am

    :wink: :arrow: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. audina hasana arizal

    November 10, 2010 at 1:36 pm

    :D :!: :lol: :-) :o :wink: ok

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. esther

    November 17, 2010 at 5:33 am

    :D :-) :o 8) :lol: :evil: :wink: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. hyun joong

    November 20, 2010 at 11:29 am

    waaaa,bantu banget infonya thank ya.. :lol: :oops: :!: :!: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. Deep itu Gue

    November 21, 2010 at 6:52 am

    thx ya atas info nya :!: :?: :idea: :| :mrgreen: :twisted: :cry: :oops: :lol: :? :arrow: :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? :lol: :x :P :cry: :evil: :twisted: :roll: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. na_cute

    November 22, 2010 at 2:26 am

    thanks infonya bantu bahan ajar saya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. mario

    November 23, 2010 at 11:49 am

    Makasiii atas bantuannyaa :!: hahaha :lol: akhirnya gue ga di setrap furu :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • indah bella syafirah

      October 8, 2013 at 2:29 pm

      ha ha ahaaaaaaa lucu bngettt zichhh lueee
      :) ;O :* :}

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  35. tukiyem

    November 25, 2010 at 4:57 am

    pengertian garam asam ma grm basa apa nii?? :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • indah bella syafirah

      October 8, 2013 at 2:34 pm

      baca dulu dengan teliti guys,agar kalian tau….dengan jelas karena kalau belum dibaca maka kalian semua akan nggak mengerti…..sebab mambaca itu bisa membuat kita tau semua ilmu yang diberikan dari seseorang

      MAAF YACH SEMUA KALAU ADA PEMBICARAAN SAYA YANG MEMBUAT GUYS KURANG PAHAM MOHON MAAF YACH……..:) :(

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  36. vitha

    November 25, 2010 at 1:17 pm

    blim dpet2 jga contoh penggaraman yg gue mau…… :? :( :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • indah bella syafirah

      October 8, 2013 at 2:35 pm

      tenang ajha SOB gue akan ngebantu eloe kok

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  37. chaphiera

    November 28, 2010 at 5:31 am

    pa mzih da yg lain ?????????????
    cZx tugaz q mzih krang,,,,,,……..
    hehehehehehe,,,,,,,,,,,,,……….. :D :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. IKA

    November 30, 2010 at 6:39 am

    thank’s yaaaaa
    membantu bngeettttttttt
    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :lol: 8) :P :cry: :twisted: :arrow: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. Unnamedinlife

    December 5, 2010 at 5:01 am

    makasih banget ya atas websitenya,belajar jadi mudah.. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. abiyyu

    December 5, 2010 at 10:59 am

    makasih ya… :lol: :lol: :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. fipusyma

    December 13, 2010 at 2:35 pm

    :!: iya bagus.. :-) maksi ya dah banyak ngebantu,,tapi :cry: :cry: masih banyak yang kosong ku ga tau mau jawab apa?? :roll: :roll:
    tapi ga apalah :?: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. gita

    December 15, 2010 at 1:39 pm

    Makasih
    atas informasinya …….
    :D :wink: :arrow: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. mardian

    December 18, 2010 at 12:15 pm

    THANK YOU VERI MUCH……………………?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. cindiy

    December 19, 2010 at 1:38 pm

    OCTA NGAMBIL DARI BUKU APA YA…?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. Agustn dwi yana

    January 5, 2011 at 1:59 pm

    koq contoh basa n rms kimia basa nya cuma dikt.
    saia butuh 100

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. Tieshyha

    January 6, 2011 at 2:43 am

    …iiaa biesha…biesha…. :D http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_mad.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. JRS

    January 6, 2011 at 2:48 am

    …..tqnyqk jhq mq nqg smpn 2 pqre yg ikut lomba claster…..
    :lol: :!: :!: :!: :!: :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. vitginity

    January 6, 2011 at 2:51 am

    …juara OLIMPIADE CLASTER FISIKA iiaa A.ABBAST.B.A.S…..
    …CKCKCKCKCKCKCKCKC..
    :D :lol: :!: :!: :!: :!: :| :wink: :P :x :oops: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. helmi

    January 8, 2011 at 4:32 am

    mentep….selalu exsis ya :!: :!: :!: :evil: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. octa

    octa

    January 9, 2011 at 4:09 pm

    thank’s y…

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. Anis Fairizza

    January 13, 2011 at 11:31 am

    makasih banyak info nya..
    :-) :-) :-) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. ericko

    January 13, 2011 at 12:19 pm

    THANKS YAH….,,,BSOK UDAH MAU NGUMPUL TUGAS NIH :cry: :cry: :P :x 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. rinda

    January 13, 2011 at 1:38 pm

    mksih ya btw pengertian asam dan basa hipotetis apa ya???????? :-) :-) 8) :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • caca

      October 2, 2014 at 8:46 am

      Thanks

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  54. meersha

    January 18, 2011 at 11:23 am

    thanks for all… :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. pradnyadewi

    January 23, 2011 at 8:52 am

    thanx bgt iiah,, sangat membantu saiia dlam mencari tugas,, :!: :!: :!: :!: :!: :P :P :P :P :P :-) :-) :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. Indah

    January 23, 2011 at 12:51 pm

    makasih banyak ka,, ngebantu aku bgt buat cari tugas :!: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. rere

    January 25, 2011 at 6:06 am

    I LOPH KIMIA :D :lol: :oops: :arrow: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. sri anggrek

    January 30, 2011 at 1:12 pm

    :idea: pyah cari pr kimia dr internet

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. Rusdha

    February 4, 2011 at 11:40 am

    kimiax bguz jg :lol: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. DIAN

    February 20, 2011 at 8:00 pm

    Kenapa mesti ada pengelompokan asam kuat ma basah kuat, ditunggu penjelasannya……
    TERIMA KASIH

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. dyan :)

    March 1, 2011 at 10:46 am

    makasihh yaa telah berbagi :o :o :o :o :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. filda azalia

    March 5, 2011 at 7:41 am

    makasihhh yaaaa…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. novid

    March 7, 2011 at 9:52 am

    :arrow: Trima kasih banyak gan :lol: ™ 

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  64. Myo

    March 11, 2011 at 8:22 am

    Tq gan informasi nya ..

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: ..

    Nayz For Info . :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. ardyka

    March 12, 2011 at 8:21 am

    :-) : :!: :arrow: :twisted: :D :roll: :P :!: :roll: :idea: :arrow:
    mksih dh bntuu aq……

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. lia

    March 12, 2011 at 6:31 pm

    ciippp dah :o :lol: :wink: :!: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. wenta

    March 16, 2011 at 6:42 am

    sgt membantu aq dlm mengerjakan tugas 8) 8) 8) :cry: :cry: :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. virddy

    March 21, 2011 at 6:22 am

    :o :-) :D :lol: :!: :!: :!: :arrow:
    thx bngettd yh ..
    nhhe ngebntuu guuw ngt b :wink: wtt blljr …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. ayyu

    March 21, 2011 at 6:24 am

    :D :-) :o 8) :lol: :P :oops: :wink: :!: :arrow: :arrow: :arrow: :|
    thx bnget ..
    krrennz abiiezz dh …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. roy

    March 29, 2011 at 2:59 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :lol: :lol: :lol: 8) 8) 8) :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. riekkhhha

    April 5, 2011 at 8:18 am

    HUHUHUUUUUU KIMIAAA PUZIIGG UIII

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. ghassani

    April 12, 2011 at 3:21 pm

    :x aku udah prustasi bikin laporan plus pembahasan kimia
    untung.a disini ada banyak bahan buat dijadiin laporan, arigatou gozaimasu :-)
    :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. mirah

    April 15, 2011 at 8:39 am

    bagus :!: ,, keren :arrow: ,, tapi koq susah dimengerti :oops:
    hehehe… :oops: :P :lol: :D :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. usy

    April 21, 2011 at 1:40 pm

    trimakasih ea uda ngebantu ue ngrjaen tugas…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. nada

    May 1, 2011 at 11:57 am

    wha!! thanx ya…
    sangat membantu…
    aku jadi lebih gampang ngerjain pr …. :!: :!: :-) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. u

    May 1, 2011 at 12:09 pm

    8) 8) 8) 8) :!: :!: :!: :lol: :lol: :lol: :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. eva

    May 2, 2011 at 1:18 am

    shippp

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. umie

    June 4, 2011 at 3:37 pm

    thankz,,, i like it,,, singkt jelas padat n mudah d mengerti :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. fietri

    June 12, 2011 at 11:22 am

    bgus tpi pengertianx lum meluaskan tentang bab ini tpi sudah asip :( :o :-) :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :P ……………………..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. octa

    octa

    June 20, 2011 at 2:43 pm

    makasihnya..
    sma2..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. anda rias

    July 8, 2011 at 3:31 am

    tanya, dalam pengukuran pH ada yang menggunakan kata masam untuk pH yang rendah dan ada yang menggunakan kata asam untuk menunjukan pH yang rendah, kata mana yang seharusnya digunakan?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. fajar

    July 16, 2011 at 10:05 am

    kok gak ada kerugian yg terdapat dalam asam

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. novia

    July 29, 2011 at 2:17 am

    thanks bantuan nya :-) :!: :arrow: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. tika 4eper

    August 1, 2011 at 12:10 pm

    :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. prita

    August 1, 2011 at 11:10 pm

    :mrgreen: :idea: :?: :twisted: :evil: :x 8O :? :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. Lily

    August 6, 2011 at 4:43 am

    :!: KEREN…

    makasih yah.. :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. muhammad wal hakim

    August 6, 2011 at 5:28 am

    TOLONG BGT MAS MBA, APA PENGARUH pH terhadap terhadap voltase?
    dan apa ciri2 elektrolit? tolong

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. eky

    August 11, 2011 at 9:20 am

    WAH,nie bermanfaat bnget nih bagin org yg gak ngerti !!!!
    klo gak tau website-nya gimana ?????
    :lol: :lol: :lol: :roll: :roll: :!: :!: :arrow: :arrow: :mrgreen: :-) :( :o 8O :? 8) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. angel

    August 12, 2011 at 12:57 pm

    kok gaada yg asam buat mentega?? :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:
    tp bgus deh !! :!: :!: :!: :!: :!: :| :| :| :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. idris

    August 13, 2011 at 2:11 am

    :!: :-) :( :o 8O 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. Diaz Andries

    August 13, 2011 at 1:31 pm

    ADA YANG MAU JADI TEMEN AKU?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. arman

    August 18, 2011 at 2:42 am

    kalo netral ph penjelasannya gman..??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. gani

    August 19, 2011 at 5:28 am

    MKASI DAH BANTU Y TP BNYAKIN DONK NMA NMA ASAM BASA DAN GARAM :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :! :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :x :x :( :( :-) :-) :-) :-) :-) :P :P :P :P :cry: :cry: :cry: :cry: :evil: :evil: :evil: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  94. farhan

    August 22, 2011 at 6:54 am

    ha ah ha

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  95. imdithaaa

    August 25, 2011 at 12:51 pm

    membantu sih , tp gda pengertian indikator asam, garam, basa :( :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  96. mksh

    August 25, 2011 at 1:38 pm

    :P :P :P :-) :-) :o :o :o 8) 8) 8) :lol: :lol: :lol: :lol: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  97. bella

    August 27, 2011 at 5:21 am

    hy………………………… :x :mrgreen: :D :( :P :x :cry: :twisted: :!: :-) :!: :idea: :arrow: hmhmhmhmmh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  98. Erika

    August 27, 2011 at 10:14 am

    ma’azsIh iiiiiya . . . . . . . :-) :D :o 8O :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :!: :!: :!: :!: :!: :| :arrow: :arrow: :arrow: :wink: :lol: :lol: :lol: :P :P :P :P :P :P :lol: :lol: :lol: :lol: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  99. Briptu Dorce Karamel

    August 28, 2011 at 4:48 am

    Kencing Dulu Ahhh…….
    :D upss salaah tempatt :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  100. Namikaze

    August 29, 2011 at 6:46 am

    Seep buat ngerjan tugas :!: :lol: 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  101. herry prayudi

    August 31, 2011 at 12:00 am

    SANGAT MEMBANTU info ya,, trus brikn info2 lain yg lbih pnting :!: :D :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  102. ratih

    September 2, 2011 at 1:06 pm

    makasi yaw udh membantu,,, :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :oops: :oops: :oops: :oops: :| :| :| :| :arrow: :arrow: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  103. Bunga Azhara

    September 4, 2011 at 4:38 am

    membantu banget waktu gw bikin pr thanks ya :wink: 8O :-) :D :arrow: :| :evil: :oops: :P :lol: 8) :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :o :arrow: :wink: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  104. ira_hira

    September 6, 2011 at 6:15 am

    :!: :!: :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  105. fachrizal

    September 6, 2011 at 10:32 am

    :!: baguss :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  106. ade

    September 7, 2011 at 8:06 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :oops: :cry: :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  107. rian

    September 13, 2011 at 12:31 pm

    haha bantu gue lagi nulis ringkasan bisa gua jadien ringkasan thanks ya buat yang bikin ini hihiihhi hahahah ohohoh(^^^) <3

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  108. rian

    September 13, 2011 at 12:34 pm

    (^^^) :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :?: :arrow: :| :mrgreen: :mrgreen: :idea: :wink: :roll: :evil: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :? 8O 8O 8O :D :-) :( :lol: :P :P :lol: :D :D :x :x :x :x :x :x :x :x :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :!: :!: :!: :!: :!: :| :| :| :| :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :idea: :idea: :idea: :idea: :?: :?: :?: :?: :?: :wink: :wink: :wink: :evil: :cry: :cry: :oops: :oops: :P :P :P :P :x :x :x :x :x :x :x :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  109. rian

    September 13, 2011 at 12:43 pm

    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 3 votes)
  110. rian

    September 13, 2011 at 12:45 pm

    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  111. jromi88

    September 13, 2011 at 12:50 pm

    :-) :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  112. fadiah

    September 13, 2011 at 9:49 pm

    :!: :arrow: :wink:
    membatu banget makasih yach… bikin aku jadi bisa cepat bikin tugas :lol: :-) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  113. fitrah Amd

    September 14, 2011 at 12:56 pm

    aku suka belajar kimia yukkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  114. aldan

    September 17, 2011 at 1:39 pm

    :!: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  115. rekha

    September 18, 2011 at 9:03 am

    terimakasih ea sudah membantu aku
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: : :!: :!: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  116. raisya

    September 18, 2011 at 9:19 am

    trims
    :D :D :-) :-) :( :( :o :o 8O 8O :? :? 8) :lol: :lol: :x :x :P :P :oops: :oops: :cry: :cry: :evil: :evil: :twisted: :twisted: :roll: :roll: :wink: :wink: :!: :?: :?: :idea: :idea: :arrow: :arrow: :| :| :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  117. SaLma

    September 19, 2011 at 12:36 pm

    Tetep Nggak Mudeng :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  118. Imam Arif Fikri

    September 19, 2011 at 1:02 pm

    Makasih Ya…
    Allhamdulillah Yah… Sesuatu Banget …. :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  119. salwa azzahra

    September 19, 2011 at 1:52 pm

    makasih yak buat kak ocha ,,,, karna dia,, aku jadi lebih faham deh….

    :arrow: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  120. luqman

    September 20, 2011 at 12:02 pm

    aku baru mengertiiiii>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  121. deinda

    September 21, 2011 at 12:43 pm

    :o :lol: :P :evil: :!: :!: :!:

    bgus bget….cma itu koq sma kyak bku ipa kls vii y?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  122. Sahedi

    September 23, 2011 at 2:32 am

    Alah Beloon Semuaaaa…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  123. sinTa

    September 23, 2011 at 1:04 pm

    makash buanyak,,, yaw,,,,,,,,,,,,, :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :o :o :o :o :o :o :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  124. fauziah

    September 24, 2011 at 1:10 am

    ..thank’s yah dah mmbantu banget… :!: :!: :!: :lol: :P :D :arrow: :wink: :cry: :evil: :roll: 8) :? :o :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :x :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  125. Paras Takarai

    September 25, 2011 at 1:59 pm

    :-) :lol: :P :oops: :wink: :arrow: :|
    AKHIRNYA DNG INI aku bisa ngerjain tugas ku dng mudah ..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  126. andreas

    September 25, 2011 at 2:44 pm

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  127. IQBAL

    September 26, 2011 at 8:29 am

    HATURNUHUN

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  128. membatu banged nieh, tugas gue jadi bisa selesai cepet!!!!

    September 26, 2011 at 9:41 am

    :D :lol: :wink: :oops: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  129. iqbal nax smp5tangrang

    September 27, 2011 at 11:29 am

    8) :-) :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  130. Fadhlil

    September 28, 2011 at 11:44 am

    tfyi :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  131. kiki

    September 28, 2011 at 1:28 pm

    ne jawaban nya semua ada dibuku aq :x :twisted: :idea: :cry: 8O :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  132. zahra

    October 1, 2011 at 3:25 am

    bagus,banget :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: bantu aku ngerjain tugas nih. :D :wink: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  133. zahra

    October 1, 2011 at 3:27 am

    tapi pengertian garam mana? :roll: :x :D :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  134. rizkhy

    October 1, 2011 at 8:31 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:
    makasihhh

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  135. Limeli

    October 3, 2011 at 4:12 am

    Thank uuu… bermanfaat sekalii… tugasq jd slesaii..:)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  136. bahrul

    October 3, 2011 at 1:06 pm

    :D :-) :( 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:
    seppppppppppppppppppp

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  137. dian

    October 4, 2011 at 7:09 am

    wahhhh,,,,,
    thanks ea,… :lol: 8O :!: :D :-) :( :o :oops: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  138. wiranti

    October 5, 2011 at 10:23 pm

    kerennnnn…mksh :-) :D :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :P :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  139. annisa

    October 6, 2011 at 2:55 am

    :-) :o :? :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  140. TKJ 5 SMK N 22

    October 6, 2011 at 4:44 am

    makasih gan :-) bantu banget materinya :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  141. fifi

    October 9, 2011 at 6:59 am

    omg sz http://i4.tinyphotohd.com/d.php?x0k3g&res=Picture18.JPG

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  142. mildan

    October 11, 2011 at 11:26 am

    ngapainsiiin sich……….. :twisted: :lol: 8) :mrgreen: :lol: :x :x :D :-) :( :!: :wink: :mrgreen: :arrow: :x :x :x :x :x :P :P :P :oops: :oops: :oops: :twisted: :twisted: :twisted: :arrow: :idea: :idea: :idea: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :| :!: :!: :!: :wink: :wink: :roll: :twisted: :twisted: :evil: :evil: :cry: :cry: :oops: :oops: :P :P :x :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  143. sina kalista eugenia

    October 11, 2011 at 12:01 pm

    makasihh yaw untung ada ini jdi remidiku udh dtngani..,, :wink: :cry: 8) :o :o :? :x :oops: :twisted: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  144. dhy

    October 11, 2011 at 2:51 pm

    :x :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  145. dini

    October 11, 2011 at 2:54 pm

    :x :x :x :x :twisted: :twisted: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  146. Natasya Fauzie Effendi

    October 12, 2011 at 12:03 pm

    makasih yah atas info nya :o tugas saya langsung kelar :D
    I Like It :o :D :!: :!: :!: :!: :!: :!: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  147. heriawati

    October 13, 2011 at 6:29 am

    muantaaaaaaap….dech :D :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  148. dyah sanregi

    October 14, 2011 at 12:14 pm

    I LIKE STUDY OF SCIANCE :arrow: :oops: . berkat nhi aq lbh bs enjoy :!: SCIANCE IS THE BEST TO ME :!: :!: :arrow: :wink: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: YEACH!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  149. vevi oktami

    October 16, 2011 at 5:08 am

    :!: mantapppp,, thx yeah :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  150. renji

    October 16, 2011 at 2:10 pm

    :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  151. mastar komfu

    October 19, 2011 at 7:22 am

    thanks buangett :D :-) :o 8) PRnya :? thanks lagi :lol: :P :oops: :wink: :!: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  152. Uzumaki Alfrio

    October 19, 2011 at 8:04 am

    :D :| Thank You For The Information
    This Information For My HomeWork 8) :lol: :oops: :P :!: :!: :!:
    I am From Indonesian And From Surabaya SMPN 26
    hahahahahahahahah Thanks Thanks and Thanks okeeee :!: :!: :!: :!: :!: :arrow: :oops: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  153. akmal

    October 19, 2011 at 8:20 am

    ehm…………?? :x 8) :mrgreen: :| :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  154. sakinah

    October 19, 2011 at 9:36 am

    boleh ndag aku bertanya
    kalau disuruh tentukan pH NaOH 1 x 10 pangkat minuts 3 ??
    tplong dijawabyah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  155. afrizal

    October 21, 2011 at 12:32 pm

    haha Kocak :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  156. Fiqri

    October 23, 2011 at 1:51 pm

    informasi nya sangat membantu :-) :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :o :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  157. Uci sari

    October 23, 2011 at 4:20 pm

    Tulisannya sangat membantu untuk menyelesaikan aq nie… :P :!: :!: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  158. Ieda_ratu,pamalass

    October 24, 2011 at 3:23 am

    :-) Makasih infonya, membantu sangat :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  159. temy_ichigo

    October 24, 2011 at 8:12 am

    tx bgt y,,
    lumayan ngebantu buat belajar fisika :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  160. rina

    October 25, 2011 at 3:32 am

    MakCiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhh :!: :arrow: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  161. rina

    October 25, 2011 at 3:35 am

    THANKS

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  162. winda ayu

    October 25, 2011 at 2:01 pm

    tnk ya udah bantu tapi ada yg gak tauakuni apa rumus senyawa dari :magso4,h2so4,kho :P :!: :!: :( :-) :arrow: :cry: :D :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  163. tria devrita n

    October 26, 2011 at 6:57 am

    INI SANGAT SPEKTAKULER SI PENULISNYA JG GANTENG….. :oops: UUUHC JD MALU Q :D Qpingin lebih jelas dan mudah dipahami AKU PECINTA DINIA SAINS :evil: :P :-) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  164. Dandy Zivilia

    October 26, 2011 at 10:39 pm

    puusing bangetttttttttttttttttttt
    eh lha kalo asam lemah direaksikan dgn basa lemah jadinya apa ? :twisted: :!: :mrgreen: :| :idea: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  165. maria

    October 26, 2011 at 10:54 pm

    thanks yach,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  166. ajeng good ^^

    October 27, 2011 at 9:49 am

    :!: ilove it,,,, :arrow: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :) 8) :-) :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  167. fanie

    October 28, 2011 at 5:53 am

    good :!: :lol: :x :D :-) :? 8)
    8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  168. hernandez

    November 1, 2011 at 6:51 am

    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :o :o :o :o
    bbAAgus,bagus,bagus……………..hehehe………
    [pintar juga kamu yachh..hehehe………..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  169. hernandez

    November 1, 2011 at 6:54 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :arrow: :arrow: :arrow: 8) 8) :lol: :lol: :twisted: :twisted:
    ………..HANYA PRATIKUMM FISAKA THU CMA GMPNG…….hHEHEhHehEHehEHheE…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  170. emirio

    November 1, 2011 at 1:41 pm

    wah lumayan nih wat nambah nambah wawasan hehehehehe :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :wink: :roll: :twisted: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  171. bermin

    November 2, 2011 at 12:54 am

    :D :D :D :D :D :-) :-) :-) :-) :-) :( :( :( :( :( :o :o :o :o :o 8O 8O 8O 8O 8O :? :? :? :? :? :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :x :x :x :x :x :P :P :P :P :P :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :roll: :roll: :roll: :roll: :roll: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :!: :!: :!: :!: :!: :?: :?: :?: :?: :?: :?: :idea: :idea: :idea: :idea: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :| :| :| :| :| :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    makasih thanks :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  172. ecky

    November 2, 2011 at 1:48 pm

    apa lambang oksidasi asam? 8O 8O :idea: :?: :!: :twisted: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  173. siska

    November 4, 2011 at 12:50 pm

    iihh mkasih bgd q jadi tambah paham sama kimia trz gmna ya cara nya kalo mau ngeprin gambar2 asam,basa,garam?? yang tau tolong kasih tau ya !! :wink: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  174. didi

    November 5, 2011 at 5:25 am

    :twisted: mka loe smua
    hahahahahhaha :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  175. ciu

    November 8, 2011 at 11:31 am

    thanksss :D :( :-) :x :P :P :P :oops: :twisted: :twisted: :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  176. Echa

    November 8, 2011 at 3:44 pm

    :!: :-) makasi :evil: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  177. addde

    November 9, 2011 at 9:48 am

    :twisted: :D :-) :o :o :o :o :o :o :lol: :lol: :lol: :lol: 8) 8) 8) 8) 8) 8) :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :?: :?: :?: :?: :roll: :roll: :roll: :evil: :evil: :evil: :cry: :cry: :cry: :cry: :oops: :oops: :oops: :oops: :P :P :P :x :x :x :lol: :lol: :lol: 8) 8) 8) 8) :? :? :? 8O 8O 8O :o :o :( :( :( :( :D :D :D :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  178. kisky

    November 9, 2011 at 10:29 am

    TERIMA KASIH YA………… :!: :!: :-) :o :P :oops: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  179. Mba Neesa

    November 9, 2011 at 12:59 pm

    mz nya,,,
    mo nanya, sy pernah denger lo jenis kelamin anak bisa ditentukan dengan mengetahui wanita dlm keadaan asam / basa. :D
    bener g c?????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  180. the doctor

    November 11, 2011 at 1:49 am

    maaannnntttaaaapppp……
    tugas kuliah jdi selesai…..thanks mas bro…. :!: :lol: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  181. rayhandepok

    November 14, 2011 at 4:05 am

    thank you membantu tugas sayaaa!!! :!: :lol: :!: :wink: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  182. bhylqyz

    November 16, 2011 at 10:28 am

    trimakasih krena progam ini sangat membantu
    jadi selain bca bku bisa bka laptp sewaktu2
    :!: 8O :-) :lol: :| :!:
    ME LOVE IPA FOREVER

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  183. ajeng

    November 18, 2011 at 12:57 pm

    :x :x :x :x :x :x :x 8O 8O :-) :o 8O 8O aqw lagi cari info buat ngelengkapin catatan fisika aqw cmoga penetrbit klian bsa m,luncurkan rumus rumus yg lbih banyak lgi

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  184. Nita

    November 21, 2011 at 10:20 am

    ni artikel ngg brguna 8O :? :x :roll: :?: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  185. nindi

    November 21, 2011 at 11:38 am

    membantu tugas bgt informasinya. thanks :!: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  186. merlyn

    November 22, 2011 at 2:24 am

    :!: terima kasih bukunya sangat membantu

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  187. sidik

    November 26, 2011 at 5:34 am

    makasih atas informasi ny kakak….

    sekarang gw ngerti…

    :evil: 8) 8O :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  188. spa bae boleh kang penting happy

    November 28, 2011 at 6:25 am

    :twisted: :lol: hhhahaha ngeluak pelajaran fisika bikin pusinggg

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  189. Ayu

    November 28, 2011 at 8:23 am

    saya mau nanya nih :-)
    1.persamaan sifat basa,asam, garam apa ??
    2.basa yg digunakan sebagai bahan baku deodorant apa ??
    3.cara menetralkan asam klorida (asam lambung) bagaimana ??

    please di jawab secepatnya :( kalo bisa hari ini :wink: karna besok udah di kumpul :arrow: cuma 3 kok yah kak ya please :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • robby

      May 22, 2013 at 10:31 am

      soal fisika ini kurang nendukung bgt nih…
      tugas’q aja ttep dpt jlekk……

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  190. adin

    November 29, 2011 at 1:14 pm

    pelajar paling q benci…..
    q dg butuh
    :idea: :mrgreen: :x 8O :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  191. Arzai

    November 30, 2011 at 4:26 pm

    Thanks penjelasannya… :o 8) :lol: :P :x :x :oops: :cry: :wink: :P :x 8) :? :P 8O :o :? 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  192. Susi similikiti welah welah

    December 3, 2011 at 5:08 am

    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :evil: :-) :D :D :lol: :x :x :oops: :mrgreen: :-) :-) :D :D : :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :| :| :| :| :| :arrow: :arrow: :idea: :idea: :idea: :idea: :?: :?: :?: :!: :!: :!: :wink: :wink: :wink: :roll: :roll: :roll: :twisted: :twisted: :twisted: :evil: :cry: :cry: :cry: :cry: :oops: :oops: :oops: :oops: :oops: :P :P :P :P :P :x :x :x :x :x :x :x D :D :x 8) 8) :? 8O 8O 8O 8O :o :o :( :( :( :( :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  193. pi2t

    December 6, 2011 at 10:05 am

    sangat membantu :!: :!: :!: thanks :o :o :lol: :lol: :P :P :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  194. julia

    December 10, 2011 at 1:51 pm

    :o :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :D :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  195. ofa

    December 15, 2011 at 4:39 am

    :!: :!: :!:
    :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  196. nadia

    December 17, 2011 at 12:15 am

    :-) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  197. Thalia

    September 16, 2012 at 1:50 am

    Wuuaahh.. makasih ya… ini sanget membantu sekali buat saya :) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  198. novita

    September 29, 2012 at 6:04 am

    makasih ya perlu banget nih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  199. Rio Hendri

    October 2, 2012 at 5:17 pm

    Thnx , jadi bljar dari sini, males buka buku soalnya :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  200. vanda azmi sabrina

    November 1, 2012 at 12:25 pm

    makasih ya sudah membantu saya mencari tugas :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  201. afrita

    December 19, 2012 at 11:12 am

    maksihh membantu banget dech

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  202. Planet Kimia

    January 23, 2013 at 3:13 pm

    Silahkan kunjungi website kami di http://planetkimia.com .. Ada pelajaran kimia, artikel kimia, tokoh kimia, dan segala macam tentang kimia, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  203. Grace

    January 28, 2013 at 11:29 am

    Thx bgt niah bantu gw tugas fisikaXD

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  204. Nizzha

    January 28, 2013 at 11:39 am

    keren aabiz dahhh!:-):-):-):-):-)

    thanks yah udah bantuinnn!!:-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  205. robby

    May 22, 2013 at 10:29 am

    aq ank indonesia kuat perkasa tulang besi otot kawat…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  206. Andryan

    August 20, 2013 at 11:22 am

    bermanfaat bagi yang menyukai pelajaran Fisika

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  207. axciz

    August 26, 2013 at 11:11 am

    sgt membantu saya Thankx

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  208. maria situmorang

    August 27, 2013 at 12:16 pm

    terima kasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  209. izdihar balqis

    September 8, 2013 at 3:53 am

    sangat sangat membantu

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • aprilia nurmala dewi

      September 25, 2013 at 1:00 am

      makasih infonya jdi gk usah kerja kelompok…

      hehehe ^_^ :) 8) b|

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  210. Flandika Rendo

    October 2, 2013 at 1:10 pm

    Thanks bang…
    tlah bantu aq tuk kerja PR…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  211. amadea

    October 16, 2013 at 2:23 am

    thanks ya udh ngsih info nya……….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  212. kiki

    October 18, 2013 at 5:19 am

    wah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  213. mellania

    October 28, 2013 at 11:23 am

    siippp(y)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  214. Emily

    October 29, 2013 at 1:44 pm

    shit i love you (y)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • risky

      November 3, 2013 at 11:04 am

      sama sama

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  215. dwi

    October 30, 2013 at 1:54 am

    oke makasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  216. Shabrina

    October 31, 2013 at 12:00 pm

    Seeppp :D
    Terimakasih infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  217. risky

    November 3, 2013 at 11:04 am

    terima kasih ya karena aku lebih tau apa itu asam, basa, garam

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • risky

      November 3, 2013 at 11:05 am

      dari SMP 4 BB

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: +1 (from 1 vote)
  218. delia oktaviani

    November 7, 2013 at 1:44 pm

    mksh……………ats pemberitahuannya””’

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  219. Pipin

    November 15, 2013 at 3:38 am

    obat urus-urus tuh apa?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  220. adi kurniawan prasetyo

    November 15, 2013 at 11:35 am

    mkasih membantu banget infox

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  221. Iwan

    November 16, 2013 at 12:07 pm

    Bagus…………. sep sep sep :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  222. lenka forefer

    November 24, 2013 at 9:18 am

    aku kok gk suka kima ya knp ya kimia jjjjjjjjjjjaaaaaaaaaannnnnnnccccccccccoooooooooooooooooooooooookkkkkkkkkk

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  223. lenka forefer

    November 24, 2013 at 9:18 am

    wes wes kimia kasus

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  224. khoiri

    November 28, 2013 at 11:33 am

    ha ha ha ha ha O:) 3:) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  225. sasha

    November 30, 2013 at 4:18 am

    asammmmbasaaaaaaaaa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  226. bogel

    February 3, 2014 at 2:15 pm

    http://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gifhttp://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
    • muh.harun

      October 18, 2014 at 12:06 am

      terima kasih :) :D

      VA:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
  227. mirey

    August 2, 2014 at 8:51 am

    gara-gara materi ini, PR saya sudah selesai …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  228. Kevin Sinaga

    September 8, 2014 at 10:09 am

    untung ada penjelasannya tapi coba lebih detil lagi yaaaa…….. agar saat presentasi bisaaaaaaaa………..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  229. tere

    October 3, 2014 at 8:16 am

    sama banget sama Yang dijelasin guru,,,,,,,makasih ya :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  230. riska mustika anfa

    October 16, 2014 at 1:41 pm

    thh klian semua

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  231. riska mustika anfa

    October 16, 2014 at 1:43 pm

    cakep banget yang menjawab ini bagus lagi
    :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>