Pelajaran Fisika : Perpindahan/Perambatan Kalor (Panas)

Prev1 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Apa sih yang dimaksud dengan perpindahan Kalor ??
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa yang namanya Kalor itu adalah berupa suatu energi. Dimana berdasar hukum kekekalan energi, energi dapat berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dan dapat pula berubah bentuk, dari bentuk energi satu ke energi lain

Sekarang kita bahas tentang energi kalor atau energi panas.
Perpindahan Kalor adalah suatu proses perpindahan energi panas pada suatu zat atau dari satu zat ke zat lain.
Kalor dapat berpindah dapat melalui suatu zat perantara maupun tanpa zat perantara, zat perantara yang dapat menghantarkan kalor disebut dengan konduktor, sedangkan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator.

Perpindahan kalor dapat melalui tiga cara :

1. Konduksi.
2. Konveksi.
3. Radiasi

Sekarang mari kita lihat penjelasan dari ketiga cara tersebut.

1. Konduksi : Merupakan perpindahan kalor yang tejadi dimana energi kalornya berpindah sedangkan zat perantaranya tidak bergerak.

sebagai contoh :

Andi | Budi | Bagas | Rahmat |

Andi ingin memberikan buku kepada Rahmat, tetapi dia tidak boleh berdiri dari tempat duduk, sehingga Andi harus mengoper2 bukunya melalui Budi, lalu Budi mengopernya ke Bagas, baru kemudian Bagas memberikannya kepada Rahmat.

Coba perhatikan !! Buku tetap sampai ke Rahmat tanpa si Andi perlu untuk beranjak dari tempat duduknya. Hal ini yang dimaksud dengan perpindahan kalor secara Konduksi. Kalor berpindah tanpa zat penghantarnya bergerak.

Perpindahan kalor dengan cara konduksi biasa terjadi pada jenis zat penghantar yang berbentuk padat, seperti besi. Coba saja panaskan sebuah batang besi lalu kamu memegang ujung yang lain, pasti lama kelamaan ujung besi yang kamu pegang juga ikutan terasa panas, hal ini dikarenakan panas merambat pada besi tersebut, sehingga kemudian seluruh batang besi tersebut menjadi panas.

Prev1 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse
Pelajaran Fisika : Perpindahan/Perambatan Kalor (Panas), 5.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 8 artikel
Mendapatkan 580 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

103 Comments

  1. gee

    May 5, 2009 at 11:31 am

    LumaYan tP kuranG riNci daN tiDak ada rumUs2 Nya…dan kalAu bisa ada Animasi agar menarik.thx. :!: :lol: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Reni Hidayati

    Reirei

    May 6, 2009 at 2:42 pm

    :-) Lumayan juga diperbanyak ya materinya yang lengkap

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Dina

    May 19, 2009 at 8:01 am

    Nanya dong, Saat air mendidih serpihan kertas bergerak naik turun, karena terjadi perpindahan panas secara . . .( saat dimasak diatas kompor

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Rahadian

    Rahadian

    May 19, 2009 at 8:32 pm

    perpindahan panas secara konveksi lah..
    kan air itu bergerak sewaktu dipanaskan makanya disebut “konveksi” sama halnya kalo kita masak kacang ijo, pasti kacang ijonya muter, mengikuti “arus air” di dalam panci dimana arusnya = yang dingin kebawah, yang panas keatas

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. nia

    May 28, 2009 at 1:49 pm

    boleh kasih tau gak contohnya??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. Rahadian

    Rahadian

    May 29, 2009 at 10:39 pm

    @ria : contoh apa yah ??

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. aden

    June 24, 2009 at 2:53 pm

    :P ble nyak kaen ?????????????????????? diluar angkasa per. panas pa yng terjadi??? kan disono tu hampa udara.. :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Rahadian

    Rahadian

    June 24, 2009 at 8:06 pm

    kan pake cara radiasi
    makanya perpindahan panas bisa terjadi :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. DIFA

    July 24, 2009 at 1:07 am

    :-) :( :wink: :!: CUMA NUMPANG KOMEN

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. panca

    July 26, 2009 at 12:42 pm

    mz,,,,,, penjelasanx konveksi apaan yaw?
    8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Rahadian

    Rahadian

    July 27, 2009 at 10:14 am

    Kan sudah saya tulis penjelasannya di halaman ke-2 mas 8O
    Ok, coba saya jelaskan lagi disini yah :o
    Jadi konveksi ada perpindahan panas yang terjadi dimana materi dari zat perantaranya itu berpindah tempat.
    contohnya : ketika kita memasak air, maka air-nya bergerak dimana bagian yang lebih panas pindah keatas dan bagian air yang dingin pindah kebawah, jadi seluruh bagian terkena panas dari api kompor :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Nanda

    October 17, 2009 at 5:48 am

    Mw nanya…
    Mengpa air dgunkn sbg zat cair pengisi radiator mobil & sbg panel sirya????? :roll:
    djwb y!!! thx sblumx :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. mds

    October 19, 2009 at 2:53 pm

    :oops: membuat orang mengerti dengan KALOR DAN SEBAGAINYYYaa :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. vivian

    October 23, 2009 at 2:57 am

    contoh manfaat kalor apa ? kok gak ada? :?: :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. fitry cute

    November 30, 2009 at 1:03 am

    q k’ binggng pel.fska,,,,, ,,,, ,, ,,, ,,, ,,,, ,, ,,, ,,,,, ,,,,,,,
    tp low biologi q sk bgtzzzzzzzz, , ,, , , , , ,, ,
    q pngn mmpljri fsk , ,,,,, ,, ,,,,,,,
    bir tmbh pitr ,, , , , , , ,,,,, :lol: :D :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. ASTRID

    December 7, 2009 at 10:22 am

    :!: Ta’x ya.. nich dach bntu pel qu. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. widya dessy s

    January 2, 2010 at 3:25 am

    Menurut q dah cukup baik tetapi !!!!!kurang lengkap,andai tu lengkap pasti bagus bgt !!!! :wink:
    buat u tingkatin lg y ???biar tambah kereeen !!!!!
    :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. cutegirlz

    January 10, 2010 at 10:15 am

    Kurang lengkap !!!
    gk ada rumus”nya … :wink:
    tp dah bgs kok , ditingkatin aja !

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. Rifa

    January 14, 2010 at 2:17 pm

    Waduuh… makasih bangeet penjelasannya. saya suka sama perumpamaannya… :!:
    Aslii… bagus bangeet buat ngejelasin ke anak SD. Bahasanya mudah dimengerti. Anakku langsung ngerti tuuh perbedaan konveksi sama konduksi.
    Thx a lot…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  20. alpriyan

    January 17, 2010 at 11:45 am

    kurang lengkap nii…..

    g ada rumus nya… 8O :-) tapi udah bgus kok,d tingkatkan lagi y kak….
    THX a lot…….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. mutia

    January 29, 2010 at 3:08 pm

    kak, tolong jwb pertanyaan ini. mamaku ngga bisa. ini soal ujian.
    perpindahan kalor melalui zat perantara, tp zat perantara tdk ikut berpindah, tjd pd peristiwa:
    a. balon udara yg terbang
    b. terjadinya angin darat dan angin laut
    c. mendidihkan air di dalam panci logam
    d. badan terasa hangat berada di dekat api.
    makasih sebelumnya.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. Rahadian

    Rahadian

    January 29, 2010 at 5:43 pm

    peristiwa perpindahan kalor dengan tidak berpindahnya zat perantara merupakan peristiwa konduksi
    jawabannya : C. mendidihkan air dalam panci logam

    sebenarnya dari seluruh pilihan diatas tidak ada yang benar2 tepat, tapi menurut saya yang paling tepat adalah jawaban C, dikarenakan pada peristiwa itu, perambatan panas terjadi dua tahap.
    tahap 1: saat api mengenai panci dan panci menghantarkan panasnya ke air (konduksi)
    tahap 2: saat air yang berada di bawah menerima panas dari panci lalu menghantarkannya ke seluruh air, sehingga seluruh air menjadi panas (konveksi)

    semoga membantu :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. nabila kholifatunnisa

    January 31, 2010 at 9:22 am

    mau tanya kalo panas api unggun berpindah k’kulit itu perpindahan apa yach??? 8O
    thanx :D
    :oops: :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Rahadian

    Rahadian

    January 31, 2010 at 9:35 am

    @nabila kholifatunnisa
    ada dua, Konveksi dan Radiasi
    kalau kita berada disamping api unggun dan merasakan panasnya api unggun, maka perambatan panasnya melalui cara radiasi
    sedangkan bila kita berada diatas api unggun dan kita merasakan panasnya api unggun maka perambatan panasnya dengan cara konveksi
    CMIIW :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. dilla

    February 10, 2010 at 9:07 am

    kasih contoh perpindahan energi panas :x :twisted: :twisted: :mrgreen: 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. nabila tiara nuansa pribadi

    February 12, 2010 at 11:41 pm

    :!: :!: :!: :!: perbanyak dong rumus nya????
    Tapi dah bagus ko…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. nabila tiara nuansa pribadi

    February 12, 2010 at 11:43 pm

    :D :-) :lol: :P :oops: :wink: :!: :arrow: permanya ja rumusnya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. Rahadian

    Rahadian

    February 13, 2010 at 8:47 am

    @nabila: makasih yah :-)
    kalau kamu ada tulisan yang bagus, gabung dong sama kita untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia :!:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. fiefa

    February 15, 2010 at 4:47 am

    lumayan lengkap tapi boleh donk lebih lengkap lagi… :lol: :D :( :arrow: :mrgreen: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. WIDYA

    February 15, 2010 at 4:48 am

    Buz cieh tpi krang lengkap :D :( :( :( :| :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. rafa

    February 15, 2010 at 4:51 am

    ehm kurang lngkap tpi sdh lmyan bza dlengkapi lg lw bza ya!!! :lol: 8) :wink: :arrow: :idea: :| :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. ridwan

    February 18, 2010 at 6:33 am

    yaaa,bagus :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Putri afri

    February 18, 2010 at 10:26 am

    .. :| …Ehhhhhhhm
    .daH baguszzzzz sich……
    …tpI kurang lengkap tucH…….
    …TAMBHIN PNJLSAN LAGI DONK kurang jLas NIch……. :idea: ..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. YEZHI

    February 24, 2010 at 5:00 am

    CONTOH SOAL DAN JAWABAN NYA MANA? :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. yunZZz

    March 1, 2010 at 9:15 am

    baguuuuusssss………… :!: makasichhh ya….. power point q jdi rampung deh….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. yunZZz

    March 1, 2010 at 9:21 am

    eiitsss…. 8O ada yg lupa…. kan kn klo dipresentasi materi harus sedetail mungkin, tpi ko’ tidak ada tentang problem solving khususnya tentang radiasi ya…. lha itu yang ku cari… tpi aq minta bantuannya banget…. sbelumnya makasich :-) :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. ree

    March 25, 2010 at 4:13 am

    makasih bantu bgt bt ujian . :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. alvin

    April 8, 2010 at 1:28 am

    :D :-) knpa konduksi itu kalau di air misalny knapa kertas itu naik turun

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. VYTO

    April 10, 2010 at 9:57 am

    :-) 8O
    aku mnta tolong dunk kak,tlong jelasin ap che konduksi,konveksi n radiasi.
    n tlong ksih cntohx……….mksih n slmat sore

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. Azizah

    April 14, 2010 at 9:44 am

    makasihh .. akhirnya ak bisa menyelesaikan tugas ku !
    makasih banyaaakkkk :wink: :o :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. Aldo hartawan

    April 16, 2010 at 11:28 am

    awawawawaw :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. anny

    April 19, 2010 at 11:02 am

    :twisted: :arrow: :-) :-) :-) :-) :-) :-) :lol: :oops: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. Wisbert Louis

    April 25, 2010 at 4:47 am

    MAKASIH yah kakak Rahadian

    Pengertian kalor nya :!:

    isinya :!:

    Nilainya dapet 100 :!:

    POkok nya :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    :arrow: :arrow: :-) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. Wisbert Louis

    April 25, 2010 at 4:49 am

    web INI gak bakalan aku LUPAKAN SLAMANYA , karena web ini dah bantuin TUGAS AKU sekali lagin thanks yah kk Rahadian atas Tugas nya

    I lop yu pull hahahahaha :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. cania

    April 27, 2010 at 1:17 pm

    :D numpang komen kak kurang rinci nede kak 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. risty

    May 30, 2010 at 10:30 am

    bagus, tapi kayaknya kurang lengkap :!: :( :D :arrow: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. yan

    June 2, 2010 at 5:22 am

    bagus,,,tepi emang bener kurang lengkap. :!:
    dan makasih….!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. thara septavia

    June 11, 2010 at 6:02 am

    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. emmy

    September 15, 2010 at 3:05 pm

    kak blh mnta’ bntuannya ndak
    hmm q mnta’ tlonk dunk aph j cntoh2nya radiasi,konduksi,konveksi, dan evaporasi
    mksh sblmnya :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. nyaaaaaaa

    September 26, 2010 at 12:14 pm

    :-) :roll: :mrgreen: :arrow: :idea: :twisted: :!: :o :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. Risca Prasetya

    October 2, 2010 at 1:07 pm

    wadooooooooooooohhh….. aku ga di ke :!: ???!!! yang penting uda dpt info sainsnya… hahaha :D :arrow: :idea: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. Inda Christie SP

    October 3, 2010 at 7:09 am

    terima kasih ya kak, penjelasannya mudah dipahami…!! sukses selalu..!!!??
    :!: :-) :D :o :lol: :P :oops: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. syerly

    October 5, 2010 at 1:58 am

    :D :-) :lol: 8) :P :oops: :wink: :!: :!: :!: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. Inda Christie SP

    October 5, 2010 at 7:40 am

    :D :idea: :evil: :x 8) :| :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. Inda Christie SP

    October 5, 2010 at 7:41 am

    :x :roll: :evil: :idea: :| :?: :wink: :D :!: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. Inda Christie SP

    October 5, 2010 at 12:43 pm

    :x kak mau nanya kalau peristiwa angin darat dan angin laut itu perpindahan secara apa …???!!!! :?: 8O :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. meny

    November 1, 2010 at 8:00 am

    :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. purwo

    November 2, 2010 at 1:59 am

    Mas, boleh minta tolong untuk bantu penyelesain soal 2 berkut diawab ini :

    1) Hitunglah laju aliran panas konduksi melalui jendela kaca ( k=0,8 W/m °C )
    yang berukuran 150 cm x 100 cm dan tela 3,5mm Jika temperatur pada
    permukaan dlm secara berturut-turut adl 30 °C dan 28⁰C

    2) Sebuah dawai biola mempunyai kerapatan linear 0,60 gram/cm dan panjang
    efektif 330mm.Hitunglah tegangan dawai yg di perlukan agar di peroleh nada
    dasar 330 HZ

    3) Sebuah kereta api berhenti di stasiun dlm keadaan mesin tetap hidup dan seorang
    anak mendengar gelombang bunyi kereta api itu dgn menempelkan telinganya pd
    rel.rel dianggap di buat dari baja yg mempunyai modus elastik 2,0 x 1011 Pa
    dan massa jenis 7800 kg/m3.Berapa waktu yg di perlukan oleh gelombang bunyi
    kerata yg merambat melewati rel sampai terdengar anak tsb.Jika anak yg bersangkutan
    berada pada jarak 2km dr stasiun?

    4)Sebuah pensil setinggi 10cm di letakkan pd jarak 50cm di depan cermin cekung yg
    mempunyai jari-jari kelengkungan 60cm.Carilah posisi,ukuran,dan sifat bayangan
    yg terbentuk.

    5) Sebuah selonoida mempunyai panjagn 30cm dan diameter 40mm dgn teras udara
    mempunyai gulungan 250 lilitan kawat.Sumbu selenoida itu di tempatkan sejajar dgn
    medan magnetik bumi di suatu tempat yg besarnya 3,5 x 10-5 T.Berapa besar arus
    dalam selenoida agar medan magnet yg di hasilkan secara tepat meniadakan medan
    magnetik bumi di dlm selenoida itu ?

    Atas bantuanya tidak lupa saya ucapkan banak terima kasih.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. wanda

    November 3, 2010 at 1:53 pm

    Kurang Rinci! :( :-) :o 8O :? 8) :lol: :oops: :P :roll: :wink: :| :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. saskya sifa

    November 8, 2010 at 12:40 pm

    ga ad radiasi tah ?

    :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. dio

    November 22, 2010 at 1:30 pm

    :x :idea: :arrow: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. rizki nuranisa

    December 7, 2010 at 12:45 pm

    Penjelasannya kurang jelas… :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. love syire

    January 21, 2011 at 8:04 am

    :arrow: :twisted: :x :evil: :( :o 8O :? 8) :mrgreen: :| :!: i like it

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. Syarif Mutaqin

    January 26, 2011 at 10:45 am

    nice :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. Fauziyah nuraini

    February 1, 2011 at 2:59 am

    mau nanya: Kalo kita berada di daerah yang dingin, kemudian kita mengalami kedinginan (hipotermia) apakah juga terjadi perpindahan panas secara konveksi???????? :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. Rara fay

    February 7, 2011 at 11:08 am

    Ahh.akhirnyaa..tugas dri b’fat slesaii..yippi yeyyeyy..
    Thx a lot,dehh..hehe..
    Ahh..ak yg mlu2inn,dh smp,tp..pel.sd lupaa..ehhehe..
    :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. albert

    February 7, 2011 at 12:57 pm

    :P :lol: 8) :!: bgus bgt dah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. batik tulis madura

    February 11, 2011 at 1:16 pm

    terima kasih, yg dah tua2 banyak yg dah lupa waktu ditanyain anak, adik, atau keponakan dan tempat ini membuat saya gak malu2in banget didepan mereka :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. nabil

    February 14, 2011 at 3:08 am

    :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. qonitah hafsah

    February 20, 2011 at 3:12 am

    apa yang dimaksud dgn konveksi???????????? :-) 8O :oops: :oops: :oops: :oops: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. jason

    February 24, 2011 at 1:42 am

    mas saya mau tanya, dalam perpindahanya kalor itu dari arah mana kemana ya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. deddy

    March 2, 2011 at 11:54 am

    dari suhu yg tinggi ke suhu yang rendah :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. nadit

    March 3, 2011 at 2:03 am

    dewala

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. Kimberly

    March 27, 2011 at 6:19 am

    bagus sih…. :!:
    tapi kurang lengkap cuyyy… :cry:
    tambahin ya…. :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. Kimberly

    March 27, 2011 at 6:20 am

    Eh, kalo konveksi ama radiasi bedanya apa ?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. gHaniez

    March 27, 2011 at 9:49 am

    BaGuz cIh,,,,,,,,, :!:
    HaNyA j kRaNg LeNgKaP dG gMbAr2 gTuCh ByAr lBih jElAz lGi,,, :o :-) :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. Rizki Dermawan

    April 1, 2011 at 8:07 am

    Mantap mas..
    Contohnya gampang dicerna..hoho :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. cici afyuni

    April 4, 2011 at 4:10 am

    :!: :-) ksi rincian yg lbh donk,,,, spy dpt lbh d mngerti,,,
    mis rumus2,,, na..!!! 8) :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. dinda

    April 7, 2011 at 2:33 am

    :!: BAGUZ…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. joan

    April 10, 2011 at 3:25 am

    contoh artikel tentang pemanfaatan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari hari apa?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. sasa

    April 13, 2011 at 1:15 pm

    hah gak bermutu gak ngasih ide sama sekali aq nyesel buka nich :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. hamidah

    April 13, 2011 at 1:26 pm

    buat kak sasa jgn gitu dong, kan ini dah bagus,aku ja bs dpt ilmu :!: :oops: :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. rio

    April 13, 2011 at 1:27 pm

    hamidah betul :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. htyrngverg

    April 13, 2011 at 1:29 pm

    iya tu hindari kak sasa. horas!!!!!!!!!!!! :D :D :D :D :D :wink: :-) :o :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. riska

    April 21, 2011 at 11:07 am

    hm.. bisa di tls rincian dri konduksi konveksi radiasi dlm khdpn sehari-hari?! :D :-) :lol: :oops:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. riska

    April 23, 2011 at 11:37 am

    tanya yang radiasi,, kan klo radiasi tanpa perantara,, trus panas mthri kan juga sempat melewati atmosfer bumi,, so,, gmna?? apa peristiwa radiasi hanya ktka sinar mthri melalui angkasa sja?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. nona

    May 3, 2011 at 4:45 pm

    Aduh masih kurang perfect :( 8O :? :x :cry: :twisted: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. alkhan

    May 9, 2011 at 8:51 am

    Kurang rumus nih, atau bisa disebut kurang rinci/spesifik

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. keanu

    May 23, 2011 at 9:06 am

    kurang lenkap dan kurang panjang.. terlalu singkat.. thx.. :twisted: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. arif maulana

    August 21, 2011 at 5:48 pm

    mengapa besi yang di panaska lma_klmaan dpat mrambat?? :!: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. GEZZZ

    September 14, 2011 at 7:07 am

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :arrow: :arrow: :arrow: BAGUZZZZ DPT DIMENGERTI DAN CONTOHNYA LEBIH MEMBUMI…YG KOMENT SELAIN INI BERARTI LEMOTTTTTT TINGKAT TINGGI.. :idea: :idea: :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. chika

    September 21, 2011 at 12:53 pm

    maksihhhh,,,, aku udh dapet bykk hall,,, aku baru kelas 4 sd,,, but, i like this knowledge… :o :P :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. Lia

    September 25, 2011 at 3:26 am

    mkasii,,,, bahannya sngat mmbantu,, :!: :!: :!: :-)
    sya msih gk ngerti sma Unit panas/Derajat hari ( Deegre Day),,,, bssa d jelasi?? :(
    tanks sblumnya.. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  94. nn

    September 28, 2011 at 3:07 pm

    beda kalor sama panas apasih sebenernya pak?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  95. ananta

    October 9, 2011 at 3:16 am

    kurang lengkap ,, lengkapin lagi… dikit perfect :!: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  96. komang

    October 19, 2011 at 2:03 pm

    masuk akal juga..yang lainnya mana…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  97. wulan

    October 27, 2011 at 6:28 am

    ok juga buat belajar anak SD….tks ya :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  98. Rani

    November 8, 2011 at 12:56 am

    Tolong lebih dilengkapi yaa materi nya…
    8) :!: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  99. afri

    November 8, 2011 at 6:18 pm

    sebelum diterangkan beberapa jenis cara perpindahan kalor, anda menerangkan hukum kekekalan energi yaitu energi dapat berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dan dapat pula berubah bentuk, dari bentuk energi satu ke energi lain.skrg saya pnya suatu contoh kasus yaitu: pada saat buah mangga jatuh dari pohon,mangga trsebut memiliki energi gerak/mekanik.yg saya tanyakan pada saat buah mangga trsebut sampai ditanah energi gerak tadi berpindah kemana atau berubah bentuk menjadi energi apa? :D tolong dijawab..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  100. afri

    November 8, 2011 at 6:22 pm

    kalo boleh saya tambah komentar, bunyi hukum kekekalan energi yang anda tulis diatas kurang lengkap. :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  101. boy

    November 26, 2011 at 11:09 am

    :o tlong donk kak cari contoh perpindahaan kalor secarakonveksi>>
    :? danradiasi…….plis sekarang juga :cry: :!: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  102. boy

    November 26, 2011 at 11:10 am

    TOLONGCARIINCONTOH KONVEKSI DAN RADIASI DONK KAK>>> :idea: :cry: :o :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  103. Nabil Mubarak

    December 17, 2011 at 5:30 am

    mengapa udara panas naik ke atas,dan udara dingin cenderung turun????????????????????? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>