Best Author
sangdedi

743,207
octa

484,159
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,725
dwi

312,729
adit

309,674
resta-andara

273,565
benedict

261,561
rahadian

240,244
bara

228,914
nabilalalala

216,570
kurnitap_

154,122
kuswanto

139,079
suranto

100,765
admin

98,826

Pelajaran Fisika : Kalor dan Perubahan Wujud

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa energi kalor dapat mengubah wujud suatu benda, dalam hal ini saya akan menggunakan air sebagai contohnya.
Air dalam suhu yang amat rendah (-40o Celcius ) akan berbentuk sebagai es yang berwujud padat, sedangkan pada suhu 0o Celcius air akan mengalami perubahan wujud dari padat ( es ) menjadi cair. Suhu air akan terus mengalami kenaikan ketika dipanaskan, yang pada akhirnya hinga di titik 100o Celcius akan mengalami perubahan wujud dari cair menjadi gas ( uap air ).

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah :

grafik perubahan wujud

Gambar diatas menunjukkan grafik perubahan wujud air mulai dari fase es pada suhu -40o Celcius hingga menjadi uap air pada suhu 120o Celcius.
Perhatikan grafik yang diberi warna merah dan hijau !! Hal ini dimaksudkan untuk membedakan antara fase dimana air mengalami kenaikan suhu dan fase dimana air mengalami perubahan wujud.

Pelu diingat bahwa :
1. Ketika air mengalami perubahan wujud maka air TIDAK mengalami perubahan suhu.
2. Sedangkan, ketika air mengalami perubahan suhu maka air TIDAK mengalami perubahan wujud.

dikarenakan hal ini maka kita mengenal dua jenis rumus untuk menghitung besarnya energi kalor.
energi kalor dilambangkan dengan huruf Q dengan satuan Joule ( J ).

Q = M. C. Δ T    ( digunakan untuk menghitung energi kalor pada fase kenaikan suhu )

ket :
M     = Massa ( Kg )
C     = Kalor Jenis ( J/KgC )
Δ T  = Perubahan Suhu ( C )

Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 kg zat sebesar 1 derajat celcius. Alat yang digunakan untuk menentukan besar kalor jenis adalah kalorimeter.

Q  = M. L     ( digunakan untuk menghitung energi kalor pada fase perubahan wujud )

ket :
M     = Massa ( Kg )
L      = Kalor Laten ( J/Kg )

Kalor Laten adalah kalor yang digunakan untuk mengubah wujud suatu zat. Kalor laten ada dua macam Q = m.U dan Q = m.L. Dengan U adalah kalor uap (J/kg) dan L adalah kalor lebur (J/kg)

contoh soal :

Tentukan energi kalor yang dibutuhkan untuk memanaskan es yang memiliki massa 2 Kg dan bersuhu -20o Celcius hingga menjadi air yang bersuhu 70o Celcius ( Kalor jenis air = 4.200 Joule/kg°C, Kalor lebur es = 334.000 J/kg, Kalor jenis es= 2.090 Joule/kg°C )

Pembahasan :
Untuk mengerjakan soal ini, maka kamu harus mengetahui bahwa ada tiga fase yang terjadi :
1. Fase perubahan suhu es dari -20o C menjadi es bersuhu 0o C.
2. Fase perubahan wujud es menjadi air pada suhu 0o C.
3. Fase perubahan suhu air dari 0o C menjadi es bersuhu 70o C.

Maka kita harus menghitung satu per satu energi kalor dari setiap fase.
Fase 1 :
Q1 = M. C. Δ T
Q1 = 2 x 2.090 x 20    << menggunakan kalor jenis es bukan kalor jenis air
Q1 = 83.600 Joule

Fase 2 :
Q2 = M. L
Q2 = 2 x 334.000
Q2 = 668.000 Joule

Fase 3 :
Q3 = M. C. Δ T
Q3 = 2 x 4.200 x 70   << baru menggunakan kalor jenis air
Q3 = 588.000 Joule

Maka kita jumlahkan hasil dari ketiga fase tersebut dan didapatkan hasil akhir senilai :
83.600 + 668.000 + 588.000 = 1.339.600 Joule

p.s : terima kasih untuk saudara will yang telah mengoreksi saya :-)

Pelajaran Fisika : Kalor dan Perubahan Wujud, 4.0 out of 5 based on 6 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 8 artikel
Mendapatkan 589 komentar
  Rating tulisan 4 dari 5

90 Comments

  1. will

    April 21, 2009 at 10:49 am

    ump..

    ttg kalor tuwh..

    mau tanya…
    hehehe

    mank klo wujudnya lg es, kalor jenisnya pake yang air??
    bukan pake kalor jenis es nya??

    hehehehe

    tapi keren” :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  2. ari

    April 26, 2009 at 7:09 am

    MAKASIH YA.. :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  3. DHIYA

    May 2, 2009 at 4:25 am

    :D
    makasih….
    butuh banyak lagi contoh soal nie

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  4. mutia

    May 7, 2009 at 5:37 am

    :-) :-) assalamu’alaikum.
    anda kurang menampilakan pembelajaran pada pelajaran fisika untuk anak SD. bisa ditampilkan ga gmn caranya?????.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  5. AsaN1212

    May 17, 2009 at 4:15 am

    bagus…

    mendidik,,,

    mudah dimengerti”’

    tapi,.,

    penjelasannya kurang lengkap…

    :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +3 (from 3 votes)
  6. Ariell Fauzi

    May 28, 2009 at 12:55 pm

    8) caranya sich memang mdh dMngRti. . .
    tp cNtohNya kurang banyak. . .

    Klo bs. . buat contoh yang lbh bnyak lagi ya. . .

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  7. Rahadian

    Rahadian

    May 29, 2009 at 10:02 am

    wah, makasih yah atas komentarnya..
    Kurang lengkapnya cm masalah contoh doang yah?
    Ada lagi ga masukan yg lain? Trims:-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  8. zhara

    June 17, 2009 at 8:53 am

    gmn cara nyari kalor jenis es jika kalor jenis air 1 kal/gr ‘C dan kalor lebur es 80 kal/gr
    :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Rahadian

    Rahadian

    June 20, 2009 at 2:33 am

    gak ada hal lain yang diketahui zhara ??
    tapi setau saya sih yang namanya Kalor jenis es nilainya tetep 2.090 Joule/kg°C
    gak dipengaruhi hal lain lagi :-)

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  10. mario

    October 8, 2009 at 2:04 am

    jubek,pelajaran taek

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  11. maye

    October 15, 2009 at 12:00 am

    ehm.. :oops:
    gmn caranya bot nyari nilai kesalahan dalam kapasitas kalor, apa saja yg harus diturunkan??? 8O
    :angel:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. funny

    October 17, 2009 at 6:41 am

    gmn cr.a byr qta bsa lbh cpt memahami ilmu kimia???
    8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. farras gama putra

    October 22, 2009 at 2:46 am

    kalo mw liat alat2 yang menggunakan kalor dimana ya??? :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. ghian

    October 27, 2009 at 11:39 am

    Tank youuUUu…….!!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Iqbal

    December 4, 2009 at 11:33 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: maksich ya untuk pemberi tahuannya tentang kalor dan perubahan wujud walaupun masih bingung sich

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. ian gaul man

    December 7, 2009 at 11:05 am

    8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. AN-NISA MANDAR

    December 26, 2009 at 4:31 am

    sy suka..tuh mottonya..guru yang suka mengajar.. moga aja kalau jd guru nantu bs kyk gitu :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. laais insurgent

    January 18, 2010 at 12:23 pm

    tnx cuy!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. Irene

    February 1, 2010 at 7:41 am

    :x :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. nha

    February 4, 2010 at 12:49 am

    mksh atas infonya :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. sheren

    February 15, 2010 at 8:56 am

    aq mu tnya nich , cri gmbar alat MUSSCHENBROCK di mna yh ?? adh aq dah cri” gax ktmu” …

    pdhl tgs fisika ny di kmpulin hri rabu .. ehm , kira” nyri di mna yh ?? :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. dhika

    March 8, 2010 at 1:27 pm

    makasi banyak!!!!! :P saya baca ini 5 menit langsung ngerti (walaupun ada salah ketik dikit), padahal udah dijelasin sm guru 3 kali pertemuan, satu pertemuan 90 menit, total 270 menit, masih ga ngerti2

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. iam

    March 14, 2010 at 5:03 am

    klo bisa , penjelasan soal na untuk contoh soal, di lengkapi gambarhttp://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_lol.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Mulyanti

    April 15, 2010 at 1:06 pm

    trimakasih yua,,, atas pembahazan’a…. Skarank aQ jadi bisa ngerjain soal tentank Suhu & Kalor :D :-) :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. dhima_issuda

    April 23, 2010 at 7:00 am

    THX………….
    UDA NGASIH TAU ILMUNYA…….. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. sartika

    May 8, 2010 at 8:14 am

    say sudah tau smua rumus2 yg sudah d jls kan d atas td…
    smua ny sudah d jls kan d sklh saya…
    tapi smua ny btul kok…
    dari diagram dan rumus2 ny btul smua…
    IT’S GOOD JOB
    :!: :D :-) :o :lol: :P :wink: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. dara

    May 13, 2010 at 8:43 am

    HMMMMMMMMMMMMM….
    AQ pngen tau dwonk ap art dr pmuaian, asas black dan pertukaran kalor…..???????????
    and tntg perubahan wujud jg q ga ngrti nCh……….!!!!!!!!!! tlong jlsin dnk ttg smw tu…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. ovi rahayuning pamungkas

    May 15, 2010 at 8:28 am

    aku pengen tauu arti asas black ama pertukaran kalor dwonkk…..
    tolong jelasin secara lengkap yachhh….please :oops: :oops: :o :o :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. dyka

    July 21, 2010 at 7:45 am

    8O 8O :? :-) :D :P :lol: :lol: :lol: :idea: :?: :roll: :wink: :| :oops: :oops: 8) 8)
    XHIXIXIXII

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. Yunnystirasimbolon

    September 22, 2010 at 1:49 pm

    Ya kalau saya menilai sih edikit bagus hanya 15%bagus, tolong lebih perdalam penjelasan fisikanya supaya anak sekolah jaman sekarang suka dan menggemari pelajaran fisika dantidak menggap pelajaran yang susah dan membosankan 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. faris

    October 4, 2010 at 4:58 am

    makasi ya om….. :twisted: :twisted:
    hehehehe :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. faris

    October 4, 2010 at 5:04 am

    makasi banyak ya om :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. tiyok

    November 11, 2010 at 2:47 am

    makasih kaq rahadian ahkirnya tugas nya selesai tq :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. Meiva

    November 27, 2010 at 11:39 am

    Tolong kasih nama Fb setiap penulis dong !!!!! :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. VICTOR

    December 11, 2010 at 7:26 am

    mau tanya nih.. itu 2 Kg es nya perlu dipapar energi sebesar 1.339.600 Joule seberapa lamaagar jadi air yang bersuhu 70o Celcius? 1menit aja cukup kah? ngitung perkiraan waktunya gmn ya?

    http://www.facebook.com/profile.php?id=100000130849973

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. Fyrsa Dellina

    December 12, 2010 at 6:07 am

    Kak, bisa jelasin soal yg pake grafik?? aku bingung!!! :arrow: soalnya Pak Setyo *guru fisika ku* jelasinnya gak jelas!! Tolong ya kak! makacihh :evil: :!: :) :-)

    Fyrsa — SMP 101, Jakarta… :| :o :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. yolanda

    December 15, 2010 at 3:23 am

    makasiihhh yyaa

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. sarii

    December 21, 2010 at 8:05 am

    susah 3x…………………………………… :twisted: :evil: :oops: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. dud

    December 29, 2010 at 7:33 am

    klo kalor jenis uap brapa ci??? :roll: :roll: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. Gigih

    January 19, 2011 at 9:46 am

    :oops: :? :lol: :twisted: :x :D :-) :o :( 8) :? 8O :? 8O :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :roll: :wink: :x :lol: 8) :? 8O

    jiakakakakak my name is gigih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. Gigih Pratama

    January 19, 2011 at 9:48 am

    paling ssah thuu fisikaa ampe mau nangisss akwww :cry: cba biologi :oops: hehehe mlu jdinyaa i love Dya

    MTz Insan cendekia

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. Gigih Pratama

    January 19, 2011 at 9:52 am

    Nma khuu gigih akww sekolah dhii mtz insan cendekia
    aku binggung fisika tpi dkitt hehehe
    :D akw pling jengkel ma ketua kelazz :x mukulin mulu tpi gug papa
    lma lma belajar kan bisa hehhe :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. andika

    January 20, 2011 at 2:45 am

    mas klo perpindahan panas tu rumusnya pa?
    kan ada yang namanya konduksi, konveksi, radiasi,
    permasalahanya kan untuk koefisien perpindahan panas (U) dari masing-benda berbeda,
    liatnya dmn mas?
    maksih ya….!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. abryanto

    January 29, 2011 at 5:07 am

    :!: :!: thanks ya, karena infonya aku bisa belajar lebih giat

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. nurul rizka

    February 16, 2011 at 8:18 am

    aku pengen tau donk … :roll:
    apa aja yang menjadi manfaat penerapan kalor ???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. jui\ni kardian

    February 28, 2011 at 5:48 am

    ass.pak saya sedang butuh contoh soal perubahan fase zat in,tolong ya oak kirimkan ya.wsm

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. steven

    February 28, 2011 at 12:36 pm

    http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. nar cam

    February 28, 2011 at 12:39 pm

    :| :mrgreen: :mrgreen: :| :| :| :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. xxx

    March 7, 2011 at 12:42 pm

    Thank you udah atas pemberitahuannya . Penjelasannya mdah dimengerti :-) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. mutiara prima diana

    March 8, 2011 at 1:17 pm

    wow… pinter banget :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. sayaka-chan

    March 14, 2011 at 4:03 am

    ADUH….tolong kalau menjelaskan yang lebih mendetail lagi ok..aku ini ceue yang suka bngt sma FISIKA (meybe) hhe :D :oops: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. ulpah

    March 15, 2011 at 10:55 am

    :lol: terimakasih banyak atas penjelasannya. itu semua sangat membantu pekerjaan rumah adik saya :)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. piti

    March 19, 2011 at 5:13 am

    mau tanya, apa si sebab nya suhu menjadi naik lagi setelah tercapai suhu minimum?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. anwari

    March 30, 2011 at 11:47 pm

    bgs..
    tp ada lg gk pelajarna fisika yg laen….???!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. Nadia Nurul I

    March 31, 2011 at 10:53 pm

    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. kh

    April 7, 2011 at 3:48 am

    ijin ngopy y pak.pas bggt bwt PR saya :)
    mksh sblmnya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. rey

    April 11, 2011 at 1:25 pm

    http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_smile.gif
    THANKS

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. bhima

    April 13, 2011 at 11:48 am

    rumus kalor uap.a mana ya pak..http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_wink.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. siapa tuh

    April 14, 2011 at 2:27 pm

    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D Keren x ea bunk…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. mamat

    April 15, 2011 at 10:19 am

    alus euy penjelasannya :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. alvha gracia

    April 22, 2011 at 5:05 am

    pelajar fisika cukup menarik…. I LIKE :!: IT….VERY-VERY GOOD.. :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. Jeanny kase

    April 22, 2011 at 5:07 am

    cukup sulit untuk dimengerti tapi jika serius dan bertekun pasti smuahnya bisa dimengerti. :roll: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. Amalia

    April 25, 2011 at 11:26 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :!: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. Linzy

    April 28, 2011 at 2:03 pm

    siiii….p dch… jd lbh bnyk tw nch…..
    cool abie…zzzz :!: :arrow: :lol: :P 8) :wink: :D :D :D :D :D :D :D :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :lol: :P :lol: :P :lol: :P :lol: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. sm*shblasht 4ever

    April 28, 2011 at 2:05 pm

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. D2 4ever

    April 28, 2011 at 2:07 pm

    :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. rizky aj

    May 10, 2011 at 8:31 am

    goooooooooooood

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. emp..bguz bnget contoh-contoh soalnya..tpi penjelasannya trllu singakt kk

    May 26, 2011 at 7:56 am

    :o 8O :-) :!: :wink: :?: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. iyut

    June 7, 2011 at 9:41 am

    wah……….fisika ituch susach dan sulit bagiku :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. ican

    June 7, 2011 at 9:46 am

    wahhhhh… :D :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. fajar septiana

    June 26, 2011 at 11:26 am

    makasehhh yaaaa ne contoh soal yg Q care :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. panji

    July 19, 2011 at 1:34 pm

    :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. heykal

    July 20, 2011 at 12:17 pm

    gecil itu man 8) 8) 8) :!: :!: :twisted: :twisted: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. Darin

    August 20, 2011 at 4:41 am

    :!: :!: :!: :!: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. rrr

    August 25, 2011 at 5:41 am

    :P :o :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :? :o :x :x :x :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. rezky

    October 13, 2011 at 2:02 pm

    makish ats petunjuknxa kak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. indri

    October 31, 2011 at 9:45 am

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:
    ya saya senang karena ini sya menjdi bhagia karena sudah lebih dekat saya dengan ini…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. tasya

    November 11, 2011 at 2:44 am

    kog nggak lengkap?????????? 8O :? :D :evil: :roll: :wink: :?: :idea: :x :x :lol: 8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. inda

    November 15, 2011 at 11:44 am

    :) mkasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. inda chiee caiiank kmueee

    November 15, 2011 at 1:13 pm

    t’rImzzzz
    smwa rmueZZ”.
    q cnenk krnAa bcAh mmbanTu q…..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. inda chiee caiiank kmueee

    November 15, 2011 at 1:17 pm

    T’rimmzz,,,
    aTaz zmuA rmuezz”…
    :) :):(:*

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. sarah

    November 23, 2011 at 11:54 am

    :!:
    :D :D :D :D :D :D :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. tiara rizkyta nabilla

    December 2, 2011 at 4:25 am

    mau tanya nich :-)
    titik lebur zat itu brp?
    :P :P :P :P :P :P :P :P
    bls y!!!!! pliiisssss gie butuh nich :o :o :o :-) :-) :D :lol: :P :oops: :wink: :!: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. ALmas Prakasa

    December 6, 2011 at 8:48 am

    MAkasih ea,atas penjelasan’a …..
    I :arrow: FISIKA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. may

    December 19, 2011 at 1:43 pm

    kalor jenis air itu klo dlm satuan J/Kg.’C itu 4,2 atau 4200??? :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. Herdy

    October 1, 2012 at 2:38 am

    Thaks ya Ilmunya.

    nyari2 tugas ketemu deh.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. Oby

    February 6, 2013 at 1:38 pm

    Thanks informasinya, hehehe

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. Doni_CR7

    January 25, 2014 at 11:04 am

    Thanks jadi nemuin Jawaban and inget kmbali rmusx http://klikbelajar.com/konten/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. Lucky

    April 5, 2014 at 10:58 pm

    terima kasih atas pengetahuannya :)
    berguna banget

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. diyant

    May 4, 2014 at 10:40 pm

    air panas 100 derajat celcius ditambahkan pada 300 g air yang suhunya 0 derajat celcius hingga campuran itu mencapai suhu 40 derajat celcius. massa minimum air yang ditambahkan adalah…?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>