Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,299
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,769
dwi

312,823
adit

309,730
resta-andara

273,737
benedict

261,561
rahadian

240,264
bara

228,914
nabilalalala

216,588
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,137
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Pelajaran #3: Garis Paranada dan Garis Bantu

Pernahkah anda melihat garis-garis horizontal seperti tampak pada gambar di bawah ini?!

garis-paranada

Gambar 1. Garis paranada

Gambar 1 di atas disebut garis paranada, yaitu 5 garis horizontal yang digunakan untuk meletakan simbol-simbol notasi dalam partitur musik, seperti : not, tanda diam, kunci musik, tanda kres, mol dan natural dan lain-lain. Pada tahap awal pelajaran ini, kita hanya akan membahas cara peletakan not saja.Cara meletakkan suatu not pada garis paranada ada dua kemungkinan, yaitu:

1. Not diletakkan tepat pada garis paranada

2.Not diletakkan di antara garis-garis paranada (disebut spasi garis paranada)not

Gambar 2. Not yang terletak pada garis paranada (kiri) dan not yang terletak pada spasi garis paranada (kanan).

Berdasarkan titinadanya, not yang terletak pada garis atau spasi garis paranada yang lebih tinggi memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan dengan not yang terletak pada garis atau spasi garis paranada di bawahnya. Jadi, pada gambar 2 di atas, not yang terletak di sebelah kiri memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan dengan not yang terletak di sebelah kanannya.
Mungkin Anda bertanya-tanya? Jika hanya terdapat lima buah garis dan empat buah spasi pada garis paranada, maka bukankah kita hanya dapat menuliskan not-not tertentu saja atau rentang not-nya terbatas? Dengan kata lain, bagaimana caranya untuk menuliskan not-not bernada tinggi atau bernada rendah yang lebih tinggi atau lebih rendah dari not-not yang terdapat pada garis paranada tersebut?
Untuk masalah tersebut, kita dapat menambahkan garis-garis bantu di sebelah atas maupun di sebelah bawah garis paranada. Garis ini disebut garis bantu.

Cara meletakkan not-not pada garis bantu sama seperti cara meletakkan not-not pada garis paranada, yaitu ada dua kemungkinan : tepat pada garis bantu maupun di antara garis-garis bantu (disebut spasi garis bantu). Demikian pula dengan masalah titinadanya, di mana semakin tinggi letak garis bantu atau spasi garis bantu tempat not berada, maka semakin tinggi pula nadanya dan demikian pula sebaliknya. Namun, untuk menyederhanakan pembahasan kita di atas, kita dapat menganggap garis paranada dan garis bantu sebagai satu kesatuan, di mana garis bantu hanya digunakan jika ada not-not yang nadanya berada di luar garis paranada.

Ari_Maulana

Pelajaran #3: Garis Paranada dan Garis Bantu, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 3 artikel
Mendapatkan 8 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

8 Comments

  1. lia

    October 6, 2009 at 11:35 am

    :? :cry: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. SALMA

    August 1, 2010 at 12:23 pm

    :( :? :cry: :idea: 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. frida

    January 19, 2011 at 10:20 am

    tlonggg cariin paranadalah plisss

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. dhilah

    March 26, 2011 at 6:51 am

    :idea: :o 8O :roll:
    sebenernya sich yang aq butuhin cuman gambar not garisnya doang….
    tp klo nggak ada, yah sudah…ngak papalah….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. dhilah

    March 26, 2011 at 6:53 am

    :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O
    sbenernya sich yang gue butuh cuman gambar not garisx doank
    eh.. tpi gak ada…. :cry: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  6. Ajeng

    August 9, 2011 at 6:46 am

    gua butuh gambarnya ,, tp ga ada… huh :? :( :cry: 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. aku

    November 4, 2011 at 1:45 pm

    :-) :x :twisted: :mrgreen: :| :arrow: :idea: :?: :!: :wink: :roll: :evil: :cry: :oops: :P :x :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. zulham

    November 2, 2012 at 1:02 am

    Sebenar’Y bagaiman cara main’Y

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>