Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,247
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,998
iwan

80,055
kupukupu

78,106

opini,memo,surat dan watak tokoh

A. Informasi Lisan dengan Teknik Induktif dan Deduktif
Penyimpulan induktif adalah cara mengambil kesimpulan dari pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus menuju ke suatu kesimpulan yang bersifat umum. Perhatikan contoh berikut! Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan imajinasinya, barulah tercermin sebuah puisi. Pengarang novel merangkai ceritanya dengan pengembangan imajinasi. Demikian juga seniman akan menggoreskan lukisan di dahului dengan imajinasinya ke arah yang sebenarnya. Memang benar imajinasi diperlukan dalam menciptakan suatu karya.Adapun penyimpulan deduktif adalah cara mengambil kesimpulan dari pernyataan-pernyataan yang bersifat umum menuju ke suatu kesimpuian yang bersifat khusus.

B. Informasi yang Berupa Pendapat (Opini)
Pendapat (opini) adalah pandangan berdasarkan ideologi atau sikap seseorang dalam memberikan suatu wawasan terhadap objek, merupakan pernyataan yang bersifat konkret dan harus dapat dibuktikan kebenarannya.

C. Menulis Memo
Memo dapat juga disebut memorandum, yang artinya:
1. surat pernyataan dalam hubungan diplomasi;
2. nota atau peringatan tidak resmi;
3. bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, dan penerangan.Memo biasanya dibuat oleh atasan kepada jajaran yang berada di bawahnya dalam satu ruangan atau organisasi.

D.  Perintah Kerja Tertulis yang Berupa Surat
Surat adalah suatu alat atau sarana komunikasi tulis. Surat dipandang sebagai alat komunikasi tulis yang paling efisien, efekif, ekonomis, dan praktis. Surat resmi berisi ketentuan-ketentuan tentang cara-cara melaksanakan peraturan-peraturan. Misalnya surat keputusan atau instruksi, dapat dipakai sebagai pedoman kerja oleh suatu lembaga. Surat resmi berfungsi sebagai alat komunikasi, alat bukti tertulis, alat bukti histories, alat pengingat, duta organisasi, dan pedoman kerja.

1.    Surat Edaran
Ada dua macam bentuk dan sifat surat edaran, yaitu edaran umum dan edaran khusus. Surat edaran umum ditujukan kepada orang banyak atau umum. Surat edaran khusus ditujukan kepada orang-orang atau pejabat-pejabat tertentu, seperti surat dinas biasa. Dalam penulisannya, sebelum salam pembuka, sebaiknya dituliskan kata “Surat Edaran.”

2.    Membuat Pengumuman
Pengumuman adalah surat yang ditujukan kepada orang banyak atau umum.

E. Membaca Karya Sastra dan Mendeskripsikan Watak Tokoh
Ketika membaca karya sastra kamu akan menjumpai tokoh beserta perwatakannya. Tokoh berhubungan dengan nama dan jumlahnya. Tokoh dibedakan atas tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis. Sementara itu, perwatakan iebih mengacu pada karakter, sikap, dan sifat tokoh yang dapat ditafsirkan oleh pembaca. Namun, tokoh dan perwatakan merupakan satu kesatuan yang utuh. Bahkan, nama tokoh tertentu kadang-kadang langsung mengisyaratkan perwatakan yang dimilikinya. Hal itu sering terjadi pada cerita rakyat, seperti Malin Kundang dengan kedurhakaannya atau Kabayan dengan sifat kemalasannya. Pendeskripsian watak suatu tokoh dalam cerita rekaan bisa kamu analisis melalui aspek fisik, aspek psikologis, dan aspek sosialnya. Ketiganya akan tampil bersama-sama. Artinya, watak tokoh yang muncul akan diwakili oleh bentukfisik, kondisi jiwa dan kedudukan sosialnya. Misalnya, Datuk Maringgih digambarkan sebagai seorang tua yang berwajah buruk (fisiknya), kikir, jahat, pendendam, suka menipu dan mencelakakan seseorang, ambisius, serta licik (psikologis). Selain itu, ia adalah pedagang ikan asin yang sukses hingga akhirnya menguasai berbagai sektor perdagangan dan perkebunan di Sumatra Barat (sosiologis).

opini,memo,surat dan watak tokoh, 1.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 49 artikel
Mendapatkan 588 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>