Best Author
sangdedi

743,217
octa

484,299
fitrotinnikm

456,613
idjah

444,769
dwi

312,823
adit

309,730
resta-andara

273,737
benedict

261,561
rahadian

240,264
bara

228,914
nabilalalala

216,588
kurnitap_

154,132
kuswanto

139,137
suranto

100,765
admin

98,848
iwan

80,055
kupukupu

78,090

Muatan listrik statis

Definisi Listrik Statis
Kalian tahu nggak listrik statis itu pa..???
Hayo ada yang tahu nggak…???
Ya benar, Listrik statis itu adalah merupakan fenomena fisika yang dapat menunjukkan adanya interaksl dari benda-benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik yang dimiliki benda-benda itu bisa bermuatan negatif maupun positif. Kita ambil Contoh dari fenomena listrik statis yaitu batu ambar yang apabila digosok-gosokkan dengan kain sutra maka akan bermuatan listrik. Hal ini dapat diketahui apabila batu ambar itu didekatkan dengan kertas-kertas kecil maka kertas-kertas itu akan dapat tertarik oleh batu ambar.

Proton dan Elektron
Semua zat itu pasti tersusun atas atom-atom. Setiap atomnya pun itu tersusun atas inti atom yang di dalamnya itu terdapat proton dan inti atom itu dikelilingi oleh elektron-elektron. Proton itu bermuatan listrik positif sedangkan elektron itu bermuatan listrik negatif.

Muatan Listrik (Q)
Di dalam ilmu fisika muatan listrik itu Ada dua macam, yaitu muatan listrik positif (+), dan muatan listrik negatif (-). Apabila kedua muatan listrik yang berbeda (positif dengan negative) itu didekatkan, maka mereka berdua akan saling tarik-menarik. Namun, apabila dua muatan listrik yang sejenis (positif dengan positif dan sebaliknya) itu didekatkan, maka mereka akan saling tolak-menolak. Muatan listrik itu dapat dinotasikan dengan menggunakan simbol Q dan memiliki satuan coulomb (C).

Hukum Coulomb
Hukum Coulomb itu tentu saja menerangkan tentang gaya listrik dalam ilmu fisika. Sedangkan Gaya listrik itu dapat dinyatakan dengan notasi F dan memiliki satuan newton (N). Hukum Coulomb ini menyatakan bahwa: “Gaya tarik atau gaya tolak-menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan besar muatan yang berinteraksi dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan tersebut.”

Induksi Listrik
Kalian tahu nggak induksi listrik itu apa…???
Induksi listrik itu adalah fenomena fisika yang apabila pada suatu benda yang tadinya netral atau (tidak bermuatan listrik) menjadi bermuatan listrik karena akibat adanya pengaruh dari gaya listrik atau dari benda yang bermuatan lain dan didekatkan padanya.

Elektroskop
Apa itu elektroskop …???
Elektroskop itu adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi muatan listrik statis. Elektroskop  itu  bekerja berdasarkan prinsip induksi listrik. Elektrometer  adalah elektroskop yang selain dapat mendeteksi muatan, dia juga dapat mengukur jumlah muatan listrik yang ada pada suatu benda. Sifat elektroskop itu seperti berikut.
1. Jika  benda  bermuatan  positif didekatkan  pada  sebuah  elektroskop netral
maka di bagian kepala elektroskop itu berkumpul muatan negatif dan di bagian
daunnya berkumpul muatan positif. Ini menyebabkan daun elektroskop akan
mengembang.
2. Jika benda bermuatan positif didekatkan pada sebuah negatif maka di bagian kepala elektroskop berkumpul muatan negatif dan di bagian daunnya itu tidak ada muatan. Ini menyebabkan daun elektroskop akan menguncup.
3. Jika.benda bermuatan positif didekatkan pada sebuah elektroskop positif maka di bagian kepala elektroskop tidak ada muatan dan di bagian daunnya berkumpul muatan positif. Ini menyebabkan daun elektroskop akan mengembang.

Medan Listrik (E)
Medan listrik itu kayak suatu daerah yang berada di sekitar muatan listrik yang ternyata masih sangat dipengaruhi oleh gaya listrik. Arah medan listrik itu adalah keluar dari muatan positif dan masuk ke muatan negatif.

Kuat Medan Listrik
Kuat medan listrik itu ialah besarnya medan listrik yang dimiliki oleh suatu muatan listrik dari suatu titik acuan tertentu. Kuat medan listrik itu dapat dinotasikan dengan E dan memiliki satuan N.C1.

Manfaat Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari
Gejala listrik statis dimanfaatkan dalam aplikasi sebagai berikut.
1.    Generator Van de Graff
Generator Van  de  Graff  menggunakan  prinsip  listrik  statis  yang  mampu menghasilkan tegangan sangat tinggi, yakni sekitar 20.000.000 volt,  hebat ya….
2.    Catsemprot.
3.    Mesin fotokopi.
4.    Pencetak (printer) laser

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 435 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

106 Comments

  1. SantiHN

    June 10, 2010 at 2:37 pm

    dduuch thx a lot of.. :!:
    tpiii syang dc..krg lgkap…tp ttp brmnf’t og…
    okeh” :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. cyelend

    July 25, 2010 at 3:32 am

    :!: SIIP laH thnkz… dg ni tugas qw beres….. :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. CINDY

    July 26, 2010 at 10:04 am

    :-) HY,,,
    AKU MAU TYA APA YG DI MAKSUD DGN BENDA BERMUATAN
    A;POSITIF
    B;NEGATIF
    C;NETRAL….. :D
    MOHON BANTUANX :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Angelint

    July 31, 2010 at 6:18 am

    Good.. :!: bantu aqu bwat kerja tugas.. :P TRIMS EA… :o :-) :D :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Orihime Minami

    July 31, 2010 at 11:36 am

    da gak pnjlsn yg kongkrit tentang listrik statis???????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. latifah shinee

    August 2, 2010 at 7:58 am

    :lol: listrik statis itu bermuatan apa sih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Fida

    August 2, 2010 at 10:13 am

    apasig cats emprot tu :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. motoki

    August 18, 2010 at 12:42 pm

    kok disitu enggak di cantumkan rumus mencari gaya elektrostatiknya?tapi ngak pa2 aku jadi lebih ngerti sekarang.thanks infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. tembem

    August 22, 2010 at 7:07 am

    belajar tent :lol: :D :!: ang listrik statis tu menyenakan bgt !!! :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. syfa fransisca

    August 26, 2010 at 5:40 am

    iiiccch hbat bgd ya ….. :arrow: :mrgreen: :arrow: :idea: :D :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. sonny hutagalung

    August 26, 2010 at 12:34 pm

    gimana cara memberi muatan listri……….. :arrow: :!: :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. cinta sains

    September 21, 2010 at 12:30 pm

    hbt…….mau tau donk…sbnarnya thomas alfa edisom ntu nmuin listrik pa lmpu pijar….? :D :-) :o :lol: :P :oops: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. raka loh

    September 22, 2010 at 10:28 am

    :twisted: :o

    susahny belajar fisika ada yg mau bantuin gak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. nova grace

    October 1, 2010 at 3:57 pm

    okokokkok…….tugas gw beres dhhh :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. rendy h

    October 4, 2010 at 7:54 am

    thanks gan , nice info dah jadi tugas fisika gua udah selesai hehehhe 8) :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. piippiit dyppy

    October 5, 2010 at 3:26 am

    :evil: aahhkkk fissikka bikkiin puucccing …
    tappi assiik kallo udaah pahham nd ngeertti …

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Apollonius

    October 5, 2010 at 1:25 pm

    contoh bnda2 yang brmutan negatif sma positifnya mna,…???

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. Apollonius

    October 5, 2010 at 1:26 pm

    contoh bnda2 yang brmutan negatif sma positifnya mna,…??? :o

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. ifah

    October 24, 2010 at 4:29 am

    :arrow: dduuuuuuuh bingung deh,,
    manfaat listrik statis itu pa c,, n contoh.a ap?? :idea:
    tolong ksh au ea n ksh penjelsn.a lbh lengkp biar lbh paham,, oteh” :!: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. karim,

    October 29, 2010 at 5:17 am

    kk’
    aqw mw nanya’ beneda benda apa saja yang bermuatan listrik dan cara memberi muatan lisrtik jenis² muatan listrik

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. rinna

    October 31, 2010 at 10:28 am

    klo bisa sih…..pengen tahu cara menyelesaikan soal menggunakan rumus-rumus….
    :D soalnya… wktu guru menerangkan,agak-agak ngak ngerti… :lol: hehehehe
    jdi tolong di bantu ya….. :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. kokom

    November 8, 2010 at 11:19 am

    Wahh,thx ya nambah pengetahuan ku nie,lumayan…
    klo SMP Bru bljr yg statis,klo SMA br yg dinamisnya
    Oh ya,klo pengosongan muatan listrik itu apa ya?contohnya petir
    tlg jelasin…
    Thxk before 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. nurlia

    November 13, 2010 at 6:50 am

    thks ia tgas aku jdi selesai deh,.,
    hh
    :)
    :)
    :0

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. anonymous

    November 13, 2010 at 7:54 am

    no comment 8) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. siapa aja boleh

    November 19, 2010 at 12:37 pm

    fisika ..
    ohhhhhhhh nooooooooooo !!!!!!!!!!!!!!!!!!! :mrgreen: :twisted: :x :idea: 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. elita

    November 28, 2010 at 12:41 pm

    Proses terbentuknya atom bermuatan gmn ya???gk ngrty diriku :roll:
    tolong bntu yc :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. tomimah

    December 1, 2010 at 5:26 am

    berikan contoh praktikum listrik statis yg lengkap donkkk….thank

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. ambar zazie natsumi

    December 5, 2010 at 6:58 am

    nggak ngerti aku belajar fisika …
    tolonggg….. :( :cry: 8O :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. YOKI ADITYA

    January 8, 2011 at 1:39 pm

    THANKS YA BWT KMU!!!!!!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. dwi

    dwi

    January 9, 2011 at 3:05 pm

    terima ksih udah membaca, nanti smua pertanyaan kalian akan saya jawab..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. naomi

    January 12, 2011 at 1:00 pm

    :lol: siip :!: :!:
    q emank gy btuh bget nie artikel !! :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. a

    January 15, 2011 at 5:11 am

    :lol: :x :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :!: :D :D :?: :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :| :| :| :arrow: :?: :!: :!: :!: :!: :!: :wink: :roll: :evil: :evil: :oops: :oops: :P :P :lol: 8) :? 8O :( :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. onna

    January 16, 2011 at 9:52 am

    wahh.. keren.keren .. bisaa nambah wawasan nih .. top dehh . :!: :!:
    mm,, bisa kasih tau tntang fisikaa yg lainn nggk ??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. shofiya assalafiya

    January 25, 2011 at 9:31 am

    hai……. :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Tiara

    January 30, 2011 at 3:28 am

    :lol: :o ada cnth muatan listrik yg lain lgi gk yaaa
    soalnya gi btuh conth yg byak ni
    mhon bntuannya yaaaa :-) :wink: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. livi

    February 6, 2011 at 7:01 am

    :lol: :x :twisted: :arrow: :o :( :? :wink: :roll: :oops: :cry: :evil: :P :? 8O :o :D :-) :! :arrow: :idea: :?: :wink: :!: :twisted: :cry: :oops: :P :lol: 8) :? 8O :o :( :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. Supeny

    February 15, 2011 at 5:39 am

    Thanks artikelnya :!: !!!! lumayan di copas buat tugas :D :P :lol: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. brodut

    February 21, 2011 at 1:58 pm

    thank’s ya gan info nya :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. brodut

    February 21, 2011 at 2:01 pm

    lumayan bakal PR :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. junia

    March 9, 2011 at 1:28 am

    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :o :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. veedzee

    March 13, 2011 at 10:02 am

    hayeeee
    okey jg nich :P
    sering2 aja :!: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. dwie putra

    March 27, 2011 at 1:42 pm

    KEREN!! :lol:
    Makasih ya.. sangat membantu :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. soniul

    April 3, 2011 at 9:01 am

    IPA pUy3n9 bEudH N!ch,,,
    :idea: Py,QuW gX LeH ny3raH xIxiXi
    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. monilia fita

    April 9, 2011 at 6:46 am

    Seru.. :o tp ngelu.. :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. melati

    April 20, 2011 at 4:23 am

    love fisika full dueh…. :D :lol: :oops: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. mia

    May 14, 2011 at 12:48 pm

    Listrik statsis itu bisa ga terjadi dikehidupan sehari-hari tanpa kita sadari???
    kalau ada apakah berbahaya????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. suhadi

    May 25, 2011 at 12:08 pm

    Aduh pzing gmana nh. . . . ?
    mna uda mu bzok lg. . . huuuufth

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. BoEDy

    May 28, 2011 at 3:19 pm

    :lol: :twisted: :arrow: :!: :D 8) :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. BoEDy

    May 28, 2011 at 3:20 pm

    lebih lengkapny ada gak

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. Niluh

    June 16, 2011 at 5:56 am

    aku pengen tau pengertianya atom,bisa nga’ kamu bantuin saya??????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  51. dwi

    dwi

    June 19, 2011 at 4:54 pm

    ya nanti pasti saya akan bantu..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  52. .

    July 13, 2011 at 3:06 pm

    ea ea ea ketepong…….. :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  53. Ditha Nuzhulia

    July 16, 2011 at 2:42 am

    hm ,,.
    aku snag bngeet amha yg nma.a FISIKA … :-) :|
    tpii ,, aku msih kurng paham … :D :roll:
    untung.a ada info” nih ,, :arrow: : :!:
    thanks yaachhh ,, :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  54. adi saputra

    July 16, 2011 at 6:20 am

    aku ingin tau pelajaran aku disini

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  55. fresly

    July 18, 2011 at 1:40 pm

    tq ya infonya ^^ :wink:
    jempol buat ente :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  56. soviiie_

    July 19, 2011 at 2:20 pm

    :D :-) :o 8O :? 8) :lol: :P :oops: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :P :P :P :P :P :P :P :P :P :P keren , gguue butuh bgett neyy yg keaa gniie ,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  57. edo.putra

    July 20, 2011 at 2:50 am

    bagus banget cara penulisan nya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  58. rastra

    July 20, 2011 at 12:38 pm

    BAGUS TAPI SUSAH :x :twisted: :!: :mrgreen: :| :arrow: :idea: 8) :lol: 8) 8) :o :o :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  59. rhiny

    July 21, 2011 at 6:30 am

    :wink: :D :D :idea: :mrgreen: keren :o :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :x :P :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :x :x :x :twisted: :twisted: :twisted: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  60. Mawaddah Ramadhana

    July 23, 2011 at 6:49 am

    thanks ya..
    tapi syank’a gcx lengkap sieh…!!!! :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  61. dila

    July 25, 2011 at 12:58 pm

    g’ ngerti…… :( :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  62. MEGA

    July 26, 2011 at 10:17 am

    lucu lucu lucu

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  63. desi

    July 27, 2011 at 2:02 am

    tambahin lagi ya yang lainnya, tentang listrik,,,
    ge bnyak tugas soal nya,,, :o :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  64. orang

    August 1, 2011 at 4:11 am

    :P :D :-) :( :mrgreen: :| :arrow: :?: :?: :!: :wink: :roll: :twisted: :evil: :x :P :oops: :cry: :evil: 8) :? 8O :o :D :( :o 8O 8) :lol: :oops: :cry: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  65. chaca

    August 1, 2011 at 4:55 am

    eh mau nanya dong, apa yang terjadi kalo batang ebonit sama batang plastik sama-sama di gosok ke kain wol ditempelin? :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  66. arum pitasary

    August 4, 2011 at 7:39 am

    haduh gantian aku,,,,,,
    apa manfaat dan bahaya listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.? :? :idea: :mrgreen: :( 8O :roll: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  67. aisyah

    August 8, 2011 at 4:59 am

    tanya donk alat apa aja yg menggunakan listrik statis :oops: :o :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  68. aduuuch aque bngung bgt ma listrik statis

    August 8, 2011 at 5:08 am

    :( :oops: :roll: :!: :| :arrow: :? :( :( :( :( :( :( :( :x 8) :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  69. Yeriko Mardji

    August 9, 2011 at 10:42 am

    8O 8O 8O 8O 8O
    Kenapa mistar plastiknya digosok searah?
    8O 8O 8O 8O 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  70. sarasraka

    August 14, 2011 at 3:40 am

    bagus,, tpii kurang lengkap :!: :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  71. satya

    August 19, 2011 at 2:43 am

    thanks a lot ya, begini2 bermanfaat :-)
    :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  72. lutfhiaulia

    August 21, 2011 at 7:02 am

    GOOOOOOOd bRkT Ow q bZa nGrJaIn tGaZ guA

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  73. Indah Fatma

    September 10, 2011 at 6:23 am

    :!: :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  74. YOGI

    September 13, 2011 at 12:11 pm

    trimz..
    Degan ini aku bisa belajar….. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  75. prayoga

    September 13, 2011 at 2:25 pm

    belajar fisika itu psing :x
    v klau udah pham mh jdi bsa :-)
    hehehe

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  76. harfa

    September 16, 2011 at 11:30 am

    :x :!: :?: :idea: 8) :? :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  77. Gk begitu penting

    September 17, 2011 at 12:08 pm

    haii
    numpang nanya nih

    klu faktor faktor terjadinya gaya listrik statis itu apa ya??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  78. rena annisa

    September 20, 2011 at 1:26 pm

    penjelasannya sangat bagus kak, apalagi jika ditambah dengan rumus-rumusnya pasti itu akan lebih menarik kak :-)

    thanks ya ini juga sudah sangat membantuku dlm belajar listrik statis :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  79. darma asta cayank kamoe

    September 21, 2011 at 4:40 am

    gw pengin banget pinter FISIKA lowwwwww :!: :arrow: :idea: :cry: :o :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  80. Rizky

    September 21, 2011 at 9:30 pm

    artikelnya kurang lengkap… :lol:
    tapi udah bagus kok :!: :D :-) :( :o 8O :? 8) :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  81. didit_icha

    September 27, 2011 at 9:49 am

    artikelnya kurang lengkap :x :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  82. shyda chupoupouf smart

    September 27, 2011 at 1:12 pm

    thnks.. :!: :arrow: :-) :D :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  83. raymond

    September 28, 2011 at 8:05 am

    Ada Forum Untuk Belajar FISIKA yang Nyaman dan Menyenangkan…??

    Agar Kita Tidak Ketinggalan dengan orang luar.!!
    :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  84. dimas pandiega

    September 28, 2011 at 9:47 am

    Ty yaa dude nice work :!: :!: :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  85. iyuz

    October 2, 2011 at 3:40 pm

    :!: :mrgreen: :| :arrow: :o :( :cry: :twisted:

    TERLALU KEBANYAKAN PENGERTIAN

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  86. gilang gege

    October 3, 2011 at 1:06 am

    :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-)
    bagus materinya tingkatkan ya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  87. arif burhan aremania

    October 3, 2011 at 7:14 am

    itu sangat mmenggagumkan sebuah penggembangan fisika listrik statis aku suka

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  88. chrismalindha

    October 10, 2011 at 1:14 pm

    bisa bwd tmbh pngtahuan selain pelajarn di sklh nichh…
    :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  89. robby tandinata

    October 11, 2011 at 4:43 am

    SIIIIPPPPPP!!!!!!
    thx berkat ni tgsku dh slesai :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :| :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  90. bella

    October 11, 2011 at 8:16 am

    :arrow: :-) :-) :-)
    thanks :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  91. ika puspita

    October 13, 2011 at 3:33 am

    aduu pusing liat nich tugas :cry: mna bsk ulngan kimia lg :(

    mohon di bntu y :!: :!: :|

    hehehe kyak pnting sja dee :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  92. Belly prima

    October 17, 2011 at 11:22 am

    thanxzz ea :!: saya berhasil mnemukan tugaz fisika saya :o :lol: 8) :arrow: :D :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  93. ressa

    October 19, 2011 at 9:38 am

    rofl haha vu http://www.visori.info/uploads/dl.php?usr173album48-Photo36.JPG

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  94. mona

    October 22, 2011 at 1:29 pm

    artikelnya bagus,tapi sayang gak ada gambarnya :-) :cry: :wink: hehepiizzt :| :?: :? 8O :( :D :x :oops: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  95. nisa

    October 27, 2011 at 7:07 am

    hahaa .. makasiih saya bisa tau .. :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  96. ars

    October 27, 2011 at 12:40 pm

    :-) :D :x :lol: :? 8) 8O :o :o :( :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :arrow: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  97. mr. x

    October 31, 2011 at 11:24 am

    Fiaika tuh gampang & asik kok sebenernya (kalo udah pada ngerti)
    :!:
    :!: :!:
    :!: :!: :!:
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    :!: :!: :!: :!: :!: :!:
    :!: :!: :!: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  98. Orpi Kimo_Lovers

    November 8, 2011 at 3:47 am

    makasih atas infonya kak :!: :D 8O :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  99. nurul

    November 10, 2011 at 12:41 pm

    :!: :D :lol: :evil: 8) :!: :!: :!: :!: :!:
    thx yya , dah bntu tugas fisika syya.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  100. Wilin

    November 23, 2011 at 7:02 am

    hehehM! :D http://tinyurl.com/photo-ODL3982-jpeg

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  101. Wilin

    November 23, 2011 at 7:03 am

    hehehO! :D http://tinyurl.com/photo-ODL3982-jpeg

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  102. Adi sumartana

    December 3, 2011 at 11:59 am

    :idea: :idea: :idea: :idea: malu” yg kya gini ajj gak bisa :idea: :idea: :evil: :evil: :evil: bodoh sekali :?: :?: :?: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  103. Adi sumartana

    December 3, 2011 at 12:02 pm

    boleh konsultasi KB ya :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :evil: :?: :?: :?: :?: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :| :| :| :| :| :| 8O 8O :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  104. inha

    December 6, 2011 at 12:37 pm

    THANK’S eaaach, tgas aq dagh slesaaai…. manchap :oops: :arrow: :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :!: :!: :!: :!: :!: :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  105. yudi

    December 11, 2011 at 2:15 pm

    :!: :lol: :D :roll: :?: :arrow: :mrgreen: :| :twisted: :lol: :P
    yg bkin jgo

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  106. wow

    September 9, 2012 at 10:53 am

    wow

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>