Best Author
sangdedi

743,613
octa

486,237
fitrotinnikm

456,615
idjah

445,157
dwi

313,549
adit

310,096
resta-andara

275,123
benedict

261,583
rahadian

240,910
bara

228,942
nabilalalala

216,882
kurnitap_

154,132
kuswanto

140,175
suranto

100,765
admin

98,982
iwan

80,055
kupukupu

78,106

Muatan listrik dinamis

Apa si arti dari listrik dinamis..???
Listrik dinamis itu ialah suatu gejala listrik yang diakibatkan oleh muatan listrik yang serta-merta bergerak atau mengalir dalam suatu rangkaian listrik.

Kalian udah tau semuakan tyentang aerus listrik,di SD pasti kita pernah lah belajar tentang arus listrik,,,.
Ok Arus listrik itu adalah suatu aliran muatan listrik yang dapat bergerak atau mengalir dalam suatu benda atau alat penghantar listrik atau panas, yang diakibatkan karena adanya suatu perbedaan potensial listrik dimana di antara kedua ujung penghantar. Arus listrik ini mengalir dari tempat yang rendah atau memiliki potensial listrik ke yang lebih tinggi yaitu ke tempat yang memiliki potensial listrik lebih rendah atau kecil.

Kuat arus listrik adalah banyaknya suatu muatan listrik yang dapat mengalir dalam suatu penghantar tiap satu satuan waktu. Kuat arus listrik ini dapat dinotasikan dengan menggunakan simbol / dan memiliki satuan ampere (A). Kuat arus listrik dirumuskan sebagai berikut.
i = Q/t        dan        Q = n x

Badan potensial listrik yaitu banyaknya suatu energi listrik yang harus dikeluarkan untuk memindahkan setiap satu satuan muatan listrik. Besarnya perbedaan potensial listrik dari dua titik dalam rangkaian listrik memengaruhi banyaknya muatan listrik yang mengalir.

Amperemeter merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur suatu kuat arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian. Amperemeter bukan hanya dipasang dengan parallel saja tapi itu juga dapat dipasang secara seri juga dalam rangkaian lisrik. Sementara kalau Voltmeter itu adalah alat yang digunakan untuk mengukur beda potensial pada listrik dalam rangkaian listrik . Voltmeter itu dipasang paralel dalam rangkaian.

Hukum ohm menerangkan hubungan antara kuat arus, tegangan, dan hambatan listrik. Hukum ohm berbunyi:
“Kuat arus yang melalui suatu penghantar sebanding dengan beda potensial pada kedua ujung penghantar.”
Secara matematis, hukum Ohm dinyatakan sebagai berikut.
i = V/R
dengan:
i = kuat arus listrik (ampere)
V = beda potensial/tegangan (volt)
R = hambatan/resistansi listrik (ohm)

Resistansi atau yang lebih sering dikenal dengan hambatan listrik adalah bilangan yang menyatakan hasil bagi antara beda potensial ujung penghantar dengan kuat arus listrik yang melalui penghantar tsrsebut. Nilai resistansi/hambatan listrik dinyatakan dengan simbol R dan memiliki satuan ohm (O). Alat listrik ini punya sifat sebagai hambatan listrik yang disebut dengan resistor. Nilai hambatan listrik pada suatu rangkaian dapat ditentukan dengan cara berikut.
1.  Pengukuran tak langsung
Pengukuran tak langsung itu caranya menggunakan perhitungan nilai pembacaan tegangan melalui voltmeter serta kuat arus listrik melalui amperemeter.
2.  Pengukuran langsung
Dengan menggunakan ohmmeter, yaitu alat untuk mengukur hambatan listrik.
3.  Pembacaan kode warna pada resistor
4.  Perhitungan matematis.

Kalian ada yang tahu nggak tentang konduktifitas listrik..???
Konduktivitas atau daya hantar listrik itu adalah kemampuan pada suatu zat untuk menghantarkan suatu arus listrik. Berdasarkan sifat konduktivitasnya, benda-benda dapat terbagi menjadi tiga golongan, yaitu:
1.    Konduktor, yakni benda yang bisa menghantarkan arus listrik dengan baik. Contohnya kayak besi, baja, tembaga, aluminium, dan perak.
2.    Isolator, yaitu benda yang nggak bisa atau sulit dalam proses menghantarkan arus listrik dengan baik. Contohnya kayak karet, kayu, plastik, dan asbes.
3.    Semikonduktor, yakni suatu benda yang apabila pada suatu tingkatan suhu rendah maka sifatnya sebagai isolator sementara jika pada suatu tingkatan suhu dinaikkan mak mereka dapat berubah menjadi konduktor. Contohnya kayak silikon, germanium, dan arsen.

Hukum I Kirchoff menyatakan bahwa:
“Besar arus yang masuk titik percabangan soma dengan besar arus yang keluar dari
titik percabangan tersebut.”

Rangkaian listrik adalah rangkaian alat-alat listrik yang terhubung teraliri dalam suatu rangkaian listrik.
1.    Berdasarkan terbuka atau tertutupnya ujung rangkaian, rangkaian listrik itu dapat terbagi atas dua macam, yaitu:
a.    Rangkaian terbuka adalah rangkaian yang memiliki ujung sehingga arus
tidak dapat mengalir.
b.    Rangkaian tertutup adalah rangkaian yang tidak memiliki ujung sehingga
arus dapat mengalir.
2.    Berdasarkan cabangnya, rangkaian listrik dikelompokkan menjadi dua macam,
yaitu:
a. seri (berurutan)                b.paralel (bercabang)

Muatan listrik dinamis, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Penulis :
Telah menulis sebanyak 35 artikel
Mendapatkan 442 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

43 Comments

  1. anna

    May 13, 2010 at 1:58 am

    good,..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. ieka_cute

    July 31, 2010 at 2:01 am

    :!: good i like it

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. dea

    August 13, 2010 at 3:40 pm

    i like it… :!: :lol: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Pie Er

    August 29, 2010 at 7:54 am

    :| right

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. retno

    September 16, 2010 at 9:14 am

    of course

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. SANDI

    October 26, 2010 at 12:57 pm

    exelent sob :!: :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. naaa

    October 28, 2010 at 1:44 pm

    o,,,,yayayayayay…sipppp :!: :lol: :P

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Smart......

    October 29, 2010 at 12:36 pm

    gooooooooooooood jobbbbbbb :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Aulia L

    November 1, 2010 at 12:36 pm

    gan ngak ad tentang
    1. hubungan kuat arus listrik denga beda potensial dalam rangkaia
    2. hubungan kuat arus dalam rangkaian
    :roll: :cry:

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  10. CUTTEEZZ

    November 2, 2010 at 12:08 pm

    kereen!!!!!!
    thank’s ya infonya. :!: :wink: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. dini mdania

    November 6, 2010 at 6:36 am

    gak ada keteraganya ya masalah pernytaan hukum ohm,,,
    :cry: sayang ya..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Mamlu

    November 14, 2010 at 3:23 am

    Thanks ya infonya !! nyari tugass gk ribet dehh,,
    hehehehhh :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. anam rowi

    November 21, 2010 at 12:23 pm

    :lol: :!: cool..
    thanks ya infonya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. ichueamharidha

    November 26, 2010 at 8:23 am

    yeeeeeeeeeeeee…akhier nha dpt ugha :lol: :!: :arrow: :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. novhy

    November 30, 2010 at 6:13 am

    i like it………………….. :-) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. Mr.X

    November 30, 2010 at 11:14 am

    :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. dana

    December 4, 2010 at 3:26 am

    goooooooooooooooooooooooooooooood :lol: :!: :roll:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. tgrgrgr

    December 19, 2010 at 3:25 am

    :o CAPTCHA Image Audio Version
    Reload Image
    Ketik 4 karakter diatas

    :D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen: :( 8O :cry: :cry: :twisted: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  19. dwi

    dwi

    January 9, 2011 at 3:07 pm

    thank’s y..
    nanti kan saya jawb pertanyaan dari kalian..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. emm,,,yg jlz ceue

    January 14, 2011 at 5:30 am

    :!:
    sebuah lampu dipasang pada beda potensial 220 volt, mengalir kuat arus sebanyak 2 ampere, dan menyala selama 5 menit, berapa energi listrik yg digunakan dalam satuan kalori???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  21. ina

    January 16, 2011 at 4:33 pm

    kurang lengkap, sayang banget ni! :D :lol: :x :P :cry: :oops: :evil: :arrow: :idea: :mrgreen: :twisted: :x 8) :? 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. yureenha

    January 18, 2011 at 12:27 pm

    you pasti copy materinya dari situs lain yach…..?????????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. dewi

    January 23, 2011 at 2:20 am

    I love it :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. abdullah

    February 3, 2011 at 3:01 am

    limik

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. syawal

    February 3, 2011 at 3:04 am

    :twisted: kaya babi saja ini program :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. gyiii

    March 6, 2011 at 2:02 pm

    :roll: siip jd tambah pinter gue…….!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. lis

    March 22, 2011 at 5:56 am

    hmp
    aplikasi listrik dinamisnya buat juga ya??
    :-)
    soal.a q lg ada tgas ni.. :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. Rere

    March 30, 2011 at 3:18 pm

    :o I Like it :!: ,,, Thanks to infonya :-) .. bermanfaat.. :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. Era Kim Nara

    May 8, 2011 at 12:05 pm

    I Like it :lol: :o :oops: :P :evil: :roll: :!: :wink: :?: :arrow: :arrow: :arrow: :|

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. Dian Putri Novitasari

    June 1, 2011 at 12:38 pm

    thank dah bantu tugasku… :-) pengertian yang :!: i like it… :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. Iela

    June 2, 2011 at 8:40 am

    Mksich bwt infox…tugs q jd beres dech….i love fisika….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. nunie

    June 11, 2011 at 1:40 pm

    :!: ad contoh soal ny tak??? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Niluh

    June 15, 2011 at 7:42 am

    dwi….aku pengen tau penjelasanx tentang listrik dinamis…..blh ng’ kamu jelasin’ :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. dwi

    dwi

    June 19, 2011 at 4:54 pm

    ya nanti say akan beritahu,,

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. dinda

    September 5, 2011 at 1:15 pm

    makasi ea atas informasinya :lol: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. alan dharmas ²

    September 14, 2011 at 1:34 pm

    thanks ¥a ╚inponyÄ╚ 8O

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. Ghaissani

    September 15, 2011 at 6:42 am

    like it :D :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. Rifat

    September 23, 2011 at 12:02 pm

    makasih atas informasinya….. :-) :-) :-) :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. Mala

    September 29, 2011 at 6:53 am

    Sayang bgt ket.a kurang jaLas, tapi I Like it… :o 8) :lol: :cry: :?: :arrow: :roll: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. hadi 26/10/11

    October 26, 2011 at 2:34 am

    makasih ya atas info nya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. dexx adhi

    November 12, 2011 at 5:37 am

    thank’sss ….
    ats infoo”a gan,,,,

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. FUJA

    November 30, 2011 at 11:48 am

    :arrow: :D :oops: :-) 8) :wink: TANK’S EA… :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. WIENNETA

    December 3, 2011 at 3:35 am

    Kkurang lengkap :( :( :( :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>