Best Author
sangdedi

743,197
octa

484,091
fitrotinnikm

456,603
idjah

444,715
dwi

312,709
adit

309,674
resta-andara

273,537
benedict

261,561
rahadian

240,224
bara

228,908
nabilalalala

216,560
kurnitap_

154,122
kuswanto

139,049
suranto

100,765
admin

98,810

Macam-macam dan contoh alat optik

Alat optik adalah alat yang berupa benda bening yang digunakan untuk menghasilkan bayangan melalui pemantulan atau pembiasan cahaya. Ada banyak macam alat optik, di antaranya seperti mata, karmera, lup, mikroskop, dan teleskop.

Mata adalah alat optik yang digunakan untuk melihat yang dimiliki oleh manusia dan hewan. Mata adalah Satu-satunya alat optik yang canggih dan bukan buatan manusia. Sifat bayangan pada mata adalah nyata, terbalik, dan dapat diperkecil. Mata memiliki bagian-bagian yang sifat dan fungsinya berbeda-beda. Berikut ini  adalah bagian-bagian mata.

1.    Kornea
a.    Bersifat tembus pandang (bening).
b.    Selalu dibasahi air mata yang dihasilkan oleh kelenjar air mata.
c.    Berfungsi untuk melindungi lensa mata.
2.    Iris (selaput pelangi)
a.    Iris disebut dengan selaput pelangi mengapa…??? karena tiap manusia dari ras yang berbeda memiliki warna iris yang berbeda pula. Ada orang yang memiliki iris berwarna hitam, cokelat, biru, dan hijau.
b.    Berfungsi untuk memberi warna mata.
3.    Pupil
a.    Pupil adalah celah lingkaran yang terdapat di tengah-tengah iris.
b.    Pupil berfungsi sebagai shutter, pa ya shutter itu..???, shutter itu yakni tempat jalan masuk cahaya ke dalam rongga mata.
c.    Pupil dapat melebar dan dapat juga menyempit. Melebar dan menyempitnya
pupil tergantung pada intensitas cahaya yang masuk ke mata.
d.    Pupil menyempit ketika cahaya terang dan membesar ketika cahaya redup.

4.    Lensa mata
a.    Lensa mata merupakan lensa cembung. Bedanya, kalau lensa mata bersifat lentur sehingga dapat berubah menebal atau menipis. Kemampuan menebal dan menipisnya lensa mata disebut dengan daya akomodasi.
b.    Lensa mata dapat menebal atau menipis karena adanya otot akomodasi
mata.
c.    Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan bayangan supaya jatuh di retina
(bintik kuning).
5.    Retina
a.    Retina mata fungsinya sebagai tempat jatuhnya bayangan hasil proyeksi lensa
mata.
b.    Retina terdiri atas bintik kuning yang peka terhadap cahaya karena mengandung jutaan sel saraf dan bintik buta yang tidak peka terhadap cahaya.
6.    Sel saraf
a.    Sel saraf berfungsi menangkap sinyal visual dan mengirimkannya ke saraf
pusat penglihatan di otak.
b.    Ada dua macam sel saraf pada mata, yaitu sel batang dan selkerucut.

Dalam mekanisme pembentukan bayangan pada mata, dikenal adanya titik dekat dan titik jauh mata.
1.    Titik dekat {Punctum Proximum/PP)
Titik dekat adalah jarak terdekat yang masih dapat dilihat jelas oleh mata dengan berakomodasi maksimum. Untuk mata normal (emetrop), nilai titik dekat mata/ PP = 25 cm.
2.    Titik jauh (Punctum Remotum/PR)
Titik jauh adalah jarak terjauh yang dapat dilihat jelas oleh mata tanpa berakomodasi. Untuk mata normal (emetrop), nilai titik jauh mata/PR = °° (tak terhingga).

Dalam perkembangannya, banyak manusia yang mengalami gangguan penglihatan.
Gangguan penglihatan itu sering disebut juga sebagai cacat mata. Beberapa macam contoh dari cacat mata adalah:
1.  Miopi (rabun jauh/mata dekat)
Penderita miopi memiliki mata yang tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas karena daya akomodasinya terlalu lemah. Pada penderita miopi, bayangan benda jatuh di depan retina. Cacat mata miopi dapat dibantu dengan cara menggunakan kacamata lensa positif (cembung).
2.  Hipermetropi (rabun dekat/mata jauh)
Penderita hipermetropi memiliki mata yang tidak dapat melihat benda-benda pada jarak dekat. Karena daya akomodasi yang lemah, bayangan benda jatuh di belakang retina. Cacat mata hipermetropi dapat dibantu dengan menggunakan kacamata lensa negatif (cekung).
3.    Presbiopi (mata tua)
Presbiopi adalah cacat mata yang timbul akibat daya akomodasi mata berkurang mengapa demikian..??? karena faktor pertambahan usia sehingga letak titik dekat dan titik jauh mata bergeser. Penderita presbiopi dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap (lensa positif dan negatif sekaligus).
4.    Astigmatisma
Astigmatisma adalah cacat mata yang disebabkan karena kornea mata tidak berbentuk sferis (irisan bola), melainkan melengkung pada satu bidang dari bidang yang lain (berbentuk silinder). Penderita astigmatisma dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa silindris.

Kamera adalah alat optik yang memiliki mekanisme mirip dengan mekanisme kerja mata. Kamera memiliki bagian-bagian sebagai berikut.
1.    Film
2.    Lensa kamera (lensa cembung)
3.    Diafragma
4.    Pengatur fokus
5.    Pengatur kecepatan pembukaan dan penutupan layar.

Sifat bayangan kamera adalah nyata, terbalik, dan diperkecil.

Lup adalah alat optik yang terdiri dari sebuah lensa cembung (lensa positif). Lup berfungsi untuk dapat memperbesar benda-benda kecil yang masih dapat dilihat dengan mata telanjang. Sifat bayangan yang dihasilkan lup adalah maya, tegak, dan diperbesar.

Mikroskop adalah alat optik yang terdiri atas dua lensa cembung (lensa positif), yakni sebagai lensa objektif dan lensa okuler. Mikroskop ini berfungsi untuk melihat benda-benda renik yang tak dapat dilihat langsung dengan mata telanjang, seperti bakteri, mikroba, virus, serta sel-sel tumbuhan, hewan, dan manusia. Bagian-bagian mikroskop terdiri atas:
1.    Lensa objektif, yakni lensa yang dekat dengan objek yang diamati.
2.    Lensa okuler, yakni lensa yang dekat dengan mata pengamat.

Teropong adalah alat optik yang berfungsi untuk melihat benda-benda yang sangat jauh sehingga tampak lebih dekat dan jelas. Ada dua jenis teropong sebagai berikut.
1.    Teropong bias, yakni teropong yang menggunakan lensa objektif untuk membiaskan cahaya. Contohnya seperti teropong bintang, teropong Bumi, teropong panggung, dan teropong prisma (binokular).
2.    Teropong pantul, yakni teropong yang menggunakan cermin cekung besar sebagai objektif untuk memantulkan cahaya. Contohny seperti teropong pantul astronomi.

Macam-macam dan contoh alat optik, 4.5 out of 5 based on 8 ratings

Penulis :
Telah menulis sebanyak 49 artikel
Mendapatkan 558 komentar
  Rating tulisan 0 dari 5

51 Comments

  1. dwi irianto

    May 24, 2010 at 7:31 am

    om sayang kurang lengkap kalau lengkap pasti terkenal .. :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  2. meti;alone

    July 1, 2010 at 8:51 am

    :!: :!: :o :o
    lumayannnnn ada tambahannnn hihihihi :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. shany

    August 31, 2010 at 3:31 am

    bagus jg infonya..thank you. :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Inda Christie SP

    October 4, 2010 at 12:49 pm

    lumayan bagus lah …!!?? makasih ya kak ,,,!! :arrow: :idea:
    :!: :twisted: 8) :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  5. Gella Atrista

    October 22, 2010 at 1:38 pm

    tambah wawasan nih!! :!: :-) :-) mkasih, ya!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. Rendra outSIDers

    December 9, 2010 at 2:13 pm

    wkwkwkwk salah itu gan..harusnya miopi ditolong pke lensa cekung,,,hipermetropi = cembung :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. fisika-ceria

    December 26, 2010 at 3:01 am

    mantap mas penjelasannya :!:
    Maju terus fisikawan Indonesia

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  8. Islia Dewi Yuanita

    December 30, 2010 at 9:57 am

    izin co-pas ya…
    makasih… :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. feby tri agustiani

    January 5, 2011 at 11:21 am

    kurang :(

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. fitriana amalia

    January 7, 2011 at 11:16 am

    bgus uraiannya kak, qu jadi gmpang mngertinya…!!!! :wink: :!:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Fithriyani anri

    January 8, 2011 at 1:21 am

    :!: tapi kurang lengkap tambah lagi dong biar gak cape nyari nya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  12. octa

    octa

    January 9, 2011 at 4:02 pm

    thnk’s y..
    kalu pun kurang tlng tmbhkan sendrinya..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. yola

    January 10, 2011 at 12:18 pm

    Macam-macam lensa dan sifat bayangannya dong! Tolong cepet, thanks :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. 1234

    January 14, 2011 at 8:33 am

    duh kurang doank :( tambah la y :D !!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. salwa

    January 14, 2011 at 11:43 am

    ohp nya mana :cry: :idea: :x

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. mnyonk

    January 28, 2011 at 7:46 am

    cmuuaaa alat optik c4…………. :twisted:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Nhurmy

    February 1, 2011 at 7:13 am

    MMM,,
    Bguss kok, :!:
    tpi lbh bgus lg klau bsa d’tmbah :wink: :D :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. mar'' _ el''

    February 7, 2011 at 8:42 am

    kurang banyak penjelasannya tolong ditambah lagi .. :x :D :-) :( 8O :? 8) :lol: :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. abell maniezzzzzz

    February 18, 2011 at 8:04 am

    tammmmmmbaaaahhhhh lggge dunkkkkkk pnjlsannnnnnnnnn.oooooooo :D :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. Maoedietta William JungHwa Jeremy

    March 13, 2011 at 1:10 pm

    mkasih bwat infox, “wawasan tmbah luas aja nieh” …
    :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. nauRa alexandRia

    March 16, 2011 at 12:56 pm

    bagus,cma kurang lengkap..
    :? :( :!: :cry:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. kolby salgozha

    March 21, 2011 at 6:21 am

    cukup bagus tapi kurang :D :-) :idea: :!: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. dwi wahyuuni

    March 26, 2011 at 10:34 pm

    om kalau alat untuk melihat benda yang tidak dapat diilihat oleh mata apa om ya tolong plis ya om cepat

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. dzaki fauzan

    April 3, 2011 at 11:53 am

    kak, terimak kasih tentang alat optiknya, saya bisa menyelesaikan tugas saya, tapi mungkin lebih bagus kalo lebih lengkap :!: :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. olla

    April 4, 2011 at 7:38 am

    makasih yaa :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. syafida

    April 5, 2011 at 1:07 am

    Mkasi ea kak tntng pngetauan alat optik’x ……..
    sya bisa mngerja’kan tugas dengan baik……. :!: :P :lol: 8) :o :-) :D :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. purwatiningsih....

    April 8, 2011 at 4:10 am

    :P
    thank’s for your information, so i can do my school work from my teacher…
    thank you so much……
    and congratulations!!!!!!!!!!!!! :!:
    :x
    8) 8O :o :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. rifky

    April 15, 2011 at 3:55 am

    :twisted: :!: :idea: :arrow: :mrgreen: :( :o 8O :? 8) :lol: :x :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. Fifi

    April 19, 2011 at 7:16 am

    :-) :o

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  30. trust me, i'm a girl

    May 5, 2011 at 4:07 am

    hhffbb. okela. kita kan hidup saling melengkapi. ilmupun jugak haros saling dilengkapi. makasi infonyah. :!: :arrow: :?:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. Rhio Fisikawan

    May 10, 2011 at 8:06 am

    :? :? :? :? :? :? :? :? 8) :lol: :lol: :lol: :lol: :x :x :x :x :x :x :x :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twist :!: :arrow: :| :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :arrow: :arrow: :arrow: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: : :P :x :x :? :| :idea: :evil: :cry: :oops:
    kurang lengkap…
    sangat gak lengkap…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. Rhio Fisikawan

    May 10, 2011 at 8:08 am

    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :x :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea: :idea:
    gak lengkap…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. jing-jing

    May 11, 2011 at 1:09 pm

    :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: kurang lengkap :twisted: :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :twisted: :twisted: :twisted: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. faiz kurniawan

    May 17, 2011 at 11:08 am

    thx atz info’y ……..
    smga info nie bsa brmnf’t bg q ………….
    v mumet jg sich ,,,,,,,,,,
    :twisted: :x :arrow: :arrow: 8)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Annisa

    May 18, 2011 at 11:22 am

    KURANG GAMBAR DAN BAGIAN-BAGIANNYA AJA… :? :-)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. fieni jonson

    May 24, 2011 at 8:28 am

    gag cip blaz :twisted: :x :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. tomi

    May 29, 2011 at 12:35 pm

    :http://klikbelajar.com/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.giftwisted: :x 8) :? 8O :o :( :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. fadhli

    May 29, 2011 at 12:43 pm

    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D :D

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. anggie

    May 31, 2011 at 12:37 pm

    :twisted: :twisted: :evil: :idea:
    PENINGG DODOL AKU TENTANG ITU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    HHHUUAAAAA :mrgreen:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  40. Nazeelathul Akmalya

    June 3, 2011 at 5:14 am

    8)
    :!:
    :wink:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  41. khaerunnisa Arham

    June 4, 2011 at 11:43 am

    ada berapa yah alat2 optik ? :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :!: :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) :-) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :? :?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  42. chubby

    June 10, 2011 at 12:38 am

    :D :arrow:

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  43. aulia fauzia rakhman

    June 13, 2011 at 4:47 am

    :!: :!: :!: keren :0

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  44. octa

    octa

    June 20, 2011 at 2:41 pm

    maksihnya..
    nanti akan ditambah ge..

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  45. neneng

    September 11, 2011 at 10:31 am

    tambah dong penjelasannyaa. biar lebi detail .:)

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  46. octa

    octa

    September 13, 2011 at 4:58 pm

    ok, nanti akan saya tambahkan agar menjadi detail…

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  47. tri m

    November 19, 2011 at 4:24 am

    terimakasih sharing ilmunya, saya guru, sains terapan, berkeinginan membuat alat-alat optik dengan bahan murah dan sederhana. mohon sharingnya dan bagi yang mau tahu tahu cara membuat teropong sederhana bisa di lihat di ilmuyangdiamalkan.blogspot.com

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  48. Gery

    April 25, 2013 at 2:17 am

    Minta izin Copy Paste pengertiannya. Nanti taktambahi sumber referensinya

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  49. asma asyavers

    May 14, 2013 at 11:47 am

    emz kok gak ada rumus rumus nya ??? di tambah ya rumus rumus nya biar tambah mudah hehhehhe

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  50. Alat kesehatan

    March 21, 2014 at 3:17 am

    Keeren, ini yg aq cari, mksh fren

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>